Atap Rumah Anda Bocor? Kenali Penyebab Yang Sering Terjadi

Posting pada 15 Nov 2021 # Atap rumah


Kebocoran pada atap adalah salah satu penyakit rumah tinggal yang paling mengganggu. Kebocoran bisa menyebabkan rusaknya plafon atau langit-langit rumah, merubah warna cat dinding, dan bahkan menyebabkan hubungan singkat atau korsluiting pada perangkat elektronik di rumah anda.

Penting untuk melakukan apa yang Anda bisa lakukan untuk menghindari atap bocor pada rumah anda, sehingga Anda tidak perlu mengalami perbaikan yang mahal dan tidak nyaman yang dapat ditimbulkannya disaat hujan tiba. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda ingat untuk menghindari kebocoran di atap Anda:
  1. Jauhkan Lumut
    Jika lumut tumbuh di atap Anda, ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dan membuat kebocoran lebih mungkin terjadi. Lumut akan menyerap dan menjebak air, yang kemudian akan meresap dan menembus atap rumah anda. Akar lumut juga dapat mendorong bahan atap Anda dan perlahan-lahan menyebabkan kerusakan saat menyebar.

    Saat Anda sering melakukan pengecekan atap, perhatikan lumut yang ada dan jika sudah mulai tumbuh, pastikan Anda menghilangkannya. Lumut cenderung tumbuh lebih banyak di iklim yang lembab.

  2. Atap Miring, Flat, atau jurai?
    Atap miring sangat penting karena memungkinkan air mengalir jatuh dari permukaan. Jika Anda memiliki atap datar, penting untuk memastikan bahwa ada metode pembuangan air hujan yang tepat agar air tidak mengendap di atap untuk waktu yang lama. Atap datar tidak pernah benar-benar rata, karena harus memiliki sedikit kemiringan agar air dapat mengalir jatuh ke tanah.

    Atap jurai memiliki sudut pertemuan antar bidang atap, ada jurai luar untuk pertemuan atap di sisi luar, dan jurai dalam pertemuan atap yang terjadi pada sudut bagian dalam. Masalah kebocoran umumnya terjadi di bagian jurai dalam karena sudut ini menjadi jalur aliran air hujan.

    Banyak orang lebih menyukai atap datar karena lebih murah untuk dipasang, tetapi harus benar-benar kedap air karena lebih rentan bocor.

  3. Berikan Pengecekan Atap secara berkala
    Jika Anda memeriksa atap Anda secara teratur, ini akan membantu mencegah kebocoran. Anda akan dapat mengenali kerusakan lebih awal sehingga Anda dapat memperbaikinya sebelum kerusakan yang semakin besar ketika hujan turun terjadi. Memeriksa atap Anda harus dilakukan pada hari hujan, karena ini akan membantu Anda untuk melihat jalur air. Pastikan Anda memeriksa semua area masalah umum, seperti talang, pipa bawah, tutup pembuangan, dan lembah atap.

  4. Singkirkan Pohon Di Sekitar Atap Anda
    Jika anda memiliki Pohon disekitar atap rumah dan menjorok serta menyentuh atap Anda, mereka dapat menyebabkan banyak kerusakan dan membuat kebocoran lebih mungkin terjadi. Ranting-ranting pohon yang menyentuh atap akan menggores material atap saat tertiup angin. Juga, jika ranting jatuh dari pohon dapat merusak kepingan dan bahan atap lainnya. Masalah lainnya adalah daun yang jatuh di atap akan menahan kelembaban dan dapat menyebabkan pembusukan, serta menghalangi pembuangan dari talang.

    Ini hanya beberapa tips penting yang harus Anda ingat ketika datang untuk mencegah kebocoran di atap Anda. Jika Anda dapat mencegah kebocoran terjadi di tempat pertama, Anda akan menghindari perbaikan mahal dan kerusakan barang-barang di rumah Anda.

  5. Talang dan saluran air hujan
    Salah satu elemen atap yang sering menyebabkan bocor adalah talang, saluran atau pipa air hujan. Talang air hujan umumnya terbuat dari bahan ringan dan elastis seperti pipa PVC, karpet atau terpal plastik, juga metal seperti lembaran seng. Kebocoran dapat terjadi akibat bergesernya talang akibat ikatan yang tidak kuat, atau kerusakan pada talang itu sendiri akibat umur bahan atau ekspos cuaca.

    Baca Juga: Mengenal Jenis Talang Air Hujan, Permasalahan dan Pemeliharaannya

    Yang perlu diwaspadai pula adalah pengumpulan sampah seperti daun dan ranting kering pada talang atau lubang saluran air hujan, penumpukan sampah mengakibatkan penyumbatan pada talang atau pipa yang selanjutnya dapat menyebabkan kebocoran.

Begitu banyak elemen yang berpotensi menyebabkan kebocoran pada atap rumah anda, namun demikian, dengan pemilihan bahan atau material yang tepat, pengawasan dan pembersihan yang teratur, lalu pelapisan kembali lapisan waterproofing secara berkala, maka potensi kebocoran dapat ditekan seminimal mungkin. Kami harap penjelasan singkat ini dapat memberikan gambaran bagi anda mengenai penyebab dan pencegahan kebocoran pada atap, sehingga anda kini dapat mewujudkan rumah impian dengan rasa aman. Selamat membangun rumah impian,

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa