Stres karena air di rumah kecil? Baca tips berikut ini.

Posting pada 24 Aug 2018

Rumah impian anda harus mampu menyediakan air bersih untuk minum, memasak, mandi, dan berbagai hal sehari-hari lainnya.  Tapi seringkali rumah tinggal mengalami masalah air bersih, salah satunya adalah kecilnya debit air yang keluar dari keran-keran di rumah. Kami harap sejumlah tips yang kami sampaikan dapat membantu anda memecahkan masalah tersebut.

Sumber Air
Yang pertama harus diperhatikan adalah sumber air bersih yang anda gunakan, PAM atau Sumur Dangkal. Setiap sumber memiliki masalahnya sendiri; Tekanan dan debit air PAM yang sampai ke rumah kadang fluktuatif. Jika tidak ada masalah pada pemipaan di rumah, sulit untuk menyelidiki masalah sumber air PAM karena memang yang masuk ke rumah anda hanyalah pipa dan meter air. Yang maksimal bisa anda lakukan adalah menyampaikan laporan dan keluhan saja ke PAM. Untuk memecahkan masalah ini, kami anjurkan anda membuat penyimpanan air dalam bentuk Ground Water Tank atau Tandon air. Air PAM dialirkan dahulu ke penyimpanan sementara, sehingga jika terjadi masalah tekanan atau debit air pada PAM, debit dan tekanan air anda tidak mengalami perubahan signifikan.
Jika menggunakan sumur dangkal, maka masalah yang umumnya terjadi adalah berkurangnya debit air di sumur itu sendiri. Berkurangnya debit air disebabkan oleh turunnya muka air tanah di lingkungan anda, hal ini bisa disebabkan oleh musim (naiknya suhu udara dan berkurangnya debit hujan hingga menyebabkan kekeringan), atau air tanah terhisap oleh sumur-sumur lain di sekitar anda. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memindahkan lokasi sumur menjauh dari lokasi sumur2 tetangga dan memperdalam sumur anda. Cara lain untuk meningkatkan penyerapan air hujan ke dalam tanah adalah dengan membangun sumur-sumur resapan dan biopori baik di rumah maupun di lingkungan anda.
 
Tekanan Air / Water Pressure
Masalah tekanan air berhubungan dengan pompa dan/atau tandon air yang anda gunakan untuk menampung air. Jika anda tidak menggunakan tandon air atau ground tank maka tekanan air anda tergantung pada kapasitas dan kemampuan pompa, gunakan pompa tipe jetpump untuk sumur dangkal dengan kedalaman lebih dari 20 meter. Jika anda menggunakan tandon air yang diletakkan di atap rumah, kadang ketinggian tandon air tidak cukup bagi gravitasi untuk mendorong air, pada kasus seperti ini sebaiknya anda menggunakan pompa tambahan yang sering disebut sebagai booster pump. Booster pump ini banyak dijual di toko material.

Instalasi Pemipaan
Kecilnya aliran air di rumah anda dapat pula diakibatkan oleh masalah pada instalasi pemipaan air bersih anda. Pipa di dalam sumur dapat tersumbat oleh lumpur / tanah, pipa yang melintas di bawah tanah dapat rusak karena tidak tahan beban atau dirusak oleh tikus, pipa yang ditanam di dinding juga kadang dapat rusak karena tidak sengaja terkena paku atau gangguan lainnya. Sistem instalasi juga berpengaruh. Jika instalasi air bersih rumah anda merupakan instalasi terbuka, maka kran-kran yang berada di ujung instalasi dapat berkurang tekanannya. Gunakan sistem instalasi tertutup atau melingkar untuk memecahkan masalah ini, resikonya biaya pemipaan rumah anda akan meningkat karena jumlah pipa yang bertambah. Terakhir, cek juga ukuran pipa yang digunakan pada instalasi rumah anda. Instalasi air bersih yang baik menggunakan pipa ukuran 1 inchi untuk sirkulasi utama dari pompa atau tandon air, baru menggunakan pipa 1/2 inchi untuk instalasi yang turun di dalam dinding menuju outlet kran. 

Pemeliharaan
Instalasi air bersih seperti utilitas lainnya pada rumah tinggal, juga membutuhkan pengawasan dan pemeliharaan. Periksa pompa, tandon air dan instalasi  di luar dinding (di tandon air atau di atas plafond) secara berkala. Tandon air di atap harus dikuras dan dibersihkan dari lumut sekitar 2-3 bulan sekali. Periksa pula kran-kran air dengan menyalakannya secara berkala, kadang kotornya saringan di ujung kran dapat pula menghambat aliran air. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda memecahkan masalah kecilnya air di kran rumah anda. Selamat membangun.  



Team Mitrarenov
Read More

Ide Kreatif Mendesain Fasad Rumah Minimalis

Posting pada 30 Jul 2018

Rumah adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk tempat tinggal penghuninya, rumah didesain senyaman mungkin agar penghuninya merasa betah untuk menempati bangunan tersebut. Rumah biasanya juga didesain semenarik mungkin agar mendapatkan kesan yang unik dan berbeda dari rumah lainnya.

Sebenarnya semua rumah memiliki desain fasad masing-masing. Mulai dari model fasad rumah minimalis hingga model yang mewah. Fasad sangat penting bagi sebuah rumah, karena nyaman tidaknya sebuah rumah dapat dilihat dari fasadnya. Dengan fasad yang baik, rumah anda akan mudah diingat oleh sanak saudara, teman, ataupun tamu. Sehingga mereka akan mudah menemukan rumah anda.

Ide kreatif menentukan desain fasad rumah minimalis :

Garis dan warna
Sebuah fasad rumah minimalis identik dengan permainan warna dan garis. Dengan permainan warna dan garis yang memikat akan membuat rumah anda terlihat indah. Rumah minimalis biasanya menggunakan tarikan-tarikan garis horizontal maupun tarikan-tarikan garis vertical. Untuk warna sendiri rumah minimalis menggunakan warna merah. Dengan warna merah yang menjadi aksen sebuah membuat fasad rumah sangat terlihat.        

Kanopi yang terbuat dari beton

 Untuk sebuah fasad rumah minimalis biasanya menggunakan kanopi yang terbuat dari beton. Ini akan membuat rumah terlihat kokoh, dan kanopi dari beton ini akan mampu menjaga jendela dari air hujan dan terik matahari.  

Posisikan ruang tamu menjorok ke dalam

Posisi ruang tamu yang menjorok ke dalam akan membuat fasad rumah minimalis anda terlihat unik. Ruang tamu yang menjorok ke dalam juga akan memberikan lahan untuk sebuah teras.

Teras dan lantai
Untuk teras dan lantai anda dapat menggunakan warna terakota. Anda juga dapat menggunakan keramik yang memberikan kesan natural, hangat dan menarik. Selain agar fasad rumah minimalis anda terlihat baik, kenyamanan rumah juga penting karena dengan warna-warna natural rumah akan memiliki suasana natural juga.

BACA JUGA : Jasa Desain Rumah untuk Anda yang Menyukai Gaya Modern Minimalis

Jendela rumah anda

Untuk jendela, anda dapat membuat jendela dengan bentuk memanjang dan dengan desain unik, begitu juga dengan desain kaca. Untuk kusen jendela buatlah dengan garis-garis aluminium agar terlihat minimalis, karena minimalis identic dengan garis – garis.

Carport

Untuk cartport buatlah dengan warna – warna natural, ini akan membuat fasad rumah minimalis anda dan lingkungan sekitar rumah terlihat natural. Dengan suasana natural rumah akan nyaman, karena suasana natural mampu membuat orang merasa tenang dan damai. Sehingga anggota keluarga betah berada di dalam rumah, maupun di lingkungan rumah anda.

Tanaman hias

 Sebuah rumah yang memiliki tanaman hias akan mempunyai kesan nyaman dan sejuk. Pilihlah tanaman yang tidak mudah membuat kotor lingkungan. Utamakan tanaman hijau yang anda gunakan, karena warna hijau identic dengan alam dan sejuk. Untuk penataannya juga tidak boleh sembarangan, letakkan di sudut ruangan, dapat ruangan di dalam rumah maupun di sudut teras. Jangan gunakan tanaman yang terlalu besar dan rimbun, karena akan membuat rumah terlihat berantakan dan tertutup. Juga jangan gunakan terlalu banyak tanaman.

Agar fasad rumah minimalis anda terlihat menarik, jangan gunakan warna gelap. Karena warna gelap akan terlihat misterius. Jika anda ingin membuat rumah usahakan fasad yang tercipta dari rumah adalah kesejukan dan kenyamanan. Karena fasad juga akan mencerminkan penghuni di dalamnya, jika rumah terlihat nyaman, pasti di dalam rumah itu juga nyaman. Semoga ide kreatif ini dapat membantu anda untuk memberikan inspirasi dalam menentukan desain fasad rumah minimalis anda.

Read More

Perlukah Menyewa Jasa Arsitek untuk Membangun Rumah? Temukan Jawabannya di Sini!

Posting pada 14 Jul 2018

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan seseorang saat hendak membangun sebuah rumah. Salah satunya terkait dengan penggunaan jasa arsitek. Kekhawatiran yang biasanya muncul adalah tentang biaya. Jika menyewa arsitek untuk membuatkan desain rumah, Anda haruslah mengeluarkan dana untuk membayar jasanya. Di sisi lain, Anda juga merasa takut kalau hasil bangunan rumah akan tidak optimal jika tidak  melibatkan keterampilan tangan para arsitek. Lalu sebaiknya bagaimana?  Nah, jangan bingung. Pikirkanlah beberapa keuntungan dari penggunaan jasa arsitek dan juga kerugian jika tidak menggunakannya. Dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan, jasa arsitek sesungguhnya akan memberikan kepuasan lebih pada hasil bangunan rumah Anda. Tidak percaya? Yuk, simak dulu alasan-alasan mengapa jasa arsitek akan sangat Anda perlukan. 

1. 
Jasa Arsitek akan Memberikan Desain Rumah yang Ideal 
Arsitek adalah orang yang sangat mengetahui seluk-beluk rumah. Selain itu, mereka juga sudah berpengalaman mendesain hunian dengan berbagai macam tipe. Daripada harus mengawang-awang bermaacam-macam hal sendiri dan ternyata hasilnya tidak sesuai, bukankah lebih baik jika menyerahkannya pada yang sudah ahlinya? Arsitek akan menggambarkan segala hal dalam rumah Anda secara detail sehingga tata letak bangunan dapat lebih efisien. Disamping itu, mereka akan berusaha menyesuaikan keinginan Anda ke dalam desainnya sehingga hasil bangunan dapat sesuai dengan harapan.

2. Jasa Arsitek akan Memberikan Rincian Biaya yang Tepat Memikirkan biaya membangun rumah sangatlah rumit. Apalagi jika latar belakang Anda bukan dari dunia arsitektur ataupun teknik sipil. Akan pusing sekali merinci harga pasir, batu bata, kayu, kaca jendela, dan sebagainya. Jika menyewa jasa arsitek, Anda tidak perlu lagi melakukannya. Mereka lah yang akan merincikan sedetail-detailnya biaya pembangunan rumah Anda. 

3. 
Anda akan Dibantu untukMenentukanBahan-Bahan yang Sesuai denganKebutuhan
Karena ketidaktauan tentang bahan bangunan, Anda mungkin menginginkan agar dinding rumah Anda dipasangi batu-batuan. Padahal ide tersebut tidak sesuai dengan jenis rumah yang Anda inginkan. Pada kasus ini, seorang arsitek akan memberikan masukan mengenai bahan-bahan yang sesuai untuk konsep rumah Anda. Mereka juga akan memberikan rekomendasi bahan-bahan dengan kualitas bagus namun tetap sesuai dengan budgetyang Anda miliki. 

4. 
Pengerjaan Rumah akan Cepat Selesai 
Jika rencana pembangunan rumah Anda jelas, desainnya sesuai, perhitungan biaya tepat, dan dikerjakan oleh orang-orang yang ahli dibidangnya, maka dapat dipastikan rumah idaman Anda akan cepat selesai. Semua hal ini bisa terwujud jika pada awal perencanaannya melibatkan jasa arsitek.Jadi bagaimana? Masihkah ragu menyewa seorang arsitek?  
Read More

Masih Ragu Bangun Rumah Sendiri? Simak Langkah-Langkahnya Berikut untuk Lebih Memantapkan Hati

Posting pada 14 Jul 2018

Memiliki rumah adalah impian semua keluarga. Beberapa orang memilih membeli rumah yang telah siap huni karena dinilai lebih praktis. Namun, banyak juga yang memutuskan untuk membangun sendiri rumah impiannya karena alasan kepuasan. Dengan membangun rumah sendiri, Anda dapat menentukan desain rumah, jenis kramik, hingga model gagang pintu sesuai dengan selera Anda.Meski demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa akan ada lebih banyak hal yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk membangun rumah dibandingkan dengan membeli jadi. Jika sampai salah perhitungan, bukan tidak mungkin Anda justru bisa dibuat rugi dan menyesal. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, coba pelajari langkah-langkah bangun rumah berikut untuk memantapkan keinginan Anda. 

1. 
Membuat Rancangan Rumah Idaman
Sebelum mulai membangun rumah, pastikan Anda sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai rancangan rumah yang Anda idamkan. Mulai dari desain, tipe, ukuran, jumlah dan letak ruangan di dalamnya, ukuran pintu dan jendela, juga material yang akan digunakan. Rancangan ini nantinya akan berguna sebagai acuan pembuatan rumah Anda.

2. Menghitung Estimasi AnggaranPerhitungan biaya adalah hal yang paling krusial dalam tahapan membangun rumah. Tanpa adanya rincian dana, Anda bisa saja mengalami kerugian karena mengeluarkan uang tanpa menggunakan perhitungan yang tepat. Buatlah estimasi biaya pembelian material, sewa kontraktor, pengurusan izin, dan hal-hal lain secara detail. 

3. 
Menentukan Lokasi yang Tepat 
Agar dapat tinggal di rumah baru dengan nyaman, Anda juga harus memilih dengan hati-hati lokasinya. Beberapa pertimbangan pemilihan tempat yang ideal untuk membangun rumah diantaranya adalah: 
· Keamanan lingkungan dari bahaya bencana alam dan kriminalitas.
· Kestrategisan lokasi (dekat dengan sekolah anak, tempat bekerja, dan pusat perbelanjaan).
· Jauh dari polusi udara, air, dan suara.

4. 
Mengurus Perizinan IMB 
Setiap bangunan yang berdiri di Indonesia haruslah memiliki izin pendirian. Proses pembuatan izin ini bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan, oleh sebab itu, pastikan Anda tidak menunda-nunda untuk mengurusnya. Segera siapkan persyaratan yang dibutuhkan, termasuk desain rumah, ukuran, dan penjelasan fungsi tiap ruangan yang ada di dalamnya. 

5. 
Memilih Tukang Bangunan yangProfesional
Tukang bangunan tidak bisa dipilih sembarangan karena merekalah yang akan menentukan hasil akhir rumah Anda. Tukang yang kurang profesional akan membuat Anda tidak puas dengan hasil kerjanya. Selain itu, karena kurangnya keterampilan yang dimilikii, bukan tidak mungkin mereka akan membutuhkan waktu yang lama dalam membangun rumah Anda. Tentunya hal ini akan berakibat pada pembengkakan biaya.Cobalah mencari tau kredibilitas mereka dahulu. Anda bisa saja bertanya pada tetangga, saudara, atau teman yang telah memiliki pengalaman membangun rumah. Jangan lupa juga untuk melihat sendiri hasil kerja mereka. Jika tidak ingin kerepotan, Anda bisa menyerahkan urusan pembangunan pada kontraktor yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

6. 
Membangun Rumah Anda 
Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, Anda bisa segera membeli bahan-bahan dan mulai untuk bangun rumah idaman. Jangan lupa untuk selalu mengawasi prosesnya agar pengerjaan rumah Anda sesuai dengan rencana dan dapat selesai tepat pada waktunya. 
Read More

Lima Pertimbangan dalam Memilih Kontraktor, Jasa Bangun dan Renovasi Rumah Mewah

Posting pada 13 Jul 2018

Kini memiliki rumah mewah dengan arsitektur dan desain unik dan bergaya seni tinggi bisa anda wujudkan. Anda hanya perlu menggunakan jasa kontraktor, jasa bangun dan renovasi rumah mewah. Seperti namanya, kontraktor jenis ini memiliki cakupan membangun rumah atau bangunan mewah yang memiliki desain dan struktur bangunan yang berkarya seni tinggi dan mewah serta berkualitas terbaik. Tapi sebelum anda menggunakan jasanya, ketahui dulu lima pertimbangan dalam memilih kontraktor rumah mewah.

1. 
Memperoleh rekomendasi yang baik dari klien-klien sebelumnya
Ketika Anda memilih kontraktor rumah mewah, anda perlu mengetahui rekam jejak kinerja mereka. Anda bisa mengetahui penilaian tentang kinerja mereka dari klien-klien sebelumnya. Biasanya rating penilaian tingkat kepuasan kinerja mereka bisa Anda lihat di websiteyang mereka miliki.

2. 
Memberikan rancangan bangunan secara utuh
Kemampuan kontraktor rumah mewah ini akan terlihat dari mampu atau tidaknya mereka membuat rancangan desain rumah secara utuh. Anda bisa memperhatikan kinerja awal mereka dari kemampuan mereka menuangkan ide yang Anda dan mereka miliki dalam rancangan gambar tersebut secara detail.

3. 
Memiliki tim yang andal
Jika kontraktor rumah mewah anda memang sangat direkomendasikan, mereka setidaknya memiliki tim kerja yang andal dan kompeten. Setidaknya dalam tim ini memiliki arsitek, desainer interior, dan arsitek lanskap. 
Arsitek bertugas mengurusi proses merancang seluruh ruangan mulai dari rencana hingga menatanya baik dari segi interior maupun eksterior. 
Desainer interior bertugas memperindah tampilan interior dari segi desain hingga warna. 
- Arsitek lanskap bertugas mendesain taman dan tampilan luar bangunan sehingga terlihat artistik dan mewah.

4. 
Menyelesaikan pembangunan rumah dengan tepat waktu a
nda harus memilih kontraktor rumah mewah yang mampu menyelesaikan pembangunan rumah mewah anda sesuai tenggat waktu yang telah disepakati dalam perjanjian tertulis yang telah anda dan tim mereka buat. Tentu saja dengan hasil yang sangat memuaskan.

5. 
Dapat diajak negosiasi dan tawar menawar harga a
nggaran menentukan pembangunan rumah mewah Anda. Pilihlah kontraktor yang bisa diajak negosiasi dan tawar menawar harga. Hal ini akan lebih menguntungkan anda. Dengan melakukan negosiasi, anda bisa menghemat anggaran. Memilih kontraktor rumah mewah untuk rumah anda haruslah teliti. Ikuti beberapa pertimbangan di atas, anda akan mendapatkan kontraktor rumah mewah yang terbaik.  
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa