Banner Cara Mewujudkan Dapur Sehat Biar Tidak Jadi Sarang Penyakit

Cara Mewujudkan Dapur Sehat Biar Tidak Jadi Sarang Penyakit

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 14 Jun 2022


Dapur menjadi salah satu ruangan yang rentan dipenuhi bakteri, virus, dan hama, padahal dari sinilah makanan untuk seluruh keluarga berasal. Ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan area dapur ini agar tetap higienis dan bebas kuman. Bagaimana cara mewujudkannya?
 

  1. Menjaga Kebersihan Tempat Cuci Piring
    tempat cuci piring bersih

    Salah satu kunci untuk mewujudkan dapur sehat yaitu menjaga kebersihan tempat cuci piring. Banyaknya sisa makanan dan piring kotor tentu membuat area tempat cuci piring penuh dengan bakteri dan diduga jauh lebih berbahaya dibandingkan toilet maupun tempat sampah. Piring kotor yang dibiarkan di westafel bisa mengundang hama rumah. Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

    Selalu bersihkan sink dan area countertop menggunakan larutan desinfektan atau sabun dan bilas menggunakan air hangat. Pastikan juga Anda membuka jendela dan menggunakan sarung tangan saat akan menggunakan larutan desinfektan. Segera cuci piring dan peralatan masak setelah digunakan dan buang sisa makanan yang ada di wastafel.

  2. Letakan Spons ditempat kering
    tempat spons kering

    Sudah bukan rahasia lagi jika spons cuci piring dapat menjadi sarang bakteri. Untuk itu, ganti spons secara berkala paling tidak 1-2 minggu sekali. Selain itu, letakkan spons pada tempat kering setelah selesai digunakan, karena tingginya kelembaban bisa membuat bakteri semakin banyak.

  3. Bersihkan Tempat Sampah dan Area Lantai
    tempat sampah bersih dan tertutup

    Tak hanya sink dan countertop saja yang perlu mendapatkan perhatian, namun Anda juga harus memperhatikan lantai dan area pembuangan sampah. Buanglah sampah setiap hari menggunakan desinfektan untuk membersihkan tempat sampah.

    Pilihlah tempat sampah yang memiliki tutup. Selain membantu menghindari adanya hama atau hewan, tempat sampah tertutup juga mampu meminimalisir bau dan lebih nyaman dipandang karena tertutup.

  4. Ada Ventilasi udara
    jendela dapur

    Rumah sehat tentu saja adalah rumah yang dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik termasuk bagian dapur. Untuk itulah dibuat jendela dan ventilasi agar udara di dalam rumah tetap sejuk, karena buruknya sirkulasi udara juga berdampak pada kesehatan.

    Baca Juga: Pentingnya menggunakan exhaust fan di dapur

    exhaust dapur

    Dapur juga merupakan area yang membutuhkan pergantian udara rutin, karena selain banyak asap dari proses mengolah makanan, ada gas LPG juga yang sangat berbahaya jika bocor dan terhirup. Maka dari itu, mewujudkan dapur sehat juga memerlukan ventilasi udara. Jika dapur rumah anda tertutup, memasang exhaust adalah alternatif tepat untuk anda.

  5. Memilih Bahan Tepat Untuk Talenan
    talenan dapur

    Talenan menjadi salah satu alat yang bersentuhan langsung dengan makanan. Alat yang seringkali digunakan untuk memotong beragam jenis bahan masakan ini bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Ada baiknya Anda memilih bahan talenan tepat untuk kebutuhan memasak.

    Umumnya saat ini talenan berbahan plastik dan kayu masih menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Talenan kayu memang menarik secara tampilan, namun talenan ini dapat berubah ubah dan berlapuk, terutama jika area dapur anda sangat lembab. Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih talenan berbahan plastic.

  6. Menjaga Kebersihan Makanan
    Bagaimanapun, kita harus menjaga kebersihan diri kita sendiri dan apa yang kita masukkan ke dalam tubuh. Cucilah tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan serta setelah membersihkan area dapur.

    Jangan lupa untuk menjaga kebersihan makanan dengan cara mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi atau diolah dibawah air mengalir untuk membersihkan sisa pestisida, serangga, dan kotoran. Masaklah sayuran hingga benar-benar matang dan segera habiskan. Hindari menyimpan makanan terlalu lama di dalam lemari es.

    Perhatikan penyimpanan makanan di dalam kulkas dengan mengatur suhu lemari es di bawah 4 derajat celcius dan pisahkan sayuran dengan daging. Simpan daging di dalam freezer dengan suhu di bawah -18 derajat celcius. Bersihkan lemari es secara berkala dengan bantuan air hangat dan sabun. Buang makanan yang telah basi.

Artikel Serupa

Cara Mewujudkan Dapur Sehat Biar Tidak Jadi Sarang Penyakit

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 14 Jun 2022

Dapur menjadi salah satu ruangan yang harus selalu terjaga kebersihannya, karena dari dapurlah makanan berasal. Bagaimana cara menjaganya? ...

7 Tips Menata Dapur Mungil di Lahan Yang Terbatas

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 16 Dec 2016

Akhirnya anda dapat membangun rumah impian anda. Walau kecil tapi cukup untuk membina keluarga. Tetapi rumah kecil seringkali datang bersama dapur berukuran seadanya, kadang bahkan tanpa dapur sama sekali di dalam rumah, padahal dapur adalah pusat kegiatan anda sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Bagaimana menyiasati keterbatasan? Tips-tips di bawah ini kami harap dapat membantu anda. ...

Memasak lebih asik dengan Dapur Semi Outdoor

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 18 Jul 2022

Ide dapur semi outdoor bisa menciptakan suasana baru yang lebih menyenangkan. ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa terwujud dengan baik, diantaranya ...

Yuk Intip, Organizer Buah Dan Sayur Untuk Dapur Anda Tetap Rapi

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 09 Apr 2020

Tetapi jika kita mempunyai dapur yang rapi dan semua barang tertata dengan baik pada tempatnya, maka ketika kita memasak akan mudah untuk mengambil barang tersebut jika kita sudah nenyusunnya dengan rapi dan itu akan membuat cara kerja dalam memasak lebih mudah, cepat dan terlihat nyaman. ...

Konsultasi Gratis