Tips Memperbaiki Rumah Menggunakan Jasa Renovasi Rumah

Posting pada 28 Nov 2019 # jasa renovasi rumah


Memperindah rumah serta mencegah suasana yang membosankan merupakan salah satu alasan yang paling kerap menjadi permasalahan mengapa banyak orang sering melakukan renovasi rumah mereka. Sebenarnya hal itu sah-sah saja, mengingat bangunan tempat tinggal tersebut memang sudah seharusnya dilakukan pemeliharaan yang berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan, apalagi jika rumah yang kita tempati itu telah lama dihuni.

Maka dari itu tak heran jika kehadiran renovasi rumah ini sangat penting karena dapat membuat rumah kita lebih terawat serta membuat nilai jualnya semakin tinggi jika dijadikan investasi jangka panjang nantinya.

4 Langkah Mudah Memperbaiki Rumah Sebelum Menggunakan Jasa Renovasi Rumah

Meskipun setelah melakukan berbagai renovasi menggunakan jasa renovasi bangunan maupun rumah tak jarang jika kebanyakan orang masih belum puas dengan perubahan yang didapatkan tersebut karena hasilnya sendiri tidak sesuai terhadap apa yang diinginkan oleh si pemilik rumah. Agar tidak salah langkah, maka lakukan 4 langkah mudah berikut ini terlebih dahulu dalam memperbaiki rumah sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa renovasi rumah terdekat Anda , di antaranya yaitu :
  1. Merencanakan anggaran biaya dengan matang
    Hal pertama yang paling penting untuk dilakukan saat akan melakukan renovasi rumah tak lain yaitu membuat anggaran biaya dengan matang. Sebab, dengan adanya perencanaan anggaran tersebut Anda dapat mengkalkulasi jumlah pengeluaran secara keseluruhan.

    Baik itu biaya pembangunan yang meliputi jasa tukang dan bahan bangunan, biaya desain, serta berbagai keperluan lainnya untuk membeli furniture yang Anda butuhkan sebagai hiasan atau pelengkap. Satu hal yang penting untuk diingat yaitu jangan lupa menyediakan biaya cadangan agar ketika sewaktu-waktu biaya renovasi rumah ternyata membengkak maka Anda dapat menutupinya.

  2. Tentukan desain dan fungsinya
    Apabila Anda ingin merombak desain rumah Anda maka satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu pastikan bahwa desain rumah tersebut timeless. Dengan kata lain, desain rumah tersebut tidak ketinggalan zaman maupun tampak kuno ketika dilihat 10 tahun yang akan datang nantinya.

    Sebagai saran, Anda dapat menggunakan desain rumah dengan model minimalis yang tetap memberikan kesan trendy dan menarik meskipun hanya simpel. Tetapi rumah tersebut justru akan memberikan suasana yang nyaman bagi penghuninya tanpa disadari lho! Bahkan, desain rumah dengan gaya ini akan lebih mudah dijual kembali karena peminatnya sendiri memang cukup banyak.

  3. Baca Juga: Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah

  4. Gunakan bahan material yang berkualitas
    Tentunya Anda tidak ingin rumah yang Anda huni terutama yang belum lama direnovasi cepat rusak bukan? Maka dari itu, pastikan bahwa Anda menggunakan bahan material yang mempunyai kualitas yang bagus dan dapat bertahan lama.

    Jika Anda mempunyai biaya anggaran yang lebih besar maka tak ada salahnya untuk memilih bahan material yang sedikit mahal tetapi mempunyai kualitas yang baik. Hal ini tak lain karena bahan material yang memiliki kualitas bagus akan lebih tahan terhadap berbagai cuaca yang tidak pasti. Entah itu musim hujan maupun kemarau yang panjang.

  5. Pahami struktur bangunan
    Hal yang paling penting sebelum memulai renovasi rumah yaitu Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagian mana saja yang masih dapat dipertahankan atau tidak. Selain itu pertimbangkan apakah bangunan serta desain yang baru direnovasi tersebut dapat menyatu dengan struktur yang telah lama pada bangunan tersebut.

Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Penyedia Jasa Renovasi Rumah

Kini tak dapat dipungkiri lagi bahwa renovasi rumah memang membutuhkan proses panjang yang sangat rumit dan juga berbelit. Bahkan, seringkali masalah pun timbul secara bermunculan ketika menjalani renovasi rumah. Seperti halnya hasil yang tidak sesuai dengan keinginan kita, prosesnya yang membutuhkan waktu lama, dan hasil biaya renovasinya yang mahal.

Maka dari itu sebelum melakukan renovasi rumah Anda sudah seharusnya merencanakan segala sesuatunya dengan cermat sejak awal. Sehingga Anda dapat menghemat biaya pengeluaran dan mencegah penghamburan uang tentunya. Berikut ini merupakan 5 hal penting yang perlu Anda pertimbangkan untuk menekan anggaran biaya renovasi rumah, di antaranya yaitu :
  • Menentukan tujuan dan alasan yang tepat melakukan renovasi
    Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah tujuan Anda melakukan renovasi rumah adalah untuk meningkatkan kenyamanan rumah Anda, melakukan investasi properti, atau bahkan hanya sekadar ingin saja. Sebenarnya hal ini sah-sah saja jika Anda mempunyai banyak anggaran, tetapi bagi Anda yang mempunyai dana terbatas maka Anda harus memikirkannya dua kali lagi bukan?

    Apabila Anda ingin melakukan renovasi rumah untuk menambah kenyamanan tempat tinggal Anda maka Anda dapat mendesain bangunan tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Namun jika Anda ingin meningkatkan nilai jual rumah Anda sebagai investasi maka sebaiknya pikirkan juga secara objektif dan berdasarkan selera pasar yaitu dengan memperhatikan pemilihan warna yang tepat maupun desain interior yang unik sehingga menimbulkan kesan tersendiri bagi penghuninya.

  • Membuat surat izin renovasi
    Ada kalanya jika Anda juga mengurus berbagai kelengkapan dokumen maupun surat-surat legal lainnya yang berkaitan untuk merenovasi bangunan atau rumah Anda. Terutama jika Anda mendirikan bangunan maupun merenovasi rumah dalam skala yang lebih besar maka Anda memerlukan Izin Mendirikan Bangunan alias IMB.

    Tetapi satu hal yang pasti dan perlu diingat untuk Anda yaitu dalam hal mengurus persuratan ini hanya dilakukan untuk skala yang memang besar saja. Sebagai contoh pemeliharaan bangunan seperti halnya pengecatan, penggantian, dan berbagai pekerjaan kecil lainnya tidak perlu menggunakan IMB.

  • Memilih bagian yang akan direnovasi
    Pastikan bahwa Anda melakukan diskusi bersama jasa renovasi rumah pilihan Anda secara detail terkait bagian mana saja yang akan dilakukan perubahan nantinya. Baik itu masalah pengecatan termasuk pemilihan warna yang tepat untuk dinding dapur maupun model maupun materi kabinet yang Anda inginkan.

    Tidak hanya masalah desain eksterior saja yang perlu Anda perhatikan, melainkan juga masalah desain interiornya juga perlu Anda pertimbangkan secara teliti. Selain itu jangan lupa untuk meminta laporan rincian biayanya juga.

  • Menyewa jasa renovasi rumah yang terbaik
    Sebelumnya, lakukan terlebih dahulu pencarian maupun research terkait jasa renovasi rumah yang akan Anda gunakan minimal sebanyak tiga penyedia jasa dan lakukan perbandingan di antaranya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui harga, kemampuan, dan juga kualitas dari masing-masing sehingga Anda bisa memilih mana yang terbaik dan cocok untuk renovasi rumah Anda nantinya.

    Ada baiknya jika Anda juga meminta referensi maupun ulasan dari pelanggan lainnya juga jika memungkinkan untuk memverifikasi dan memvalidasi kemampuan maupun pengalaman dari jasa renovasi rumah tersebut.

Nah, dengan mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum merenovasi rumah tentunya Anda tidak akan khawatir lagi jika mengalami kerugian. Terutama dari segi material maupun semua proyek yang berjalan sesuai sesuai anggaran biaya yang telah Anda rancang hasilnya pun sudah pasti memuaskan.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa