Mengeksplorasi Keindahan Bahan Bangunan Sederhana

Posting pada 29 Dec 2020

Muncul sebagai bentuk protes terhadap gaya arsitektur mapan yang dianggap boros, gaya minimalis menawarkan desain penuh kesederhanaan, efisien, namun tetap fungsional. Dan tren ini masih berlanjut dan diminati sampai sekarang. Humble material atau material sederhana tetap bisa diterapkan pada ekspresi desain yang kreatif dan berani. Material ini tidak harus mahal atau mewah, tetapi penerapannya dalam desain hunian tidak berarti Anda harus mengorbankan daya tarik atau keunikannya.

Jenis material ini sangat terkenal dalam industri konstruksi. Sebagian besar orang menyebutnya sebagai material yang praktis, murah, original, dan natural. Satu paket lengkap. siapa yang tidak suka? Material yang dianggap kuno ini dapat diinterpretasikan ke dalam sebuah tampilan modern, dengan memadukan teknologi tinggi dan teknologi rendah. Bahkan, banyak arsitek menemukan inspirasi dalam keindahan struktur yang sederhana melalui penggunaan material ini secara tepat. Berikut adalah beberapa keistimewaan material tersebut.

  1. Kayu lapis alami

    kayu lapis alami

    Estetika: Informal, hangat, teknologi rendah

    Penggunaan: Material ini murah, gampang ditemukan, dan mudah digunakan dengan potensi luar biasa. Plywood atau triplek adalah bahan kayu lapis berupa lembaran tipis dan tahan lama. Material ini dapat digunakan di setiap bagian rumah, mulai dari plafon, penutup dinding,hingga backsplash dapur, tetapi sering kali dilapisi dengan permukaan finishing yang lebih halus.

  2. Papan kayu alami (live-edge wood)

    Papan kayu alami

    Estetika: Kasar, bisa dibuat modern, alami dan netral

    Penggunaan: Untuk membedakan dan memperlihatkan kontras pada geometri bangunan yang kaku. Live-edge wood adalah papan kayu alami tanpa finishing dengan potongan tepi yang tidak rata, yang diproses sesuai ketebalannya, tetapi tidak sama ragamnya. Papan kayu ini mengekspos bentuk alami potongan papan yang digergaji dari batang pohon. Tampilannya mungkin tidak sesempurna kayu produksi pabrik, namun memberikan aksen yang menarik pada sebuah rumah.

  3. Papan kayu tanpa finishing

    Papan kayu tanpa finishing
    Estetika: Skandinavia, hangat dan modern

    Penggunaan: Untuk memberikan tampilan Skandinavia yang bersih, hangat dan santai pada suatu ruang. Papan dengan cacat kayu digunakan dalam estetika minimalis, tanpa potongan atau detail rumit, tanpa kamuflase dan menghasilkan tampilan yang kaya sekaligus tahan terhadap rusak dan aus. Pada rumah ini, sambungan papan kayu menjadi satu-satunya ornamen. Penggunaan material yang sama pada dinding dan lantai tersebut menghasilkan permukaan dengan bobot yang sama dan menciptakan suasana yang hangat, santai, dan informal.

  4. Bata beton

    Bata Beton

    Estetika: Minimalis, bertekstur, netral, dingin

    Penggunaan: Untuk menonjolkan bentuk-bentuk geometris. Karena bersifat modular, bata beton (unit bata beton, atau CMU) paling baik digunakan dalam konfigurasi ortogonal biasa. Bata beton diproduksi secara bertahap dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran. Dengan berbagai finishing bertekstur, warna dan teknik instalasi yang tersedia, bata beton yang sederhana dapat digunakan untuk menciptakan berbagai macam tampilan permukaan, mulai dari siku dan runcing hingga bentuk tidak teratur dan mirip batu alam,
Read More

Ciptakan Ruang Tanpa Dinding

Posting pada 28 Dec 2020

Kenyamanan dalam rumah selalu dicari oleh setiap keluarga. Setiap keluarga pasti menginginkan hidup di rumah yang dapat membuat mereka juga bahagia. Kenyamanan setiap rumah tergantung dari interior rumah itu sendiri. Jika salah dalam penataan interior, bisa saja membuat Anda tidak nyaman. Rumah sempit juga membuat Anda tidak nyaman beraktivitas. Apabila rumah Anda sempit, ruangan tanpa dinding adalah solusi salah satunya untuk memperluas rumah Anda. Lalu bagaimana cara menciptakan ruang tanpa dinding?

Dinding bisa dibilang merupakan salah satu elemen arsitektur yang paling mudah dan paling dikenal untuk mempertegas sebuah ruangan. Mari kita mengembangkan gagasan ini dan mengidentifikasi cara-cara lain untuk menentukan persepsi sebuah ruang. Yuk, simaklah beberapa tips berikut untuk menciptakan ruang-ruang rumah Anda tanpa bergantung pada pembatas vertikal khusus untuk kesan tertutup.
  1. Perubahan level
    Perubahan level lantai di dalam rumah mungkin lebih mahal daripada lantai pelat datar dan mungkin kurang diperhitungkan oleh orang-orang yang mengalami kesulitan naik tangga. Akan tetapi, perubahan level sangat penting untuk memperkuat karakter sebuah ruang. Perubahan level lantai dapat menandai zona-zona tertentu dalam tata ruang terbuka dan membantu menetapkan hirarki ruang. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya dinding penyekat antara ruang duduk dan ruang lain yang berdekatan; hanya berkisar satu atau beberapa anak tangga yang membedakan kedua area tersebut.

  2. Elemen gantung
    Di ruangan ini ada perubahan material pada level langit-langit, sementara lantai tetap konsisten. Perubahan material ini adalah trik visual yang cerdas untuk menggambarkan zona-zona dalam rumah dengan rencana ruang terbuka.

  3. Elemen struktural
    Elemen struktur pada sebuah rumah juga dapat digunakan untuk mempertegas ruang. Selain membantu menentukan titik fokus dalam ruang, balok-balok atap ekspos ditambah pencahayaan dramatis juga menambah estetika pada langit-langit datar.  Di sebagian besar rumah, elemen struktur ekspos biasanya khusus untuk rangka atap dan lantai. Akan tetapi, Anda juga bisa mengekspos rangka pada dinding kaca transparan.

  4. Penyekat
    Cara mudah untuk menambahkan pembatas privasi dekat pintu masuk adalah dengan menggabungkan sebuah pembatas ruang. Penyekat khusus ini memungkinkan akses visual ke pintu depan dengan kaca transparan. Penyekat adalah cara yang bagus untuk membuat transisi arsitektural antar ruang.

  5. Material
    Kayu warna terang sangat kontras bila dipadukan dengan lantai keramik warna gelap, yang merupakan isyarat visual menuju ruang baca. Perhatikan perubahan bidang langit-langit seperti halnya perubahan lantai.

Mempertegas ruang tanpa dinding masif paling tepat apabila diterapkan pada sebuah tempat yang tanpa dinding sama sekali, Ruang outdoor ini mengandalkan area perkerasan dari keramik dan panel kayu yang kontras dengan area taman untuk memberikan kesan sebuah ruang.
Read More

Rumah Dengan Sistem Pencahayaan Alami

Posting pada 10 Dec 2020

Seiring dengan berkembangnya isu global warming, kesadaran manusia untuk menjaga kelestarian bumi juga semakin meningkat. Manusia semakin sadar bahwa eksistensinya tidak akan pernah bisa lepas dari dukungan sumber daya alam sekitarnya. Sumber daya alam pada dasarnya dibedakan menjadi sumber daya yang dapat diperbarui dan sumber daya yang tidak dapat diperbarui.

Bangunan yang ramah lingkungan adalah bangunan yang merespon alam. Sebagai bagian dari alam, desain yang baik dan ideal adalah desain yang tidak mengabaikan keberadaan alam sekitar, alam secara global, dan pengguna. Desain bangunan yang baik seharusnya memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya dan atau meminimalkan kerusakan pada lingkungan sekitar.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan energi alternatif, manajemen sampah yang baik, daur ulang air (menggunakan air abu-abu, yaitu air bekas untuk menyiram tanaman misalnya) dan pengaturan pemeliharaan bangunan

Pencahayaan alami adalah pemanfaatan cahaya yang berasal dari benda penerang alam seperti matahari, bulan, dan bintang sebagai penerang ruang. Karena berasal dari alam, cahaya alami bersifat tidak menentu, tergantung pada iklim, musim, dan cuaca. Diantara seluruh sumber cahaya alami, matahari memiliki kuat sinar yang paling besar sehingga keberadaanya sangat bermanfaat dalam penerangan dalam ruang. Cahaya matahari yang digunakan untuk penerangan interior disebut dengan daylight.

