Desain Interior Rumah Minimalis

Posting pada 20 Dec 2016 #


Desain interior rumah minimalis yang mulai menjamur di abad ke-20 saat ini memang sangat populer dan dapat ditemukan di mana-mana. Pada dasarnya dalam mendesain rumah minimalis, setiap ruangan didesain sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi maksimal. Desain-desain yang diaplikasikan pada rumah minimalis adalah desain sederhana. Desain seperti ini sangat cocok untuk kaum urban yang lebih menyukai gaya yang simple dan praktis.

Gaya yang sederhana ini akan terasa membosankan jika Anda tidak mampu mendesainnya dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan ide desain interior rumah minimalis yang cemerlang sehingga interior rumah tidak terasa membosankan. Kesan ruangan yang sempit juga bisa terlihat lebih lapang dengan menerapkan konsep yang tepat.

Berikut ini beberapa tips dalam mendesain interior rumah minimalis, antara lain yaitu :

·         Pemilihan tema tertentu. Dengan memilih tema untuk rumah berdesain minimalis, tahap penataan dan pemilihan furnitur akan menjadi lebih mudah. Tema ini bisa menjadi tema per ruangan, atau tema untuk semua ruangan pada rumah minimalis. Penentuan tema bisa merupakan tema warna atau jenis furnitur sesuai keinginan penghuni.

·         Tata setiap ruangan secara bergantian. Menata rumah secara keseluruhan akan menjadi lebih sulit untuk dikerjakan tanpa bantuan konsultan. Maka sebaiknya, penataan rumah dilakukan secara bergantian untuk tiap ruangan sehingga penataan rumah dapat berjalan dengan lebih fokus dan teratur.

·         Pilih furnitur yang fungsional dan efisien. Selain berdasarkan tema yang telah dipilih, furnitur harus dipilih berdasarkan fungsinya. Furnitur yang lebih fungsional pastinya akan memiliki manfaat lebih besar. Lebih baik lagi bila memilih furnitur yang multifungsi sehingga lebih efisien karena akan dapat menyisakan lebih banyak ruang.

·         Singkirkan benda yang kurang fungsional. Selain tidak berguna, benda yang kurang fungsional dapat membuat rumah minimalis menjadi terlihat penuh dan sempit. Oleh karena itu, pastikan hanya furnitur yang bermanfaat saja yang ada di ruangan.

·         Bersihkan dinding dan lantai dari benda yang tidak diperlukan. Sisakan hanya satu atau dua hiasan atau furnitur pada dinding , sehingga dinding dapat terlihat lebih luas. Pastikan juga bahwa di lantai tidak ada barang yang menumpuk atau saling menutupi satu sama lain, karena selain dapat mengurangi nilai estetika barang-barang itu juga dapat menyebabkan ruangan terlihat berantakan.
 
·         Pilih furnitur dengan desain indah. Pemilihan furnitur dengan nilai estetika tinggi akan membuat ruangan menjadi lebih indah. Dengan memilih furnitur yang indah, ruangan juga tidak memerlukan banyak hiasan karena furniturnya sudah memiliki nilai estetika yang tinggi.

·         Gunakan hiasan pada beberapa sudut ruangan. Walau tidak memiliki fungsi yang berarti, hiasan seperti pot atau vas bunga dapat berfungsi sebagai aksen bagi ruangan di rumah berdesain minimalis. Pastikan juga hiasan yang dipilih sesuai dengan tema tiap ruangan.

·         Pastikan kebutuhan cahaya dan ventilasi ruangan cukup. Jangan sampai ruangan yang didesain sedemikian indahnya menjadi sesak dan gelap karena kurangnya pencahayaan dan sirkulasi udara. Jangan tutupi ventilasi dan jendela dengan furnitur besar seperti lemari, karena ruangan bisa menjadi kurang nyaman.

·         Gunakan gudang atau ruang penyimpanan. Dengan menggunakan gudang untuk menyimpan barang-barang yang jarang dipakai, rumah akan menjadi lebih rapi. Penggunaan gudang juga akan membuat barang-barang menjadi tidak berantakan sehingga membuat tiap ruangan di rumah dengan desain minimalis lebih luas dan nyaman dihuni.

·         Ciptakan Kondisi Ruangan yang Selalu Bersih. Kesemrawutan ruangan menjadi faktor utama timbulnya rasa membosankan, bahkan menimbulkan kesan stres. Pelan-pelan cobalah atur barang-barang yang tidak penting dalam interior rumah minimalis anda. Pada prinsipnya, konsep desain interior rumah minimalis selalu mengedepankan kesan simpel dan sederhana, sehingga masing-masing desain diterapkan sesuai dengan fungsinya terhadap ruang tersebut. Untuk menghindari kesan semrawut dan berantakan, maka anda harus benar-benar dapat memilih barang-barang mana yang sesuai untuk kebutuhan ruang di rumah minimalis anda. Sembunyikanlah barang-barang yang tidak sangat penting dalam laci atau dapat disembunyikan dengan penataan yang baik dibelakang lemari. Atau dapat juga menyediakan kotak-kotak atau keranjang spesial sesuai spesifik barang-barang anda.

Demikian beberapa tips di atas semoga bermanfaat untuk anda dalam menciptakan hunian minimalis yang nyaman.














Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami