Banner Pentingnya surat kontrak dalam bangun dan renovasi rumah

Pentingnya surat kontrak dalam bangun dan renovasi rumah

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 20 Jun 2022


Untuk mewujudkan konsep rumah terbaik sesuai harapan memang diperlukan menggunakan jasa kontraktor rumah. Di era teknologi yang sudah serba canggih ini tidak sulit untuk mencari jasa kontraktor. Anda bisa menentukan jasa kontraktor yang tepat dengan melihat gambaran bagaimana mereka bekerja, produk yang mereka tawarkan dan kelebihan yang bisa didapatkan.

Selain itu dengan menggunakan jasa kontraktor rumah profesional akan membawa banyak manfaat. Pembangunan rumah bisa selesai sesuai jadwal, tidak over budgeting, dan tentu saja rumah awet dan kokoh.

Namun perlu Anda ingat bahwa sebelum memutuskan untuk membangun rumah menggunakan jasa kontraktor perlu yang namanya surat kontrak agar proyek pembangunan tersebut menjadi sah dan layak untuk dijalankan. Kontrak atau kesepakatan menjadi elemen yang penting untuk menjalin kerja sama dengan jasa kontraktor. Di dalam surat perjanjian nantinya akan tertulis segala detail hak dan kewajiban Anda dan juga kontraktor pelaksana.

Maka sangat disarankan untuk membuat surat kontrak yang mengikat sebelum memulai proses kerjasama dengan jasa kontraktor rumah. Dengan surat kontrak ini, maka semua yang tertulis akan dilindungi hukum yang mengikat dan siapapun pihak yang melanggar dapat dikenai sanksi hukum. Di bawah ini adalah beberapa fungsi penting dari surat kontrak untuk bekerja sama dengan jasa kontraktor rumah, diantaranya :
  • Untuk mengikat tanggung jawab kedua pihak
    Sebelum menyepakati sebuah proyek, ada beberapa hal yang perlu disetujui antara pemilik rumah dan jasa kontraktor. Dengan menuliskan apa saja kesepakatan yang harus disanggupi maka Anda bisa menyebutkan proyek apa yang diinginkan secara jelas beserta batasan lingkup terkait proyek tersebut.

    Adanya surat kontrak juga bertujuan untuk mengikat tanggung jawab kedua belah pihak. Sehingga antara Anda dan jasa kontraktor mengerti terkait tanggung jawab masing-masing dan tujuan dari proyek yang akan dijalankan.

  • Menunjukan tanggung jawab pihak kontraktor
    Adanya surat kontrak dalam proses pembangunan akan membantu Anda melindungi diri terhadap jeratan hukum. Selain itu juga jasa kontraktor bisa terkena ikatan hukum yang berlaku apabila ditemukannya pelanggaran terhadap persetujuan yang sudah dituliskan di dalam sebuah surat kontrak kerja.

  • Mengetahui waktu dan lama pembangunan rumah
    Dalam proses pembangunan rumah tentunya harus diketahui berapa lama waktu proyek tersebut akan berlangsung hingga selesai. Dengan adanya surat kontrak, Anda selaku pemilik rumah bisa menentukan kapan pembangunan bisa dimulai dan durasi kerjanya. Hal ini bertujuan demi menghindari terjadinya terjadi keterlambatan dalam waktu pengerjaan proyek.

    Menentukan waktu dan lama pembangunan pun tidak bisa sembarangan. Anda harus benar-benar menghitung lama perkiraan keberlangsungan dari proyek agar tidak membuang-buang waktu.

  • Tertulis rincian biaya pembangunan rumah
    Surat kontrak kerja sama dengan jasa kontraktor juga berisikan rincian biaya proyek. Anda juga harus bisa memperhitungkan berapa besar biaya yang dibutuhkan mulai dari pembangunan dimulai hingga selesai. Tidak sekadar rincian, Anda juga bisa menuliskan ketentuan dalam proses pembayaran proyek tersebut. Apakah sistemnya mau melalui termin waktu atau dibayarkan saat proyek pengerjaan tersebut selesai. Usahakan untuk menulis rincian biayanya secara detail termasuk rincian besaran benda-benda apa saja yang perlu Anda beli agar memudahkan dalam pelaksanaannya.

Tidak adanya surat kontrak yang mengikat dapat menyebabkan adanya pelanggaran tanpa adanya sanksi hukum yang jelas. Selain itu, bila tidak ada surat kontrak maka pembagian biaya proyek Anda bisa menjadi tidak jelas sehingga berdampak terhadap proses pembangunan dari proyek itu sendiri dan tentunya yang paling rugi nantinya adalah Anda.

Pastikan jasa kontraktor rumah yang anda pilih memiliki surat kontrak yang jelas dan detail. Seperti Mitrarenov yang akan memberikan surat kontrak sebelum pekerjaan renovasi atau pembangunan rumah dimulai dan akan ditulis secara detail dan transparan. Jangan ragu untuk bertanya jika ada bagian yang membingungkan atau kurang jelas bagi anda

Artikel Serupa

Banner Berita Tips Membuat Hunian Sehat Dengan Posisi Tepat

Tips Membuat Hunian Sehat Dengan Posisi Tepat

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 17 Mar 2020

Sebuah rumah yang sehat menimbulkan rasa nyaman bagi sang pemiliknya, bagaimana caranya anda bisa menjadikan hunianmu masuk kategori rumah sehat? Simak berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan rumah sehat bagi keluarga anda! ...

Banner Berita 5 Ciri Rumah Minimalis yang Perlu Anda Diketahui

5 Ciri Rumah Minimalis yang Perlu Anda Diketahui

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 17 May 2018

mendesain rumah minimalis bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, Anda membutuhkan penyedia jasa arsitek rumah minimalis yang menyulap kesan modern dan elegan. ...

Banner Berita Tips Memilih Kontraktor Rumah Berpengalaman

Tips Memilih Kontraktor Rumah Berpengalaman

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 09 Nov 2017

Bagi anda yang mobile dan hendak melakukan proses pembangunan rumah, bisa memilih pihak kontraktor rumah online asal memperhatikan hal penting berikut ini. ...

Banner Berita Tips Mencari Kontraktor Bangunan Terbaik

Tips Mencari Kontraktor Bangunan Terbaik

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 12 Apr 2018

Pembangunan berbagai properti di perkotaan besar seperti Jakarta atau Bandung memang sangat pesat. Kita sendiri sangat sering melihat pembangunan hotel, kantor, perumahan mewah dan bangunan lainnya yang jadi dalam waktu yang singkat. ...

Konsultasi Gratis