Daylight memiliki fungsi yang sangat penting dalam karya arsitektur dan interior. Distribusi cahaya alami yang baik dalam ruang berkaitan langsung dengan konfigurasi arsitektur bangunan, orientasi bangunan, kedalaman, dan volume ruang. Oleh sebab itu daylight harus disebarkan merata dalam ruangan.

Jadi, gimana caranya memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami supaya rumah masa kini tetap sehat?
  1. Membuat layout rumah yang sesuai kebutuhan dan dengan orientasi bangunan yang tepat
    Sebisa mungkin bukaan jendela menghadap ke arah selatan atau utara supaya mendapat manfaat terang matahari tapi juga terhindar dari panas matahari langsung. Ingat ya, pergerakan matahari adalah dari timur ke barat.

  2. Memaksimalkan pencahayaan alami dengan menggunakan skylight
    Skylight adalah jendela atau kaca yang berada di atap atau di dinding bagian atas yang berfungsi untuk memasukkan sinar matahari. Penggunaan skylight akan menarik karena dengan adanya limpahan cahaya matahari dari atas dengan sendirinya ruangan akan terasa lebih besar, ringan, segar dan menyenangkan

  3. Menerapkan sistem cross ventilation atau ventilasi silang
    Sistem penghawaan ruangan ini ideal dan caranya adalah dengan membuat dua bukaan berupa jendela atau pintu yang letaknya saling berhadapan di dalam satu ruangan. Ventilasi ini bekerja dengan memanfaatkan perbedaan zona bertekanan tinggi dan rendah yang tercipta oleh udara. Perbedaan tekanan pada kedua sisi bangunan akan menarik udara segar memasuki bangunan dari satu sisi dan mendorong udara pengap keluar ruangan dari sisi lain

  4. Membuat plafon dengan tinggi yang ideal
    Konfigurasi tata letak jendela, pintu dan lubang angin suatu ruangan akan semakin efektif kalau dilengkapi dengan ketinggian plafon yang tepat sebagai jalur sirkulasi udara. Umumnya orang akan membuat plafon di ketinggian 3 meter. Plafon juga digunakan untuk menangkal hawa panas dari atap jadi panas langsung dari atap nggak langsung masuk ke dalam ruangan.

  5. Menggunakan material atap yang tepat
    Sumber suhu dan hawa panas matahari paling banyak diterima oleh atap bangunan, makanya penting untuk menggunakan material atap bangunan yang nggak bisa menghantarkan panas juga memasang insulasi panas di bawah atap berupa lapisan aluminium dan glasswool supaya suhu di dalam rumah tetap sejuk

Read More

Atap Sudah Diperbaiki Tapi Tetap Bocor? Periksa 5 Penyebabnya

Posting pada 03 Dec 2020

Kerusakan pada atap seringkali disebabkan oleh hal-hal yang sepele. Mulai dari kesalahan kecil saat proses pembangunan rumah, hingga keretakan kecil karena panas matahari. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi terlebih saat musim hujan telah tiba. Hampir semua orang mengkhawatirkan atap rumah saat musim hujan. terkadang kita sudah menghabiskan banyak biaya untuk renovasi rumah, namun atap yang sudah diperbaiki tetap saja bocor. Apa saja yang mungkin terlewat oleh kita dan kontraktor? Berikut sejumlah penyebab yang mungkin terjadi.

  1. Desain atap
    Desain atap berperan penting menyebabkan kebocoran. Apakah atap anda terlalu landai? Air akan tetap menyusup masuk saat hujan yang disertai angin. Apakah permukaan dak beton anda tidak dilengkapi kemiringan yang benar ke arah lubang pembuangan (floor drain)? Air akan menggenang di atas dak anda. Diskusikan hal-hal ini dengan arsitek atau kontraktor anda saat memulai pembangunan rumah.

  2. Genteng geser
    Walau mungkin sudah terpasang dengan benar, kadang penutup atap atau genteng dapat bergeser akibat hujan yang disertai angin kencang, atau akibat terinjak binatang. Pemeriksaan berkala adalah satu-satunya cara untuk mengetahui terjadinya pergeseran pada genteng.

    Genteng geser

  3. Longgar Pada Atap
    Kelonggaran ini dapat terjadi akibat proses pemasangan genteng/atap yang tidak benar. Terkadang para pekerja bangunan yang Anda sewa untuk memasangnya melakukan kesalahan. Solusi terbaik untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan melakukan pemasangan ulang pada genteng yang longgar. Anda juga dapat menambahkan lapisan perekat untuk memperkuat genteng agar tidak longgar di kemudian hari.

    Jasa perbaikan atap

  4. Dak beton retak
    Keretakan selain pada genteng beton, juga dapat terjadi pada atap dak beton anda. Pembuatan dak yang kurang sempurna, ekspos cuaca terus menerus, dan pergerakan bangunan semua dapat menyebabkan keretakan pada dak beton. Pemeriksaan dan pelapisan ulang waterproofing secara berkala adalah cara mencegah kebocoran.

    Dak beton Retak

  5. Cat waterproofing mengelupas
    Cat kedap air atau waterproofing yang anda gunakan pada bagian-bagian atap (talang, jurai, atau nok), dak beton, dan dinding yang menempel pada tetangga, memiliki umur pakai. Tanyakan hal ini pada penjual cat, setelah habis umur pakainya maka anda wajib melakukan pelapisan ulang.

    Cat waterproofing mengelupas


Masalah kebocoran atap adalah masalah klasik rumah saat musim penghujan tiba. Berbagai penyebab di atas dapat terjadi kapan saja. Pemeriksaan dan pemeliharaan atap secara berkala merupakan hal yang amat penting, jangan tunggu sampai rumah anda bocor baru mengadakan perbaikan, Jangan sampai atap bocor menjadikan kenyamanan keluarga terganggu dan menambah dana pengeluaran untuk ongkos perbaikan atap.
Read More

Ingin Membangun Rumah Bertingkat? Inilah Hal-hal yang Bisa Anda Pertimbangkan Sebelum Meningkat Rumah

Posting pada 02 Dec 2020

Tak dapat dipungkiri kebanyakan orang pasti ingin memiliki rumah idaman yang memiliki ruang cukup dan membuat seluruh anggota keluarga merasa nyaman. Bagi Anda yang berada di wilayah perkotaan tentu akan kesulitan untuk mencari lahan luas sebagai bangunan rumah. Meskipun terdapat lahannya, namun harga lahan tersebut cenderung mahal. Hal ini tentu membuat Anda harus memutar otak dalam membangun rumah impian termasuk salah satunya dengan meningkat rumah. Tak hanya bisa dibangun sejak awal, rumah tingkat bisa dibuat dengan cara merenovasi rumah lama sehingga Anda tak perlu repot membuat pondasi rumah yang baru.

  1. Pertimbangan Sebelum Meningkat Rumah
    Tak dapat dipungkiri dalam pembuatan rumah tingkat tentu bukan menjadi hal yang mudah. Ada banyak hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir harus mengakalinya sendirian karena kini terdapat jasa meningkat rumah yang siap membantu Anda. Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan dan Bekasi, maka jasa meningkat rumah akan mudah Anda temukan. Jasa ini akan dilengkapi pula dengan kontraktor meningkat rumah sehingga memudahkan Anda untuk merencanakan renovasi rumah menjadi bertingkat.

    Sebagai pemilik rumah, meskipun nantinya Anda menggunakan jasa kontraktor meningkat rumah, maka sebaiknya Anda juga memahami hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam meningkat rumah. Dalam pembuatan rumah tingkat, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti saluran listrik, struktur bangunan, penyimpanan pada lantai satu dan lain-lain. Untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan pembuatan rumah bertingkat, maka berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun rumah tingkat sekaligus bisa menjadi tips meningkat rumah yang perlu Anda ketahui.

  2. Merencanakan tata letak ruangan
    Sebaiknya Anda merencanakan secara matang tata letak ruangan dan ruangan yang dibutuhkan. Untuk rumah bertingkat yang hanya sebagian saja, maka usahakan tampak bangunan tidak mengurangi keindahan rumah Anda. Dalam melakukan perencanaan tata letak ruangan ini Anda bisa bekerjasama dengan kontraktor terkait hal tersebut.

  3. Struktur dan letak yang jelas
    Usahakan dalam pembuatan rumah bertingkat, Anda membuat struktur dan letak secara jelas. Hindari pembuatan kolom yang ada di tengah ruangan atau di tengah pintu.

  4. Kolom tambahan
    Dalam meningkat rumah, tentu Anda akan bingung dalam mengatasi pondasinya. Tak perlu khawatir karena untuk pondasi rumah satu lantai Anda tak perlu memperhitungkannya. Solusi dari masalah ini adalah dengan membuat suntikan kolom tambahan. Pastikan meletakkan kolom tambahan di samping kolom utama sehingga bisa menjadi kolom struktur yang kuat. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembongkaran lantai lama untuk pembuatan pondasi telapak.

  5. Pembuatan dak
    Dak sangatlah penting dalam pembuatan rumah bertingkat. Oleh karena itu Anda harus menggunakan steger dan bekisting dalam pembuatan dak. Tentunya pembuatan dak ini harus melalui pembongkaran pondasi lantai satu, namun cukup merepotkan. Solusinya adalah dengan memakai plat baja gelombang sebagai bahan pembuatan dak untuk lantai dua.

  6. Memilih material
    Usahakan untuk berdiskusi dengan kontraktor rumah mengenai material yang tepat untuk meningkat rumah. Biasanya jasa kontraktor rumah akan menyarankan Anda untuk memilih material yang ringan untuk pembuatan lantai dua. Material ringan ini biasanya bisa berupa partisi dinding interior serta bata hebel untuk bagian dinding eksteriornya. Sedangkan untuk dak beton yang cukup berat bisa digantikan dengan papan fiber semen sebagai lantainya.

  7. Penambahan tangga dan sirkulasi ke lantai
    Dengan menggunakan jasa kontraktor rumah, maka Anda juga akan terbantu untuk perhitungan penambahan tangga serta sirkulasi lantai. Tentunya harus ada bagian ruangan di lantai yang dikorbankan untuk pembuatan tangga, namun Anda bisa memilih tangga model U atau J agar lebih menghemat tempat. Sedangkan untuk rumah yang luas bisa memilih tangga model melingkar.

  8. Area basah
    Hal yang tak kalah penting dalam pembuatan rumah bertingkat adalah penempatan area basah. Usahakan untuk membuat area basah yang tegak lurus untuk lantai satu dan dua. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membuat saluran air serta mencegah terjadinya kebocoran pipa.

  9. Saluran listrik
    Pastikan Anda memperhitungkan kebutuhan listrik pada lantai dua agar tak melebihi daya listrik rumah Anda. Buatlah grouping baru yang akan memudahkan Anda untuk instalasi listrik di lantai dua.

  10. Perhitungan dana
    Dana menjadi hal yang sangat penting dalam meningkat rumah. Anda bisa juga mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan jasa meningkat rumah. Sebagai ilustrasi, pembuatan rumah secara vertikal membutuhkan biaya sekitar 1,5 dari luas lantai. Untuk rumah dengan luas 30 meter, maka Anda membutuhkan dana sebesar 45 meter persegi. Adanya kelebihan dana ini nantinya akan memudahkan Anda dalam perhitungan pembongkaran plafon dan lantai yang akan ditutup kembali.


Itulah informasi mengenai hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meningkat rumah. Berdasarkan penjelasan diatas kini Anda tak perlu repot untuk membuat rumah bertingkat karena telah hadir jasa kontraktor yang akan membantu Anda. Untuk menggunakan jasa ini Anda bisa mengunjungi alamat www.mitrarenov.com dan buktikan kualitas pelayanannya.
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa