Banner Atap Dak Atau Atap Genteng?

Atap Dak Atau Atap Genteng?

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 06 Jul 2023


Sebuah bangunan belum bisa ditinggali jika tidak memiliki atap. Oleh karena itu kehadiran atap sangatlah penting. Jangan sampai Anda justru pilih atap yang tidak tepat untuk bangunan idaman. Umumnya, terdapat dua jenis atap yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu atap dak dan atap genteng.

Pada rumah atau bangunan lawas seringkali dijumpai penggunaan atap genteng. Tapi seiring berkembangnya zaman dan tren yang ada di tengah masyarakat, atap dak mulai dilirik dan semakin banyak peminatnya. Jadi lebih baik gunakan atap dak atau atap genteng? Yuk, simak informasi di bawah ini untuk ketahui berbagai perbedaan dan kelebihan dari masing-masing tipe atap!

Menggunakan Atap Dak Beton

Menggunakan Atap Dak Beton menjadi pilihan tepat jika anda ingin menambahkan ruangan baru yang outdoor pada bagian atap rumah, maka itu tidak jarang banyak orang memilih dak atap untuk dijadikan ruangan yang mengasyikan. Sebelum anda memilih dak atap beton, yuk kenali keunggulan, kekurangan dan hal yang harus anda perhatikan

atap dak

Keunggulan Atap Dak

Atap dak memiliki sifat dan karakteristik yang unik sehingga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pada jenis lainnya. Berikut keunggulan dak atap

Memiliki sifat impermeabel

Atap dak memiliki sifat impermeabel di mana air tidak bisa melewati atap begitu saja karena tidak terdapat pori-pori pada atap dak sehingga resiko kebocoran pada atap dak dapat diminimalisir

Tahan Api

Selain itu, atap dak juga memiliki karakteristik tahan api. Hal ini dapat terjadi karena atap dak beton memiliki tingkat konduktivitas termal yang lambat.

Menambah Nilai Jual

Secara tidak langsung, sifat dan karakteristik dak beton mampu menambah nilai keunggulannya. Terdapat beberapa kelebihan atap dak beton yang dapat Anda dapatkan jika menggunakannya sebagai atap rumah atau bangunan lainnya yaitu adanya tambahan ruang multifungsi, perawatan sederhana, efisien, ekonomis, tahan lama dan kebal cuaca ekstrem.

Adanya Ruangan Tambahan

Jika menggunakan tipe atap dak maka pada bagian atas bangunan memiliki lahan kosong. Permukaannya datar dan halus sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Anda bisa membangun small garden atau taman kecil dengan tanaman hias yang diletakkan di pot. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan lahan kosong di atas atap dak untuk kegiatan rumah tangga seperti menjemur pakaian.

Baca Juga: Punya Rooftop Nganggur? Ide Rooftop Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Kebal Dengan Cuaca Ekstrim

Kelebihan selanjutnya adalah kebal cuaca ekstrim dan tahan lama. Hal ini dapat terjadi karena didukung dengan sifat atap dak beton yang tidak memiliki pori-pori sehingga air hujan tidak mampu menembusnya. Selain itu, atap dak juga mampu menahan paparan teriknya sinar matahari. Oleh karena itu, tipe atap yang satu ini memiliki ketahanan dalam jangka waktu yang panjang.

Perawatan Atap Lebih Mudah

Atap dak mudah untuk dibersihkan, hanya perlu disapu atau diguyur dengan air saja jika terdapat noda atau kotoran yang menempel.

Kekurangan Dak Atap

Selain memiliki banyak kelebihan, dak atap memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

Harga Cukup Mahal

Dak atap membutuhkan membutuhkan material yang terbilang mahal dari pada atap genteng pada umumnya. Terlebih jika struktur rumah anda belum memadai untuk menahan beban dak atap, maka anda harus menambah biaya untuk memperbesar atau memperkuat struktur rumah anda

Rawan Tergenang Air

Jika pembuatan dak atap tidak dilakukan dengan benar atau bahkan adanya penyumbatan pipa pembuatang, maka dak atap akan rawan tergenang dengan air. Air yang tergenang di atap dak rumah dapat menyebabkan kerusakan seperti retak dan kebocoran pada atap

Hal Yang Diperhatikan Dalam Membuat Atap Dak Beton

Membangun atap dak tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terdapat 3 hal utama yang perlu Anda perhatikan mulai dari strukturnya, penempatan tangga dan juga perawatannya.

Struktur

Bangunan dengan atap dak memiliki struktur yang berbeda dengan bangunan yang menggunakan atap genteng. Anda perlu menyesuaikan ukuran ruangan dengan berapa banyak kerangka besi yang digunakan untuk konstruksinya. Pastikan untuk menghitungnya secara tepat. Jika penggunaan besi terlalu banyak terdapat resiko penambahan beban struktur pada bangunan. Selain itu, biaya pembuatannya pun menjadi semakin membengkak jika pemakaian besi terlalu banyak dari yang seharusnya.

Penempatan Tangga

Terdapat dua macam penempatan tangga yang dapat dipasang untuk menuju atap dek. Jika tangga dibangun di dalam rumah, maka Anda bisa membuatnya dengan tangga lurus yang ergonomik atau tangga berbentuk U. Selain itu, tangga juga bisa dibangun pada eksterior bangunan. Hal seperti ini lebih sering dilihat di kawasan apartemen Amerika Serikat sebagai tangga darurat. Pada bangunan bertingkat, setiap lantai akan dibangun tangga. Lalu pada lantai yang paling atas, tangga utama akan berakhir. Kemudian terdapat tangga loteng untuk mengakses atap.

Maintenance

Pada umumnya ada 2 jenis perawatan yang menjadi fokus pemilik bangunan yang memiliki atap dak beton yaitu perawatan waterproofing dan keretakan:

Cara cek atap dak yang retak

Salah satu alasan mengapa atap dak retak diakibatkan dari proses pembuatan yang kurang tepat. Oleh karena itu, perhitungan dan komposisi bahan bangunan harus dihitung dengan benar. Pada umumnya, atap dak yang retak dapat mengakibatkan air merembes masuk sehingga Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala untuk mengontrol atap.

Coba cermati atap dak dan carilah retakan maupun cat yang mengelupas. Segera tambal dengan bahan epoxy jika ditemukan kerusakan. Setelah tambalan kering, Anda perlu mengoleskan cat waterproofing pada bagian yang retak tersebut.

Cara perawatan atap dak waterproofing

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan cat waterproofing pada atap dak beton bocor, pastikan untuk membersihkan debu dan kotoran terlebih dahulu menggunakan fungicidal wash pada permukaan dak beton. Hal ini perlu dilakukan agar waterproofing dapat menempel dengan sempurna. Selanjutnya, anda melakukan waterproofing dengan menggunakan cat waterproof atau membran untuk atap dak rumah anda

Baca Juga: Lebih Murah Cat Waterproof atau Membran? Mana yang lebih berkualitas?

Menggunakan atap genteng

atap genteng

Penggunaan atap genteng sering kali dijumpai pada rumah hunian pribadi. Menggunakan atap genteng menjadi pilihan tepat jika anda ingin memiliki atap rumah yang murah.

Keunggulan atap genteng

Atap genteng masih menjadi primadona masyarakat karena harganya yang relatif jauh lebih murah. Berikut kelebihan menggunakan atap genteng:

Pembuatan Atap Genteng Lebih Murah

Atap genteng memiliki nilai ekonomis sehingga banyak orang yang memilih untuk menggunakan tipe atap ini. Pasarnya pun cukup luas karena berbagai background dan kelas masyarakat menggunakan genteng.

Memiliki Sirkulasi Udara

Berbeda dengan atap dak yang tidak memiliki pori-pori, atap genteng memiliki sirkulasi udara berupa pori-pori. Oleh karena itu, rumah atau bangunan yang menggunakan genteng umumnya memiliki hawa yang lebih sejuk bahkan tanpa tambahan AC sekalipun.

Kekurangan Atap Genteng

Penggunaan atap genteng memiliki kekurangan utama yaitu rawan terjadinya kebocoran. Hal ini dikarenakan atap genteng mudah mengalami kerusakan karena cuaca ekstrim, terinjak oleh binatang sehingga genteng atap menjadi pecah atau bergeser

Hal yang diperhatikan membuat atap genteng

Terdapat dua faktor krusial yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat atap genteng di rumah Anda yaitu bahan atau material pembuatnya dan juga bentuk desain atap.

Bahan pembuat genteng

Genteng yang terdapat di pasaran sekarang ini memiliki berbagai macam bahan pembuat. Anda harus jeli dalam memilih genteng berdasarkan material pembuatnya. Selain itu, pilihlah genteng berdasarkan konsep rumah atau bangunan yang ingin dibangun. Contoh bahan pembuat genteng adalah tanah liat, keramik, logam, tanah liat dan beton. Kualitas dari bahan bangunan juga perlu anda perhatikan, jangan sampai anda salah memilih sehingga terjadi atap bocor saat musim hujan. Konsultasikan kepada jasa renovasi rumah, untuk menemukan bahan bangunan yang berkualitas dan tahan lama

Bentuk atap

Bentuk atap pada bangunan di Indonesia terbilang cukup bervariasi. Salah satunya adalah atap bonnet yang mirip dengan rumah joglo. Selain itu ada atap pelana yang bentuk atapnya terlihat familiar seperti sebuah pelana kuda. Umumnya setiap sisi atap dibuat dengan sudut 30 derajat.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan atap dak atau atap genteng. Masing-masing memiliki kelebihan dan nilai yang berbeda. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih atap dak atau atap genteng yang akan digunakan saat akan membangun rumah.

Artikel Serupa

Mengenal Jenis Talang Air Hujan, Permasalahan dan Pemeliharaannya

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 05 Feb 2020

Pada artikel ini kami mengajak anda untuk mengenal lebih baik talang air hujan, sehingga anda dapat menentukan sendiri jenis talang yang dibutuhkan rumah anda ...

Cegah sebelum bocor, ini manfaat waterproof untuk rumah!

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 30 Jan 2023

Manfaat utama waterproof ialah untuk mencegah kebocoran pada dinding. Sebagai pelapis eksterior rumah anti rembes, sebaiknya Anda segera mengaplikasikan waterproofing. ...

Atap Rumah Anda Bocor? Kenali Penyebab Yang Sering Terjadi

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 15 Nov 2021

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kebocoran pada atap. Apa saja faktor penyebabnya?Berikut kami berikan penjelasan singkat untuk anda. ...

Bahaya! Ini yang Akan Terjadi Jika Atap Dibiarkan Bocor

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 21 Nov 2023

Waspadai kebocoran yang mungkin saja terjadi. Pahami beberapa akibat atap bocor paling berbahaya untuk penghuni berikut ini. ...

Konsultasi Gratis