Jasa Arsitek Rumah

Posting pada 22 Jun 2017 # jasa arsitek rumah


Rumah dengan desain yang menarik dan nyaman untuk dihuni, tenttu menjadi keinginan bagi setiap orang. Maka itu, dalam merancang desain sebuah rumah tidak boleh sembarangan dilakukan. Karena jika salah sedikit saja dalam merancang bangunan, yang ada bukannya terlihat nyaman malah terlihat berantakan dan sempit. Apalagi jika anda ingin membangun rumah dengan lahan yang serba terbatas, dimana anda harus memikirkan pembagian ruangan, tata letak ruangan hingga efisiensi ruangan. Sekarang, desain rumah yang kita inginkan bisa didapatkan di internet dengan berbagai referensi, tapi apakah hasilnya akan maksimal jika diterapkan? Maka dari itu, peranan jasa arsitek rumah diperlukan disini.

Jasa arsitek rumah biasanya kita kenal sebagai perancang dan pengawas konstruksi bangunan. Tapi jangan salah, arsitek memiliki ruang lingkup pekerjaan luas, mulai dari interior ruangan, bangunan, kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Mungkin yang sering kita ketahui jasa arsitek hanyalah dalam urusan menggambar saja, namun jasa arsitek justru memperhatikan dari segi estetika, kepribadian sang penghuni hingga membuat rumah yang sehat dan sesuai standar yang berlaku.

Apa keuntungan menggunakan jasa arsitek rumah dalam membangun sebuah rumah impian?

Apa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita membangun rumah bersama jasa arsitek rumah? Berikut keuntungan yang bisa didapatkan
  1. Tahap Awal Lebih Terencana
    Sebagai permulaan, arsitek akan melakukan brainstorm dengan anda tentang apa saja ruang yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, perlu bangunan bertingkat atau tidak, dan hal-hal terkait. Di sinilah kesempatan anda untuk mengeluarkan ide dan model rumah impian. Setelah itu, Arsitek akan mencarikan solusi untuk desain rumah yang ideal. Desain yang sesuai kebutuhan, sesuai dengan budget, namun juga memikirkan aspek lingkungan. Nah, dari hasil obrolan tersebut, arsitek akan memberikan sketsa dan draft visual (berbentuk gambar 3 dimensi) sebagai gambaran.

    Di tahap ini, anda berkesempatan untuk menyesuaikan kembali jika ada hal-hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi. Tentu Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dan perkiraan waktu akan anda dapat juga sehingga anda lebih bisa mengatur kapan dana awal harus keluar, dan seterusnya. Apalagi kalau anda berencana untuk melakukan pinjaman di bank. Tim arsitek juga akan membantumu untuk mengurus perijinan yang berhubungan dengan proses pembangunan.

    Jika konsultan yang anda pilih menerima jasa membangun (built) juga, maka satu paket lebih efisien dan memudahkan pekerjaan. Namun jika tidak, arsitek pasti dapat memberikan referensi kontraktor pada anda.

  2. Baca Juga: Bingung mau Beli Rumah Developer atau Pakai Jasa Arsitek Rumah?

  3. Tata Letak Ruang Lebih Efisien
    Secara keseluruhan, arsitek akan memikirkan dengan matang berapa luas tiap ruang, di mana letak jendela, berapa tinggi pintu, bagaimana hubungan antar ruang dan detail lainnya. Beberapa arsitek juga memikirkan soal fengshui ruangan agar membawa hoki bagi pemiliknya. Selain itu, anda juga akan memiliki area resapan dan halaman yang lebih terjaga karena memang tidak semua lahan hijau bisa anda tutupi dengan bangunan. Kalau anda punya rencana jangka panjang untuk mengembangkan rumah (menjadi bertingkat, atau lebih lebar), arsitek akan mempertimbangkannya dari awal. Misalnya dengan kualitas pondasi dan struktur yang lebih kuat, persiapan posisi tangga, dan lainnya.

  4. Struktur dan Bahan Bangunan Dapat Disesuaikan
    Hal mendasar yang tak kalah penting, arsitek akan merancang pondasi, struktur bangunan hingga material luar yang akan digunakan dengan sebaik dan seefisien mungkin. Dengan menggunakan jasa arsitek rumah, anda dapat juga menekan budget, misalnya dengan menghilangkan beberapa ornamen bangunan yang dirasa tidak perlu.

  5. Pasca Terbangun Lebih Terjaga
    Selama proses pembangunan, arsitek akan mengawasi dan mengontrol prosesnya, memastikan gambar kerja terbangun dengan presisi. Setelah terbangun, anda akan mendapatkan file-file gambar yang dibutuhkan. Seperti gambar denah, site plan (gambar bangunan dan lingkungan sekitar), gambar detil struktur dan lainnya. Gambar ini akan berfungsi jika suatu hari anda akan melakukan renovasi. Arsitek juga bisa memberikan referensi desainer interior, ahli taman, bahkan desainer pencahayaan (lighting) jika dibutuhkan.

Terdengar menguntungkan bukan? Walau anda harus membayar lebih, hasil karya desain arsitek memiliki nilai seni yang bisa menambah nilai jual rumah anda lho... Tentu sangat cocok jika anda ingin membangun rumah untuk dijadikan investasi

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa