Paling Populer, Intip 8 Desain Minimalis Ruko yang Paling Diminati

Posting pada 17 Apr 2019

Salah satu pertimbangan untuk menggunakan jasa bangun ruko adalah kepiawaiannya dalam membuat desain sesuai dengan keinginan dan budget Anda. Maklum saja, karena fasad atau tampilan muka ruko adalah daya tarik yang mampu mendatangkan pembeli atau penyewa. Oleh karena itu, harus dibuat semenarik mungkin, meski hanya bergaya minimalis.

Ruko bergaya minimalis bisa terlihat manis, sehingga banyak orang memimpikan untuk tinggal dan membuka usaha di dalamnya. Apalagi jika memiliki fasilitas sesuai yang diinginkan, rasanya seperti harus segera membeli atau menyewanya saat itu juga. Nah, kalau Anda termasuk penggemar ruko bergaya minimalis, ada baiknya mengetahui beberapa desain berikut sebagai referensi untuk membangun ruko milik Anda.

  1. Ruko dua lantai, minimalis dan santai
    Pertama ada ruko standar dengan dua lantai, terlihat biasa saja tapi sebenarnya paling banyak peminatnya. Disebutkan pula oleh berbagai jasa bangun ruko, banyak pelanggannya yang memilih model klasik minimalis ini. Alasannya sederhana, karena dengan desain ini memungkinkan ruko terlihat lebih luas, lapang, yang membagi dengan jelas antara fungsi rumah dengan lokasi usaha.

    Jenis ruko seperti ini mudah ditemukan di kota besar yang tidak memiliki banyak lahan kosong. Pembangunan ruko minimalis dua lantai bisa membuat penghuninya merasa lebih aman, nyaman, dan betah. Ditambah dengan kemudahan akses jalan, atau jika ingin tambahan keamanan bisa meminta dipasangkan teralis.

  2. Ruko minimalis tanpa menggunakan pintu teralis
    Jika sebelumnya adalah desain minimalis memakai pintu teralis, kali ini jasa bangun ruko Mitrarenov.com juga bisa membuatkan desain ruko tanpa pintu teralis. Meski sebenarnya teralis ini dipasang untuk membuat bangunan lebih aman, bukan tidak mungkin untuk menghilangkannya dari desain.

    Tampak seperti rumah biasa dari bagian depan. Dilengkapi dengan jendela, pintu utama, dan teras rumah, kesan hangat minimalis terasa pada ruko desain ini. Untuk menjawab permasalahan keamanan, kamu bisa mengatasinya dengan pemasangan CCTV pada bagian depan ruko.

  3. Ruko dua lantai, minimalis romantis dengan balkon
    Banyak orang memimpikan punya rumah dengan lantai dua yang dilengkapi balkon. Seperti memberikan kesan minimalis dan romantis, kehadiran balkon pada ruko bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Misalnya saja untuk pengadaan taman mini, teras untuk mengobrol sore, atau yang paling sering dijumpai untuk menjemur pakaian karena terkena terik matahari. Apalagi Anda juga bisa mengkonsultasikan desain balkonnya agar terlihat menonjol sebagai pusat perhatian, langsung kepada jasa bangun ruko.

  4. Tanpa pagar, ruko minimalis dengan kesan desain segar
    Biasanya ruko bergaya minimalis tanpa pagar ini dibangun di atas lahan yang letaknya tepat di sisi jalan besar. Sementara akses bagian depannya yang langsung terhubung dengan jalan raya, keamanan ruko ini bisa dialihfungsikan pada pemberian ruang untuk lahan parkir di depan ruko. Desain ruko tanpa pagar ini punya poin plus, terlihat lebih bebas dan segar karena tanpa pembatas. Nah untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa berkonsultasi pada jasa bangun ruko

  5. Warna warni, ruko minimalis dengan kesan dinamis
    Kalau Anda suka tampilan sederhana, gunakan saja konsep permainan warna sebagai daya tarik untuk ruko anda. Diaplikasikan untuk bagian eksterior, kanopi, atap, dan dinding bisa dicat menggunakan warna yang menarik. Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan estetika dan kenyamanan mata, jangan asal pilih sesuai warna favorit. Biar lebih enak bicarakan dulu dengan jasa bangun ruko, agar Anda bisa mewujudkan bangunan sesuai harapan.

  6. Menggunakan kanopi, ruko minimalis dengan dua lantai
    Akhir-akhir ini kanopi seperti jadi pilihan favorit untuk berbagai jenis hunian, termasuk ruko. Selain untuk menambah nilai estetika, kanoi berfungsi sebagai pelindung dari cuaca hujan dan panas, khususnya untuk kendaraan yang sedang diparkir di bawah. Sedangkan untuk lantai dua kanopi berfungsi untuk melindungi cucian yang dijemur, serta pelindung bagi tanaman gantung dari teriknya sinar matahari.

  7. Konsep tertutup untuk menjaga kebersihan ruko
    Desain ini mengusung higienitas sebagai prioritas utamanya. Kaca besar sebagai jendela dan pintu terpasang untuk memudahkan pembeli melihat koleksi dari luar toko tanpa harus beresiko produk terkena debu dan kotoran dari jalan raya. Karena itu agar penghuni dan pembeli tetap merasa nyaman di ruangan tertutup, sebaiknya dipasangi AC atau pendingin ruangan di dalamnya.

  8. Konsep terbuka, desain favorit untuk usaha kuliner
    Kontradiksi dengan konsep sebelumnya, ruko minimalis terbuka ini punya kekurangan dalam hal kebersihan. Karena terus terbuka sepanjang jam operasional, maka ruko ini mudah sekali kotor. Biasanya yang paling sering meminta desain ini adalah pemilik usaha kuliner yang harus dilihat secara langsung dan dimakan di tempat.

8 desain terpopuler dari ruko bergaya minimalis di atas semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membangun ruko. Apapun pilihan Anda, jangan lupa untuk mempercayakan perencanaan dan pembangunan pada jasa ruko bangun tervalidasi, Mitrarenov.com.



Read More

5 Tips Cerdas Memilih Jasa Pemborong Rumah

Posting pada 01 Apr 2019

Apa yang terbesit pertama kali di pikiran Anda jika ingin membangun rumah? Apakah Anda termasuk tipe yang suka dengan jasa kontraktor atau pemborong rumah? Tidak ada yang salah dengan preferensi Anda, yang salah adalah jika Anda tidak teliti dalam memilih jasa mereka. Samahalnya dengan jasa kontraktor, pemborong rumah juga punya kualifikasi tersendiri untuk bisa dipercaya menangani proyek Anda. Lalu bagaimana cara memilih yang tepercaya dan berkualitas? Mudah jika Anda bersedia untuk membaca tuntas artikel berikut ini.

  1. Harus ada garansi sebagai bentuk layanan pasca pembangunan
    Banyak orang memilih jasa kontraktor bangunan karena mereka menyediakan garansi usai pembangunan. Satu poin pembeda dengan jasa pemborong rumah yang umumnya langsung pergi setelah selesai. Maka dari itu, jika Anda berhasil menemukan perusahaan yang menyediakan garansi usai pembangunan, pertahankan. Karena sebagai konsumen Anda juga berhak mendapatkan garansi jika memiliki keluhan atau ada ketidaksesuaian dengan kesepakatan yang ada.


  2. Lihat portofolio untuk menemukan desain bangunan sesuai keinginan
    Pastikan untuk memilih jasa pemborong rumah yang telah teruji kualitasnya dengan berbagai portofolio. Cara tersebut juga memudahkan Anda untuk menemukan gaya bangunan sesuai keinginan. Sebagai catatan penting, portofolio seharusnya dilengkapi dengan testimoni kepuasan pelanggan

    Hal ini dikarenakan sebagus apapun hasil portofolio, jika pelanggan merasa kurang apalagi dari segi pemilihan bahannya, Anda harus berpikir ulang. Apa yang disajikan dalam gambar portofolio sudah seharusnya memiliki kualitas yang sama dengan realita. Artinya, jika di gambar, dinding telihat kokoh, kenyataannya harus demikian dibuat kokoh dengan material terpilih yang berkualitas

    Pada dasarnya setiap orang punya preferensi desain yang berbeda. Maka dari itu rekomendasi kenalan tidak bisa dijadikan tolok ukur pasti dalam memilih jasa pemborong rumah. Bisa jadi yang Anda inginkan adalah mereka yang terbiasa dengan proyek bergaya futuristik, tetapi kenalan Anda malah merekomendasikan yang klasik



  3. Banyaknya jejak proyek menentukan kualitas jasa pemborong bangunan
    Bagi konsumen, portofolio yang berisi jejak proyek jasa pemborong rumah adalah modal untuk menentukan pilihan. Anda pasti akan merasa lebih aman jika memercayakan proyek kepada yang punya rekam jejak banyak dan baik. Umpan balik yang diberikan oleh konsumen terdahulu terhadap layanan jasanya juga memudahkan Anda untuk memilih. Pada Mitrarenov.com, Anda bisa tenang memercayakan proyek yang akan digarap dengan professional dan memuaskan.


  4. Bagi mereka, pelanggan adalah prioritas utama
    Sudah sering mendengar istilah pelanggan adalah raja kan? Begitulah seharusnya tim jasa pemborong rumah ketika menghadapi pelanggannya. Bagi mereka, kepuasan pelanggan menjadi priritas utama. Memiliki pandangan dasar seperti itu akan memengaruhi kualitas kinerja tim. Mereka yang sepakat untuk memprioritaskan pelanggan akan melakukan semua proses dengan baik, memilih material dengan cermat, melakukan pembangunan dengan tepat, dan memberikan garansi pelayanan dengan sabar. Semua akan dilakukan sesuai perjanjian, tidak ada unsur kesengajaan untuk menunda demi mendapatkan keuntungan lebih.

  5. Mencari tahu harga pembanding
    Tahap terakhir adalah melihat dan membuat daftar harga dari berbagai jasa pemborong rumah sebagai pembanding. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah memilih dan mengalami kerugian akibat membayar terlalu mahal. Atau justru tertipu dengan rayuan harga murah dengan kualitas yang murahan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Mitrarenov.com tidak pernah bermain-main dengan harga. Kami selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang kompetitif dan masuk akal. Sehingga Anda tidak hanya puas dengan pelayananan, tapi juga bisa menghemat pengeluaran.







Read More

Eco-house, konsep rumah ramah lingkungan yang sekaligus hemat listrik

Posting pada 04 Mar 2019

Memiliki rumah di perkotaan yang penuh dengan penduduk memang sangat sulit untuk mendapatkan suasana sejuk. Selain itu, Polusi udara yang semakin meningkat juga dapat menggangu kesehatan penghuni rumah. Penggunaan lampu dan AC di siang hari juga dapat menyebabkan pemanasan global yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar rumah dengan konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan? Rumah ramah lingkungan merupakan suatu konsep rumah untuk mewujudkan menjaga lingkungan hidup, seperti menghemat penggunaan listrik dan air. Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat memberi dampak positif untuk lingkungan dan keluarga anda. Apa saja dampak positifnya?

  1. Menjaga lingkungan hidup
    Sesuai dengan namanya, konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat menjaga lingkungan. Seperti menggunakan cahaya matahari sebagai penerang di siang hari dan mengurangi penggunaan AC.

  2. Mengurangi tagihan listrik
    Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat mengurangi tagihan listrik anda lho…. Jika di siang hari anda menyalakan lampu sebagai penerang rumah serta ac untuk menyejukan ruangan anda, pasti tagihan listrik anda akan naik.

    Namun berbeda dengan konsep rumah ramah lingkungan. Konsep ini lebih mengandalkan kebaikan alam, seperti cahaya alami atau udara yang menyejukan serta menerangi rumah anda sehingga anda tidak perlu menyalakan AC atau lampu di siang hari.

  3. Meminimalisir polusi udara
    Seperti yang anda ketahu, polusi udara dapat menyebabkan berbagai pernyakit seperti ISPA (Infeksi saluran pernapasan atas). Tapi, konsep ini juga dapat menimimalisir polusi udara yang dapat menularkan penyakit.

    Hal ini dikarenakan, konsep rumah ramah lingkungan atau eco-house memiliki ruang terbuka untuk dijadikan taman yang hijau sehingga dapat menyerap polusi udara.

Tapi, ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konsep ini, antara lain

  1. Memiliki taman
    Eco-house merupakan konsep rumah yang menciptakan lingkungan yang hijau. Oleh karena itu, anda perlu membuat taman di halaman rumah anda. Taman ini berfungsi untuk memberi kesejukan rumah anda. Selain itu, taman juga dapat menimalisir penyakit yang dihasilkan dari polusi udara.



    Jika anda tidak memiliki lahan sisa untuk dijadikan taman anda dapat menerapkan taman di atap rumah anda. Penerapan ini disebut Rooftop garden.



    Jika anda ingin menerapkan taman di dalam ruangan, anda dapat menanam tamanan mungil di didalam rumah anda seperti Sanseviera (Lidah Mertua). Selain itu, Anda juga dapat menerapkan vertikal garden di dalam rumah anda yang ditata di sebuah rak




  2. Hemat Energi
    Menghemat energi merupakan hal yang penting dalam membuat konsep rumah ramah lingkungan. Sebagian besar orang, pasti menyalakan lampu di siang hari sebagai penerang rumah. Padahal, anda dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai pengganti lampu untuk menerangi rumah anda. Oleh karena itu, desain rumah ramah lingkungan didesain sedemikian rupa agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.



    Selain itu, penggunaan juga AC juga menyebabkan pemanasan global. Nah, sebagai pengganti AC anda perlu memperhatikan ventilasi udara. Karena, jika anda memiliki ventilasi udara yang tidak baik, rumah anda akan terasa panas. Oleh karena itu, pastikan juga ventilasi udara anda tercukupi. Ventilasi udara yang cukup dapat memberi suasana sejuk di dalam rumah anda. Selain itu, tinggi bangunan juga mempengaruhi suasana rumah. Semakin tinggi bangunan anda maka semakin sejuk ruangan anda

Dengan kriteria diatas, anda dapat membuat konsep rumah yang ramah lingkungan. Anda tertarik untuk membuat konsep rumah ramah lingkungan? Jika anda tertarik, kami siap untuk membantu anda

Salam


Mitrarenov
Read More

Kolam ikan anda berubah warna hijau, apa penyebabnya?

Posting pada 20 Feb 2019

Kolam ikan merupakan salah satu elemen rumah yang dapat memberi kesan hidup di rumah anda. Selain itu, aliran air kolam ikan dapat memberi kesan yang menenangkan bagi penghuni rumah. Anda juga tidak merasa bosan pada saat memberi makan ikan serta melihat ikan yang berenang dengan gesit.

Tetapi, yang sering menjadi masalah adalah kolam ikan anda sering berubah warna menjadi hijau. Bukannya mendapatkan kesan yang tenang dan hidup malah mendapatkan kesan yang jorok dan tidak sehat. Selain itu, kesehatan ikan anda juga akan terganggu. Lalu, apa yang menyebabkan kolam ikan anda berubah menjadi berwarna hijau?

Ternyata alga hijaulah yang menyebabkan kolam ikan anda menjadi berwarna hijau. Alga hijau merupakan sejenis tanaman ganggang yang memiliki tubuh super kecil yang berada di permukaan kolam ikan. Tumbuhan ini dapat bertumbuh dengan subur dikarenakan kolam ikan anda memiliki kandungan amonia. Lalu, dari manakah amonia ini berasal? Amonia yang terkandung dalam kolam ikan anda, dihasilkan dari kotoran ikan, sisa makanan, hewan dan tumbuhan yang mati di dalam kolam ikan anda.

Selain itu, sinar matahari yang mengenai kolam ikan juga dapat mempercepat pertumbuhan alga hijau. Seperti tumbuhan lainnya, alga hijau juga memerlukan fotosintesis untuk pertumbuhannya. Jika anda memiliki kolam ikan di luar ruangan atau outdoor, sinar matahari dengan bebas menerangi kolam ikan anda secara penuh sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan alga semakin cepat

Jika hal ini dibiarkan, kolam ikan anda akan terasa tidak hidup dan kesehatan ikan anda akan terganggu, bahkan dapat mati. Lalu bagaimana cara mengatasinya?<
  1. Bersihkan kolam ikan secara berkala



    Walaupun kolam ikan anda terlihat jernih, bukan berarti tidak perlu di bersihkan. Anda perlu membersihkan kolam ikan minimal sebulan sekali untuk mengurangi kandungan anomia yang dapat menyebabkan kolam ikan anda menjadi hijau. Dalam membersihkan kolam ikan, jangan membersihkan lumut sampai sangat bersih. Karena keberadaan lumut dapat dijadikan makanan ikan.

  2. Filter Air



    Anda juga perlu memasang filter air. Alat ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam kolam ikan anda. Selain itu, anda juga harus menyalakan filter air setiap hari supaya hasilnya maksimal.

  3. Pasang Lampu UV (UV Sterilizer)



    Selain itu, anda juga dapat memasang sebuah lampu UV atau ultraviolet. Lampu ini dapat menghasilkan sinar UV yang dapat membunuh bakteri yang ada di kolam ikan. Maka itu, lampu UV dapat dikatakan efektif dalam membersihkan kolam ikan. Untuk peletakan lampu UV, anda dapat meletakannya di dekat filter air yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan kolam anda bewarna hijau

    Namun sangat disayangkan, lampu UV tidak dapat menyaring bakteri yang baik atau yang jahat, dengan kata lain lampu UV dapat membunuh bakteri walaupun bakteri tersebut baik untuk ikan anda.

  4. Tanaman



    Anda juga dapat menggunakan tanaman air sebagai pembersih air. Tanaman ini disebut Clean Water Plants atau tanaman penjernih air. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan kolam ikan anda, seperti teratai dan apu-apu. Tanaman ini menyerap amonia yang dapat menyebabkan kolam ikan anda berubah menjadi hijau. Selain itu, tanaman ini dapat membuat kolam ikan anda terlihat lebih cantik.

  5. Hindari dari cahaya matahari



    Bagi anda yang memiliki kolam ikan di luar ruangan, anda perlu menggunakan atap untuk menutupinya seperti kanopi. Karena, ganggang akan cepat subur jika cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam ikan anda dalam jumlah yang besar.

Dengan cara demikian, anda dapat membuat kolam ikan anda terlihat hidup kembali. Untuk mempercantik tampilannya, anda dapat menambahkan tanaman atau patung di tepi atau di tengah kolam. Selamat mencoba


Salam


Mitrarenov
Read More

Banyak kecoa di rumah anda? Kenali penyebabnya

Posting pada 13 Feb 2019

Setiap orang pasti tidak asing dengan kecoa. Serangga ini dapat hidup tanpa kepala selama 8 hari. Selain itu, kecoa juga disebut pelari yang cepat. Namun dibalik kelebihannya, serangga ini menjadi masalah bagi setiap pemilik rumah. Karena kecoa dapat menyebarkan bakteri penyakit. Selain itu, kehadirannya juga menandakan rumah anda tidak sehat. Seperti apa bahayanya kecoa bagi manusia?

  • Kontaminasi makanan


    Kecoa merupakan serangga pemakan apa saja termasuk makanan anda. Jika anda meninggalkan makanan anda di malam hari, kecoa dapat mencemari makanan anda. Hal ini dapat menyebabkan keracunan jika anda memakan makanan yang sudah terkontaminasi tersebut

  • Alergi


    Selain itu, kecoa juga dapat menyebabkan alergi melalui urine, air liur dan kotorannya. urin kecoa banyak mengandung bakteri yang dapat menyebabkan ruam kulit, gatal-gatal bahkan mata tampak berair
Kira-kira, tempat seperti apa saja yang membuat kecoa untuk datang ke rumah anda?

  • Saluran pembuangan


    Saluran pembuangan merupakan tempat yang ideal untuk berkoloninya kecoa. Jika anda memiliki saluran pembuangan yang langsung ke arah sungai atau selokan, kecoa akan mudah untuk memasuki rumah anda melalui saluran tersebut.

    Jika anda memiliki saluran pembuangan yang langsung ke arah selokan atau sungai, anda dapat menutup saluran tersebut dengan saringan floor drain atau menutupi ujung pipa dengan saring pipa.

  • Kamar mandi


    Seperti yang sudah kita ketahui, kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang lembab dan kotor. Karena kecoa merupakan serangga yang menyukai tempat yang kotor dan lembab, tidak heran kamar mandi merupakan tempat favorit yang sering didatangi oleh kecoa.

    Untuk menghindarinya kedatangan kecoa di kamar mandi anda, ada baiknya anda selalu membersihkan kamar mandi serta memberikan ventilasi udara supaya kamar mandi anda tidak lembab dan kotor

  • Sisa makanan


    Selain itu, kecoa juga sangat menyukai keberadaan makanan yang ditinggalkan. Jika anda meninggalkan sisa makanan semalaman, kecoa akan datang untuk memakan sisa makanan tersebut yang dapat menyebarkan bakteri dalam makanan anda. Ini dikarenakan adanya sumber nutrisi untuk pertumbuhan telur kecoa

    Pastikan anda menyimpan makanan anda ditempat yang tertutup seperti toples atau lemari es.

  • Tumpukan barang


    Hindari juga penumpukan barang yang kotor seperti cucian piring atau barang yang tidak dipakai. Selain membuat rumah anda terlihat berantakan, menumpuk barang juga dapat mengundang kedatangan kecoa kecoa. Karena, menumpuk barang dapat menimbulkan kondisi tempat yang gelap dan kotor yang biasa disukai oleh kecoa

  • Kandang Hewan Peliharaan


    Jika anda memelihara hewan seperti kucing atau anjing, anda juga perlu memperhatikan kebersihan kandang hewan serta sisa makanannya. Karena, kandang hewan yang terlalu kotor dapat mengundang kedatangan kecoa untuk berkoloni. Selain itu, hewan peliharaan anda juga akan terganggu kesehatannya

  • Tempat Sampah yang terlalu penuh


    Jika tempat sampah anda sudah terlalu penuh, lebih baik anda buang sampah tersebut ke tempat penampungan sampah sementara. Karena, hal ini dapat mengundang kecoa untuk datang dan berkoloni. Selain itu, rumah anda juga akan terkesan kotor.

Lalu bagaimana cara mengusir kecoa dari rumah anda? Yuk lihat tipsnya

  • Jaga Kebersihan rumah anda


    Hal yang menjadi kewajiban dan utama bagi penghuni rumah yaitu membersihkan seluruh bagian rumah. Selain memberi kesan rumah yang bersih, kecoa juga tidak menyukai tempat yang bersih

  • Hindari ruangan anda yang lembab


    Karena kecoa merupakan serangga yang menyukai tempat yang lembab, maka anda harus menghindari ruangan yang lembab. Untuk menghindari ruang yang lembab, anda dapat memberikan ventilasi udara atau exhaust fan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cat anti lembab. Jika ruangan anda tidak lembab, maka serangga ini tidak akan betah untuk tinggal dirumah anda.

  • Bahan Alami


    Selain itu, anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir kecoa seperti lavender, minyak kayu putih dan papermint. Hal ini dikarenakan kecoa tidak menyukai wangi dari bahan tersebut

  • Kamper


    Letakan kamper atau kapur barus yang sering didatangi oleh kecoa, seperti di kamar mandi, dapur dan lain sebagainya. Walaupun kamper dapat mengusir kecoa, kamper juga tidak aman untuk manusia dan jauhkan dari jangkauan anak-anak

  • Obat anti serangga aerosol atau semprot


    Anda juga dapat menggunakan obat anti serangga yang berbentuk aerosol atau semprot. Cukup semprotkan area yang dilewati kecoa atau disemprotkan langsung ke arah kecoa, maka kecoa akan pergi. Namun obat anti serangga juga beracun dan berbahaya sehingga tidak aman untuk keluarga anda jika berlebihan dalam pemakaiannya

Dengan tips diatas anda dapat, kecoa akan tidak betah untuk datang kerumah anda. Selamat mencoba.

Salam


Mitrarenov
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa