5 komponen pendukung Pintu Kaca Geser Untuk Dekorasi Rumah Anda

Posting pada 20 Apr 2021

Pintu kaca geser merupakan penghemat ruang yang memberi Anda akses utama ke teras, area kolam renang, halaman, dan taman. Namun tidak menutup kemungkinan Anda juga mendapatkan pemandangan indah dari dalam ruang tamu.

Dalam penggunaan pintu kaca geser memiliki model yang sangat efisien karena saat dibuka, pintu kaca geser tidak memerlukan banyak ruang, sehingga pintu kaca geser kerap dijadikan sebagai solusi yang tepat untuk rumah mungil atau ruangan yang sempit.

Mari kita jelajahi beberapa komponen tambahan pintu kaca geser yang mungkin cocok untuk ruangan anda
  • Penempatan Sofa

    penempatan sofa

    Jadikan pintu kaca geser Anda sebagai titik fokus di dalam ruangan. Tempatkan sofa Anda menghadap pintu geser dan Pilihlah meja rendah yang lebih kecil agar terlihat seimbang.

  • Rak Buku


    penempatan rak bukubrbrSangat sering ada ruang kecil yang kosong di kiri atau kanan pintu kaca geser besar Dalam penggunaan pintu kaca geser Pertimbangkan rak buku tersebut dapat menampung buku namun juga dapat menampilkan aksen patung atau karya seni lainnya dengan menyesuaikan ketinggian raklibrlibPemilihan Cat Dinding dengan Bingkaibbrbrimg src

    Pada umumnya Rangka pintu kaca geser berwarna putih atau aluminium standar, dalam hal ini anda dapat mencampurkan warna yang berani dan cerah di dinding agar memberikan kesan yang berbeda.

  • Baca Juga: Ciptakan Ruang Tanpa Dinding

  • Lukisan

    Dengan lukisan

    Sebuah lukisan dapat memberikan kesan yang berbeda dalam ruangan, lukisan besar yang dipusatkan di salah satu dinding ruangan lainnya dapat berfungsi untuk melengkapi penggunaan pintu kaca geser

  • Tirai

    Tirai

    Proses pemilihan model tirai merupakan hal yang perlu diperhatikan, pasalnya ada begitu banyak model tirai tetapi tidak semua dari mereka akan terlihat bagus.

    kain tirai harus dipilih tergantung pada model, ukuran bukaan jendela, ukuran ruang dan tingkat pencahayaan di dalamnya. Dengan pemilihan tirai yang dipilih benar, Anda secara visual dapat mengubah bentuk dan ukuran ruangan.

Dalam penghematan ruang dalam rumah, pintu kaca geser merupakan solusi yang tepat namun anda juga tetap harus berhati-hati dalam penggunaanya, contohnya saat membuka atau menutup pintu kaca gesernya. Sebaiknya anda memperhatikan dalam membuka dan menutup pintu kaca geser secara perlahan agar tetap awet, dan pastikan juga anda memilih material kaca dengan kualitas terbaik.

Butuh lebih banyak artikel seputar rumah ataupun lainnya? anda dapat menemukan artikel menarik lainnya di Mitrarenov, ya! Selain artikel, Mitrarenov menyediakan berbagai macam jasa rumah dan renovasi rumah untuk melengkapi hunianmu.

Tidak hanya itu saja, mitrarenov juga tersedia untuk service AC dan maintenance building juga loh, yang pastinya membuat rumahmu jadi lebih terawat, bersih dan aman tentunya. Yuk, langsung saja kunjungi laman Mitrarenov sekarang!
Read More

7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas

Posting pada 10 Feb 2021

Cat dinding mengelupas umunya disebabkan oleh pengecatan awal yang salah dan lapisan cat akhir merekat kuat. Kerusakan tersebut sebenarnya dapat dihindari bila proses pengecatan awal dilakukan dengan benar dan pemilihan cat yang sesuai.

Sebelum dilakukan pengecatan sebaiknya dinding dicat dengan cat dasar walaupun akan menggunakan cat eksterior. Penggunaan cat dasar bermanfaat untuk mencegah cat luar bersentuhan dengan alkali yang terkandung dalam campuran semen, pasir dan air.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas

Alat-alat dan bahan : Kuas rol (roller), bak untuk mengecat, lap basah dan lap kering, cat tembok (eksterior), kuas, kape, ampelas no 100-200 dan cat dasar (alkali resistant prymer).

Langkah-langkah pengerjaan :
  1. kerok cat yang mengelupas dengan menggunakan kape, ampelas permukaan dinding hingga sisa cat hilang.

  2. Agar benar-benar bersih, lap dengan lap kering, kemudian dilanjutkan dengan lap basah.

  3. Aplikasikan cat dasar pada dinding yang telah dibersihkan dengan menggunakan roller.

  4. Pengecatan cukup satu lapis, kemudian biarkan kering selama 1-2 jam. Sembil menunggu cat kering, campurkan cat eksterior dengan air 10% dari jumlah cat.

  5. Aduk cat hingga rata, kemudian tuang ke dalam bak pengecatan.

  6. Aplikasikan cat pada permukaan dinding yang telah diberi cat dasar. Gunakan kuas kecil untuk mengecat pinggiran dinding atau lis.

  7. Setelah lapisan pertama mengering (2-3 jam), lanjutkan pengecatan lapisan kedua di atas lapisan pertama.

Baca Juga : Perbaharui Cat Pagar Rumah Anda Untuk Kesan Yang Lebih Fresh

Supaya lapisan cat pada dinding tidak mudah mengelupas maka plamur tidak boleh digunakan. Plamur sering digunakan sebagai lapisan cat dasar Sering terjadi plamur digunakan sebagai lapisan cat dasar. Padahal plamur hanya berfungsi sebagai penutup retak-retak rambut yang halus pada dinding/tembok.Bahan plamur tidak dibuat untuk mengikat cat sehingga kalau tetap digunakan sebelum proses pengecatan, cat akan mudah mengelupas.

Bagi Anda yang tidak mau repot dengan pekerjaan renovasi rumah, kami siap untuk membantu anda. Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah hanya dengan mengakses website mitrarenov
Read More

5 Bahan Alternatif Kayu Yang Anti Rayap

Posting pada 09 Feb 2021

Ketertarikan orang terhadap kayu sebagai bahan material untuk sebuah rumah tak dapat dipungkiri. Keunikan dari warna maupun tekstur kayu dapat menimbulkan suasana yang alami serta hangat. Namun karena semakin terbatasnya lahan atau hutan yang menjadi sumber atau tempat kayu dihasilkan, membuat kayu saat ini semakin langka dan mahal harganya. 
Sebelumnya, apakah anda sudah mengenal conwood? Atau HPL (High Pressure Laminate)? Kedua material ini merupakan material yang inovatif sebagai penganti kayu. Walaupun tidak terbuat dari kayu alami, tekstur dan warnanya menyerupai dengan kayu pada umumnya. Dan anda tidak perlu khawatir lagi mengenai serangan rayap yang biasa merusak pada kayu umumnya. Yuk kita kenal lebih dekat tentang material-material inovatif ini

Conwood (Concrete Wood)
Material penggati kayu ini terbuat dari 70% semen dan 30% serat selulosa yang ramah lingkungan. Kedua bahan tersebut dibuat seperti adonan yang kemudian disusun berlapis-lapis menjadi lembaran dengan berbagai ukuran panjang, lebar dan ketebalannya.
Karena Conwood sebagai material yang inovatif sebagai untuk pengganti kayu, karena permukaan material ini sama seperti tekstur kayu umunnya, material ini cocok untuk diaplikasikan sebagai di lantai atau di dinding rumah anda. Anda juga tidak perlu khawatir lagi mengenai serangan rayap yang pada umumnya merusak panel kayu biasa, bahan ini juga tahan cuaca sehingga cocok untuk diaplikasikan di luar rumah. Conwood juga memiliki bahan yang tahan terhadap api.

HPL (High Pressure Laminate)
HPL atau High Pressure laminate merupakan salah satu material yang digunakan untuk finishing seperti produk mebel dan permukaan interior. HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang digunakan. Dan corak yang paling banyak digunakan yaitu corak kayu. 
HPL juga memiliki tekstur sehingga terlihat sama seperti panel kayu. HPL merupakan bahan yang anti air dan relatif murah. Proses pemasangannya terbilang mudah dan praktis karena hanya dilem di bagian multipleks lalu di tempel. HPL juga cocok untuk furniture dengan tampilan yang minimalis dan modern
Namun sangat disayangkan, jika proses pengeleman HPL tidak sempurna, lapisan HPL akan sering lepas. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibilitasnya juga rendah sehingga mudah patah.

Vinil (Vinyl)
Vinil merupakan jenis pelapis lantai atau dinding yang relatif paling murah ketimbang pelapis lainnya. Vinil terbuat dari polimer sintetik yang dipercantik dengan pigmentasi dan penambahan warna. Permukaan vinil lebih halus ketimbang lantai kayu. Vinil juga dilapisi dengan kain dan busa sehingga terasa nyaman ketika dipijak. Vinil juga memiliki bermacam motif salah satunya motif kayu yang digemari untuk dekorasi rumah modern.
Sayangnya material vinil ini memiliki sisi buruknya. Vinil menggunakan bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang mampu melepaskan VOC (Volatile organic compounds) ke udara yang dapat menganggu kesehatan tubuh bagi penghuninya. Dan material ini dapat rusak jika terkena benda tajam atau pada saat memindahkan furnitur yang berat.

Keramik
Di jaman cetak digital saat ini, sudah memungkinkan untuk mencetak keramik dengan tampilan yang mirip dengan kayu. Bukan hanya tampilannya saja, namun teksturnya juga mirip. Lantai dengan tampilan kayu ini dapat memberi suasana natural dan sejuk di ruangan anda.

WPC (Wood Plastic Composite) atau Kayu Komposit
WPC biasa digunakan untuk WPC atau dikenal kayu komposit merupakan material campuran plastik dan kayu. Kayu komposit terbuat dari 60% Serbuk kayu dan 40% Serat plastik. Bahan kayu komposit ini juga tahan terhadap cuaca sehingga material ini tahan lama. 
Kayu komposit ini juga sering digunakan di sekitar kolam renang atau taman. Secara visual dan tekstur, kayu komposite ini mirip dengan kayu biasanya dan harganya juga terbilang murah dari pada kayu solid
Kayu Komposit juga diklaim sebagai bahan yang ramah lingkungan, karena bahan ini memanfaatkan limbah kayu seperti hasil dari proses penghancuran dan penghalusan kayu asli.

Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi untuk mendekorasi rumah dengan nuansa kayu. Walaupun harga kayu semakin meningkat dan langka, anda masih dapat merasakan kesan alami dan kehangatan didalam ruangan anda dengan bahan alternatif diatas. Selain corak dan teksturnya beragam, material pengganti kayu tersebut juga murah harganya.

Jika artikel ini bermanfaat share ke teman-teman atau keluarga anda ya 


Salam


Mitrarenov
Read More

Eco-house, konsep rumah ramah lingkungan yang sekaligus hemat listrik

Posting pada 09 Feb 2021

Memiliki rumah di perkotaan yang penuh dengan penduduk memang sangat sulit untuk mendapatkan suasana sejuk. Selain itu, Polusi udara yang semakin meningkat juga dapat menggangu kesehatan penghuni rumah. Penggunaan lampu dan AC di siang hari juga dapat menyebabkan pemanasan global yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar rumah dengan konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan? Rumah ramah lingkungan merupakan suatu konsep rumah untuk mewujudkan menjaga lingkungan hidup, seperti menghemat penggunaan listrik dan air. Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat memberi dampak positif untuk lingkungan dan keluarga anda. Apa saja dampak positifnya?

  1. Menjaga lingkungan hidup
    Sesuai dengan namanya, konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat menjaga lingkungan. Seperti menggunakan cahaya matahari sebagai penerang di siang hari dan mengurangi penggunaan AC.

  2. Mengurangi tagihan listrik
    Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat mengurangi tagihan listrik anda lho…. Jika di siang hari anda menyalakan lampu sebagai penerang rumah serta ac untuk menyejukan ruangan anda, pasti tagihan listrik anda akan naik.

    Namun berbeda dengan konsep rumah ramah lingkungan. Konsep ini lebih mengandalkan kebaikan alam, seperti cahaya alami atau udara yang menyejukan serta menerangi rumah anda sehingga anda tidak perlu menyalakan AC atau lampu di siang hari.

  3. Meminimalisir polusi udara
    Seperti yang anda ketahu, polusi udara dapat menyebabkan berbagai pernyakit seperti ISPA (Infeksi saluran pernapasan atas). Tapi, konsep ini juga dapat menimimalisir polusi udara yang dapat menularkan penyakit.

    Hal ini dikarenakan, konsep rumah ramah lingkungan atau eco-house memiliki ruang terbuka untuk dijadikan taman yang hijau sehingga dapat menyerap polusi udara.

Tapi, ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konsep ini, antara lain

  1. Memiliki taman
    Eco-house merupakan konsep rumah yang menciptakan lingkungan yang hijau. Oleh karena itu, anda perlu membuat taman di halaman rumah anda. Taman ini berfungsi untuk memberi kesejukan rumah anda. Selain itu, taman juga dapat menimalisir penyakit yang dihasilkan dari polusi udara.

    desain taman rumah

    Jika anda tidak memiliki lahan sisa untuk dijadikan taman anda dapat menerapkan taman di atap rumah anda. Penerapan ini disebut Rooftop garden.

    taman rumah

    Jika anda ingin menerapkan taman di dalam ruangan, anda dapat menanam tamanan mungil di didalam rumah anda seperti Sanseviera (Lidah Mertua). Selain itu, Anda juga dapat menerapkan vertikal garden di dalam rumah anda yang ditata di sebuah rak

  2. taman halaman

    Baca Juga: Ingin mempunyai taman tapi lahan terbatas? Tidak masalah

  3. Hemat Energi
    Menghemat energi merupakan hal yang penting dalam membuat konsep rumah ramah lingkungan. Sebagian besar orang, pasti menyalakan lampu di siang hari sebagai penerang rumah. Padahal, anda dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai pengganti lampu untuk menerangi rumah anda. Oleh karena itu, desain rumah ramah lingkungan didesain sedemikian rupa agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.

    matikan lampu

    Selain itu, penggunaan juga AC juga menyebabkan pemanasan global. Nah, sebagai pengganti AC anda perlu memperhatikan ventilasi udara. Karena, jika anda memiliki ventilasi udara yang tidak baik, rumah anda akan terasa panas. Oleh karena itu, pastikan juga ventilasi udara anda tercukupi. Ventilasi udara yang cukup dapat memberi suasana sejuk di dalam rumah anda. Selain itu, tinggi bangunan juga mempengaruhi suasana rumah. Semakin tinggi bangunan anda maka semakin sejuk ruangan anda

Dengan kriteria diatas, anda dapat membuat konsep rumah yang ramah lingkungan. Anda tertarik untuk membuat konsep rumah ramah lingkungan? Jika anda tertarik, kami siap untuk membantu anda

Salam


Mitrarenov
Read More

Atap Sudah Diperbaiki Tapi Tetap Bocor? Periksa 5 Penyebabnya

Posting pada 05 Feb 2021

Kerusakan pada atap seringkali disebabkan oleh hal-hal yang sepele. Mulai dari kesalahan kecil saat proses pembangunan rumah, hingga keretakan kecil karena panas matahari. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi terlebih pada saat musim hujan telah tiba. Hampir semua orang mengkhawatirkan atap rumahnya saat musim hujan. Terkadang kita sudah menghabiskan banyak biaya untuk renovasi rumah, namun atap yang sudah diperbaiki tetap saja bocor. Apa saja yang mungkin terlewat oleh kita dan kontraktor? Berikut sejumlah penyebab yang mungkin terjadi.

  1. Desain atap
    Desain atap yang salah bisa menyebabkan kebocoran pada rumah anda. Apakah atap anda terlalu landai? sehingga Air akan tetap menyusup masuk saat hujan yang disertai angin. Apakah permukaan dak beton anda tidak dilengkapi kemiringan yang benar ke arah lubang pembuangan (floor drain)? Air akan menggenang di atas dak anda. Diskusikan hal-hal ini dengan arsitek atau kontraktor anda saat memulai pembangunan rumah.

  2. Genteng geser
    Walau mungkin sudah terpasang dengan benar, kadang penutup atap atau genteng dapat bergeser akibat hujan yang disertai angin kencang, atau akibat terinjak binatang. Pemeriksaan berkala adalah satu-satunya cara untuk mengetahui terjadinya pergeseran pada genteng.

    Genteng geser

  3. Longgar Pada Atap
    Kelonggaran ini dapat terjadi akibat proses pemasangan genteng/atap yang tidak benar. Terkadang para pekerja bangunan yang Anda sewa untuk memasangnya melakukan kesalahan. Solusi terbaik untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan melakukan pemasangan ulang pada genteng yang longgar. Anda juga dapat menambahkan lapisan perekat untuk memperkuat genteng agar tidak longgar di kemudian hari.

    Jasa perbaikan atap

  4. Dak beton retak
    Keretakan pada genteng beton, juga dapat terjadi pada atap dak beton anda. Pembuatan dak yang kurang sempurna, ekspos cuaca terus menerus, dan pergerakan bangunan semua dapat menyebabkan keretakan pada dak beton. Pemeriksaan dan pelapisan ulang waterproofing secara berkala adalah cara mencegah kebocoran.

    Dak beton Retak

  5. Cat waterproofing mengelupas
    Cat kedap air atau waterproofing yang anda gunakan pada bagian-bagian atap (talang, jurai, atau nok), dak beton, dan dinding yang menempel pada tetangga, memiliki umur pakai. Tanyakan hal ini pada penjual cat, setelah habis umur pakainya maka anda wajib melakukan pelapisan ulang.

    Cat waterproofing mengelupas


Masalah kebocoran atap adalah masalah klasik rumah saat musim penghujan tiba. Berbagai penyebab di atas dapat terjadi kapan saja. Pemeriksaan dan pemeliharaan atap secara berkala merupakan hal yang amat penting, jangan tunggu sampai rumah anda bocor baru mengadakan perbaikan. Jangan sampai atap bocor menjadikan kenyamanan keluarga terganggu dan menambah dana pengeluaran untuk ongkos perbaikan atap.
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa