Mengenal Jenis Kolam Renang

Posting pada 01 Dec 2020 # Mengenal Jenis Kolam Renang


Rumah impian adalah tempat peristirahatan anda dan keluarga setelah lelah bekerja seminggu penuh, dan kolam renang merupakan menjadi tempat pelarian anda tanpa harus bersusah payah keluar dari rumah.

Di tengah cuaca panas, paling seru bermain air di kolam renang untuk mendinginkan suhu tubuh. Walaupun memanfaatkan kolam renang umum adalah cara termudah dan termurah, kolam renang rumah tetap terbaik dalam hal kenyamanan dan kepraktisan.

Apabila kamu tergolong hobi berenang dan memiliki lahan sisa di halaman rumah, membuat kolam renang rumah sendiri akan jauh lebih efisien. Kamu bisa langsung berenang saat menginginkannya.

Pada umumnya, tujuan membangun kolam renang yang utama adalah untuk melakukan olahraga air seperti berenang. Namun, terdapat banyak aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di kolam renang seperti berjemur, berendam, dan lain-lain.

Anda tertarik? Kenali dahulu jenis dan macam kolam renang yang dapat anda buat di halaman rumah impian anda.
  1. Lokasi Kolam Renang
    Berdasarkan lokasinya, kolam renang dapat digolongkan menjadi: Kolam Outdoor, yaitu kolam renang yang diletakkan di luar rumah; Kolam Indoor, yaitu kolam renang yang terletak di dalam rumah; dan Kolam Semi Outdoor, yaitu kolam renang di luar rumah tetapi dilengkapi penutup / atap.

    kolam renang outdoor dan indoor
  2. Permukaan Kolam Renang
    Jenis kolam renang seringkali dibedakan berdasarkan kedudukannya pada permukaan tanah, yaitu: Kolam Gali (In-ground), yaitu kolam yang masuk kedalam tanah; Kolam Atas / Muncul (Above Ground); Kolam Lereng, jika terletak di permukaan tanah yang menurun atau bagian dari terasering; dan Kolam High-Rise, jika terletak di atas bangunan pencakar langit.


  3. Fungsi Kolam Renang
    Kolam renang juga dapat dibedakan dari fungsi dan penggunanya, yaitu: Kolam renang publik yang terbuka untuk umum; Kolam renang pribadi di rumah tinggal; Kolam Latihan (exercise pool) berukuran sekitar 2,5x5 M dan dilengkapi dengan arus sehingga atlet berenang di tempat; Kolam kompetisi yang digunakan untuk perlombaan dengan standar ukuran internasional;


    Kolam Spa yang umumnya dilengkapi air panas dan penyemprot air yang berfungsi pijat; dan berbagai kolam lainnya.

  4. Bentuk Kolam Renang
    Sementara berdasarkan bentuknya, kolam renang seringkali dibedakan menjadi: Track Pool, umumnya berbentuk sempit memanjang yang digunakan untuk latihan; Kolam persegi / kotak yang paling umum dibuat di rumah; Kolam kotak bersudut (blocks), umumnya dibuat mengikuti bentuk rumah; Kolam bulat / elips; dan Kolam tak beraturan (free form) yang dibuat berdasarkan desain tertentu atau mengikuti bentuk alamiah.


  5. Material Kolam Renang
    Berdasarkan materialnya, maka kolam renang umumnya dibedakan menjadi: Kolam beton yang terbuat dari coran beton dengan finishing keramik atau batu alam; Kolam Fiberglass; dan kolam Vinyl.

  6. Jumlah kolam
    Kolam renang juga dapat dibedakan dari jumlah kolam yang dibuat dalam satu area, yaitu antara lain: Kolam Tunggal (Single Pool) yaitu kolam tunggal dengan 1 kedalaman (misalnya kolam anak dan kolam kompetisi); Kolam Tunggal Bersekat (Divided Pool) yaitu kolam tunggal dengan perbedaan kedalaman; dan Kelompok Kolam (Group / Cluster), yang terdiri dari banyak kolam dalam satu area.


  7. Air Kolam Renang
    Berdasarkan airnya, kolam renang juga memiliki berbagai macam, antara lain: Natural / Alami yaitu kolam berair tenang yang dibiarkan mengikuti suhu lingkungan; Kolam Air Panas (Heated Pool) yaitu kolam yang dilengkapi pemanas / pengatur suhu; Kolam Air Laut berisi air yang mengandung garam; dan Kolam Khusus (special effect)

  8. Penggantian Air
    Masih berhubungan dengan air, kolam renang juga dapat dibedakan berdasarkan sistem penggantian airnya. Fill and Draw Pool, yaitu kolam yang airnya statis dan harus dikosongkan sebelum diganti airnya setelah beberapa waktu tertentu; Flow Through Pool, yaitu kolam yang airnya terus berganti karena terus-menerus dialirkan air dari luar; dan Recirculating Pool, yaitu kolam yang mempertahankan kebersihan air dengan mengalirkan air melalui sejumlah mesin dan filter.

  9. Efek Tepian
    Sesuai dengan kreatifitas perancangnya, kolam renang kini seringkali dibedakan berdasarkan desain atau efek tepiannya, antara lain: Kolam berpantai (Beach Pool), yaitu kolam yang salah satu sisinya dibuat landai seperti permukaan pantai dan kadang dilengkapi dengan pasir; dan Infinity Pool, yaitu kolam yang air mengalir jatuh dari salah satu sisinya dan menciptakan kesan kolam tanpa batas.


  10. Style Kolam Renang
    Tidak ada batasan dalam bentuk dan gaya kolam renang, style kolam renang dapat mengikuti style arsitektur rumah atau justru berbeda sama sekali. Beberapa style kolam renang yang sering diadaptasi antara lain: Natural Pool yaitu kolam bergaya alamiah seakan danau di tengah hutan; Minimalist Pool yaitu kolam bergaya modern yang simple; Roman / Grecian Pool yaitu kolam bergaya Romawi / Yunani;


Kolam renang adalah pelengkap yang sempurna bagi anda yang menginginkan suasana rumah yang berbeda dan berkelas. Nah, apakah Anda juga ingin segera membangun kolam renang impian di rumah Anda?

Jika masih ada sisa lahan di rumah, tidak ada salahnya untuk berencana membuat kolam renang pribadi. Dengan demikian, anak-anak di rumah juga dapat menikmati hari libur mereka tanpa harus liburan ke luar rumah. Cukup bersantai bersama keluarga di kolam renang bisa menjadi hari libur yang menyenangkan. Manfaatkan fungsi dari masing-masing jenis kolam renang di rumah dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk selalu merawatnya.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa