7 Jurus Ampuh Membuat Rumah Bebas Dari Nyamuk

Posting pada 04 Feb 2021 # Rumah Anti Nyamuk


Tidak perlu ditanya lagi, anda pasti kenal dan pernah digigit oleh nyamuk. Hewan yang menyebalkan terutama pada saat malam hari dan ingin tidur. Nyamuk menjadi salah satu ancaman nyata bagi keluarga anda. Selain gigitannya menyebabkan gatal di kulit, sengatannya bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, malaria, dan lainnya.

Iklim tropis Indonesia menjadi kondisi yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak, dan nyamuk juga menyukai tempat tempat yang lembab. Populasi nyamuk yang tinggi, tentu satu hal yang pasti tidak anda inginkan untuk terjadi di rumah anda. Sekarang ini sudah banyak cara yang dilakukan banyak orang untuk mengusir nyamuk, mulai dari cara tradisional, menggunakan obat anti nyamuk/bahan kimia hingga menggunakan alat elektronik. Untuk menambah wawasan anda, kami akan membagikan cara mencegah datangnya nyamuk dan mengusir nyamuk dari rumah anda. Simak jurus-jurus berikut ini.

Pencegahan secara Pasif

Pencegahan datangnya nyamuk di rumah dapat dilakukan sejak awal membangun rumah yaitu melalui desain rumah yang tidak disukai nyamuk, antara lain:

  1. Sirkulasi udara yang baik
    Udara yang lembab dan bau tertentu adalah hal yang disukai oleh nyamuk. Oleh karena, itu pastikan rumah anda memiliki banyak bukaan sehingga tercipta sirkulasi udara yang baik. Jangan lupa untuk mengunakan kawat kasa / kawat nyamuk pada jendela untuk membatasi akses nyamuk tanpa menghalangi aliran udara.

  2. Rumah yang terang
    Karena nyamuk cenderung menyukai tempat gelap, anda dapat membaut rumah anda terang dengan memanfaatkan banyak jendela dan cat dinding berwarna terang. Hindari atau tutup sudut-sudut gelap yang terjadi akibat pertemuan antar ruang, furniture, dan tangga.

  3. Material rumah anti nyamuk
    Memangnya ada material rumah yang anti nyamuk? Belum lama ini telah diproduksi cat tembok yang mampu melumpuhkan dan menghalau nyamuk dari rumah. Cat ini memiliki kandungan khusus yakni zat pyrethroids. Jadi, pada Saat nyamuk menempel pada dinding yang sudah dicat anti nyamuk, zat tersebut bisa merusak sistem syaraf yang mengakibatkan nyamuk kehilangan kemampuan mendeteksi sumber makanan yaitu darah manusia. Dengan begitu, nyamuk akan pergi dengan sendirinya.


Pencegahan Aktif

Selain pencegahan nyamuk melalui desain rumah, pencegahan melalui tindakan langsung juga wajib dilakukan, yaitu:

  1. Hindari genangan air
    Hal ini pasti sudah sering anda dengar, genangan air adalah tempat nyamuk bertelur, dengan menghindari terjadinya genangan air di dalam maupun di sekitar rumah maka dengan sendirinya anda mengurangi resiko masuknya nyamuk ke rumah. Yang perlu anda perhatikan adalah sumber genangan air di rumah, meliputi: saluran air yang terganggu alirannya, wadah air binatang peliharaan, pot tanaman, kolam renang atau kolam ikan, akuarium, dan water reservoir rumah anda.

  2. Rumah bersih dan rapih
    Rumah penuh debu, sarang laba-laba, dan baju kotor yang tergantung di sudut-sudut merupakan tempat ideal bagi nyamuk. Usahakan agar rumah selalu bersih untuk menghindari datangnya nyamuk.

  3. Anti nyamuk alami / tanaman anti nyamuk
    Sejumlah tanaman memiliki aroma atau bau yang tidak disukai nyamuk. Nenek moyang kita sudah sejak jaman dahulu kala memanfaatkan tanaman-tanaman ini dengan menanamnya di pekarangan rumah atau menggosokkan daunnya ke tubuh mereka. Tanaman pengusir nyamuk antara lain: Lavender, Geranium / Tapak Dara, Rosemary, Zodia, Serai, Akar Wangi, Kecombrang, Selasih, Suren, Marigold, Kemangi, dan banyak lagi lainnya.



  4. Pencegahan aktif dengan alat dan obat



    Terakhir, jika diperlukan, maka anda dapat melakukan pencegahan nyamuk aktif dengan menggunakan perangkat, alat atau obat, misalnya dengan:
    • Air Curtain, perangkat mekanis berupa kipas / blower yang diletakkan di atas pintu dan menghembuskan angin yang membuat nyamuk tidak bisa lewat;
    • Tirai Anti Nyamuk, memiliki prinsip yang sama dengan kawat nyamuk, hanya terbuat dari bahan plastik atau kain yang lentur dan bisa digantung di bukaan pintu seperti tirai atau digantung di atas tempat tidur seperti kelambu;
    • Perangkap Nyamuk, umumnya berupa lampu yang dilengkapi jaring listrik untuk mematikan nyamuk yang mendekat; dan terakhir, Obat Nyamuk yang tersedia dalam berbagai ragam antara lain obat nyamuk semprot, bakar, elektrik dan pengasapan / fogging.

Baca juga : Banyak kecoa di rumah anda? Kenali penyebabnya

Nyamuk adalah hama yang dapat mengancam kenyamanan rumah impian dan kesehatan keluarga anda. Mewujudkan rumah bebas nyamuk dapat dilakukan melalui pencegahan pasif maupun aktif, lakukan keduanya sejak pertama membangun rumah untuk pencegahan nyamuk jangka panjang. Tulisan di atas kami harap dapat memberikan gambaran bagaimana mencegah wabah nyamuk di rumah impian anda dan keluarga.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa