Tips Memilih Kontraktor Rumah Berpengalaman

Posting pada 09 Nov 2017 # Kontraktor Rumah


Banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu luang di dunia serba modern dewasa ini. Pemilihan dan perencanaan segala sesuatu pun dilakukan secara praktis termasuk melakukan proses renovasi rumah. 

Sayangnya, dunia digital pun sering menjadi ladang penipuan dengan kedok kontraktor rumah rumah. Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi kantor sang kontraktor pun tetap bisa melakukan kerja sama pembangunan secara online asal memilih pihak kontraktor yang aman dan terpercaya. 

Memilih Kontraktor Rumah Profesional Via Online

Kemudahan komunikasi secara online membuat anda bisa melakukan survey di internet mengenai jasa kontraktor rumah yang terpercaya. Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu bisa melakukan kegiatan ini disela kesibukan yang menggunung. Hal ini bisa pula menguntungkan anda dari segi biaya dan waktu. Anda tak perlu membuang uang atau waktu berharga untuk melakukan pertemuan langsung sebelum terjadi kesepakatan.

 Toh, banyak sekali jasa kontraktor terpercaya yang memiliki website atau sistem promosi online yang baik. Anda tinggal duduk manis disela waktu istirahat untuk klik atau scroll isi halaman mereka. Namun, sebelum anda menemukan kontraktor rumah yang cocok sebaiknya memperhatikan hal penting berikut.

5 Hal Penting Dalam Memilih Kontraktor Rumah Yang Terpercaya

Ada 5 hal penting ini bisa menjadi dasar bagi anda yang hendak memilih jasa kontraktor rumah secara online.

  1. Mengecek kredibilitas kontraktor
    Anda wajib memastikan bahwa kontraktor yang hendak anda pilih adalah kontraktor yang kredibel. Artinya pihak kontraktor memiliki alamat kantor lengkap, nomor telepon hingga beragam desain unik dan menarik yang ada dalam katalog online mereka. Kontraktor rumah yang terpercaya akan mencantumkan detail portofolio mereka secara lengkap tanpa ada unsur fiktif. Sebaiknya anda benar-benar selektif mengingat banyak sekali oknum yang mencoba memanfaatkan kecanggihan internet sebagai media penipuan.

    Anda juga wajib menemukan jejak testimoni meyakinkan dari para pelanggan yang pernah menggunakan jasa mereka. Pengalaman bertahun-tahun jelas menjadi satu keunggulan tersendiri bagi pihak kontraktor.

  2. Menawarkan harga yang kompetitif
    Anda pasti memilih jasa kontraktor dari harga yang ditawarkan namun perhatikan betul RAB atau Rancangan Anggaran Biaya yang ditawarkan. Anda harus menghitung secara teliti dan realistis agar tidak tertipu kontraktor nakal. Harga murah bisa jadi hanya sebuah kamuflase untuk melakukan penipuan apalagi dunia online yang rawan dengan hal tersebut. Sebaiknya anda melakukan survey kecil mengenai harga yang ditawarkan dari pihak kontraktor lain sebagai bahan referensi.

    Jika anda masih merasa ragu maka bisa mencoba menawarkan tender kecil untuk mendapatkan RAB yang benar dari beberapa kontraktor rumah. Teliti hasil tersebut agar anda mendapatkan pihak kontraktor rumah yang paling berkualitas dari segi harga. Kontraktor yang tidak bertanggung jawab biasanya membuat RAB yang kurang masuk akal. 

  3. Pelayanan yang ramah
    Kontraktor rumah yang baik akan memberikan konsultasi desain yang baik pula. Mereka akan terbuka dengan semua opini anda termasuk memberikan masukan yang bermanfaat. Anda pun bisa mencoba melakukan negosiasi harga dengan pihak kontraktor sesuai dengan rencana desain atau pemilihan material yang bakal digunakan. Pastikan jika sang kontraktor menawarkan sistem pembayaran yang benar misalnya anda wajib membayar uang muka pembayaran sekian persen dan sebagainya setelah tanda tangan kontrak selesai.

  4. Memantau langsung proyek yang tengah dikerjakan kontraktor
    Anda memang tidak memiliki banyak waktu namun wajib melakukan pemantauan langsung proyek yang tengah dilakukan oleh pengembang. Anda bisa melihat langsung  proyek tersebut saat istirahat kantor atau meminta salah satu anggota keluarga untuk melakukan pengawasan langsung. Hal ini bisa memberikan gambaran bagaimana hasil pengerjaan pihak kontraktor rumah yang anda pilih termasuk profesionalitas mereka dalam bekerja sesuai target deadline.

  5. Berani memberikan garansi
    Kesepakatan bakal terjadi jika sang kontraktor rumah berani memberikan garansi kepuasan pelanggan. Hasil pembangunan harus sesuai dengan kesepakatan awal anda dengan pihak kontraktor. Jika suatu saat ada kendala  pembangunan misal atap plafon yang bocor atau saluran air yang macet akibat kesalahan pengembang, maka mereka akan bertanggung jawab dengan hal yang tidak diinginkan tersebut. Setidaknya kontraktor berpengalaman bakal berani menjamin hasil yang memuaskan dan membina sistem relasi yang baik. Anda yang puas dengan hasil mereka bakal melakukan kerja sama lagi jika suatu saat hendak melakukan perbaikan kembali. Tentu branding nama adalah hal yang menjadi prioritas utama kontraktor rumah berkualitas.
Anda pun bisa memilih jasa kontraktor rumah secara online namun harus tetap memperhatikan hal penting yang telah disebutkan di atas. Apalagi banyak orang tertipu saat memilih jasa pengembang yang menawarkan harga lebih murah dibanding kompetitor lain. 

Pemilihan kontraktor yang tepat bakal memberikan dampak positif yang signifikan pada hunian anda. Anda pun bisa memiliki nama kontraktor terpercaya yang akan tersimpan dalam kontak ponsel jika suatu saat menginginkan proses renovasi kembali.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami