Mana yang Lebih Baik, Pemborong atau Jasa Kontraktor Rumah Indramayu?

Posting pada 13 May 2020 # jasa kontraktor rumah indramayu


Salah satu dilemma terbesar ketika hendak membangun rumah adalah memilih antara pemborong atau jasa kontraktor rumah Indramayu. Dua penyedia jasa pembangunan rumah ini sekilas memang Nampak mirip namun sebenarnya sangat berbeda. Sebagian besar orang beranggapan bila kontraktor sama dengan pemborong padahal keduanya mempunyai legalitas yang berbeda meski jasa yang ditawarkan hampir sama.

Selain dari struktur organisasinya, kontraktor dan pemborong ini juga berbeda dalam hal yang lain seperti biaya dan cara kerja. Nah, sebelum anda memutuskan mana yang lebih baik, kenali terlebih dahulu perbedaan antara pemborong dan kontraktor berikut ini.

  • Pemborong
    Secara garis besar pemborong adalah tukang bangunan yang bekerja dengan sistem borongan dalam menghitung biaya kerja. Biaya kerja dengan sistem borongan ini mencakup jasa tukang dan juga material bangunan. Ada juga pemborong yang hanya menghitung jasa tukangnya saja bila proyek yang dikerjakan kecil dan material bangunan menjadi tanggung jawab pemilik bangunan.

    Pemborong ini biasanya mempunyai ruang lingkup kerja yang terbatas hanya pada satu atau dua bidang saja. Kepala tukang atau mandor biasanya berperan sebagai pemborong dan membawahi beberapa tukang sekaligus untuk mengerjakan satu proyek yang sama. Tukang yang bekerja dengan pemborong ini juga mengerjakan semua bidang pekerjaan mulai dari elektrikal bangunan, pekerjaan sipil. Finishing, pembuatan taman, interior, kusen, aluminium, dan sebagainya.

  • Jasa kontraktor rumah Indramayu
    Berbeda dengan pemborong, kontraktor mempunyai badan hukum yang jelas dan hanya bekerja berdasarkan kontrak kerja saja. Jasa kontraktor rumah indramayu mempunyai ruang lingkup kerja yang lebih luas dibanding dengan pemborong. Sehingga dalam prosesnya ada beberapa kepala tukang atau mandor yang membawahi beberapa tukang dengan jumlah yang sesuai dengan skala proyek yang dikerjakan.

    Untuk mengawasi jalannya proyek, kontraktor juga mempunyai tim pengawas khusus yang terdiri dari para ahli dibidangnya. Sehingga proyek pembangunan bisa dipastikan mempunyai kualitas yang baik dan dibangun dengan standar tertentu.

    Hampir sama dengan pemborong, perhitungan biaya kontraktor biasanya menggunakan sistem borongan yang sudah termasuk biaya material dan jasa tukang. Karena jasa kontraktor adalah perusahaan berbadan hukum. Kelebihan perhitungan biaya kontraktor dibanding dengan pemborong adalah rincian biaya yang jelas termasuk spesifikasi material bangunan yang digunakan. Selain itu, kontraktor juga terikat dengan kontrak kerja sehingga proses pengerjaan proyek sebisa mungkin dilakukan sesuai dengan tenggat waktu yang disetujui dalam kontrak.

Mana yang lebih baik?

Baik pemborong maupun jasa kontraktor rumah Indramayu sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di satu sisi kontraktor memberikan hasil pekerjaan yang terstruktur dan lebih rinci. Namun, jasa kontraktor jelas lebih mahal dari pemborong karena tenaga ahli yang digunakan serta pajak yang dibebankan pada pemilik bangunan. Kontraktor juga menanggung segala resiko selama proses pengerjaan proyek sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kesalahan atau proyek mangkrak di tengah jalan.

Dibanding dengan kontraktor, pemborong bangunan tentu memberikan biaya yang lebih terjangkau. Namun pemilih bangunan harus siap untuk mengawasi proses pengerjaan sewaktu-waktu termasuk mengawasi spesifikasi material, proses pengerjaan, hingga potensi kehilangan material bangunan. Tidak heran bila pemborong dan pemilik bangunan harus mempunyai komitmen yang kuat untuk mengurangi resiko pemborong kabur dan tidak menyelesaikan proyek. Bila ingin memilih jasa pemborong, anda mungkin harus lebih teliti dalam memilih pemborong yang sesuai dengan kriteria agar pembangunan rumah bisa berjalan dengan baik.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa