Jenis-jenis Partisi Ruangan

Posting pada 22 Dec 2017 # Jenis partisi ruangan


Rumah minimalis di perkotaan memang lebih suka memaksimalkan fungsi dua ruangan menjadi satu dengan memakai partisi ruangan. Kemudahan partisi ruangan yang bisa dilepas atau dipindahkan tersebut membuat jenis ini banyak dipilih sebagai sekat. Tak hanya sekadar sebagai pembatas, partisi ruangan juga bisa digunakan sebagai pemanis interior. Sebelum anda mengetahui lebih jelas tentang manfaat partisi ada baiknya mengenal jenis partisi ruangan berikut ini.

3 jenis partisi ruangan

  1. Partisi masif
    Bagi anda yang menginginkan kegiatan privasi tanpa terganggu orang lain misalnya membatasi ruang keluarga dengan ruang kerja yang sebenarnya satu ruangan bisa menggunakan partisi masif. Material pembentuk partisi masif ini biasanya tidak transparan atau tembus pandang dan memakai bahan yang solid.
  2. Partisi semi transparan
    Jenis partisi ruangan yang unik adalah partisi semi transparan yang merupakan campuran bahan material solid serta bahan transparan. 
  3. Partisi transparan
    Bisa jadi partisi ini dipilih agar para penghuni bisa melihat kegiatan penghuni lain meski dibatasi sekat. Bisa pula jenis partisi ruangan satu ini dipasang di kamar mandi untuk memberikan sekat tempat jika anda ingin mandi menggunakan shower. 

Tips memilih jenis partisi ruangan yang tepat

Anda mungkin telah mengetahui jenis partisi ruangan maka kini bisa menerapkan tips memilih partisi yang tepat untuk hunian minimalis anda berikut ini.

  1. Menentukan dana membuat partisi ruangan yang diinginkan
    Anggaran dana sangat penting dalam memilih jenis partisi yang mungkin cocok untuk hunian anda. Ada baiknya anda mencari informasi detail atau berkonsultasi dengan desain interior yang berkualitas. Penawaran partisi ruangan di pasaran yang terlalu banyak bisa saja membuat anda bingung jika tidak memiliki rincian dana yang pas. Hal ini juga meminimalisir pengeluaran melebihi rencana hanya untuk membeli partisi yang memiliki bahan mahal padahal anda membutuhkan dana lain untuk merenovasi ruangan misalnya. 
  2. Menentukan fungsi ruangan yang benar
    Menentukan jenis partisi ruangan tentu dipengaruhi oleh fungsi ruangan tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ruang yang memiliki privasi tinggi sebaiknya menggunakan partisi dari bahan solid seperti kayu. 
  3. Memilih jenis partisi yang cocok
    Jenis partisi ruangan memang telah dijabarkan dalam tiga kelompok di atas. Anda bisa memilih bahan partisi yang sesuai dengan salah satu kegiatan tersebut. Beberapa bahan partisi berikut mungkin bisa memberikan referensi bagi anda yang tengah mencari partisi yang tepat.
    - Kertas, Anda menyukai desain interior khas Jepang mungkin bisa memakai partisi ruangan dari bahan kertas. Pintu geser Jepang biasanya memakai partisi kertas yang unik dan menjadikan interior ruangan semakin menarik.
    - Kayu, Partisi solid ini bisa dipilih untuk hunian yang menginginkan kesan natural. Tak hanya memiliki kesan alami, dekorasi dari kayu bisa pula memberikan kesan klasik sesuai dengan tema rumah anda.
    - Kaca, Jenis partisi ruangan yang transparan ini akan memberikan kesan elegan di rumah anda. Namun, pastikan bahwa anda memilih partisi ini dengan memperhatikan keselamatan anggota keluarga khususnya anak-anak kecil.
    - Kain, Anda juga bisa menggunakan partisi ruangan berupa kain asalkan mampu menyatu atau memberikan kesan artistik yang bagus. Anda bisa meminta bantuan pada desain interior untuk memilih jenis kain yang tepat baik memilih kain motif atau transparan.
Tips memilih jenis partisi ruangan tersebut bisa anda praktekkan agar tak salah pilih partisi. Ragam bahan partisi ruangan yang banyak tersedia di pasaran pun memudahkan anda memilih atau menyesuaikannya dengan desain interior yang pas. 

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa