Atap Sudah Diperbaiki Tapi Tetap Bocor? Periksa 5 Penyebabnya

Posting pada 03 Dec 2020 # Atap rumah bocor


Kerusakan pada atap seringkali disebabkan oleh hal-hal yang sepele. Mulai dari kesalahan kecil saat proses pembangunan rumah, hingga keretakan kecil karena panas matahari. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi terlebih saat musim hujan telah tiba. Hampir semua orang mengkhawatirkan atap rumah saat musim hujan. terkadang kita sudah menghabiskan banyak biaya untuk renovasi rumah, namun atap yang sudah diperbaiki tetap saja bocor. Apa saja yang mungkin terlewat oleh kita dan kontraktor? Berikut sejumlah penyebab yang mungkin terjadi.

  1. Desain atap
    Desain atap berperan penting menyebabkan kebocoran. Apakah atap anda terlalu landai? Air akan tetap menyusup masuk saat hujan yang disertai angin. Apakah permukaan dak beton anda tidak dilengkapi kemiringan yang benar ke arah lubang pembuangan (floor drain)? Air akan menggenang di atas dak anda. Diskusikan hal-hal ini dengan arsitek atau kontraktor anda saat memulai pembangunan rumah.

  2. Genteng geser
    Walau mungkin sudah terpasang dengan benar, kadang penutup atap atau genteng dapat bergeser akibat hujan yang disertai angin kencang, atau akibat terinjak binatang. Pemeriksaan berkala adalah satu-satunya cara untuk mengetahui terjadinya pergeseran pada genteng.

    Genteng geser

  3. Longgar Pada Atap
    Kelonggaran ini dapat terjadi akibat proses pemasangan genteng/atap yang tidak benar. Terkadang para pekerja bangunan yang Anda sewa untuk memasangnya melakukan kesalahan. Solusi terbaik untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan melakukan pemasangan ulang pada genteng yang longgar. Anda juga dapat menambahkan lapisan perekat untuk memperkuat genteng agar tidak longgar di kemudian hari.

    Jasa perbaikan atap

  4. Dak beton retak
    Keretakan selain pada genteng beton, juga dapat terjadi pada atap dak beton anda. Pembuatan dak yang kurang sempurna, ekspos cuaca terus menerus, dan pergerakan bangunan semua dapat menyebabkan keretakan pada dak beton. Pemeriksaan dan pelapisan ulang waterproofing secara berkala adalah cara mencegah kebocoran.

    Dak beton Retak

  5. Cat waterproofing mengelupas
    Cat kedap air atau waterproofing yang anda gunakan pada bagian-bagian atap (talang, jurai, atau nok), dak beton, dan dinding yang menempel pada tetangga, memiliki umur pakai. Tanyakan hal ini pada penjual cat, setelah habis umur pakainya maka anda wajib melakukan pelapisan ulang.

    Cat waterproofing mengelupas


Masalah kebocoran atap adalah masalah klasik rumah saat musim penghujan tiba. Berbagai penyebab di atas dapat terjadi kapan saja. Pemeriksaan dan pemeliharaan atap secara berkala merupakan hal yang amat penting, jangan tunggu sampai rumah anda bocor baru mengadakan perbaikan, Jangan sampai atap bocor menjadikan kenyamanan keluarga terganggu dan menambah dana pengeluaran untuk ongkos perbaikan atap.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa