Kenali Jasa Kontraktor untuk mewujudkan rumah idaman Anda

Posting pada 01 Jan 2021 # jasa kontraktor, jasa renovasi, jasa bangun rumah


Apakah Anda memiliki cita-cita untuk membangun rumah impian? Sudah menjadi rahasia umum bahwa membangun sebuah rumah urusannya tidak sesederhana membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu Anda memerlukan jasa kontraktor agar proses pembangunan rumah impian berjalan lancar. Artikel ini akan menjelaskan informasi seputar jasa kontraktor yang akan mempermudah hidup Anda.

Apa itu Kontraktor

Kontraktor adalah tempat bagi seseorang untuk mencari dan menyewa suatu jasa yang diperlukan dalam suatu pengerjaan proyek sesuai dengan kesepakatan dan ahli. Pada umumnya kontraktor berbentuk badan hukum dan bahkan independen sekalipun.

Apakah Anda pernah mendengar istilah pemborong? Terkadang masyarakat menyamakan istilah tersebut dengan kontraktor. Padahal, keduanya adalah hal yang tidak sama. Titik perbedaannya ada di sistem kerjanya. Sebagai sebuah bisnis yang telah mengantongi izin, kontraktor bekerja secara legal dengan kontrak tertulis sedangkan pemborong berada di sisi sebaliknya. Sederhananya, pemborong bisa mengerjakan suatu atau beberapa proyek hanya dengan perjanjian lisan saja. Hal ini disebabkan karena seorang pemborong berdiri sendiri dan tidak memiliki badan hukum.

Seperti namanya, kontraktor memiliki batas dan kewajiban profesionalisme kerja dengan kontrak yang telah dibuat dengan pemilik proyek. Terdapat beberapa seperti biaya, tenggat waktu atau durasi pengerjaan proyek, administrasi dan kebutuhan birokrasi pendukung lainnya.

Pada umumnya, sebuah proyek besar memerlukan kontraktor yang mumpuni. Tidak sedikit kontraktor dengan kualitas bagus di luar sana. Anda bisa menunjuk satu kontraktor secara langsung dan segera membuat kontrak sewa dengan mereka. Tetapi, jika Anda merasa bingung karena terdapat beberapa kriteria kontraktor yang menawarkan layanan dan anggaran biaya kompetitif, Anda bisa mendapatkan kontraktor untuk mengerjakan proyek dengan melakukan lelang. Penggunaan cara ini dapat dilakukan sehingga Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemilik proyek.

Setelah membuat perjanjian yang sama-sama disepakati secara legal, Anda perlu mengawasi dan memantau bagaimana kontraktor menjalankan peran serta tanggung jawabnya dalam proyek tersebut. Contohnya seperti menjalankan pekerjaan sesuai standar serta spesifikasi yang telah ditentukan dalam kontrak kerja. Setelah proyek mulai berjalan, pihak kontraktor juga bertanggung jawab untuk melaporkan progress pembangunan dan kinerja. Laporan dibuat secara detail mulai dari harian, mingguan dan bulanan. Kontraktor juga perlu mencari dan menyediakan berbagai hal yang diperlukan dalam mengerjakan proyek sesuai dengan standar dan kualifikasi pada kontrak, mulai dari material bangunan, peralatan hingga sumber daya manusia.

Keuntungan Jasa Kontraktor

  1. Proyek dikerjakan oleh spesialis di bidangnya
    Anda tidak perlu merasa gusar bagaimana hasil dari proyeknya. Pada umumnya, kontraktor menyediakan tenaga kerja ahli pada suatu bidang yang dibutuhkan. Mereka memiliki pemahaman serta pengalaman yang menjadi background kuat untuk mengerjakan proyek Anda dengan baik. Terkadang mereka memiliki standar yang lebih baik dari seorang pemilik proyek yang mungkin belum berpengalaman.

  2. Mengurangi kemungkinan pembengkakan biaya
    Anda dapat menghemat biaya pengeluaran untuk pengerjaan proyek dengan menggunakan jasa kontraktor. Hal ini dapat terjadi karena kontraktor sendiri dipekerjakan dengan jumlah waktu yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan karyawan tetap. Durasi kerja kontraktor sebenarnya fleksibel karena mereka tidak bekerja dengan jangka waktu yang panjang. Ketika mereka telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dalam jangka waktu yang diberikan maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Selain itu, menggunakan jasa kontraktor berarti Anda tidak perlu merekrut pegawai baru sehingga dapat menghemat anggaran dan waktu Anda karena melewatkan proses pelatihan dan training.

    Pada umumnya, para penyedia jasa kontraktor yang telah memiliki banyak portofolio mengetahui berbagai macam supplier material bahan dan kebutuhan pembangunan. Terkadang Anda juga bisa mendapatkan potongan harga dalam membeli keperluan proyek. Poin ini dapat menjadi keuntungan bagi Anda karena tidak perlu susah payah mencari supplier sendiri.

  3. Fleksibel dengan sewa per proyek
    Kontraktor dapat disewa oleh perorangan maupun suatu organisasi yang berbadan hukum. Jika menyewa sebagai perorangan maka Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada kegiatan pribadi karena seluruh pekerjaan telah ditangani kontraktor proyek. Selain itu, jika kontrak yang disepakati telah selesai maka Anda bisa menilai cocok tidaknya dengan pihak kontraktor. Jika cocok maka Anda bisa melanjutkan hubungan kerja. Sebaliknya, jika hasil kerja mereka tidak mencapai ekspektasi maka Anda berhak untuk tidak memperbarui perjanjian kerjasama untuk proyek berikutnya di masa depan.

  4. Tidak perlu habiskan waktu untuk manajemen
    Anda tidak perlu membentuk tim manajemen untuk mengawasi kinerja pegawai atau sumber daya manusia yang turut andil dalam pengerjaan proyek. Pihak kontraktor pada umumnya mengejar tenggat waktu sehingga mereka lebih inisiatif untuk memberi pengarahan kepada para pegawai mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Jika mereka membutuhkan suatu informasi atau kepastian dari pihak pemberi proyek maka mereka akan menanyakannya secara langsung daripada menunggu diperiksa oleh pihak bersangkutan.

  5. Memiliki dedikasi lebih
    Kontraktor bisa lebih selektif tentang proyek yang sedang dikerjakan. Umumnya mereka sering lebih bersemangat dan fokus saat memasuki sebuah peran dalam sebuah proyek. Energi ini menunjukkan bahwa kontraktor memiliki lebih banyak dedikasi untuk menyelesaikan proyek dalam jangka waktu yang wajar dengan standar tinggi.

  6. Mengurangi beban tuntutan hukum namun tetap taat peraturan
    Jika mempekerjakan pegawai baru dengan jobdesk full time maka Anda perlu memenuhi serangkaian hak mereka yang sudah tertera di bawah peraturan dan undang-undang negara. Contohnya seperti upah minimum, tunjangan seperti perawatan kesehatan, pajak pekerjaan dan kompensasi lainnya. Hal-hal tersebut sudah diurus oleh pihak penyedia jasa kontraktor untuk menjamin para pekerja yang terlibat dalam proyek. Jadi Anda tidak perlu mengurusnya secara langsung karena pihak kontraktor umumnya sudah mengerti dan paham mengenai regulasi hukum yang ada. Terlepas dari peraturan dan undang-undang mengenai hak dan kewajiban untuk pekerja proyek, kontraktor juga dapat mengurus segala perizinan pembangunan seperti Izin Membangun Bangunan (IMB) dan sebagainya.

Ruang Lingkup Pekerjaan Jasa Kontraktor

Mungkin anda pernah berpikir jasa kontraktor itu hanya mengerjakan proyek besar sepert pembangunan apartement, kantor dan lain sebagainya. Namun, ruang lingkup pekerjaannya pun sangat luas, antara lain:
  1. Jasa bangun rumah
    Ruang lingkup kerja kontraktor yang pertama berada di dalam kategori bidang pekerjaan sipil. Jenis ini yang paling sering ditemukan di Indonesia. Terbukti dengan adanya banyak kontraktor yang menyediakan jasa pembangunan gedung maupun berbagai ruang publik lainnya seperti jembatan, jalanan, terowongan, saluran drainase hingga pembangunan jalur kereta api. Jadi jangkauannya luas.

    Baca Juga: Wujudkan Rumah Impian Bersama Jasa Bangun Rumah

    Kontraktor pada umumnya juga menerima permintaan untuk keperluan pribadi seperti pembangunan rumah. Diketahui bahwa rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kondisi ini sebagai salah satu bidang usaha. Hampir setiap kota memiliki kontraktor yang menyediakan layanan ini. Mulai dari kota metropolitan hingga kota pelajar pun terdapat banyak kontraktor yang bermunculan seperti jasa kontraktor rumah jakarta dan jasa bangun rumah Jogja.

  2. Jasa renovasi rumah
    Tidak perlu untuk menguras dana untuk membangun rumah baru. Anda bisa membuat rumah lama menjadi terlihat baru dengan bantuan kontraktor. Masih di bidang pekerjaan sipil, terdapat kontraktor yang memiliki layanan jasa renovasi rumah. Jadi ruang lingkup yang dimiliki masih sama-sama pembangunan tetapi ada beberapa kontraktor yang menjadi spesialisasi di suatu bagian, salah satunya untuk merenovasi sebuah rumah.

    Baca Juga: Bingung Pilih Jasa Renovasi Rumah Borongan Atau Dikerjakan Sendiri? Simak Ulasan Berikut Ini

    Pada umumnya, jasa renovasi rumah akan digunakan jika tidak merubah tatanan atau desain utama sebuah rumah sehingga hanya berfokus untuk meningkatkan nilai estetikanya saja. Misalkan Anda memiliki rumah tua tidak terurus sehingga banyak bagian rumah yang rusak mulai dari plafon, rangka atap atau hanya sekedar memberikan instalasi listrik di rumah dan Anda hanya ingin memperbaiki bagian yang rusak saja. Maka akan dibutuhkan jasa renovasi rumah tanpa perlu membedah dan membangun bangunan tempat tinggal.

  3. Jasa desain rumah
    Anda juga dapat menemukan layanan lain yang diberikan oleh jasa kontraktor. Contohnya seperti jasa desain rumah. Layanan ini diberikan untuk memberikan solusi kepada orang-orang yang tidak memiliki kapasitas untuk membuat gambaran bagaimana bentuk rumah yang diidamkan termasuk pada bagian exterior dan interior. Tidak sedikit juga penyedia jasa kontraktor juga memberikan layanan untuk membuat rancangan fasilitas yang ada pada bangunan yang didesain.

    Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Menggunakan Jasa Arsitek Rumah

    Tidak hanya sekedar menggambar atau mendesain saja, penyedia jasa kontraktor umumnya juga akan memberikan konsultasi terkait apa saja yang diperlukan. Contohnya seperti Anda ingin membuat rumah dengan suatu tipe dan dilengkapi beberapa fasilitas maka para kontraktor juga akan memberikan informasi seperti estimasi anggaran realistisnya.

  4. Bangun ruko
    Jasa kontraktor pada umumnya akan melayani berbagai jenis proyek konstruksi seperti pembangunan ruko sekalipun. Jika Anda ingin membangun ruko untuk bisnis sekaligus tempat tinggal maka sebaiknya perlu mencari jasa konstruksi yang berpengalaman. Toko dengan rumah hunian pribadi tentunya memiliki sedikit banyak perbedaan di antara keduanya maka Anda perlu mencari penyedia jasa kontraktor yang telah berpengalaman dalam membangun ruko.

  5. Landscaping
    Tidak hanya membangun sebuah gedung, terdapat penyedia jasa kontraktor yang memberikan pelayanan untuk landscaping. Jasa landscaping umumnya dibutuhkan untuk memugar, mendesain serta membuat sebuah taman. Biasanya jasa ini diperlukan sebagai penunjang visual dan keindahan kota tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa jasa ini dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi.

    Pembuatan sebuah taman tentunya tidak bisa dilakukan tanpa adanya pengetahuan serta pengalaman. Agar dana tidak membengkak karena kesalahan dalam memugar atau membuat taman, ada baiknya untuk menggunakan jasa kontraktor dan menggunakan layanan landscape. Prosesnya pun dimulai dari perencanaan mulai dari dana, desain taman, penataan hingga fasilitas dan ornamen yang ingin ditambahkan.

  6. Kolam renang
    Ruang lingkup kerja dari jasa kontraktor juga merambah layanan pembuatan kolam renang. Jasa ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi berenang tetapi tidak ingin melakukan aktivitas olahraga tersebut di tempat umum. Pembuatan kolam renang yang dilakukan oleh kontraktor tidak hanya melayani kepentingan ruang publik tetapi juga penggunaan pribadi. Terdapat berbagai jenis kolam renang yang bisa dibangun salah satunya adalah private pool.

    Terkadang terdapat kontraktor spesialis yang fokus mengerjakan satu hingga dua tipe kolam renang saja. Tetapi kebanyakan jasa kontraktor dapat mengerjakan berbagai tipe kolam renang mulai dari ukuran kecil, kolam panas whirlpool, onsen hingga kolam olimpiade. Selain pembangunan dan pembuatan kolam renang dari nol, kontraktor yang membuka jasa ini biasanya juga menyediakan layanan untuk renovasi dan juga maintenance kolam renang.

Jasa Kontraktor Terbaik

Terkadang menemukan jasa kontraktor terasa susah. Berbagai pertimbangan seperti budget, standar dan juga domisili penyedia jasa kontraktor sering kali tidak cocok. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kontrak dengan penyedia jasa kontraktor.
  • Memiliki legalitas dengan surat izin
    Anda perlu melakukan riset dengan mengumpulkan informasi tentang kontraktor yang akan digunakan. Pastikan bahwa penyedia jasa kontraktor tersebut memiliki legalitas dan telah memiliki surat izin usaha. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kontraktor abal-abal yang dapat menyebabkan kerugian.

  • Pengalaman dan portofolio berkualitas
    Sebelum menentukan jasa kontraktor mana yang akan dipilih tentunya Anda harus mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki para penyedia jasa tersebut. Di sini Anda bisa melihat bagaimana kinerja serta kualitas mereka. Anda juga bisa melihat testimoni serta ulasan dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa mereka. Walaupun terdengar sederhana, sebuah ulasan ternyata penting diperhitungkan agar proyek Anda dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda memiliki waktu lebih, Anda bisa mendatangi lokasi bangunan yang telah dikerjakan jasa konstruksi terkait. Jadi, Anda bisa melihat secara langsung hasil kinerja mereka.

  • Baca Juga: Tips Membangun Rumah Biaya Murah Menggunakan Jasa Kontraktor Rumah

  • Tawaran biaya dan layanan
    Selanjutnya adalah pertimbangan paling sensitif yaitu di bagian biaya dan layanan. Anda perlu melakukan survey harga dan menemukan yang cocok. Pilihlah kontraktor yang menawarkan harga yang wajar alias tidak mematok harga terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Penawaran harga ini bisa dijadikan patokan untuk melihat kualitas dan timeline pengerjaan proyek. Sebaiknya pilih penyedia jasa kontraktor yang memberikan penawaran harga secara jelas dan tersusun melalui rencana anggaran dan biaya.

  • Garansi
    Membangun sebuah rumah tentunya menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencari jasa kontraktor yang memberikan garansi. Pada umumnya kontraktor akan memberikan jaminan kerusakan terhadap proyek yang telah mereka selesaikan. Contohnya seperti kebocoran yang terjadi pada atap rumah dan pemeliharaan bagian-bagian yang terjadi kerusakan selama kurun waktu tertentu.

Mitrarenov.com adalah jasa kontraktor rumah termurah yang memiliki profesionalitas dan kualitas terbaik. Tidak hanya dapat expert dalam membangun atau merenovasi rumah, kami juga dapat membantu dan memberikan solusi kredit KPR.

Sudah banyak klien yang puas dengan hasil kami. Hal ini membuat banyak calon klien percaya dengan kami karena pengalaman dan kinerja nyata kami. Selain itu layanan yang akan Anda dapatkan akan sederhana dan mudah. Jika tidak bisa konsultasi, berdiskusi dan melihat perkembangan pembangunan rumah secara langsung, kami dapat memberikan laporannya kepada Anda secara daring kapanpun itu. Mitrarenov juga memiliki standar tersendiri sehingga kualitas material, sumber daya manusia serta hasil kerja memiliki kualitas yang terbaik. Mitrarenov dapat ditemukan di berbagai wilayah mulai dari Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang dan Cirebon.

Demikianlah informasi seputar jasa kontraktor yang perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan membuat kontrak kerjasama dengan kontraktor. Ruang lingkupnya pun luas dengan berbagai spesialis keahlian sehingga dapat mendapatkan hasil yang memuaskan. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih jasa kontraktor yang tepat. Mitrarenov menjadi salah satu jasa kontraktor terbaik yang bisa dipercayakan untuk mengerjakan proyek Anda sesuai kebutuhan.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa