Atap Rumah Dapat Digeser? Lihat cara buatnya

Posting pada 21 Jul 2022 # Atap Rumah


Desain atap rumah yang dapat digeser menjadi sistem konstruksi atap yang banyak dipilih saat ini. Untuk jenisnya pun cukup beragam, tergantung dari sistem strukturnya, tampilan, hingga bahan material. Pemilihan atap rumah yang kekinian ini juga bisa disesuaikan dengan fungsi dan spesifikasi konstruksinya. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk membuat atap rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan desainnya. Pasalnya, setiap bangunan dan ruangan pastinya memiliki kebutuhan dan kriteria atap yang berbeda-beda. Beberapa bahkan juga butuh perhatian khusus. Maka penting untuk memperhatikan fungsinya lebih spesifik dan kompleks.

Hal yang biasanya menjadi pertimbangan dalam memilih penutup adalah sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Menggunakan atap yang bisa digeser bisa mengubah ruangan Anda menjadi ruang terbuka dan tertutup secara instan. Selain itu, atap yang bisa digeser bisa dimanfaatkan sebagai ventilasi udara pada ruangan rumah, mengatur intensitas sinar matahari, angin dan hujan. Sebelum anda membuat atap rumah yang dapat digeser, yuk simak beberapa point dibawah ini

Jenis Bahan Atap Rumah yang Digunakan

  • Kanopi Polycarbonate
    Atap Polycarbonate
    Pemilihan atap rumah yang bisa digeser dengan jenis Kanopi Polycarbonate sebagai pengganti genteng konvensional semakin banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi kini tren rumah minimalis kian meroket sehingga pemilihan atap jenis kanopi dinilai lebih ekonomis, praktis dan bisa menambah estetika rumah.

    Fungsi utama dari atap kanopi digunakan untuk menahan panas agar rumah terasa lebih teduh dan juga melindungi rumah dari guyuran langsung air hujan. Jika menggunakan atap kanopi yang bisa digeser, tentunya Anda bisa dengan lebih mudah menyesuaikan kondisi cuaca saat itu.

    Komponen rangka kanopi biasanya menggunakan material berupa stainless steel, kayu, besi atau baja. Banyaknya pilihan jenis atap kanopi, Anda bisa menyesuaikan dengan selera dan konsep rumah

  • Atap Kaca Tempered
    Atap Tempered
    Bagi Anda yang ingin menciptakan tampilan rumah yang elegan dan modern, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan atap kanopi dari bahan material kaca tempered. Atap kaca ini sering disebut juga sebagai skylight.

    Meski kaca tempered tidak sepopuler dengan jenis kanopi lainnya, namun banyak masyarakat yang justru menyukainya karena dianggap bisa memberikan nuansa premium pada bangunan.

Alat Penggeser Atap Rumah

  • Menggunakan Tali Penggerak
    Atap Polycarbonate
    Atap yang bisa digeser mampu melancarkan sirkulasi udara agar bisa berjalan lebih maksimal. Saat siang atap dibuka dan saat malam dan hujan ditutup. Untuk menutup dan membuka bisa menggunakan alat seperti tali penggerak. Penggunaannya juga cukup simple hanya dengan dibuka dan ditarik.

  • Menggunakan Mesin
    Atap Polycarbonate
    Jika memiliki budget lebih, Anda bisa menggunakan mesin yang bisa dikendalikan melalui remote control. Nantinya, atap tersebut akan digerakkan menggunakan mesin. Namun, pastikan letak mesin untuk menggeser atap aman dan tidak mudah terkena air hujan demi menghindari kejadian tidak diinginkan seperti konslet.

Gunakan Bahan Rangka Railing yang Kuat

Besi hollow menjadi salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan atap kanopi. Bahan besi yang kuat dapat membuat besi hollow memiliki daya tahan yang kuat dan anti karat. Bahkan, besi hollow juga memiliki daya tahan terhadap api yang cukup baik, sehingga jika terjadi kebakaran api tidak akan semakin membesar.

Dari segi harga, besi hollow juga memiliki harga yang cukup ramah di kantong. Besi hollow juga memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah untuk di pasang. Seperti yang disebutkan di atas, besi hollow juga memiliki ketahanan yang baik terhadap api, sehingga rambatan api tidak akan mudah menyebar. Hunian pun juga akan lebih cepat selesai saat menggunakan besi hollow ini.

Cocok Untuk Konsep Ruangan Semi Outdoor

Tujuan penggunaan atap yang bisa digeser adalah agar intensitas panas dan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat dikendalikan dengan mudah. Selain itu, sirkulasi udara di dalam rumah juga menjadi lancar. Atap ini memang lebih cocok dipakai dengan konsep ruangan semi outdoor seperti dapur, tempat cuci baju hingga taman.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa