Kolam ikan anda berubah warna hijau, apa penyebabnya?

Posting pada 20 Feb 2019 # Kolam ikan


Kolam ikan merupakan salah satu elemen rumah yang dapat memberi kesan hidup di rumah anda. Selain itu, aliran air kolam ikan dapat memberi kesan yang menenangkan bagi penghuni rumah. Anda juga tidak merasa bosan pada saat memberi makan ikan serta melihat ikan yang berenang dengan gesit.

Tetapi, yang sering menjadi masalah adalah kolam ikan anda sering berubah warna menjadi hijau. Bukannya mendapatkan kesan yang tenang dan hidup malah mendapatkan kesan yang jorok dan tidak sehat. Selain itu, kesehatan ikan anda juga akan terganggu. Lalu, apa yang menyebabkan kolam ikan anda berubah menjadi berwarna hijau?

Ternyata alga hijaulah yang menyebabkan kolam ikan anda menjadi berwarna hijau. Alga hijau merupakan sejenis tanaman ganggang yang memiliki tubuh super kecil yang berada di permukaan kolam ikan. Tumbuhan ini dapat bertumbuh dengan subur dikarenakan kolam ikan anda memiliki kandungan amonia. Lalu, dari manakah amonia ini berasal? Amonia yang terkandung dalam kolam ikan anda, dihasilkan dari kotoran ikan, sisa makanan, hewan dan tumbuhan yang mati di dalam kolam ikan anda.

Selain itu, sinar matahari yang mengenai kolam ikan juga dapat mempercepat pertumbuhan alga hijau. Seperti tumbuhan lainnya, alga hijau juga memerlukan fotosintesis untuk pertumbuhannya. Jika anda memiliki kolam ikan di luar ruangan atau outdoor, sinar matahari dengan bebas menerangi kolam ikan anda secara penuh sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan alga semakin cepat

Jika hal ini dibiarkan, kolam ikan anda akan terasa tidak hidup dan kesehatan ikan anda akan terganggu, bahkan dapat mati. Lalu bagaimana cara mengatasinya?<
  1. Bersihkan kolam ikan secara berkala



    Walaupun kolam ikan anda terlihat jernih, bukan berarti tidak perlu di bersihkan. Anda perlu membersihkan kolam ikan minimal sebulan sekali untuk mengurangi kandungan anomia yang dapat menyebabkan kolam ikan anda menjadi hijau. Dalam membersihkan kolam ikan, jangan membersihkan lumut sampai sangat bersih. Karena keberadaan lumut dapat dijadikan makanan ikan.

  2. Filter Air



    Anda juga perlu memasang filter air. Alat ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang terkandung dalam kolam ikan anda. Selain itu, anda juga harus menyalakan filter air setiap hari supaya hasilnya maksimal.

  3. Pasang Lampu UV (UV Sterilizer)



    Selain itu, anda juga dapat memasang sebuah lampu UV atau ultraviolet. Lampu ini dapat menghasilkan sinar UV yang dapat membunuh bakteri yang ada di kolam ikan. Maka itu, lampu UV dapat dikatakan efektif dalam membersihkan kolam ikan. Untuk peletakan lampu UV, anda dapat meletakannya di dekat filter air yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan kolam anda bewarna hijau

    Namun sangat disayangkan, lampu UV tidak dapat menyaring bakteri yang baik atau yang jahat, dengan kata lain lampu UV dapat membunuh bakteri walaupun bakteri tersebut baik untuk ikan anda.

  4. Tanaman



    Anda juga dapat menggunakan tanaman air sebagai pembersih air. Tanaman ini disebut Clean Water Plants atau tanaman penjernih air. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan kolam ikan anda, seperti teratai dan apu-apu. Tanaman ini menyerap amonia yang dapat menyebabkan kolam ikan anda berubah menjadi hijau. Selain itu, tanaman ini dapat membuat kolam ikan anda terlihat lebih cantik.

  5. Hindari dari cahaya matahari



    Bagi anda yang memiliki kolam ikan di luar ruangan, anda perlu menggunakan atap untuk menutupinya seperti kanopi. Karena, ganggang akan cepat subur jika cahaya matahari yang masuk ke dalam kolam ikan anda dalam jumlah yang besar.

Dengan cara demikian, anda dapat membuat kolam ikan anda terlihat hidup kembali. Untuk mempercantik tampilannya, anda dapat menambahkan tanaman atau patung di tepi atau di tengah kolam. Selamat mencoba


Salam


Mitrarenov

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa