Pilih kusen kayu atau Aluminium? Mana yang lebih unggul?

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 29 Nov 2022


Kusen termasuk bagian dari konstruksi bangunan, fungsinya sebagai tempat meletakkan daun jendela dan daun pintu. Dua jenis kusen yang banyak dipakai adalah kusen Kayu dan Aluminium. Kedua jenis kusen ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kira-kira, lebih baik pilih kusen kayu atau aluminium ya?

Sebelum memutuskan untuk membeli kusen. Ada baiknya Anda pahami dulu tentang kedua kusen tersebut. Setelah paham dan lebih yakin, barulah Anda bisa menentukan pilihan kusen yang sesuai dengan konstruksi bangunan. Kelebihan dan kekurangan kusen kayu dan kusen aluminium bisa Anda cek di bawah ini!

Kelebihan Kusen Kayu

kusen kayu

Kusen kayu bentuknya rangka dan digunakan untuk memasang daun jendela. Kusen yang terbuat dari kayu banyak dipilih oleh pencinta model hunian vintage. Pemakaian kusen kayu menampakkan aura klasik dan menarik. Nah, untuk kelebihan dari kusen kayu ini sendiri yakni:
  • Mudah diukir
    motif kayu
    Kusen kayu mudah diukir atau dibentuk sesuai dengan keinginan anda. Makanya, kusen jendela yang dibuat dari kayu bisa memberikan kesan estetik pada bangunan.

    Tidak heran ada beberapa pengrajin yang memberikan ukiran estetik pada kusen kayu yang mereka buat. Ukiran ini menjadi satu daya tarik tersendiri yang membuat rumah semakin cantik dan indah.

  • Cocok diaplikasikan pada semua model rumah
    Kusen kayu mempunyai keunggulan, cocok digunakan ke semua model rumah. Baik bergaya Jepang, modern, maupun rumah model minimalis. Model Kayu bisa dipadu padankan sesuai model rumahnya. Jadi tidak akan membuat rumah terkesan kuno.

  • Rumah terlihat lebih alami
    terlihat alami
    Kusen kayu harganya memang cukup mahal. Tetapi, banyak yang lebih memilih kusen kayu karena bisa memberikan nuansa rumah semakin alami. Rumah rasanya lebih adem dan asri, jadi nyaman ditempati bersama keluarga.

  • Material Kayu bisa dipilih sendiri
    Nah, Anda bisa pilih sendiri mau kusen kayu yang kayunya bagus atau tidak. Bahan dasar kusen kayu banyak, mulai dari kayu kamper, jati, juga kayu ulin. Kayu ini akan semakin bagus jika melewati proses pengovenan yang benar.

  • Ukurannya mudah diubah
    Kusen kayu sangat fleksibel, karena bisa diubah bentuknya mengikuti desain bangunan. Kamu bisa membentuk kusen kayu mulai dari bentuk melengkung dan lurus. Lebih menariknya kusen kayu tahan dari cuaca dingin dan panas. Jadi, mesti di luar ruangan kusen ini tetap aman.

Tentang kelebihan kusen kayu di atas apakah sudah ada bayangan, Anda mau pesan kusen kayu atau aluminium? Tapi, tunggu dulu supaya bisa mempertimbangkannya lebih baik lagi, perhatikan juga kelebihan dari kusen aluminium.

Kelebihan Kusen Aluminium

kusen aluminium
Kusen aluminium banyak dipilih untuk melengkapi konstruksi bangunan, karena Keunggulan dari kusen aluminium adalah:
  • Mudah proses perawatan
    Kusen aluminium tidak mudah pudar warnanya dan tidak mudah berkarat juga jika dirawat dengan baik. Nah, soal perawatannya juga cukup mudah. Anda harus membersihkan setidaknya 2 kali dalam satu tahun saja.

    Caranya, Anda campurkan air dengan sabun. Kemudian cukup semprotkan campuran air dan sabun pada permukaan kusen. Proses pun selesai dan Anda tinggal usap menggunakan kain yang halus. Gampang bukan?

  • Tahan dari semua cuaca
    Kusen aluminium memiliki sifat alami, tahan dalam berbagai cuaca dan pastinya tahan dari terpaan angin kencang. Jadi, kusen ini begitu direkomendasikan daripada kusen kayu. Makanya, banyak yang memilih menggunakan kusen aluminium ini untuk jendela dapur, pintu masuk rumah, kamar timur, maupun kamar mandi.

  • Tahan dari api
    Berbeda dengan kusen kayu, kusen bahan aluminium tahan api. Meskipun sifat aluminium memiliki ketahanan terhadap api. Namun, harus hati-hati karena untuk mendapatkan kelebihan ini, pemasangan tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus pekerja profesional yang memasang kusen dengan tepat. Makanya, tidak semua orang bisa mencoba memasang kusen aluminium.

  • Bobotnya ringan
    Soal bobot Kusen kayu atau aluminium, kusen aluminium berbahan dasar logam yang ringan. Dengan beratnya yang hanya 2.7g/mc3. Artinya hanya sepertiganya dari baja serta tembaga. Jadi, tak heran jika banyak yang memilih kusen aluminium. Ya, karena bobotnya yang ringan dan mudah untuk dipindahkan.

  • Harga lebih terjangkau
    Jelas soal harga kusen aluminium lebih terjangkau jika dibandingkan kusen kayu. Jadi, alasan inilah yang membuat orang lebih memilih untuk beli kusen bahan aluminium.

Bagaimana, sudahkah Anda menentukan pilihan beli kusen kayu atau aluminium? Nah, selanjutnya Anda perlu tahu, kalau kusen kayu dan aluminium punya kekurangan masing-masing.

Kekurangan Kusen Kayu


Adapun kekurangan dari kusen kayu ini diantaranya:
  • Punya diameter terbatas
    Diameter atau ketebalan pada kayu tidak bisa dibuat sendiri, karena hasil dari lingkaran kayu ini terbentuk secara alami. Jadi, tidak bisa dipotong sembarangan. Alasannya, karena kayu punya titik padat, kalau dipotong melebihi titik maka hasilnya mudah keropos.

    Tak heran memang jika Anda akan menemukan kusen pintu dengan ketebalan tidak lebih dari 3-4 meter. Pintu juga tidak bisa menutup semua dan material butuh sambungan untuk menutup sisa celah. Lumayan ribet ya.

  • Mudah lembab
    Bahan ini tidak cocok dipakai di dataran tinggi. Alasannya, karena pintu kayu tidak tahan dari lembab. Material kayu gampang terkikis, kurang cocok dengan daerah yang kelembabannya tinggi.

  • Rentang dimakan serangga
    serangan rayap
    Rayap, teter hingga kumbang bubuk kayu suka makan kayu. Hewan ini mudah dijumpai di daerah dengan cuaca panas. Sayangnya cara untuk mengusir binatang ini cukup sulit. Pastikan anda memilih material kayu yang tidak disukai oleh rayap

  • Baca Juga: Mengenal dan mencegah ancaman rayap di rumah anda
  • Tidak tahan api
    Kayu punya susunan material 50% karbon, 44% oksigen, dan 6% hidrogen. Unsur inilah yang membuat kayu mudah terbakar. Bahkan cuaca yang panas dan kekeringan pada kayu mudah banget menyebabkan kebakaran.

  • Harga lebih mahal
    Kusen kayu harganya jauh lebih mahal dibanding kusen aluminium. Apalagi, kalau jenis kayu yang dipakai sangat berkualitas. Bahkan proses pemasangan dan pembentukan lebih mahal, belum lagi ditambah biaya perawatan.

Kekurangan Kusen Aluminium

Adapun kekurangan kusen aluminium yaitu:
  • Desain terbatas
    Kusen aluminium memang tidak bisa diukir layaknya kusen kayu. Jadi, anda mengikuti model yang ada saja dan tidak bisa request dengan mudah.

  • Pengukuran harus cermat dan teliti
    Pembuatan lubang di dinding harus akurat, jangan sampai melengkung atau miring. Jika, salah pengukuran pasti menyulitkan dalam proses pemasangannya.

  • Harus dipasang menggunakan fischer
    Tidak semua orang bisa pasang kusen aluminium, karena bahan kusen ini harus dihubungkan ke dinding pakai sekrup sekrup fischer atau angkur saja. Jika tukang nggak profesional, pemasangan bisa merusak dinding.

  • Rentan bocor
    Pada kusen aluminium biasanya meninggalkan celah dan akan mudah disusupi air hujan. Makanya dibutuhkan sealant khusus kusen aluminum. Jika pemasangannya kurang bagus, kusen bisa rusak dan air tetap bisa masuk.
    sealant

  • Salah pasang bisa fatal
    Sekali salah pemasangan, hasilnya pasti fatal. Makanya tidak bisa sembarangan orang menempatkannya. Tak seperti kusen kayu yang mudah dipasang, jadi diperlukan tim yang ahli dan harus yang benar-benar sudah berpengalaman.

Nah, setelah tahu kelebihan dan kekurangan kedua kusen tersebut. Mau Anda beli kusen kayu atau aluminium harus disesuaikan dengan kebutuhan ya, sebab dalam pembelian kusen pasti ada pertimbangannya masing-masing.
Artikel Serupa

Yuk, Cegah Becek Pada Taman Anda Dengan Penggunaan Batu Koral

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 08 Oct 2019

Area outdoor adalah area yang paling rentan bermasalah ketika musim hujan. Pastikan taman di rumah Anda memiliki sumur resapan untuk menampung debit hujan lebat. ...

Bagaimana Membeli Rumah Lebih Murah 50% dari Harga Pasar

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 20 Jan 2019

Anda sedang mencari rumah tinggal? Atau ingin mencari rumah untuk investasi lalu dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi? Sepertinya anda perlu membaca artikel ini hingga tuntas. ...

Menyewa Jasa Kontraktor Rumah Bekasi Selama Pandemi, Pastikan Kontraktor Anda Memiliki Ini

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 13 May 2020

Saat menyewa jasa kontraktor rumah Bekasi untuk mewujudkan rumah impian anda, ada baiknya bahwa kontraktor yang menjadi pilihan memiliki kriteria berikut. ...

Pertimbangan Sebelum Merenovasi Hunian Dan Menggunakan Jasa Renovasi Rumah Surabaya

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 14 Apr 2020

Dengan bantuan jasa renovasi rumah Surabaya, pemilik hunian bisa mendapatkan hunian lama dengan tampilan menarik ...