Banner Jadi Aman! Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Jadi Aman! Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 20 Mar 2024


Mudik lebaran adalah momen yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Momen ini menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman setelah setahun penuh aktivitas. Selama mudik lebaran, tentu rumah akan dibiarkan kosong.

Bagi anda yang sudah siap mudik lebaran, ada beberapa hal penting yang perlu anda persiapkan untuk memastikan rumah anda tetap aman selama meninggalkan rumah untuk mudik lebaran. Berikut Tips meninggalkan rumah saat mudik

Pastikan Kabel Listrik Tidak Ada yang Rusak

Kabel Listrik Rusak

Sebelum mudik lebaran, memastikan keamanan rumah adalah yang penting termasuk memastikan kabel listrik tidak ada yang rusak. Perhatikan tanda-tanda kabel listrik yang bermasalah seperti berbau gosong, kabel getas atau rapuh ada mengeluarkan suara desis.

Baca Juga: Bahaya! Ini Penyebab Korsleting Listrik Dan Cara menanganinya

Jika kabel listrik bermasalah, segera perbaiki kabel listrik yang bermasalah bersama layanan yang ahli seperti jasa renovasi rumah atau tukang harian. Hal ini membantu anda untuk mencegah korsleting listrik yang berakibat fatal seperti kebakaran.

Pastikan rumah tidak Bocor

Atap Bocor

Pastikan juga anda sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh bagian rumah untuk memastikan rumah aman dari kebocoran. Periksa area yang menjadi rawan kebocoran seperti bagian atap rumah dan saluran air.

Kebocoran pada bagian-bagian rumah dapat menyebabkan kerusakan yang parah selama anda pergi meninggalkan rumah, seperti plafon roboh, dinding lembab hingga kerusakan struktur bangunan.

Bahkan, jika air kebocoran menetes mengenai instalasi listrik dapat memicu terjadinya korsleting listrik. Maka itu, lakukan perbaikan kebocoran rumah anda bersama jasa renovasi rumah sebelum bepergian mudik lebaran.

Pastikan Memasang CCTV

Memasang CCTV

Terkadang, meninggalkan rumah kosong saat mudik lebaran dapat menimbulkan kekhawatiran. Apalagi, anda akan sulit memantau keamanan rumah. Maka itu, pastikan anda sudah memasang CCTV di setiap sudut rumah.

CCTV dapat memantau keamanan rumah secara real-time dan merekam setiap aktivitas di sekitar rumah. Bahkan, CCTV dapat memberikan notifikasi jika ada aktivitas yang mencurigakan kepada anda. Jadi, keamanan rumah akan tetap terpantau dengan adanya CCTV

Cabut Perangkat Elektronik Dari Stopkontak

Cabut Stopkontak

Sebelum anda berangkat meninggalkan rumah, pastikan perangkat elektronik yang tidak dipakai anda cabut dari stop kontak. Perangkat elektronik seperti, TV, AC akan tetap mengkonsumsi daya listrik meskipun dalam keadaan mati. Jika dibiarkan, perangkat elektronik dapat menjadi panas dan merusak perangkat elektronik. Bahkan dapat menyebabkan korsleting listrik

Oleh karena itu, sebelum berangkat mudik lebaran, pastikan anda sudah mencabut perangkat elektronik yang tidak pakai dari stopkontak.

Lepas Regulator Gas

Regulator Gas

Apakah gas harus dicabut saat mudik? Jawabannya harus dilakukan. Melepas Regulator gas adalah cara aman meninggalkan kompor gas saat mudik. Hal ini dapat mencegah kebakaran akibat kebocoran gas.

Kebocoran gas dapat terjadi pada pipa gas atau kompor gas dan tanpa disadari, gas yang terkumpul dapat meledak jika terkena api. Maka itu, sebelum mudik lebaran, pastikan mencabut regulator gas

Kosongkan penampungan air

Menguras Penampungan Air

Jika anda memiliki penampungan air di rumah, pastikan anda sudah mengosongkannya sebelum mudik lebaran. Air yang menggenang dalam waktu lama dapat menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti, pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Maka itu, untuk mencegah DBD dan menjaga kebersihan lingkungan rumah, pastikan anda mengosongkan tempat penampungan air sebelum mudik lebaran

Tutup semua pintu dan jendela

Mengunci Pintu

Mengunci pintu dan jendela merupakan langkah wajib dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk mencegah pencuri masuk dengan mudah untuk mengambil barang berharga anda.

Baca Juga: 7 Jurus Ampuh Amankan Rumah dan Keluarga Dari Pencuri atau Perampok

Lapor ke RT dan RW

Jangan lupa untuk lapor ke RT/RW sebelum anda mudik lebaran. Hal ini penting untuk memastikan keamanan rumah anda. Petugas keamanan di lingkungan RT dapat membantu mengawasi dan menjaga rumah Anda selama ditinggal mudik.

Pastikan anda memberikan informasi nomor telepon yang dapat dihubungi, kontak darurat dan lama waktu anda mudik.

Selain itu, anda juga dapat meminta bantuan tetangga untuk menjaga rumah anda untuk memperhatikan aktivitas di sekitar rumah dan segera menghubungi anda jika ada hal yang mencurigakan.

Itulah tips meninggalkan rumah saat mudik. Dengan persiapan yang matang, anda dapat mudik tanpa rasa khawatir. Anda siap untuk mudik tahun ini?

Artikel Serupa

Jadi Aman! Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 20 Mar 2024

Mudik adalah momen yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Tapi ada yang harus anda perhatikan sebelum meninggalkan rumah. Yuk cek disini ...

Smarthome, Amankan Rumah Dengan 1 Aplikasi

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 11 Apr 2022

Teknologi smart home sendiri adalah teknologi pintar yang berguna untuk mengontrol dan mengatur rumah secara otomatis. Simak yuk ...

Apa itu smart home? Kenali kelebihan, kekurangan dan konsep

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 07 Jun 2023

Smart home menjadi trend di perumahan modern. Apa itu smart home? Yuk kenali lebih lanjut konsep, kelebihan dan kekurangan smart home ...

7 Jurus Ampuh Amankan Rumah dan Keluarga Dari Pencuri atau Perampok

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 24 May 2017

Pencurian atau perampokan adalah bahaya nyata yang mengancam rumah anda. Tidak hanya mengancam harta benda, tapi juga keselamatan keluarga dan diri anda. Apa yang dapat anda lakukan untuk mencegah hal tersebut? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda terapkan, baik sesudah rumah berdiri atau saat membangun rumah. ...

Konsultasi Gratis