Ternyata Warna Cat Rumah Dapat Mengubah Mood Anda Lho

Posting pada 28 Dec 2018 # Warna cat dapat mempengaruhi mood anda


Dalam mendesain rumah, pemilihan cat sangatlah penting. Warna cat rumah harus benar-benar diperhatikan agar konsep rumah dapat terwujud dengan apik. Apalagi warna cat rumah dapat mempengaruhi sisi mood anda.

Jika anda suka merasa bosan di rumah atau rumah anda memiliki kesan datar datar saja bahkan tidak terlihat hidup. Yuk, ubah suasana ruangan anda dengan cara mengubah cat rumah anda, cara ini dinilai efektif dan murah. Warna ruangan dapat mengubah suasana hati atau mood sang penghuni, tidak percaya?

Ada sebuah teori mengenai pengaruh warna terhadap psikologis atau kejiwaan seseorang yang melihatnya. Teori ini disebut dengan psikologi warna. Menurut Carl Gustav Jung, psikolog ternama asal swiss, setiap warna memiliki makna dan kekuatan masing-masing yang dapat mempengaruhi emosi, produktivitas dan mengubah mood seseorang. 
Sebelum anda mengubah cat rumah, kami akan membagikan warna apa saja yang sesuai dengan mood dan suasana ruangan anda, simak di bawah ini ya.

Warna mood penuh energi

Gambar ruang makan merah

Warna merah
merupakan warna yang penuh energi sehingga dapat memberi anda kekuatan untuk melakukan tindakan atau semangat ekstra. Dalam dunia psikologi, warna merah berarti kekuatan, energi dan melambangan kegembiraan, serta memberikan kehangatan di dalam ruangan. Selain itu, warna ini dapat membantu merangsang nafsu makan, sehingga warna ini cocok diaplikasikan pada dapur atau ruang makan.


Warna mood ceria dan bersahabat

gambar ruangan warna jingga

Warna yang dapat membuat mood anda ceria adalah warna Jingga (Oranye) dan kuning. Warna Oranye biasanya dikaitkan dengan kesenangan dan dipercaya dapat memberi semangat dalam beraktivitas, serta menciptakan kesan hangat dan bersahabat sehingga warna ini cocok untuk ruang keluarga dan ruang tamu.

gambar ruang keluarga warna kuning

Sama seperti oranye, warna kuning memiliki kesan rasa bahagia dan kehangatan. Warna ini juga dapat menimbulkan hasrat untuk bermain sehingga warna ini cocok untuk di ruang keluarga. 
Namun, anda perlu hati-hati dengan warna kuning, walaupun kuning termasuk warna yang ceria, warna ini bukan pilihan yang baik sebagai warna utama. Jika intensitas warna ini terlalu banyak dapat menciptakan rasa frustasi dan marah, ada baiknya anda memilih warna kuning yang lembut atau dikombinasikan dengan warna lainnya.

Warna mood yang membuat anda tenang

ruangan kamar warna hijau

Kemudian warna yang dapat membuat mood anda santai, yaitu warna biru dan hijau. Warna ini identik dengan alam, seperti warna biru yang kerap diasosiasikan dengan warna langit atau lautan, sedangkan warna hijau identik dengan alam dan tumbuhan. Kedua warna ini memiliki kesan yang sama yaitu ketenangan dan kedamaian sehingga cocok diaplikasikan pada tempat bersantai anda seperti kamar tidur atau kamar mandi. 

kamar tidur biru


Warna mood yang hangat dan elegan


ruangan coklat

Warna ini dikaitkan dengan warna bumi dan kayu yaitu warna cokelat, warna ini memiliki karakter yang elegan. Warna cokelat dipercaya dapat membangkitkan keterampilan dan keseriusan sang penghuni sehingga warna ini cocok untuk ruang kerja anda. 
Warna cokelat juga cocok untuk ruang keluarga karena dapat memberi kesan kehangatan dan keakraban.

Akhir kata, pemilihan warna yang tepat dapat memengaruhi suasana ruangan dan mood penghuni. Sebelum anda mengubah cat rumah anda, anda perlu mengetahui fungsi ruangan yang akan digunakan. Seperti pemilihan cat di ruang keluarga, karena ruang tersebut merupakan tempat anda dan keluarga berkumpul alangkah baiknya anda memilih warna yang cerah dan ceria agar dapat meningkatkan suasana hati yang baik.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, share ke teman atau keluarga anda ya 

Salam

Mitrarenov


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa