Hemat Biaya Renovasi Rumah dengan 11 Ide Cemerlang Ini

Posting pada 02 Jun 2019

Renovasi rumah yang berarti memberikan sentuhan baru baik dalam wujud memperbaiki, mengganti, atau menambahkan sesuatu adalah kegiatan yang membutuhkan biaya. Bahkan banyak yang memiliki presespsi proses tersebut hanya bisa dilakukan dengan bantuan jasa renovasi rumah.

Padahal tidak, untuk mendapatkan tampilan baru, tak melulu bergantung pada jasa renovasi rumah, kecuali jika skala yang dikerjakan besar dan butuh tenaga professional. Lantas jika menginginkan renovasi minimalis tapi hasilnya manis meski dompet tipis, bagaimana caranya? Secara umum, jawabannya akan kami rangkum dalam dua kelompok besar, yaitu renovasi yang membutuhkan bantuan jasa renovasi rumah dan renovasi yang bisa dikerjakan sendiri (DIY).

1. Ide Renovasi dengan Bantuan Jasa Renovasi Rumah
  • Mengganti detail rumah seperti pintu dan jendela
    Jika kondisi pintu dan jendela sudah tidak layak dipertahankan, dan Anda memiliki dana lebih, saatnya memanggil jasa renovasi rumah untuk menggantinya dengan yang baru. Memakai bahan kayu bisa jadi pilihan untuk menciptakan kesan klasik dan minimalis.

  • Mengganti warna seisi rumah (cat ulang)
    Seringkali kejenuhan datang karena kita terlalu lama mengalami repetisi. Melihat lingkungan sekitar yang tak pernah berganti, melihat rumah dengan suasana yang sama untuk jangka waktu lama. Jika gejala tersebut mulai terjadi, mungkin itu bisa jadi pertanda bahwa Anda sudah butuh mengubah warna rumah dengan cara dicat ulang.

  • Mengganti keramik pada dinding atau lantai
    Samahalnya dengan alasan kejenuhan sebelumnya, tapi bisa diperkuat dengan alasan lain yaitu keretakan pada dinding tembok Anda. Solusi terbaik adalah menggantinya dengan menggunakan keramik, selain untuk meminimalisir terjadinya keretakan yang rentan, penggunaan keramik pada dinding dan lantai bisa menciptakan ilusi bersih. Tentu saja pekerjaan ini tidak bisa Anda tangani sendiri, butuh bantuan jasa renovasi rumah untuk melaksanakannya.

  • Memasang wallpaper
    Memasang wallpaper pada dinding rumah sepertinya sudah menjadi tren wajib akhir-akhir ini. Diiringi dengan perkembangan desain wallpaper yang semakin beragam, memasang wallpaper bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin suasana baru dengan harga yang terjangkau.

  • Mengubah desain interior rumah
    Meski membuat tatanan baru untuk ruangan dalam rumah juga bisa dilakukan sendiri, tapi demi mendapatkan hasil yang maksimal, bisa saja diserahkan pada ahlinya, jasa renovasi rumah. Entah dengan penambahan furniture, mengganti, atau bahkan memodifikasinya, mereka pasti bisa memberikan ide unik untuk menghasilkan rumah idaman seperti harapan Anda.

  • Membuat taman mini
    Anda mungkin butuh aktivitas baru agar terhindar dari rasa jenuh, misal merawat tanaman. Oleh karena itu renovasi rumah perlu diadakan dengan cara menambahkan taman pada teras rumah.

2. Ide Renovasi DIY
  • Mengubah jenis lampu dan memasang beberapa tambahan
    Pencahayaan yang tepat bisa memengaruhi kenyamanan penghuni rumah. Sehingga, jika Anda ingin mengganti lampu pastikan untuk memilihnya dengan tepat sesuai fungsi ruangan. Jika Anda kesulitan saat mengganti lampu, bisa memanggil jasa renovasi rumah untuk mengatasinya.

  • Membersihkan sekaligus disinfeksi pada keramik (ubin) di kamar mandi
    Jika kamar mandi Anda telah dilengkapi dengan keramik pada dinding dan lantai, maka tugas Anda sederhana dalam renovasi ini. Cukup membersihkannya dengan rajin agar bisa mengembalikan sinar yang biasa dipancarkan dari ubin di kamar mandi. Selain itu, penting juga untuk menjaganya dari kelembapan dan kotoran.

  • Mengganti keset, tirai, sarung bantal, dan taplak meja
    Renovasi hemat selanjutnya dengan cara mengganti lenan rumah tangga seperti keset, tirai, sarung bantal, dan taplak meja. Anda bisa menghematnya dengan membuatnya sendiri sesuai yang ditmapilkan pada video kerajinan di Youtube. Mudah dan murah!

  • Melakukan pembersihan berkala pada sofa ruang tamu dan karpet
    Renovasi yang dapat diartikan sebagai upaya untuk menciptakan suasana hunian yang lebih baik, bisa dilakukan dengan biaya hemat melalui kegiatan berkala bersih-bersih menyeluruh. Pastikan agar Anda menjaga kebersihan rumah, termasuk sofa dan karpet yang biasa digunakan untuk menjamu tamu.

  • Membuat perabot baru yang unik
    Terakhir adalah membuat atau memodifikasi perabot rumah Anda dengan ide dari internet seperti Youtube dan Pinterest

Jadi, ide mana yang siap Anda terapkan untuk renovasi rumah? Apakah Anda siap mengerjakannya sendiri atau membutuhkan bantuan Mitrarenov.com sebagai jasa renovasi rumah tepercaya?
Read More

Eco-house, konsep rumah ramah lingkungan yang sekaligus hemat listrik

Posting pada 04 Mar 2019

Memiliki rumah di perkotaan yang penuh dengan penduduk memang sangat sulit untuk mendapatkan suasana sejuk. Selain itu, Polusi udara yang semakin meningkat juga dapat menggangu kesehatan penghuni rumah. Penggunaan lampu dan AC di siang hari juga dapat menyebabkan pemanasan global yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar rumah dengan konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan? Rumah ramah lingkungan merupakan suatu konsep rumah untuk mewujudkan menjaga lingkungan hidup, seperti menghemat penggunaan listrik dan air. Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat memberi dampak positif untuk lingkungan dan keluarga anda. Apa saja dampak positifnya?

  1. Menjaga lingkungan hidup
    Sesuai dengan namanya, konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat menjaga lingkungan. Seperti menggunakan cahaya matahari sebagai penerang di siang hari dan mengurangi penggunaan AC.

  2. Mengurangi tagihan listrik
    Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat mengurangi tagihan listrik anda lho…. Jika di siang hari anda menyalakan lampu sebagai penerang rumah serta ac untuk menyejukan ruangan anda, pasti tagihan listrik anda akan naik.

    Namun berbeda dengan konsep rumah ramah lingkungan. Konsep ini lebih mengandalkan kebaikan alam, seperti cahaya alami atau udara yang menyejukan serta menerangi rumah anda sehingga anda tidak perlu menyalakan AC atau lampu di siang hari.

  3. Meminimalisir polusi udara
    Seperti yang anda ketahu, polusi udara dapat menyebabkan berbagai pernyakit seperti ISPA (Infeksi saluran pernapasan atas). Tapi, konsep ini juga dapat menimimalisir polusi udara yang dapat menularkan penyakit.

    Hal ini dikarenakan, konsep rumah ramah lingkungan atau eco-house memiliki ruang terbuka untuk dijadikan taman yang hijau sehingga dapat menyerap polusi udara.

Tapi, ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konsep ini, antara lain

  1. Memiliki taman
    Eco-house merupakan konsep rumah yang menciptakan lingkungan yang hijau. Oleh karena itu, anda perlu membuat taman di halaman rumah anda. Taman ini berfungsi untuk memberi kesejukan rumah anda. Selain itu, taman juga dapat menimalisir penyakit yang dihasilkan dari polusi udara.



    Jika anda tidak memiliki lahan sisa untuk dijadikan taman anda dapat menerapkan taman di atap rumah anda. Penerapan ini disebut Rooftop garden.



    Jika anda ingin menerapkan taman di dalam ruangan, anda dapat menanam tamanan mungil di didalam rumah anda seperti Sanseviera (Lidah Mertua). Selain itu, Anda juga dapat menerapkan vertikal garden di dalam rumah anda yang ditata di sebuah rak




  2. Hemat Energi
    Menghemat energi merupakan hal yang penting dalam membuat konsep rumah ramah lingkungan. Sebagian besar orang, pasti menyalakan lampu di siang hari sebagai penerang rumah. Padahal, anda dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai pengganti lampu untuk menerangi rumah anda. Oleh karena itu, desain rumah ramah lingkungan didesain sedemikian rupa agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.



    Selain itu, penggunaan juga AC juga menyebabkan pemanasan global. Nah, sebagai pengganti AC anda perlu memperhatikan ventilasi udara. Karena, jika anda memiliki ventilasi udara yang tidak baik, rumah anda akan terasa panas. Oleh karena itu, pastikan juga ventilasi udara anda tercukupi. Ventilasi udara yang cukup dapat memberi suasana sejuk di dalam rumah anda. Selain itu, tinggi bangunan juga mempengaruhi suasana rumah. Semakin tinggi bangunan anda maka semakin sejuk ruangan anda

Dengan kriteria diatas, anda dapat membuat konsep rumah yang ramah lingkungan. Anda tertarik untuk membuat konsep rumah ramah lingkungan? Jika anda tertarik, kami siap untuk membantu anda

Salam


Mitrarenov
Read More

Kolam ikan anda berubah warna hijau, apa penyebabnya?

Posting pada 20 Feb 2019

Kolam ikan merupakan salah satu elemen rumah yang dapat memberi kesan hidup di rumah anda. Selain itu, aliran air kolam ikan dapat memberi kesan yang menenangkan bagi penghuni rumah. Anda juga tidak merasa bosan pada saat memberi makan ikan serta melihat ikan yang berenang dengan gesit.

Tetapi, yang sering menjadi masalah adalah kolam ikan anda sering berubah warna menjadi hijau. Bukannya mendapatkan kesan yang tenang dan hidup malah mendapatkan kesan yang jorok dan tidak sehat. Selain itu, kesehatan ikan anda juga akan terganggu. Lalu, apa yang menyebabkan kolam ikan anda berubah menjadi berwarna hijau?

Ternyata alga hijaulah yang menyebabkan kolam ikan anda menjadi berwarna hijau. Alga hijau merupakan sejenis tanaman ganggang yang memiliki tubuh super kecil yang berada di permukaan kolam ikan. Tumbuhan ini dapat bertumbuh dengan subur dikarenakan kolam ikan anda memiliki kandungan amonia. Lalu, dari manakah amonia ini berasal? Amonia yang terkandung dalam kolam ikan anda, dihasilkan dari kotoran ikan, sisa makanan, hewan dan tumbuhan yang mati di dalam kolam ikan anda.

Selain itu, sinar matahari yang mengenai kolam ikan juga dapat mempercepat pertumbuhan alga hijau. Seperti tumbuhan lainnya, alga hijau juga memerlukan fotosintesis untuk pertumbuhannya. Jika anda memiliki kolam ikan di luar ruangan atau outdoor, sinar matahari dengan bebas menerangi kolam ikan anda secara penuh sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan alga semakin cepat

Jika hal ini dibiarkan, kolam ikan anda akan terasa tidak hidup dan kesehatan ikan anda akan terganggu, bahkan dapat mati. Lalu bagaimana cara mengatasinya?<
  1. Bersihkan kolam ikan secara berkala



    Walaupun kolam ikan anda terlihat jernih, bukan berarti tidak perlu di bersihkan. Anda perlu membersihkan kolam ikan minimal sebulan sekali untuk mengurangi kandungan anomia yang dapat menyebabkan kolam ikan anda menjadi hijau. Dalam membersihkan kolam ikan, jangan membersihkan lumut sampai sangat bersih. Karena keberadaan lumut dapat dijadikan makanan ikan.

  2. Filter Air



    Anda juga perlu memasang filter air. Alat ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam kolam ikan anda. Selain itu, anda juga harus menyalakan filter air setiap hari supaya hasilnya maksimal.

  3. Pasang Lampu UV (UV Sterilizer)



    Selain itu, anda juga dapat memasang sebuah lampu UV atau ultraviolet. Lampu ini dapat menghasilkan sinar UV yang dapat membunuh bakteri yang ada di kolam ikan. Maka itu, lampu UV dapat dikatakan efektif dalam membersihkan kolam ikan. Untuk peletakan lampu UV, anda dapat meletakannya di dekat filter air yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan kolam anda bewarna hijau

    Namun sangat disayangkan, lampu UV tidak dapat menyaring bakteri yang baik atau yang jahat, dengan kata lain lampu UV dapat membunuh bakteri walaupun bakteri tersebut baik untuk ikan anda.

  4. Tanaman



    Anda juga dapat menggunakan tanaman air sebagai pembersih air. Tanaman ini disebut Clean Water Plants atau tanaman penjernih air. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan kolam ikan anda, seperti teratai dan apu-apu. Tanaman ini menyerap amonia yang dapat menyebabkan kolam ikan anda berubah menjadi hijau. Selain itu, tanaman ini dapat membuat kolam ikan anda terlihat lebih cantik.

  5. Hindari dari cahaya matahari



    Bagi anda yang memiliki kolam ikan di luar ruangan, anda perlu menggunakan atap untuk menutupinya seperti kanopi. Karena, ganggang akan cepat subur jika cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam ikan anda dalam jumlah yang besar.

Dengan cara demikian, anda dapat membuat kolam ikan anda terlihat hidup kembali. Untuk mempercantik tampilannya, anda dapat menambahkan tanaman atau patung di tepi atau di tengah kolam. Selamat mencoba


Salam


Mitrarenov
Read More

Banyak kecoa di rumah anda? Kenali penyebabnya

Posting pada 13 Feb 2019

Setiap orang pasti tidak asing dengan kecoa. Serangga ini dapat hidup tanpa kepala selama 8 hari. Selain itu, kecoa juga disebut pelari yang cepat. Namun dibalik kelebihannya, serangga ini menjadi masalah bagi setiap pemilik rumah. Karena kecoa dapat menyebarkan bakteri penyakit. Selain itu, kehadirannya juga menandakan rumah anda tidak sehat. Seperti apa bahayanya kecoa bagi manusia?

  • Kontaminasi makanan


    Kecoa merupakan serangga pemakan apa saja termasuk makanan anda. Jika anda meninggalkan makanan anda di malam hari, kecoa dapat mencemari makanan anda. Hal ini dapat menyebabkan keracunan jika anda memakan makanan yang sudah terkontaminasi tersebut

  • Alergi


    Selain itu, kecoa juga dapat menyebabkan alergi melalui urine, air liur dan kotorannya. urin kecoa banyak mengandung bakteri yang dapat menyebabkan ruam kulit, gatal-gatal bahkan mata tampak berair
Kira-kira, tempat seperti apa saja yang membuat kecoa untuk datang ke rumah anda?

  • Saluran pembuangan


    Saluran pembuangan merupakan tempat yang ideal untuk berkoloninya kecoa. Jika anda memiliki saluran pembuangan yang langsung ke arah sungai atau selokan, kecoa akan mudah untuk memasuki rumah anda melalui saluran tersebut.

    Jika anda memiliki saluran pembuangan yang langsung ke arah selokan atau sungai, anda dapat menutup saluran tersebut dengan saringan floor drain atau menutupi ujung pipa dengan saring pipa.

  • Kamar mandi


    Seperti yang sudah kita ketahui, kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang lembab dan kotor. Karena kecoa merupakan serangga yang menyukai tempat yang kotor dan lembab, tidak heran kamar mandi merupakan tempat favorit yang sering didatangi oleh kecoa.

    Untuk menghindarinya kedatangan kecoa di kamar mandi anda, ada baiknya anda selalu membersihkan kamar mandi serta memberikan ventilasi udara supaya kamar mandi anda tidak lembab dan kotor

  • Sisa makanan


    Selain itu, kecoa juga sangat menyukai keberadaan makanan yang ditinggalkan. Jika anda meninggalkan sisa makanan semalaman, kecoa akan datang untuk memakan sisa makanan tersebut yang dapat menyebarkan bakteri dalam makanan anda. Ini dikarenakan adanya sumber nutrisi untuk pertumbuhan telur kecoa

    Pastikan anda menyimpan makanan anda ditempat yang tertutup seperti toples atau lemari es.

  • Tumpukan barang


    Hindari juga penumpukan barang yang kotor seperti cucian piring atau barang yang tidak dipakai. Selain membuat rumah anda terlihat berantakan, menumpuk barang juga dapat mengundang kedatangan kecoa kecoa. Karena, menumpuk barang dapat menimbulkan kondisi tempat yang gelap dan kotor yang biasa disukai oleh kecoa

  • Kandang Hewan Peliharaan


    Jika anda memelihara hewan seperti kucing atau anjing, anda juga perlu memperhatikan kebersihan kandang hewan serta sisa makanannya. Karena, kandang hewan yang terlalu kotor dapat mengundang kedatangan kecoa untuk berkoloni. Selain itu, hewan peliharaan anda juga akan terganggu kesehatannya

  • Tempat Sampah yang terlalu penuh


    Jika tempat sampah anda sudah terlalu penuh, lebih baik anda buang sampah tersebut ke tempat penampungan sampah sementara. Karena, hal ini dapat mengundang kecoa untuk datang dan berkoloni. Selain itu, rumah anda juga akan terkesan kotor.

Lalu bagaimana cara mengusir kecoa dari rumah anda? Yuk lihat tipsnya

  • Jaga Kebersihan rumah anda


    Hal yang menjadi kewajiban dan utama bagi penghuni rumah yaitu membersihkan seluruh bagian rumah. Selain memberi kesan rumah yang bersih, kecoa juga tidak menyukai tempat yang bersih

  • Hindari ruangan anda yang lembab


    Karena kecoa merupakan serangga yang menyukai tempat yang lembab, maka anda harus menghindari ruangan yang lembab. Untuk menghindari ruang yang lembab, anda dapat memberikan ventilasi udara atau exhaust fan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cat anti lembab. Jika ruangan anda tidak lembab, maka serangga ini tidak akan betah untuk tinggal dirumah anda.

  • Bahan Alami


    Selain itu, anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir kecoa seperti lavender, minyak kayu putih dan papermint. Hal ini dikarenakan kecoa tidak menyukai wangi dari bahan tersebut

  • Kamper


    Letakan kamper atau kapur barus yang sering didatangi oleh kecoa, seperti di kamar mandi, dapur dan lain sebagainya. Walaupun kamper dapat mengusir kecoa, kamper juga tidak aman untuk manusia dan jauhkan dari jangkauan anak-anak

  • Obat anti serangga aerosol atau semprot


    Anda juga dapat menggunakan obat anti serangga yang berbentuk aerosol atau semprot. Cukup semprotkan area yang dilewati kecoa atau disemprotkan langsung ke arah kecoa, maka kecoa akan pergi. Namun obat anti serangga juga beracun dan berbahaya sehingga tidak aman untuk keluarga anda jika berlebihan dalam pemakaiannya

Dengan tips diatas anda dapat, kecoa akan tidak betah untuk datang kerumah anda. Selamat mencoba.

Salam


Mitrarenov
Read More

Air di rumah memiliki aroma yang tidak sedap, ternyata ini penyebabnya

Posting pada 08 Feb 2019

Air merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Air sering digunakan untuk mencuci pakaian, mandi dan lain sebagainya. Namun, bagi anda yang masih menggunakan air sumur seringkali memiliki aroma yang tidak sedap dan kotor. Bahkan jika anda menggunakan air tersebut untuk mencuci pakaian, aroma air tersebut akan menempel di pakaian anda.

lalu apa yang menyebabkan air sumur memiliki aroma yang tidak sedap? Hal ini disebabkan oleh kandungan zat lainnya seperti zat besi (Fe) yang bercampur dengan air. Selain itu, penempatan sumur yang berdekatan dengan septik tank atau selokan air rumah juga dapat menyebabkan air sumur anda beraroma tidak sedap.

Anda juga perlu memperhatikan kriteria dalam pemasangan sumur. Berikut kriterianya:
  1. Kedalaman sumur yang ideal yaitu 4-10 meter
  2. Jarak dari sumur dengan toilet minimal 10 meter. Hal ini untuk menghindari air sumur tercemar dengan air limbah kamar mandi yang merembes ke dalam sumur
  3. Jika anda ingin menggali sumur, hindari lahan atau tanah yang pernah digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Karena bakteri yang terkandung dalam tanah dapat mencemari air sumur anda. Lebih baik anda menggali sumur dengan tekstur tanah yang bercampur dengan pasir. Karena pasir dapat menjaga kejernihan air sumur anda

Lalu bagaimana cara menghilangkan kotoran serta aroma yang tidak sedap di dalam air? Yuk simak di bawah ini
  1. Menguras sumur

    menguras sumur

    Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan air sumur anda kotor, yaitu dinding sumur anda ditumbuhi oleh lumut yang membuat air anda menjadi kotor. Selain itu, bangkai binatang yang jatuh kedalam sumur dapat menyebabkan air anda menjadi keruh serta memiliki aroma yang tidak sedap.

    Jika anda ingin menguras sumur, anda perlu memanggil tukang yang ahli dan berpengalaman. Karena, menguras sumur bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Menguras sumur juga memiliki resiko yang tinggi.

  2. Arang tempurung kelapa

    arang tempurung kelapa

    Ternyata, arang tempurung kelapa dapat menjernih air juga lho… Lapisan arang tempurung kelapa dapat dikatakan efektif dalam menjernihkan serta menghilangkan aroma yang tidak sedap dalam air. Hal ini disebabkan, arang tempurung kelapa memiliki kandungan karbon aktif yang dapat menghilangkan aroma yang tidak sedap serta menjernihkan air.

  3. Ijuk

    ijuk

    Ijuk merupakan serat pepohonan yang sering dipakai untuk membuat sapu. Tetapi, ijuk juga dapat digunakan sebagai penjernih air. Ijuk biasa digunakan untuk menyaring kotoran yang berukuran besar seperti pasir.

  4. Tawas dan Kaporit

    tawas

    Selain itu, anda juga dapat menggunakan bahan kimia, seperti tawas dan kaporit. Bahan ini, dapat dikatakan efektif, karena bahan ini dapat menghilang. Namun jika anda menggunakan bahan ini secara berlebihan, bahan ini dapat memberikan efek samping. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi mata, infeksi kulit dan gangguan sistem pernapasan

  5. Filter air

    Filter air

    Filter air merupakan alat yang berfungsi sebagai penjernih air serta penghilang aroma yang tidak sedap yang dalam terkandung dalam air sehingga dapat digunakan sebagai. Filter air juga sudah banyak digunakan di berbagai tempat, seperti untuk irigasi, air minum dan lain-lain. Namun, jika anda ingin menggunakan filter air, sebaiknya anda memerhatikan cara pemakaiannya, termasuk kapan alat tersebut harus diganti.
Nah, tips diatas merupakan cara menghilangkan aroma yang tidak sedap serta kotoran yang terbawa oleh air sumur. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke teman anda atau keluarga anda
Read More
 Whatsapp
  Pilih Jasa