Ingin mempunyai taman tapi lahan terbatas? Tidak masalah!

Posting pada 25 Jan 2019 # Taman Rumah


Anda ingin membuat taman tapi lahannya terbatas? Atau tidak memiliki lahan kosong sama sekali? Tidak masalah, anda masih dapat membuat taman di rumah. Taman memang menjadi hal yang penting untuk sebagian rumah. Selain dapat memberi kesejukan udara, taman rumah juga dapat memberi ketenangan untuk pikiran anda. Tapi memiliki rumah dengan lahan yang luas untuk dijadikan taman memang tidak mudah, terutama di daerah perkotaan. Selain sangat sulit dicari harganya juga relatif mahal. Walaupun anda memiliki lahan yang sempit, anda dapat memanfaatkan lahan yang terbatas tersebut menjadi sebuah taman yang dapat memberi kesejukan di rumah anda. Selain itu, taman juga dapat mengurangi udara kotor sehingga dapat meminimalisir penyakit yang ditularkan melalui udara. Taman rumah juga dapat menenangkan pikiran anda dari aktivitas yang melelahkan. Anda tertarik untuk membuat taman dengan lahan yang terbatas? kami akan bagikan beberapa trik pemanfaatan lahan sempit yang dapat dijadikan taman

  1. Taman berbentuk Vertikal
    Taman vertikal atau disebut vertical garden ini sudah banyak diterapkan di berbagai tempat seperti restoran, rumah dan gedung tinggi. Taman vertikal memiliki konsep taman yang tegak, sehingga lahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Anda dapat menerapkannya di dinding rumah atau dalam bentuk rak.

    Baca Juga: Halaman terbatas? Sejukkan rumah dengan Taman Vertikal

    Jika anda ingin menerapkan taman vertikal di dalam rumah, pililah tanaman yang dapat bertahan hidup dengan intensitas cahaya yang rendah. Anda juga perlu memperhatikan kelembapan ruangan anda. Jika ruangan anda ber-ac atau lembab, anda hanya perlu basahi sedikit daunnya saja.

    TAMAN VERTIKAL DI DALAM RUMAH

    Media yang digunakan untuk menanam tidak harus mahal, anda dapat menggunakan bahan yang sudah tidak terpakai, seperting botol minuman, pipa atau kaleng bekas.

  2. Maksimalkan rooftop atau atap rumah anda
    Pernah dengar rooftop garden atau taman atap? Penerapan taman atap dapat dikatakan unik, karena taman ini diterapkan di tempat yang tidak biasa yaitu di atap rumah. Kehadiran taman atap rumah, dapat memberi kesejukan di ruangan rumah anda. Karena taman atap rumah, dapat menyerap cuaca panas matahari. Selain itu, taman atap rumah juga dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul keluarga atau tempat rileksasi.

    TAMAN ATAP RUMAH ATAU ROOFTOP GARDEN

    Namun sebelum anda menerapkan taman atap, ada beberapa hal penting yang anda perlu perhatikan:
    1. Water proofing
      Water proofing digunakan untuk menghindari kebocoran yang berdampat di ruangan bawahnya
    2. Saluran Drainase
      anda juga harus mempersiapkan drainase dengan baik, supaya air bekas siraman taman atau air hujan tidak tersumbat
    3. Struktur bangunan
      anda harus memastikan struktur rumah anda kuat. Karena atap rumah anda akan dibebani oleh taman atap.

    Baca Juga: Buat Taman Di Rooftop, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

  3. Manfaatkan lahan yang tersisa
    Seringkali sisa lahan yang tersisa seperti sebagian teras, balkon atau samping rumah hanya dijadikan area kosong saja. Daripada hanya dijadikan lahan yang kosong, anda dapat memanfaatkannya dengan mengubahnya menjadi taman. Selain mempercantik rumah anda, anda juga mendapatkan udara yang sejuk dari taman rumah anda.

    TAMAN MINIMALIS

    Selain dijadikan taman, sisah lahan juga dapat dijadikan kolam ikan yang ditemani dengan suara pancuran air. Tidak bisa dipungkiri, suara percikan air sambil melihat ikan kesana kemari dapat membantu anda untuk menghilangkan stress akibat aktivitas yang melelahkan

    Baca Juga: Ingin Membuat Kolam Ikan? Pelajari Tips Merawatmya Terlebih Dahulu

Sebelum anda menerapkan taman di lahan yang terbatas, anda perlu memperhatikan tumbuhan yang akan ditanam. Karena tidak semua tumbuhan dapat ditaman di lahan yang sempit seperti tumbuhan yang memiliki diameter batang yang besar. Namun, anda dapat menaman tanaman seperti rumput, perdu, semak-semak atau pohon bunga. Anda juga perlu memperhatikan intensitas cahaya matahari, serta penyiraman tanaman yang tepat supaya tumbuhan anda tidak cepat layu. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan taman untuk memperindah rumah anda, jangan ragu untuk menghubungi Mitrarenov selaku penyedia jasa yang sudah berpengalaman

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa