Kamar Tidur Kontainer, Simpel, Hemat Ruang Dan Hemat Biaya

Posting pada 15 May 2020

Semakin populernya kontainer di masa sekarang membuat beberapa hunian termasuk kamar tidur juga ikut serta dalam pembuatannya. Mempergunakan ulang kontainer adalah langkah penting dari proses pembangunan jika Anda berencana membuat ruangan yang layak huni dan nyaman. Ketika mempertimbangkan berbagai jenis hunian dengan atap datar, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor. Misalnya, kisaran harga di mana Anda menempatkan anggaran Anda pada akhirnya memutuskan apa yang Anda buat tentunya. 

Sebuah kamar tidur kontainer ini sangat mudah dan murah dibuat karena bahan kontainer lebih murah untuk dibangun dibandingkan rumah tradisional. Menggunakan kontainer ini membuat konstruksi lebih cepat karena kontainer memiliki empat dinding, langit-langit, dan lantai sehingga dalam pembangunan bangunan dari awal kontainer ini lebih hemat energi dalam perakitannya. 

Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat menggunakan sebuah kontainer untuk pembuatan kamar tidur:
  1. Iklim
    Cuaca panas dan dingin keduanya memiliki solusi berbeda dalam sebuah kontainer. Di bawah sinar matahari musim panas, sebuah kontainer bertindak seperti rumah kaca. Namun anda bisa mengatasinya dengan Taman atap, atau atap hidup, karena dapat mengurangi sinar matahari yang masuk saat musim panas. Berbeda dengan cuaca dingin, Dalam iklim yang terutama dingin, Anda dapat membuat celah ruangan untuk menarik panas matahari yang terik dan mencegah panas meninggalkan ruangan.

  2. Tata Letak Ruangan 
    Area permukaan mempengaruhi seberapa banyak panas yang bisa keluar atau masuk ke ruangan tersebut. Semakin banyak luas permukaan yang Anda miliki, Bentuk yang paling efisien adalah suatu persegi besar atau persegi panjang karena meminimalkan rasio antara ruang internal dan luas permukaan sehingga akan banyak mencangkup sinar yang masuk kedalam ruangan.

  3. Bahan Ramah Lingkungan
    Banyak orang membangun rumah kontainer karena mereka menginginkan rumah yang ramah lingkungan. Karena dalam pembuatannya Tidak banyak menggunakan bahan kayu, justru dapat menyelamatkan lebih banyak pohon karena tidak membutuhkan kayu untuk membangunnya. Sehingga mengurangi isu global warming.

  4. Bentuk pintu dan jendela
    Dalam hunian kontainer sangat disarankan untuk membuat pintu dan jendela sebesar mungkin, mengapa begitu?? Karena ukuran pintu dan jendela yang lebih besar akan memberikan sirkulasi udara yang bagus pada ruangan anda.

Jadi tertarikkah anda untuk membuat sebuah kamar tidur dari bahan kontainer dengan beberapa faktor diatas?
Read More

Yuk Intip, Organizer Buah Dan Sayur Untuk Dapur Anda Tetap Rapi

Posting pada 09 Apr 2020

Terkadang jarang kita pikirkan membuat sebuah tempat untuk buah, sayur dan bumbu dapur lainnya. Karena ketika kita sedang didalam dapur yang kita pikirkan hanya bagaimana membuat makanan yang enak untuk dinikmati

Tetapi jika kita mempunyai dapur yang rapi dan semua barang tertata dengan baik pada tempatnya, maka ketika kita memasak akan mudah untuk mengambil barang tersebut jika kita sudah nenyusunnya dengan rapi dan itu akan membuat cara kerja dalam memasak lebih mudah, cepat dan terlihat nyaman.

Dibawah ini merupakan beberapa ide organizer yang bisa anda contoh dirumah untuk dapur anda agar tetap tertata rapi.
  1. Buatlah garden kecil didekat kitchen anda, untuk penempatan beberapa sayuran yang akan ditanam. Fungsi garden ini akan membuat sayuran anda tetap segar, karena sayuran tersebuat dapat anda ambil langsung ketika anda ingin memasaknya.



  2. Rak yang satu ini tergolong sederhana, mudah dibuat karena hanya membutuhkan bahan kayu saja untuk membuatnya. Untuk ukurannya pun dapat disesuaikan atau dicustom sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Rak seperti ini sangat cocok untuk penempatan jenis buah-buahan,dan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang bombay, kentang, tomat, wortel dll.



  3. Selanjutnya anda juga bisa menggunakan rak besi seperti gambar ini untuk ditempatkan didalam kitchen set anda, karena ras besi seperti ini akan lebih praktis dan rapi. Bahan yang digunakan pun tidak susah untuk membuatnya. Dengan begini sayuran anda akan tetap terjaga


Jadi dari beberapa contoh diatas mengenai organizer yang mungkin dapat menambah referensi anda dalam penataan buah dan sayuran dirumah agar dapur anda tetap rapi dan anda semakin betah untuk memasak didapur tentunya
Read More

Langkah Sederhana Antisipasi Agar Rumah Terhindar Dari Virus Corona

Posting pada 24 Mar 2020

Indonesia kini menjadi salah satu negara yang tengah menghadapi wabah virus corona (covid-19) dari 172 negara. Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun lalu dan telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam hal ini pemerintah menghimbau dan mengeluarkan kebijakan tentang WHF (Work From Home). sehingga beberapa instansi sudah diliburkan dan beberapa kantor pemerintahan dan swasta sudah mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah agar karyawan dapat melakukan social distancing (menjaga jarak).

Selama kebijakan WHF (Work From Home) kita juga dituntut untuk menjaga lingkungan sekitar terutama di lingkungan rumah.

Rumah yang bersih menjadi salah satu pencegahan penularan virus corona Covid-19. Usaha pembersihan tubuh dan pencegahan dianjurkan termasuk di lingkungan rumah. Hal ini bertujuan agar penyebaran covid 19 tidak semakin luas sehingga dilakukannya upaya dalam pembersihan di lingkungan rumah. Membersihkan rumah mungkin sudah rutin Anda lakukan. Namun, dengan mewabahnya Novel Coronavirus (Covid-19) saat ini, sangat penting menjaga semua permukaan rumah tangga yang sering disentuh, seperti gagang keran, telepon, kenop pintu dan lainnya agar bebas kuman dibanding sebelumnya.

Merangkum dari situs resmi Kawal Covid-19, berikut cara membersihkan rumah agar terhindar dari virus tersebut.

Alat yang diperlukan :
  • Sarung tangan
  • Masker bedah
  • Pakaian ganti
  • Plastik atau kantong sampah
  • Kain lap sekali pakai
  • Cairan pemutih atau desinfektan
  • Air dan ember
  • Alat pel

Cara membersihkan :
  1. Kenakan masker dan sarung tangan sebelum bersih-bersih dan hindari memegang wajah.
  2. Siapkan larutan pemutih atau desinfektan sesuai dengan aturan yang tertera dalam produk.
  3. Buka jendela, pastikan terdapat sirkulasi udara sebelum melakukan bersih-bersih rumah.
  4. Pel lantai rumah dengan larutan pemutih atau desinfektan dari satu sisi hingga sisi lainnya secara merata.
  5. Rendam lap dalam larutan pemutih atau desinfektan dan gunakan untuk mengelap semua area yang sering disentuh seperti pegangan pintu, saklar, kran air, pegangan tangga, meja, kursi dan permukaan toilet.
  6. Cuci semua seprai menggunakan deterjen dengan mesin cuci.
  7. Jika ada orang yang kemungkinan terjangkit Covid-19, jangan gunakan sprei bekas pakai sampai orang tersebut dinyatakan bebas dari infeksi.
  8. Pisahkan proses mencuci pakaian atau sprei dengan anggota rumah yang suspect Covid-19 atau dalam pemantauan.
  9. Masukkan semua kain yang telah digunakan ke dalam kantong plastik yang telah disiapkan.
  10. Lepaskan sarung tangan dan masker diikuti dengan mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air selama 20 detik.
  11. Buang sarung tangan dan masker bekas pakai ke dalam kantong plastik yang sudah disiapkan.
  12. Pisahkan kantong plastik tadi dari sampah rumah tangga.
  13. Segeralah mandi dan berganti pakaian. Cuci pakaian yang telah Anda gunakan untuk membersihkan rumah.
  14. Biarkan sirkulasi udara segar masuk ke dalam rumah Anda

Jadi, yuk tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan dengan selalu jaga kebersihan rumah serta kesehatan agar terhindar dari Covid-19
Read More

Tips Membuat Hunian Sehat Dengan Posisi Tepat

Posting pada 17 Mar 2020

Sebuah rumah yang sehat menimbulkan rasa nyaman bagi sang pemiliknya, termasuk dalam segi kesehatan. Namun, bagaimana caranya anda bisa menjadikan hunianmu masuk kategori rumah sehat? Simak berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan rumah sehat bagi keluarga anda!

  1. Pencahayaan

    pencahayaan ruangan

    pencahayaan dalam sebuah hunian merupakan salah satu elemen yang penting ketika membuat sebuah rumah. Penataan pencahayaan rumah tak hanya akan mempengaruhi keseluruhan tampilan, tetapi juga kenyamanan bahkan faktor kesehatan dari rumah tersebut. Pencahayaan rumah harus dirancang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitasnya. Karena Pencahayaan ruangan yang buruk juga bisa memberikan dampak yang tidak baik mulai dari meningkatnya kelembaban ruangan yang berujung pada rusaknya dinding-dinding yang tidak memiliki ketahanan terhadap kelembaban hingga tumbuh dan berkembangbiaknya lumut dan bakteri yang akan mengganggu kesehatan tentunya.

  2. Ventilasi udara

    ventilasi udara

    Dalam penggunaan ventilasi udara sangat berperan penting bagi hunian anda. Tata letak ventilasi udara akan mempengaruhi cahaya yang masuk. Cahaya yang baik untuk rumah yaitu cahaya yang tidak langsung masuk kedalam rumah, melainkan cahaya yang bisa disaring melalui ventilasi yang tersedia.

  3. Penataan ruang

    penataan ruangan

    Penataan ruang merupakan semacam tujuan umum yang perlu diperhatikan guna untuk mempertimbangkan dampak kesehatan bagi penghuninya. Dalam Penataan ruang ada yang perlu diperhatikan seperti, Bagaimana memaksimalkan fungsi agar terlihat lebih tertata, dan memiliki nilai estetika.

    Penggunaan furnitur multifungsi dapat menjadi alternatif, karena dapat meminimalisir jumlah penggunaan furnitur yang tidak perlu.

  4. Arah rumah

    arah rumah

    Arah rumah sangat berpengaruh karena akan banyak segi positif yang akan diambil dari penempatan sebuah arah rumah. Sebelum membuat rumah, akan lebih baik jika kita juga memperhatikan sudut arah hadap bangunan. Apakah menghadap barat, utara, selatan, atau timur. Hal ini penting untuk dilakukan, karena untuk membuat rumah upayakan rumah tersebut mendapatkan cahaya matahari yang cukup sehingga tidak menimbulkan jamur pada dinding-dinding rumah anda.

  5. Taman

    taman

    Menghadirkan taman tidaklah membutuhkan area yang besar dan luas. Cukup dengan sentuhan tanaman yang tepat, konsep taman akan terlihat menawan. Sebab tujuan mengadopsi taman ialah untuk menciptakan rumah sehat dan lingkungan yang berkualitas. Fungsi taman pada hunian anda adalah agar hunian berkesan lebih hijau, memberikan efek segar dan terkesan lebih hidup.
Jadi untuk membuat hunian yang sehat, kita juga perlu memperhatikan point-point penting pada rumah anda.

Dengan mempraktikkan tips di atas, kini Anda pun bisa lebih produktif di dalam rumah. Mood pun bisa terjaga karena kondisi hunian yang sehat. Untuk hasil yang maksimal.
Read More

Ingin Punya Hunian Unik? Beri Sentuhan Etnik di Rumah Modern Anda

Posting pada 15 Mar 2020

Konsep rumah modern semakin populer beberapa tahun belakangan. Bahkan untuk menghadirkan hunian yang sempurna, banyak orang yang menggunakan jasa arsitek serta jasa desain interior profesional. Bagi Anda yang bosan dengan tampilan rumah modern, Anda bisa mengaplikasikan sentuhan etnik khas Indonesia pada hunian. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan.

  1. Pemilihan Perabot dan aksesoris

    ruang tamu rumah bali

    Karakter etnik dapat dihadirkan melalui pemilihan furnitur di dalam ruangan. Anda dapat menghadirkan amben atau kursi kayu panjang sebagai pengganti kursi di area teras. Pada beberapa ruangan, tempatkan juga lampu tradisional khas Jawa atau vas bunga dari tanah liat yang dapat memberikan karakter etnik yang kuat. Anda bisa mendiskusikan pemilihan perabot dengan jasa desain interior agar kesan modern pada hunian tetap terjaga.

    ruang tamu rumah bali

    Selain perabot, penambahan aksesori yang tepat dalam hunian bisa menghidupkan kesan etnik. Anda bisa memilih karpet, maupun bantal bercorak batik atau motif kotak-kotak khas Bali. Pajang juga lukisan yang mengangkat tema tradisional atau menggambarkan asrinya alam nusantara. Jangan lupa letakkan beberapa tanaman tropis khas Indonesia di dalam ruangan untuk memperkuat kesan homey. Agar ruangan tampak alami, Anda juga bisa memasang bilah-bilah kayu di langit-langit rumah.
  2. Baca juga: Tampil Trending Ala Milenial Dengan Kitchen Industrial Masa Kini


  3. Pemilihan Lantai dan Dinding

    ruang keluarga rumah bali

    Rumah etnik memang selalu identik dengan penggunaan material kayu. Namun untuk menyiasati pengeluaran yang besar, Anda bisa mengganti kayu dengan keramik dan lantai vynil yang bermotif kayu atau bambu. Sementara untuk dinding rumah pada beberapa ruangan, Anda bisa menggunakan bata ekspos, beton, ataupun batu alam tanpa ditutupi pelapis seperti yang banyak dijumpai di rumah tradisional.

  4. Ukuran Pintu dan Jendela

    ruang keluarga rumah bali

    Ciri lainnya dari rumah etnik adalah ukuran pintu dan jendelanya yang besar. Tonjolkan kesan etnik dengan memilih kusen kayu yang khas. Anda juga bisa menggunakan pintu gebyok khas Jepara sebagai pintu utama untuk akses masuk ke dalam rumah.

  5. Bangun Gazebo

    ruang keluarga rumah bali

    Bagi Anda yang memiliki halaman rumah yang lapang, Anda bisa menempatkan gazebo di tengah taman. Jangan lupa hias dengan aksesori etnik misalnya payung bertingkat serta bendera kecil khas Bali. Tempatkan juga lampu gantung ukir pada gazebo untuk memberi kesan dramatis.
Selain unik, memiliki rumah modern yang diberi sentuhan etnik memberi kesan nyaman ketika ditempati. Jangan lupa jasa desain interior yang profesional agar rumah semakin menarik.
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa