Eco-house, konsep rumah ramah lingkungan yang sekaligus hemat listrik

Posting pada 04 Mar 2019 # Eco-house, rumah ramah lingkungan


Memiliki rumah di perkotaan yang penuh dengan penduduk memang sangat sulit untuk mendapatkan suasana sejuk. Selain itu, Polusi udara yang semakin meningkat juga dapat menggangu kesehatan penghuni rumah. Penggunaan lampu dan AC di siang hari juga dapat menyebabkan pemanasan global yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar rumah dengan konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan? Rumah ramah lingkungan merupakan suatu konsep rumah untuk mewujudkan menjaga lingkungan hidup, seperti menghemat penggunaan listrik dan air. Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat memberi dampak positif untuk lingkungan dan keluarga anda. Apa saja dampak positifnya?

  1. Menjaga lingkungan hidup
    Sesuai dengan namanya, konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat menjaga lingkungan. Seperti menggunakan cahaya matahari sebagai penerang di siang hari dan mengurangi penggunaan AC.

  2. Mengurangi tagihan listrik
    Konsep eco-house atau rumah ramah lingkungan dapat mengurangi tagihan listrik anda lho…. Jika di siang hari anda menyalakan lampu sebagai penerang rumah serta ac untuk menyejukan ruangan anda, pasti tagihan listrik anda akan naik.

    Namun berbeda dengan konsep rumah ramah lingkungan. Konsep ini lebih mengandalkan kebaikan alam, seperti cahaya alami atau udara yang menyejukan serta menerangi rumah anda sehingga anda tidak perlu menyalakan AC atau lampu di siang hari.

  3. Meminimalisir polusi udara
    Seperti yang anda ketahu, polusi udara dapat menyebabkan berbagai pernyakit seperti ISPA (Infeksi saluran pernapasan atas). Tapi, konsep ini juga dapat menimimalisir polusi udara yang dapat menularkan penyakit.

    Hal ini dikarenakan, konsep rumah ramah lingkungan atau eco-house memiliki ruang terbuka untuk dijadikan taman yang hijau sehingga dapat menyerap polusi udara.

Tapi, ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat konsep ini, antara lain

  1. Memiliki taman
    Eco-house merupakan konsep rumah yang menciptakan lingkungan yang hijau. Oleh karena itu, anda perlu membuat taman di halaman rumah anda. Taman ini berfungsi untuk memberi kesejukan rumah anda. Selain itu, taman juga dapat menimalisir penyakit yang dihasilkan dari polusi udara.



    Jika anda tidak memiliki lahan sisa untuk dijadikan taman anda dapat menerapkan taman di atap rumah anda. Penerapan ini disebut Rooftop garden.



    Jika anda ingin menerapkan taman di dalam ruangan, anda dapat menanam tamanan mungil di didalam rumah anda seperti Sanseviera (Lidah Mertua). Selain itu, Anda juga dapat menerapkan vertikal garden di dalam rumah anda yang ditata di sebuah rak




  2. Hemat Energi
    Menghemat energi merupakan hal yang penting dalam membuat konsep rumah ramah lingkungan. Sebagian besar orang, pasti menyalakan lampu di siang hari sebagai penerang rumah. Padahal, anda dapat memanfaatkan cahaya matahari sebagai pengganti lampu untuk menerangi rumah anda. Oleh karena itu, desain rumah ramah lingkungan didesain sedemikian rupa agar cahaya matahari dapat masuk dengan maksimal.



    Selain itu, penggunaan juga AC juga menyebabkan pemanasan global. Nah, sebagai pengganti AC anda perlu memperhatikan ventilasi udara. Karena, jika anda memiliki ventilasi udara yang tidak baik, rumah anda akan terasa panas. Oleh karena itu, pastikan juga ventilasi udara anda tercukupi. Ventilasi udara yang cukup dapat memberi suasana sejuk di dalam rumah anda. Selain itu, tinggi bangunan juga mempengaruhi suasana rumah. Semakin tinggi bangunan anda maka semakin sejuk ruangan anda

Dengan kriteria diatas, anda dapat membuat konsep rumah yang ramah lingkungan. Anda tertarik untuk membuat konsep rumah ramah lingkungan? Jika anda tertarik, kami siap untuk membantu anda

Salam


Mitrarenov

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa