Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Posting pada 26 Nov 2021 # Konsep Rumah


Hidup di negara beriklim tropis membuat hawa menjadi panas, sehingga banyak rumah-rumah yang menggunakan AC untuk membuat suasana rumah tidak terlalu panas, namun dengan penggunaan AC yang terlalu banyak pada rumah membuat biaya listrik membengkak, sehingga orang-orang mencari solusi lain untuk mengurangi AC pada rumah dan mengganti dengan merubah konsep rumah lebih segar dengan pemanfaantan sirkulasi udara yang tepat pada rumah mereka sehingga udara dapat masuk dengan baik dan menimbulkan ruangan jauh lebih baik, segar, dan sejuk yang memberikan dampak positif pada pengurangan penggunaan AC pada rumah sehingga biaya listrik jauh lebih terjangkau.

Berikut beberapa yang dapat dilakukan untuk membuat rumah terasa segar tanpa menggunakan AC
  1. Ciptakan Ventilasi Silang Di Rumah



    Pada dasarnya, ventilasi silang dapat dicapai hanya dengan meletakkan bukaan (jendela, lubang angin, ventilasi) pada lebih dari 1 sisi dinding, idealnya pada dinding yang berseberangan. Aliran udara akan terjadi dari satu jendela ke jendela lainnya, mengganti sekaligus menyejukkan udara di dalam rumah. Yang harus anda diperhatikan adalah arah angin di sekeliling rumah yang berhembus melewati jendela, lalu ukuran dan jenis bukaan yang anda gunakan.

  2. Menanam Tanaman
    Sebuah tumbuhan dapat membuat rumah terasa adem san sejuk, banyak sekali jenis tanaman yang dapat membuat rumah anda sejuk seperti :
    • Tanaman Rambat
      Menanam tanaman merambat akan bekerja mirip dengan memasang sebuah kanopi, Tanaman merambat tumbuh dengan cepat dan memberikan keteduhan yang sejuk untuk rumah, sehingga rumah akan memberikan efek segar karena cahaya yang masuk kerumah akan di serap atau di halangi oleh tanaman rambat.

    • Lidah Mertua
      Lidah mertua adalah jenis tanaman yang memiliki kandungan kadar yang tinggi, lidah mertua sangan bagus di letakkan di jendela karena dapat hidup dengan baik dengan menyerap sinar matari langsung.

    • Aglonema
      Tanaman jenis ini sangat penting untuk dapat membantu menetralkan racun didalam ruangan atau lebih ke membuat udara terasa lebih sejuk.

    • Palem Mini
      Palem adalah tanaman yang mampu menyerap kabrbondioksidan dan melepaskan banyak oksigen sehingga membuat kelembapan udara disekitar area ruangan semakin meningkat.


  3. Pilih Bahan Atap Dengan Baik
    kestabilan penyerapan suhu panas bagian paling penting untuk atap, karena berfungsi untuk melindungi rumah dari panas dan hujan, sehingga bisa menjalani berbagai aktifitas di rumah dengan nyaman, Pemilihan bahan Atap sangat penting untuk meredam hawa panas dari luar ruangan, seperti Polyester, Aluminium Foil, Bubble Foil dan Polyurethane Foam.

  4. Menutup Pintu Ke Kamar Yang Tidak Digunakan
    Jika Anda benar-benar harus menggunakan AC, batasi kesejukan di tempat yang paling dibutuhkan ruangan tempat Anda menghabiskan sebagian besar hari atau kamar tidur di malam hari. Tutup pintu ke area yang tidak perlu didinginkan sehingga sirkulasi udara pada AC dapat terpusat dengan ruangan yang inginkan.

  5. Pertimbangkan Penggunaan Humidifier
    Panas lembab jauh lebih tidak nyaman bagi manusia dan hewan peliharaan daripada panas kering. Humidifier menyedot kelembapan dari udara musim panas yang nyaman di rumah Anda, membuatnya jauh lebih nyaman, bahkan pada suhu yang lebih tinggi. Idealnya, jaga kelembapan dalam ruangan di bawah 60 persen.

  6. Gunakan Kaca Film
    Kaca film menawarkan banyak manfaat, mulai dari memangkas biaya energi hingga memberi Anda privasi sambil tetap menikmati pemandangan dan cahaya alam luar. Mereka dapat memberikan pengurangan panas inframerah hingga 98 persen dibandingkan dengan jendela yang tidak terlindungi, dan mengurangi ketidakseimbangan suhu di rumah Anda.

Membuat rumah sejuk tanpa AC adalah tujuan akhir yang diinginkan semua orang dalam membangun rumah. Dengan meluangkan waktu untuk mengatur kembali peletakan beberapa Item serta merubah beberapa layout rumah, dapat memaksimalkan ventilasi alami dan sirkulasi udara tanpa perlu menggunakan AC. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai rumah dengan ventilasi baik sehingga dapat membuat rumah yang anda harapkan, dapat anda konsultasikan melalui Mitrarenov dengan mengunjungi website kami.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa