Bingung Pilih Jasa Renovasi Rumah Borongan Atau Dikerjakan Sendiri? Simak Ulasan Berikut Ini

Posting pada 28 Nov 2017 # jasa renovasi rumah


Tentunya Anda akan dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit jika mempunyai rencana untuk merenovasi rumah. Baik itu melakukannya sendiri maupun melalui penyedia jasa renovasi rumah yang biasanya ada di sekitar Anda. Tentu kedua hal ini mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Beberapa di antara kita memang sudah merasa puas ketika merenovasi rumah dengan tenaga sendiri tanpa melibatkan orang ketiga seperti jasa arsitek maupun pemborong. Hal ini tak lain karena biasanya tak jarang banyak orang yang mempunyai alat bangunan sendiri sehingga memutuskan untuk merenovasinya secara mandiri. Bahkan, mereka pun dapat mengontrol langsung proses renovasi maupun memilih bahan bangunan yang berkualitas untuk perbaikan rumahnya.

Ada pula sebagian besar orang yang menganggap bahwa merenovasi rumah sendiri tanpa menggunakan jasa kontraktor justru malah jauh lebih ribet serta rumit. Bahkan ada juga yang berpikiran jika waktu yang biasanya digunakan untuk bekerja maupun melakukan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat karena masih harus mengurusi berbagai hal terkait renovasi rumah. Apalagi jika Anda belum begitu mengerti tentang cara merenovasi bisa-bisa hasilnya malah tidak memuaskan.

Baca Juga: Tips Memperbaiki Rumah Menggunakan Jasa Renovasi Rumah

Keuntungan Menggunakan Jasa Renovasi Rumah Borongan 

Pada dasarnya rumah tidak hanya dijadikan sebagai tempat berteduh saja, melainkan juga sebagai tempat untuk melepaskan penat maupun hanya sekadar bercengkrama bersama keluarga tercinta bahkan tempat beristirahat setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang melelahkan selama seharian penuh.

Mempunyai rumah memang merupakan dambaan bagi setiap orang, terlepas dari hal itu pada umumnya tiap tahunnya sendiri semakin banyak perumahan dengan model desain maupun tipe yang baru. Sehingga tak salah lagi jika keinginan untuk memiliki rumah pun menjadi impian banyak orang. Baik itu untuk orang yang ingin hidup mandiri maupun sudah berkeluarga dan hendak melakukan investasi jangka panjang.

Keinginan untuk mempunyai rumah ini memang sangat mudah, tetapi yang sulit adalah mewujudkannya. Sebab, untuk mendapatkannya sendiri memang dibutuhkan usaha yang benar-benar keras. Hal ini tak lain karena harga rumah saat ini tidak murah karena harga tanah terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Namun, jika kita sudah mempunyai rumah maka sudah sewajarnya jika kita merawat serta menjaganya agar fungsi rumah tersebut tetap berjalan dengan baik dan semestinya. Tetapi pasti ada hal yang menyebabkan rumah menjadi tidak optimal lagi dalam fungsi yang dimilikinya, salah satunya yaitu perihal usianya.

Rumah yang telah berusia selama kurang lebih 5 sampai dengan 10 tahun biasanya akan menunjukkan tanda-tanda untuk segera dilakukan proses renovasi. Entah itu pada bagian dinding, atap, maupun bagian yang lainnya. Maka dari itu mau tidak mau Anda harus melakukan renovasi pada rumah Anda.

Salah satu alasan mengapa banyak orang lebih suka menggunakan jasa borongan untuk merenovasi rumah mereka tak lain karena selain tidak ribet tentunya juga praktis. Ternyata menggunakan jasa renovasi rumah sendiri dapat memperkaya pengetahuan kita lebih jauh tentang merenovasi rumah.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah

Bahkan, peralatan yang digunakan oleh tukang bangunan tersebut pun lebih beragam dan bervariasi dan belum tentu kita mempunyainya. Sehingga sangat membantu kita dalam mewujudkan rumah yang kita impikan bukan? Selain tidak akan membuat Anda pusing tujuh keliling, tentunya Anda juga tinggal menyerahkan pengadaan alat serta bahan bangunan untuk renovasi kepada penyedia jasa tersebut sepenuhnya.

Keuntungan terakhir yang akan Anda dapatkan yaitu biaya jasa borongan renovasi rumah ini lebih hemat jika dibandingkan dengan tukang harian. Sehingga Anda hanya perlu menyiapkan dana yang cukup untuk membayar jasa mereka beserta bahan bangunan yang sudah termasuk di dalamnya. Biasanya mereka pun juga menyediakan konsultasi secara cuma-cuma sehingga Anda dapat menanyakan berbagai macam hal terkait renovasi rumah tersebut.

Pertimbangan Sebelum Memilih Jasa Renovasi Rumah Borongan

Pastikan juga, bahwa Anda telah membuat kontrak kerja yang telah ditanda tangani oleh kedua belah pihak. Di mana berisi rincian secara detail proses yang dilakukan dalam merenovasi rumah beserta biayanya. Sehingga jika suatu hari nanti terjadi kenaikan harga Anda bisa menuntutnya karena sudah dilakukan perjanjian dari awal dan mau tidak mau kontraktor tersebut yang harus menanggung resikonya serta jika ada kerusakan lainnya harus memberikan tanggung jawab maupun garansi.

Meskipun Anda sudah mempunyai kesepakatan di awal bersama dengan penyedia jasa renovasi tadi, maka sebaiknya Anda harus tetap berhati-hati saat melewati proses perbaikan rumah. Sebab, bisa saja penyedia jasa renovasi yang nakal tersebut akan merubah bahan bangunannya maupun alat yang digunakan sehingga akan menghasilkan dampak yang besar bagi kualitas rumah Anda nantinya. Nah, berikut ini merupakan beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan sebelum memilih penyedia jasa renovasi rumah di sekitar Anda, di antaranya yaitu :
  1. Lebih selektif dalam memilih penyedia jasa renovasi
    Sudah seharusnya jika Anda memilih jasa borongan renovasi rumah dendan mempunyai latar belakang yang baik serta sudah dilindungi dari badan hukum yang terpercaya. Di sisi lain, pilih lah jasa pemborong dengan harga yang standar tetapi mempunyai kualitas yang bagus.

    Sebisa mungkin jangan pilih penyedia jasa borongan renovasi yang menawarkan harga paling murah dan Anda harus berhati-hati maupun waspada terhadapnya. Sebab, bisa jadi jika barang yang digunakan jasa borongan tersebut ternyata kualitasnya murahan atau bahkan ketika renovasi masih berlangsung dan belum selesai ternyata malah ditinggalkan begitu saja.

  2. Menggunakan jasa renovasi rumah yang terbaik
    Pastikan bahwa sebelumnya Anda memilih penyedia jasa renovasi rumah yang benar-benar bagus. Baik itu dalam hal eksterior maupun interiornya. Sehingga dapat mengatasi berbagai macam renovasi rumah dan bangunan bahkan membuat berbagai furniture seperti halnya kamar set, kitchen set, backdrop wall, lemari, meja, dan lain sebagainya.

    Anda tentunya percaya jika kepuasan konsumen merupakan nomor satu, sehingga Anda harus meyakinkan diri Anda sendiri bahwa mereka telah profesional dan mampu mengerjakan renovasi untuk rumah Anda.

  3. Sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya
    Selain menggunakan jasa renovasi rumah yang baik, tentunya Anda harus memastikan bahwa tukang bangunan borongan renovasi rumah tersebut juga telah berpengalaman di bidangnya dan tanyakan juga sudah lama mereka bekerja sebab akan mempengaruhi kemahirannya nanti dalam proses merenovasi.

    Pengalaman maupun skill yang dimiliki oleh tukang bangunan borongan renovasi rumah ini wajib Anda ketahui karena biasanya semakin lama mereka berkecimpung di dunia tersebut maka semakin berpengalaman serta bertanggung jawab pula jasa mereka. Sehingga hasilnya pun menjadi lebih bagus jika dibandingkan dengan pekerja renovasi rumah yang masih baru.

Itu lah ulasan mengenai beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan penyedia jasa borongan renovasi rumah. Jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum memilih penyedia jasa tersebut agar nantinya tidak menimbulkan masalah kedepannya.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa