Lantai Kamar Mandi Licin? Apa yang Harus Dilakukan?

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 01 Nov 2022


Kamar mandi adalah salah satu area rumah yang sangat penting dan seringkali digunakan. Jika jarang dibersihkan, tentunya akan menyebabkan lantai kamar mandi licin dan memicu risiko yang cukup berbahaya seperti terjatuh ataupun terpeleset, terlebih lagi jika ada lansia dan anak kecil, mereka cenderung sulit untuk menjaga keseimbangan apabila lantai kamar mandi tidak dalam kondisi kering.

Umumnya, penyebab kamar mandi bisa menjadi licin karena jarang dibersihkan dan lembabnya kamar mandi sehingga ditumbuhi oleh lumut yang bisa membuat lantai sangat licin. Selain itu, tumpahan sabun atau shampoo juga bisa memicu lincinnya kamar mandi. Maka itu, sangatlah penting untuk memperhatikan kebersihannya terutama area lantai.

Cara Mengatasi Lantai Kamar Mandi Licin

Selain harus rutin dibersihkan, ternyata ada beberapa cara untuk mengatasi lantai kamar mandi yang licin. Mulai dari:
  • Hindari Drainase Tersumbat
    Drainase
    Setiap kamar mandi pasti memiliki drainase atau pembuangan air, umumnya drainase terletak di area sudut dengan kondisi lantai yang cenderung lebih rendah. Hal ini bertujuan agar air bisa langsung mengalir membawa semua busa sabun atau shampoo.

    Jika area pembuangan air tersumbat, maka air akan menggenang di lantai, tentunya hal ini bisa memicu tumbuhnya lumut dan membuat lantai kamar mandi licin. Jadi, pastikan Anda dan penghuni rumah tidak membuang sampah ke drainase, seperti plastik, rambut, dan lainnya.

  • Pilih Tekstur Anti licin
    Drainase
    Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan jenis lantai anti licin. Ada banyak sekali pilihan motif dan tipe lantai kamar mandi yang memiliki tekstur kasar, seperti lantai hexagonal, lantai motif kayu dan rubber laminated.

    Lantai dengan tekstur kasar atau anti licin dapat membantu kaki Anda untuk mencengkeram lebih kuat dan tidak mudah terpeleset.

  • Batasi Area Basah dan Kering
    Drainase
    Batasi area basah dan kering kamar mandi anda. Anda bisa menggunakan tempered glass atau kaca penyekat untuk membatasi area basah kamar mandi anda.

    Selain menggunakan kaca penyekat, Anda juga membatasi area basah dan kering dengan mengatur elevasi atau tingkat ketinggian lantai. Untuk area kering, Anda bisa posisikan lantainya lebih tinggi dari area basah, sehingga air akan langsung masuk ke drainase dan tidak menyentuh lantai area kering.

  • Memiliki Ventilasi Udara atau Exhaust Fan
    Drainase
    Agar kamar mandi tetap kering, pastikan terdapat ventilasi udara yang cukup. Ventilasi udara pada kamar mandi dapat membantu mengeringkan kamar mandi anda sehingga anda tidak perlu khawatir terpeleset saat memasuki area kamar mandi

    Jika kamar mandi anda berada di tempat tertutup anda dapat menggunakan exhaust fan. Fungsi utama dari exhaust fan sendiri adalah untuk menyedot udara hangat atau panas yang menumpuk di kamar mandi ke area luar rumah.

    Perlu anda ketahui, Udara panas yang lembab dapat membuat lantai kamar mandi licin dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk kering. Maka itu kamar mandi juga harus memiliki ventilasi udara yang cukup

Itulah beberapa cara mengatasi lantai kamar mandi licin yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Artikel Serupa

Pertimbangkan Faktor ini Sebelum Membangun Rumah dengan Jasa Bangun Rumah Majalengka

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 06 Jul 2020

Kesalahan dalam perencanaan atau ketika memilih jasa bangun rumah Majalengka bisa berdampak serius pada pembangunan rumah anda. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika hendak membangun rumah. ...

Penerapan New Normal Dalam Pembangunan Rumah Tinggal

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 14 Jul 2020

kami telah merangkum pedoman yang disarankan oleh otoritas resmi seperti pemerintah maupun WHO, guna meminimalisasi risiko tersebut agar keamanan dan kesehatan setiap orang yang terlibat di dalam pekerjaan konstruksi tetap terjaga. ...

Menggunakan Jasa Arsitek Rumah Jakarta Selatan Untuk Mendirikan Hunian

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 18 Dec 2019

Rumah yang didesain dengan bantuan arsitek tentu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Keberadaan jasa arsitek rumah Jakarta Selatan akan membantu memberikan sentuhan manis untuk hunian Anda. ...

Jangan Sampai Rusak, Ini Dia Tanda AC Perlu Perawatan

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 15 Jun 2022

Kenali tanda AC perlu perawatan, dilakukan secepat mungkin agar biaya perbaikan AC tidak akan membengkak. Apa saja tanda AC perlu perawatan? ...