Pentingnya menggunakan exhaust fan di dapur

Posting pada 20 Jul 2022 # Dapur Rumah


Saat memasak di dapur pasti ruangan akan penuh dengan bau dan asap. Adanya asap di dapur pastinya cukup mengganggu kenyamanan saat memasak. Apalagi bila asap masakan tersebut terperangkap cukup lama di ruangan sehingga akan menimbulkan aroma tidak sedap. Ternyata, penyebab munculnya aroma tidak sedap karena sirkulasi di dapur rumah Anda tidak baik.

Dapur yang bagus adalah yang memiliki jendela atau ventilasi udara yang memadai sehingga semua udara kotor yang dihasilkan saat memasak bisa diganti dengan udara segar dari luar. Jika dapur memiliki sirkulasi udara yang baik dan segar tentunya kegiatan memasak Anda menjadi lebih nyaman.
Dapur
Bukan perkara mudah untuk mengusir aroma tak sedap pada dapur, terlebih jika ruangan dapur memiliki desain yang tertutup, sehingga tidak memungkinkan untuk dibuat jendela, padahal dapur membutuhkan setidaknya 10-15 kali pergantian udara. Di sinilah exhaust fan berperan untuk memperbaiki kualitas udara.

Pentingnya Exhaust fan untuk Dapur

Lalu, seberapa penting exhaust fan untuk dapur? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
  • Menghindari polusi dapur di dalam ruangan
    Menghindari polusi udara
    Bau dan asap yang dihasilkan dari masakan di dapur Anda bisa hilang dengan menggunakan exhaust fan. Mengingat fungsi utama dari alat ini adalah membersihkan semua polusi udara kotor di dapur dan mengeluarkannya. Setelah udara kotor keluar langsung diganti dengan udara bersih dari luar

  • Pengganti ventilasi udara
    Jika ruangan dapur Anda tidak cukup memiliki ventilasi udara, maka memasang exhaust fan menjadi pilihan yang tepat. Semua udara kotor di dalam ruangan yang sudah terkontaminasi akan dibuang ke luar ruangan. Bahkan, Anda juga bisa mengatur volume udara yang ingin dimasukkan ke dapur sesuai dengan kebutuhan. Menarik, bukan?

  • Melancarkan sirkulasi udara
    Menghindari polusi udara
    Penggunaan exhaust fan juga akan membuat udara di dapur jauh lebih sehat sebab, udara kotor maupun bau makanan kurang sedap yang berasal dari dapur akan disedot dan dikeluarkan, sehingga sirkulasi udara akan terjaga dengan baik. Inilah yang membuat exhaust fan menjadi salah satu elemen penting dalam rumah, terutama bagi ruangan yang minim ventilasi.

  • Udara dalam ruangan lebih sejuk
    Meski exhaust fan dan kipas angin terlihat sama, namun untuk cara kerjanya tentu berbeda. Jika kipas angin hanya bisa memutar udara di sekitar ruangan tersebut, maka berbeda dengan exhaust fan. Alat ini mampu menyedot udara panas dan kotor ke luar ruangan lalu diganti dengan udara baru. Ruangan Anda pun akan menjadi terasa lebih segar dan segar.

  • Meningkatkan kenyamanan saat memasak
    Apa hal yang menyenangkan dalam hidup ini? Salah satunya adalah memiliki dapur yang bersih. Anda akan nyaman beraktivitas di dalamnya, terutama saat menyiapkan hidangan untuk keluarga tercinta. Penggunaan exhaust fan di dapur sangat membantu untuk menciptakan ruangan yang bersih, sejuk dan bebas dari aroma tidak sedap. Tidak hanya itu, Exhaust fan juga bisa menjaga ketahanan pada perabotan dapur Anda sehingga tidak mudah lembab dan berjamur.

Exhaust fan memiliki cara kerja yang unik, yaitu menyedot udara kotor yang berada di dalam dapur dan membawanya keluar ruangan, sehingga sangat disarankan untuk menyalakan exhaust fan ini saat memasak agar sirkulasi udara di dalam dapur tetap baik. Dapur pun bebas bau dan nyaman saat memasak. Satu hal lagi, jangan lupa lakukan pembersihan berkala ya agar exhaust fan dapat berfungsi maksimal.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa