Memasak lebih asik dengan Dapur Semi Outdoor

Posting pada 18 Jul 2022 # Dapur Rumah


Dapur menjadi salah satu ruangan favorit bagi keluarga di rumah. Pasalnya, kini desain dapur justru dibuat menyatu dengan ruangan lainnya seperti ruang makan atau ruang keluarga. Sehingga interaksi dengan keluarga pun akan terasa semakin hangat.

Tapi untuk bisa membuat suasana kumpul keluarga terasa lebih menyenangkan, pemilihan desain dapur pun harus tepat. Apabila Anda bosan dengan desain dapur yang monoton, cobalah memilih desain dapur semi outdoor.

Dapur jenis ini memang sedang menjadi tren di kalangan pecinta hunian minimalis. Menggunakan ide dapur jenis semi outdoor tentunya akan menciptakan suasana baru yang lebih sejuk dan menyenangkan karena letaknya yang berdampingan dengan halaman samping maupun belakang rumah. Cocok bagi Anda yang memasak sambil berkumpul bersama keluarga.

Tips Membuat Dapur Semi Outdoor

Dalam membuat dapur semi outdoor, Anda harus bisa mendesain secara unik dan representatif. Hal ini demi menciptakan kenyamanan dan keamanan saat memasak meski berada di luar rumah. Sesuai dengan namanya, dapur ini mengusung konsep 50% indoor dan 50% outdoor. Maka, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar konsep desain dapur semi outdoor Anda bisa terwujud dengan baik.
  1. Pilih spot yang tepat
    Spot belakang halaman
    Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat dapur semi outdoor adalah memilih spot yang tepat. Pastikan bahwa spot tersebut memungkinkan untuk dibuat dapur dengan konsep semi outdoor. Perhatikan juga dari segi keamanan dan kenyamanannya untuk memasak.

    Jika Anda memiliki area taman, baik di samping maupun di belakang rumah maka maksimalkan area tersebut dengan menempatkan dapur dan ruang makan. Lalu, desain dengan gaya semi outdoor sesuai selera Anda.

  2. Gunakan kanopi sebagai atap
    Kanopi dapur rumah
    Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan saat memasak, Anda bisa menggunakan kanopi sebagai atapnya. Tujuannya adalah agar terhindar dari sengatan sinar matahari saat siang hari.

  3. Tambahkan tirai penutup
    tirai dapur
    Memutuskan untuk membuat dapur semi outdoor, Anda harus mempertimbangkan kondisi dapur saat musim hujan tiba. Pastikan area sekitar dapur tetap aman meski dalam kondisi hujan. Untuk menghindari cipratan air hujan, Anda bisa menambahkan tirai penutup. Tirai ini juga bisa digunakan sebagai penutup untuk malam hari. Tirai bambu menjadi pilihan yang tepat karena bisa memberikan nuansa alam bagi hunian minimalis Anda.

  4. Perhatikan jalur air
    Cipratan air saat hujan tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat memasak. Maka pastikan jalur air dari atas atap tidak masuk ke dalam ruang dapur Anda. Pada bagian dapur semi outdoor tanpa atap, Anda bisa membuat jalur pembuangan air dan tambahkan. Tujuannya adalah agar air hujan yang turun bisa meresap kembali ke tanah sehingga tidak akan menggenang hingga banjir.

  5. Menggunakan furniture tahan cuaca
    furniture tahan cuaca
    Bagi Anda yang meletakkan furnitur di area luar dapur perlu mempertimbangkan jenis material yang digunakan. Pasalnya, furniture yang kerap terpapar cahaya matahari langsung, hujan, dan angin rentan terhadap pelapukan, jamur dan karat. Maka disarankan untuk memilih jenis furniture yang tahan di segala cuaca. Beberapa material furniture yang cocok diletakkan di area outdoor diantaranya aluminium, polystone, polypropylene, anyaman rotan sintetis, hingga kayu jati atau akasia.

  6. Hiasi dengan rumput atau tanaman
    taman dapur
    Jika Anda ingin membuat dapur semi outdoor terlihat nyaman dan estetik, Anda bisa meletakkan tanaman di sekelilingnya. Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman hias atau bunga sesuai dengan selera. Selain untuk memperindah area dapur semi outdoor Anda, adanya hiasan tanaman dan rumput juga bisa membantu menjaga sirkulasi udara di sekitar dapur agar tetap sejuk.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa