Exhaust fan kamar mandi Apakah penting?

Posting pada 23 Jun 2022 # Kamar mandi


Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara yang bersih. Salah satu caranya, Anda bisa menggunakan exhaust fan sebagai salah satu alat elektronik. Exhaust fan merupakan kipas yang memiliki fungsi untuk menghisap semua udara kotor yang ada pada ruangan lalu membuangnya keluar.

Kondisi rumah dan berbagai aktivitas yang Anda lakukan di rumah tentu akan mempengaruhi kualitas di dalam ruangan. Maka dari itu penggunaan exhaust fan sangat membantu dalam menjaga kualitas udara dalam ruangan sehingga penghuni pun akan merasa nyaman.

Apabila Anda memiliki kamar mandi yang tidak dilengkapi dengan jendela atau sistem ventilasi yang baik, maka disarankan untuk melakukan pemasangan exhaust fan ini. Pasalnya kamar merupakan tempat yang lembab karena dipakai untuk mandi hingga buang air. Tempat yang lembab bisa menjadi sarang yang empuk bagi bakteri, virus, bau tak sedap hingga jamur yang dapat mendatangkan penyakit. Nah, dengan adanya exhaust fan kamar akan membantu sirkulasi udara di ruangan tersebut sehingga tidak terasa lembab dan bau.

Exhaust fan kamar memiliki sejumlah fungsi untuk membuat Anda selalu merasa nyaman saat berada di area tersebut. Jika Anda ragu masih untuk menggunakan exhaust fan kamar mandi, di artikel ini kami akan beberkan beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memakai alat ini. Yuk, kita simak pembahasan lengkap tentang manfaat exhaust fan kamar mandi di bawah ini.
  • Menjaga ventilasi udara kamar mandi
    Sirkulasi udara di dalam sebuah ruangan dapat menentukan baik buruknya sirkulasi udara dalam sebuah ruangan. Exhaust fan dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kualitas udara jika sebuah ruangan tidak memiliki ventilasi udara seperti jendela yang cukup. Adanya exhaust fan mampu membantu membuang udara kotor yang telah terkontaminasi, sehingga kualitas udara di dalam kamar mandi tetap terjaga.

  • Tidak membuat ruangan lembab
    Kamar mandi kering

    Kamar mandi yang lembab akan sangat mengganggu kenyamanan saat penghuni rumah memakainya. Selain itu, udara yang lembab bisa merusak bagian kamar mandi, seperti cat atau wallpaper yang mengelupas, pintu hingga lantai bisa ikut rusak.

    Jika menggunakan exhaust fan maka tingkat kelembapan udara bisa berkurang sehingga Anda bisa lebih nyaman saat menggunakan kamar mandi dan tentu bisa meminimalisir kerusakan perlengkapan yang ada di kamar mandi.

  • Mempercepat keringnya kamar mandi
    Segala macam aktivitas yang menggunakan air banyak tentu berada di kamar mandi. Biasanya jika setelah digunakan maka area kamar mandi akan basah dan lembab. Jika ruangannya lembab tentu dapat menyebabkan tumbuhnya jamur yang bisa menyebabkan kerusakan dan membawa masalah kesehatan lainnya. Terlebih, ruang yang lembab juga bisa mengundang hama seperti kecoa. Maka, dengan adanya exhaust fan bisa membuat kamar mandi tetap kering dan tidak bau. Amannya, exhaust fan dipasang di plafon kamar mandi, dan pastikan terdapat ventilasi pada atap rumah agar kelembaban bisa dibuang keluar.

  • Meningkatkan kualitas udara
    Exhaust fan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan kamar mandi. Udara yang kotor dapat dihisap dan dibuang keluar oleh exhaust dan sehingga udara yang lebih berkualitas dapat mengisi ruangan kamar mandi.

  • Mengurangi bau tidak sedap
    Anda pasti pernah mencium bau tidak sedap di kamar mandi. Nah, untuk menghilangkannya bisa dengan menggunakan exhaust fan. Bau tidak sedap biasanya timbul karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik di kamar mandi. Apalagi bila posisi kamar mandi berada di bagian tengah rumah.

    Jika hanya dengan membuka pintu kamar mandi tidak cukup efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap. Hal ini justru akan mengganggu aktivitas penghuni rumah lainnya. Adanya exhaust fan bisa membantu menyedot udara hangat dan kelembapan dan bau tidak sedap pun akan ikut keluar.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa