Membangun Hunian dalam Bidang Miring, Kenapa Takut?

Posting pada 01 Nov 2019

Desain arsitektur adalah konsep yang berfokus pada komponen atau elemen struktur. Seorang arsitek umumnya yang bertanggung jawab atas desain arsitektur. Mereka bekerja dengan ruang dan elemen untuk menciptakan struktur yang koheren dan fungsional.

Dalam sebuah kasus bidang tanah miring ternyata tidak terlalu banyak disukai orang, Posisi bidang miring tentu tidak menguntungkan di saat banjir dan longsor, serta mengundang bahaya sendiri.

Banyak sekali dampak lain yang menjadikan masyarakat merasa cemas ketika bertemu dengan medan tanah yang miring. Mengapa demikian? Karena dengan kondisi tanah yang tidak rata, Anda akan mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan sebuah konstruksi yang baik serta hunian yang nyaman. Namun untuk sebagian orang lainnya, kondisi ini justru menarik dan menantang? karena hunian yang ada di tanah miring terkesan lebih unik dan dapat menjadi pembeda dengan berbagai jenis-jenis rumah tinggal lainnya.

Baca juga: Tampil Trending Ala Milenial Dengan Kitchen Industrial Masa Kini


Nah untuk artikel dibawah ini anda dapat melihat beberapa tips dibawah ini terkait dengan apa yang harus diperhatikan dalam membangun hunian dalam bidang kemiringan. Dalam membangun hunian bidang atau medan miring banyak sekali yang perlu diperhatikan terutama dalam segi ketinggian kemiringan tanah, posisi jalan, luas lahan, apakah ada bangunan di sekitar lahan yang akan dibangun. Setelah data tentang lahan yang miring telah lengkap, barulah dibuat gambar desain rumah yang memperhatikan tata letaknya, misalnya menghadap ke mana, berapa panjang dan lebarnya, memanjang atau melebar, di mana posisi carport, taman, sumur resapan. Dengan lahan miring, kebanyakan ahli bangunan menyarankan agar rumah dibuat bertingkat.

Disamping itu Perlu diketauhi juga bahwa tentang sebuah pandangan dimana memaksimalkan pandangan sedapat mungkin adalah salah satu keuntungan memiliki situs curam. Anda dapat mendesain bangunan bertingkat yang berarti banyak peluang untuk kamar yang lebih ramping dengan kaca dan pemandangan. Anda juga bisa melihat atap bagian bawah bangunan dari atas, peluang untuk teras dan ruang luar. Selanjutnya Pikirkan tentang akses dan bagaimana orang akan dapat bergerak di sekitar situs curam.

Untuk segi cahaya, Pertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan cahaya. Apakah tempat anda mendapat manfaat dari aspek yang baik? Bagaimana Anda bisa memastikan Anda mendapatkan cahaya ke dalam hunian anda.

Jika ketinggian kemiringannya tak besar, perbedaan tinggi permukaan ruang satu dengan lainnya dapat dihubungkan dengan tangga sedikit agak miring. Dan letak seninya ada pada naik turun atau tinggi rendahnya ruangan yang dibuat. Beda ketinggian itulah yang menyebabkan rumah itu disarankan di bangun bertingkat pada posisi bidang miring. 

Berikut adalah beberapa gambar inspirasi untuk Anda

rumah minimalis di bidang miring


rumah minimalis di bidang miring
Read More

Perbaharui Cat Pagar Rumah Anda Untuk Kesan Yang Lebih Fresh

Posting pada 14 Oct 2019

Pagar besi merupakan salah satu material favorit untuk pagar rumah karena kuat, Material pagar besi dianggap tahan lama, hemat biaya, cukup terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran bahan bangunan. Salah satu kendala umum dari pagar besi adalah kerusakan karena karat. Oleh karena itu, pemilihan warna cat pagar rumah juga sangat penting dalam melindungi pagar besi secara menyeluruh.

Mengenal berbagai macam model, desain dan bentuk sebuah rumah memang sebuah hal yang menarik untuk dibahas. Tidak heran, kalau banyak orang menghabiskan waktu dan biaya untuk merenovasi eksterior atau interior rumah agar tetap terlihat apik dan nyaman. Selain dari keindahan rumah, aspek keamanan rumah harus diperhatikan dalam membangun atau merenovasi rumah seperti membuat pagar. Walau pagar rumah kerap dijadikan pengaman rumah, ternyata pagar juga dapat menambah nilai estetika rumah. Wajar saja, kalau di zaman sekarang banyak design pagar yang unik dan cantik yang seringkali digunakan untuk hiasan rumah.

jasa pengecatan pagar

Banyak sekali jenis material yang digunakan untuk pagar rumah, seperti besi, beton atau kayu, namun yang paling umum Salah satunya yaitu pagar besi, Pagar besi memiliki banyak kelebihan, terutama dari sisi daya tahan dan keawetannya. Berbeda ketika memakai pagar kayu atau bambu, hanya karena insentitas hujan tinggi kedua bahan tersebut cepat keropos dan lapuk. Bukan hanya hujan, sinar matahari yang menyengatpun bisa merubah komponen kedua bahan tersebut.

Namun pagar besi juga mempunyai kelemahan yaitu cepat mengarat, tetapi dapat ditangani dengan memberi lapisan cat sehingga pagar akan terlihat lebih menarik. Guna untuk pengecatan ulang sebuah pagar sangat diperlukan untuk memberikan tampilan baru untuk rumah anda agar terlihat lebih fresh ataupun memberikan kesan baru pada halaman atau tampilan.

Baca Juga: Bagaimana Membeli Rumah Lebih Murah 50% dari Harga Pasar


Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum pengecatan pagar dimulai nih, seperti:

  1. Gosok dan bersihkan secara menyeluruh karat atau puing-puing dengan sikat kawat

  2. Kemudian amplas pagar untuk menghilangkan cat yang terkelupas dan untuk memberi cat segar permukaan yang melekat. Setelah selesai, bersihkan pagar dengan lap kering.

  3. Mulailah dengan mengaplikasikan primer untuk mencegah karat. Anda dapat menemukan primer yang baik dalam cairan atau aerosol di sebagian besar toko perangkat keras.

  4. Setelah Anda menerapkan primer, tunggu sampai mengering. Setiap primer memiliki waktu pengeringan yang berbeda, tetapi antara satu dan tiga jam

  5. Aplikasikan cat besi dan thinner sesuai dengan warna yang anda ingin kan untuk hasil yang maksimal gunakan cat besi kualitas bagus untuk pagar anda.

Jadi, apa anda memutuskan untuk mengecat kembali pagar besi anda di rumah?   







Read More

Yuk, Cegah Becek Pada Taman Anda Dengan Penggunaan Batu Koral

Posting pada 08 Oct 2019

Ketika memasuki musim penghujan memang banyak yang menyebutkan, di musim inilah segala  kerusakan rumah terlihat, mulai dari atap bocor, hingga saluran air mampat. Namum tidak sampai disitu saja, adapun Ancaman dari bawah seperti genangan air hingga banjir pun kerap terjadi. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan antisipasi selagi menunggu musim hujan serta mencari bagaimana solusinya supaya tidak banyak genangan air yang pada akhirnya membuat halaman rumah menjadi becek.



Area outdoor adalah area yang paling rentan bermasalah ketika musim hujan. Pastikan taman di rumah Anda memiliki sumur resapan untuk menampung debit hujan lebat. Apabila taman dibuat di atas lantai semen atau beton, pastikan saluran air taman tidak mampat dan bebas dari endapan. Agar taman tidak terkesan becek, penuhi area taman dengan rumput. Bila ada area yang tidak terkena matahari dan tidak memungkinkan rumput untuk tumbuh, Anda dapat menggunakan batu koral sebagai penutup tanah untuk menghindari becek dan kemudahan penggunaan batu koral di taman dengan cara ditabur di satu area tertentu membuat elemen batu koral bisa menciptakan keeksotikan tersendiri dengan bentuk yang memikat.

Baca Juga: Ingin mempunyai taman tapi lahan terbatas? Tidak masalah!


Dengan Susunan silang antara batu koral dan semen yang diperlihatkan taman kering depan rumah ini pun menghasilkan pola minimalis yang menarik. Susunan silang antara batu koral dan semen yang diperlihatkan taman kering depan rumah ini pun menghasilkan pola minimalis yang menarik.


Daripada sekadar rumput dan bunga di taman, mungkin sudah waktunya memperbarui tampilan taman dengan memanfaatkan batu koral utnuk mengantisisipasi becek pada taman anda. Selamat mencoba!





Read More

Tampil Trending Ala Milenial Dengan Kitchen Industrial Masa Kini

Posting pada 12 Sep 2019

Siapa yang tidak kenal kaum milenial, semuanya yang serba instan dan serba up to date. Sebagian besar Kaum Milenial biasanya menghabiskan banyak waktu mereka tidak hanya bersosialisasi, tetapi juga bekerja diluar ruangan seperti di sebuah kedai kopi untuk menciptakan kembali lingkungan kuno dan kondisi di mana manusia beroperasi paling efisien sambil merasakan sebuah zona nyaman yang mereka ciptakan.

Ketika generasi millenial sadar akan mempertimbangkan pengalaman generasi sebelumnya, mereka menyadari bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan makanan sangat penting bagi keberadaan mereka dan umumnya mereka tertarik pada kesederhanaan, terutama di dapur, dan ini berlaku untuk bentuk ruang, desain dapur, dan bahan-bahan yang digunakan.

Disini konsep industrial style sangat cocok untuk kitchen kaum milenial, dimana mereka sangat menghargai penggunaan kembali akan daur ulang seperti pipa sebagai pengait lampu, atau juga bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya namun tetap berkelas, elegan dan canggih. Dapur ala milenial biasanya lebih identik dengan warna abu-abu, cokelat-hitam, hitam-putih, dan putih yang memantulkan cahaya alami. Seperti gambar dibawah ini :

konsep dapur industrialis

Dapur gaya industrial terkenal dengan lantai yang dibiarkan terbuka atau lantai semen yang ditambahkan dengan beberapa elemen hitam matte agar terlihat elegan.

konsep dapur industrialis

Dua warna kayu yang kontras, menciptakan efek industrial dengan Komponen hitam dan campuran warna kuning membuat desain karya seni abstrak yang memberi warna pada ruangan.

Baca Juga: Desain Interior Rumah Yang Kekinian, Anda Ingin Mencobanya?


konsep dapur industrialis

Cahaya dari langit-langit yang dibingkai oleh batang logam hitam membuat kesan dapur jauh dari kesan monoton.

Jadi setiap generasi baru dimulai, kita melihat banyak sekali perubahan yang menyertainya, terutama ketika datang ke rumah. Di rumah masing-masing generasi memiliki pendekatan yang berbeda untuk ukuran dan ruang, beragam ide tentang gaya dan desain, dan masing-masing tempat menekankan pada aspek yang berbeda dari lingkungan rumah.
Read More

Eco-house, konsep rumah ramah lingkungan yang sekaligus hemat listrik

Posting pada 04 Mar 2019

Memiliki rumah di perkotaan yang penuh dengan penduduk memang sangat sulit untuk mendapatkan suasana sejuk. Selain itu, Polusi udara yang semakin meningkat juga dapat menggangu kesehatan penghuni rumah. Penggunaan lampu dan AC di siang hari juga dapat menyebabkan pemanasan global yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar rumah dengan konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan? Rumah ramah lingkungan merupakan suatu konsep rumah untuk mewujudkan menjaga lingkungan hidup, seperti menghemat penggunaan listrik dan air. Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat memberi dampak positif untuk lingkungan dan keluarga anda. Apa saja dampak positifnya?

  1. Menjaga lingkungan hidup
    Sesuai dengan namanya, konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat menjaga lingkungan. Seperti menggunakan cahaya matahari sebagai penerang di siang hari dan mengurangi penggunaan AC.

  2. Mengurangi tagihan listrik
    Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat mengurangi tagihan listrik anda lho…. Jika di siang hari anda menyalakan lampu sebagai penerang rumah serta ac untuk menyejukan ruangan anda, pasti tagihan listrik anda akan naik.

    Namun berbeda dengan konsep rumah ramah lingkungan. Konsep ini lebih mengandalkan kebaikan alam, seperti cahaya alami atau udara yang menyejukan serta menerangi rumah anda sehingga anda tidak perlu menyalakan AC atau lampu di siang hari.

  3. Meminimalisir polusi udara
    Seperti yang anda ketahu, polusi udara dapat menyebabkan berbagai pernyakit seperti ISPA (Infeksi saluran pernapasan atas). Tapi, konsep ini juga dapat menimimalisir polusi udara yang dapat menularkan penyakit.

    Hal ini dikarenakan, konsep rumah ramah lingkungan atau eco-house memiliki ruang terbuka untuk dijadikan taman yang hijau sehingga dapat menyerap polusi udara.

Tapi, ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konsep ini, antara lain

  1. Memiliki taman
    Eco-house merupakan konsep rumah yang menciptakan lingkungan yang hijau. Oleh karena itu, anda perlu membuat taman di halaman rumah anda. Taman ini berfungsi untuk memberi kesejukan rumah anda. Selain itu, taman juga dapat menimalisir penyakit yang dihasilkan dari polusi udara.

    desain taman rumah

    Jika anda tidak memiliki lahan sisa untuk dijadikan taman anda dapat menerapkan taman di atap rumah anda. Penerapan ini disebut Rooftop garden.

    taman rumah

    Jika anda ingin menerapkan taman di dalam ruangan, anda dapat menanam tamanan mungil di didalam rumah anda seperti Sanseviera (Lidah Mertua). Selain itu, Anda juga dapat menerapkan vertikal garden di dalam rumah anda yang ditata di sebuah rak

  2. taman halaman

    Baca Juga: Ingin mempunyai taman tapi lahan terbatas? Tidak masalah


  3. Hemat Energi
    Menghemat energi merupakan hal yang penting dalam membuat konsep rumah ramah lingkungan. Sebagian besar orang, pasti menyalakan lampu di siang hari sebagai penerang rumah. Padahal, anda dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai pengganti lampu untuk menerangi rumah anda. Oleh karena itu, desain rumah ramah lingkungan didesain sedemikian rupa agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.

    matikan lampu

    Selain itu, penggunaan juga AC juga menyebabkan pemanasan global. Nah, sebagai pengganti AC anda perlu memperhatikan ventilasi udara. Karena, jika anda memiliki ventilasi udara yang tidak baik, rumah anda akan terasa panas. Oleh karena itu, pastikan juga ventilasi udara anda tercukupi. Ventilasi udara yang cukup dapat memberi suasana sejuk di dalam rumah anda. Selain itu, tinggi bangunan juga mempengaruhi suasana rumah. Semakin tinggi bangunan anda maka semakin sejuk ruangan anda

Dengan kriteria diatas, anda dapat membuat konsep rumah yang ramah lingkungan. Anda tertarik untuk membuat konsep rumah ramah lingkungan? Jika anda tertarik, kami siap untuk membantu anda

Salam


Mitrarenov
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa