Banner 7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas

7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 10 Feb 2021


Cat dinding mengelupas umunya disebabkan oleh pengecatan awal yang salah dan lapisan cat akhir merekat kuat. Kerusakan tersebut sebenarnya dapat dihindari bila proses pengecatan awal dilakukan dengan benar dan pemilihan cat yang sesuai.

Sebelum dilakukan pengecatan sebaiknya dinding dicat dengan cat dasar walaupun akan menggunakan cat eksterior. Penggunaan cat dasar bermanfaat untuk mencegah cat luar bersentuhan dengan alkali yang terkandung dalam campuran semen, pasir dan air.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi cat dinding yang mengelupas

Alat-alat dan bahan : Kuas rol (roller), bak untuk mengecat, lap basah dan lap kering, cat tembok (eksterior), kuas, kape, ampelas no 100-200 dan cat dasar (alkali resistant prymer).

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. kerok cat yang mengelupas dengan menggunakan kape, ampelas permukaan dinding hingga sisa cat hilang.

  2. Agar benar-benar bersih, lap dengan lap kering, kemudian dilanjutkan dengan lap basah.

  3. Aplikasikan cat dasar pada dinding yang telah dibersihkan dengan menggunakan roller.

  4. Pengecatan cukup satu lapis, kemudian biarkan kering selama 1-2 jam. Sembil menunggu cat kering, campurkan cat eksterior dengan air 10% dari jumlah cat.

  5. Aduk cat hingga rata, kemudian tuang ke dalam bak pengecatan.

  6. Aplikasikan cat pada permukaan dinding yang telah diberi cat dasar. Gunakan kuas kecil untuk mengecat pinggiran dinding atau lis.

  7. Setelah lapisan pertama mengering (2-3 jam), lanjutkan pengecatan lapisan kedua di atas lapisan pertama.


  8.  

Baca Juga : Perbaharui Cat Pagar Rumah Anda Untuk Kesan Yang Lebih Fresh

Supaya lapisan cat pada dinding tidak mudah mengelupas maka plamir tidak boleh digunakan. Plamir sering digunakan sebagai lapisan cat dasar Sering terjadi plamur digunakan sebagai lapisan cat dasar. Padahal plamur hanya berfungsi sebagai penutup retak-retak rambut yang halus pada dinding/tembok.Bahan plamir tidak dibuat untuk mengikat cat sehingga kalau tetap digunakan sebelum proses pengecatan, cat akan mudah mengelupas.

Bagi Anda yang tidak mau repot dengan pekerjaan renovasi rumah, kami siap untuk membantu anda. Anda bisa menggunakan jasa renovasi rumah hanya dengan mengakses website mitrarenov

Artikel Serupa

7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 10 Feb 2021

Cat dinding mengelupas umunya disebabkan oleh pengecatan awal yang salah dan lapisan cat akhir merekat kuat. Lalu bagaimana cara menanganinya? berikut 7 langkah Mengecat Rumah Agar Tidak Cepat Mengelupas ...

Jenis Cat Yang Unik, anda sudah tahu?

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 22 Jun 2022

Selain jenis cat yang tahan cuaca, ada beberapa jenis cat yang justru memiliki keunikan tersendiri. Apa saja? ...

Inspirasi dan cara memilih warna cat rumah minimalis

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 10 Mar 2022

Memilih warna cat rumah minimalis tentu tidak boleh dilakukan asal-asalan, karena salah sedikit saja dapat membuat hunain terasa sempit. Ikuti kiatnya yuk ...

Pilih wallpaper atau cat dinding, Lebih menarik yang mana?

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 21 Jun 2022

Kira-kira mana yang lebih bagus, apakah cat dinding atau wallpaper? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, di artikel ini akan menjelaskan terkait kelebihan dan kekurangan antara cat dan wallpaper. ...

Konsultasi Gratis