7 fungsi penghijauan lingkungan rumah yang wajib diketahui

Posting pada 22 Dec 2017 # Penghijauan lingkungan rumah


Lahan perkotaan semakin hari semakin sempit sehingga perumahan di perkotaan pun umumnya tak lagi memiliki lahan hijau. Padahal, penghijauan lingkungan rumah sangat berperan sekali dalam banyak hal. Selain itu, anda pun akan lebih merasa betah di rumah jika memiliki pemandangan hijau di sekeliling. Sebenarnya apa saja fungsi penghijauan lingkungan untuk rumah?

Penghijauan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melindungi bumi dari bahaya global warming yang semakin terjadi. Ketidakpeduliaan para manusia menjadi salah satu sumber utamanya seperti menebang hutan sembarangan, polusi udara yang berlebihan dan efek rumah kaca. Pemerintah pun gencar mengkampanyekan penghijauan lingkungan rumah sebagai upaya meminimalisir efek pemanasan global yang semakin parah.

Beberapa fungsi penghijauan lingkungan rumah berikut mungkin bakal membuat anda lebih yakin untuk menanam pohon di sekitar rumah
.
  1. Mencegah terjadinya banjir
    Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya banjir seperti penebangan hutan, pembuangan sampah ke sungai, kurangnya sumur resapan di kota besar dan sebagainya. Sebagai salah satu solusi ajaib untuk membuat tempat resapan di kota besar adalah anda bisa mencoba menanam pohon di depan rumah atau membiarkan halaman depan tetap memiliki tanah tak berkavling.
  2. Mengurangi polusi udara
    Polusi udara tak hanya disebabkan oleh kendaraan pribadi anda namun juga partikel debu yang ikut terbawa sepatu. Anda bisa melakukan penghijauan lingkungan rumah dengan membuat taman di depan rumah agar debu dan kotoran tidak menyebabkan masalah serius bagi kesehatan.
  3. Meminimalisir efek rumah kaca
    Gas rumah kaca telah banyak memenuhi bumi hingga mengakibatkan suhu di permukaan bumi meningkat drastic atau pemanasan global. Setidaknya fungsi penghijauan lingkungan rumah bisa meminimalisir risiko rumah kaca sebab pohon atau tumbuhan hijau di sekitar rumah bisa mengeluarkan lebih banyak oksigen yang mampu mengontrol gas tersebut.
  4. Sarana terapi
    Bagaimana bisa taman di depan rumah menjadi sarana terapi kesehatan yang efektif? Kehidupan yang ada di perkotaan identik dengan deadline, rutinitas melelahkan hingga tekanan pekerjaan yang membuat fisik dan pikiran terasa sangat capek. Salah satu hal yang bisa mengusir kepenatan tersebut adalah membuat taman indah di sekitar rumah tinggal anda. Saat melihat kondisi yang hijau maka pikiran pun akan lebih rileks dan segar kembali.
  5. Memberikan pemandangan yang lebih indah serta media pembelajaran yang baik
    Keberadaan taman akan membuat unsur estetika sebuah hunian meningkat lebih baik dibandingkan dengan rumah yang tidak memiliki unsur hijau. Pemandangan yang lebih indah akan membuat pemilik dan tamu yang datang pun lebih betah berlama-lama di rumah. Selain itu, anda juga bisa mengajarkan pada anak untuk mengenal lingkungan dengan menanam ragam tumbuhan. Bisa pula mengajak anak turut serta mencintai lingkungan dengan menggalakkan penghijauan.
Beberapa fungsi penghijauan lingkungan rumah tersebut tentu memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan anda. Hanya saja masalah utama yang kerap dirasakan para pemilik rumah di perkotaan adalah keterbatasan lahan untuk membuat taman atau menanam tumbuhan hijau. Lalu, bagaimana cara tepat merealisasikan kondisi lingkungan yang alami?

Tips merealisasikan penghijauan lingkungan rumah di lahan yang sempit

Bagi anda yang memiliki hunian minimalis dengan area halaman sempit ternyata bisa memanfaatkan lahan tersebut sebagai pusat penghijauan lingkungan rumah. Simak beberapa tips bermanfaat berikut ini!

  1. Memanfaatkan lahan yang ada
    Area depan yang sempit pun bisa disulap menjadi sebuah taman minimalis termasuk halaman bagian samping rumah yang sangat terbatas. Jika memang tak ada lahan sama sekali, anda bisa membuat taman dalam rumah atau memilih rooftop. Sebaiknya lihat dan analisa dulu kondisi di sekitar rumah anda.
  2. Memilih jenis tanaman yang sesuai
    Apabila anda memiliki sedikit lahan baik di depan atau belakang rumah maka bisa menanam pohon yang lebih besar. Pohon yang agak besar bisa menjadi penopang air hujan lebih baik dibanding tanaman yang kecil. Namun, apabila anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk membersihkan dan merawat maka bisa memilih jenis tanaman yang lebih mudah. Tergantung pula dengan lahan yang bakal anda jadikan lingkungan hijau.
  3. Lakukan perawatan yang maksimal
    Fungsi penghijauan lingkungan rumah bakal terlaksana dengan baik jika anda membersihkan dan merawat tumbuhan dengan baik. Jika anda menanam dalam media pot, usahakan untuk mengecek kondisi tanaman secara rutin. Bisa jadi tanaman perlu diberi pupuk, disiangi hingga pemindahan ke media baru jika akar telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.
Asal anda memiliki niat dan komitmen untuk menciptakan kondisi penghijauan lingkungan rumah maka segalanya bakal teratasi dengan baik. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa menghubungi jasa pembangunan taman di sekitar rumah yang berkualitas. Konsultasikan keinginan anda baik desain, vegetasi yang diinginkan hingga harga yang sesuai kantong dengan penyedia jasa terbaik.
 

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami