Wallpaper Dinding Mengelupas? Apa yang Salah?

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 08 Nov 2022


Wallpaper dinding seringkali menjadi salah satu pilihan untuk membuat rumah atau ruangan semakin cantik. Motif dan tekstur yang unik membuat penghuni rumah memutuskan menggunakan wallpaper dinding untuk mempercantik rumah mereka.

Baca Juga: Lebih menarik cat dinding atau wallpaper?

Sayangnya, Wallpaper dinding bisa mengelupas sewaktu-waktu. Tentu akan mengurangi keindahan ruangan. Apa yang menyebabkan wallpaper dinding mengelupas?

Penyebab Wallpaper Mengelupas atau Menggembung

Adapun salah satu masalah tersebut adalah wallpaper dinding mengelupas atau menggembung. Wallpaper sendiri memang bisa mengelupas kapan saja. Penyebabnya juga cukup beragam seperti:
  • Kondisi Lem
    Kondisi lem merupakan salah satu penyebab wallpaper mengelupas. Lem yang meluber saat pemasangan atau karena usia pemasangan yang lama bisa mengurangi kekuatan lem. Akibatnya, wallpaper mengelupas bahkan lepas sendiri.

  • Kelembaban yang Berlebih
    Kelembaban juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada beberapa bagian wallpaper. Oleh karena itu, pastikan dinding yang ditempeli wallpaper tidak selalu dalam kondisi lembab.

    Selain itu, kondisi ruangan yang ber-ac juga membuat wallpaper mudah mengelupas atau mengekerut. Maka itu, pertimbangkan material wallpaper sebelum anda gunakan

  • Rembesan Air
    Rembesan Air seperti kebocoran pipa atau saluran air dari genteng adalah salah satu penyebab wallpaper dinding cepat mengelupas. Oleh karena itu saat pertama kali Anda memasang wallpaper sebaiknya inspeksi dulu kondisi dinding. Jika memang ada tanda rembesan atau kebocoran segera atasi.

  • Pemasangan yang Salah
    Wallpaper dinding yang mengelupas bisa juga disebabkan oleh pemasangan yang salah. Perlu diketahui jika proses pemasangan wallpaper dinding harus dilakukan dengan benar.

    Jika tidak biasanya akan menyebabkan gelembung udara di balik wallpaper. Udara yang tertahan atau gelembung udara tersebut akan menyebabkan wallpaper cepat mengelupas.

  • Rayap
    Rayap adalah hama yang sangat mengganggu dan biasanya akan memakan apapun yang mengandung kayu termasuk wallpaper dinding. Jika sudah terserang rayap biasanya wallpaper akan berlubang dan akhirnya mengelupas. Oleh karena itu, bila menemukan lubang pada wallpaper sebaiknya Anda waspada.

    Baca Juga: Mengenal dan mencegah ancaman rayap di rumah anda

Bagaimana Cara Mengatasinya?

pengerukan wallpaper dinding
Jika sudah paham penyebabnya baru Anda bisa memikirkan cara atau solusi terbaik. Mengatasi wallpaper yang mengelupas sebenarnya tidak sulit. Anda bisa memilih salah satu cara berikut ini:
  • Memanfaatkan Lem Perekat
    Cara mengatasi masalah wallpaper mengelupas yang pertama adalah dengan menggunakan lem perekat. Apabila wallpaper hanya mengelupas dan tidak sobek atau rusak maka Anda bisa menggunakan lem untuk merekatkannya kembali. Namun sebelum merekatkan perhatikan dulu kondisi dinding secara keseluruhan.

    Pastikan kondisi dinding tidak dalam keadaan lembab. Pastikan juga dinding Anda tidak terus-menerus dirembesi oleh air. Baru jika semuanya dalam kondisi bagus Anda bisa langsung direkatkan menggunakan lem. Dalam proses ini sebaiknya lakukan dengan tepat agar wallpaper merekat dengan kuat dan benar.

  • Mengganti Wallpaper
    Jika kondisi wallpaper sudah rusak seperti sobek, berlubang atau motifnya luntur maka satu-satunya cara untuk mengatasi adalah dengan ganti wallpaper yang baru. Untuk penggantian ini bisa dilakukan pada bagian yang rusak saja jika wallpaper penggantinya mempunyai motif yang sama dan kerusakannya tidak banyak.

    Sebaliknya jika kerusakan terjadi pada sebagian wallpaper dinding rumah anda, lebih baik Anda ganti secara keseluruhan. Untuk menggantinya Anda bisa melepaskan wallpaper yang lama setelah itu memasang yang baru. Akan lebih baik jika anda membersihkan sisah wallpaper yang masih menempel sebelum memasang wallpaper yang baru. Dengan begitu wallpaper yang baru akan terpasang dengan baik dan lebih awet

Itulah informasi mengenai penyebab wallpaper dinding mengelupas dan cara mengatasinya. Pastikan Anda mengenali dulu berbagai penyebabnya baru memilih cara terbaik untuk mengatasinya. Dapatkan informasi menarik lain seputar wallpaper dinding bersama Mitrarenov.
Artikel Serupa

Ini Dia Cara Mudah Membangun Rumah Menggunakan Penyedia Jasa Kontraktor Rumah Semarang

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 01 Dec 2020

Dengan begitu menggunakan jasa pemborong bangunan Semarang desain dan rancang bangun kota Semarang Jawa Tengah maupun jasa kontraktor rumah Semarang di sekitar wilayah Anda merupakan pilihan yang paling tepat. ...

5 Trik Merenovasi Rumah Sempit Agar Terlihat Luas

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 18 Dec 2018

Memiliki rumah sempit bukan berarti tidak bisa memberikan suasana yang nyaman dan luas, jika anda mengetahui trik rahasianya, rumah anda bisa terlihat luas dan nyaman. Mau tahu triknya? Simak di bawah ini ...

Kesalahan Pemilik Hunian Yang Harus Dihindari Demi Hemat Budget Saat Menggunakan Jasa Renovasi Rumah Yogyakarta

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 05 May 2020

Keberadaan jasa renovasi rumah, terutama jasa renovasi rumah Yogyakarta seharusnya sangat membantu, namun seringkali pemilik hunian kerap kali melakukan kesalahan yang tak disadari hingga membuat biaya renovasi membengkak. ...

Bermain Warna Krem Pada Ruangan Untuk Kesan Lebih Mewah

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 05 Feb 2021

warna krem sangat cocok memakai jika anda menginginkan suasana kehangatan dalam rumah. Ada beberapa keuntungan jika anda memilih warna krem, antara lain: ...