Tanyakan 6 Hal Berikut Ini Lebih Dulu Sebelum Memilih Penyedia Jasa Kontraktor Bangun Rumah

Posting pada 12 Nov 2019 # jasa kontraktor rumah


Pengerjaan konstruksi yang rumit baik itu dalam merenovasi maupun membangun rumah membuat Anda mau tak mau harus menggunakan penyedia jasa kontraktor bangun rumah. Sebab penyedia jasa ini lebih handal dalam menangani berbagai proyek dengan skala besar seperti halnya perkantoran maupun apartemen.

Ada salah satu yang alasan menjadi penyebab mengapa penyedia jasa kontraktor tersebut kerap digunakan oleh banyak orang yaitu tak lain karena mereka mempunyai sertifikat resmi sehingga lebih aman jika dibandingkan menggunakan jasa tukang borongan.

6 Hal Yang Harus Anda Tanyakan Sebelum Memilih Penyedia Jasa Kontraktor Bangun Rumah

Lantas, apakah masing-masing penyedia jasa kontraktor bangun rumah yang bersertifikat resmi sudah pasti bagus kualitasnya? Tentu belum jawabannya, sebab antara satu dengan yang lainnya mempunyai ciri khas tersendiri. Baik itu dari masalah perbedaan harga dan yang terpenting adalah mutu atau hasil akhir pengerjaannya.

Meskipun Anda sudah mendapatkan rekomendasi dari orang terdekat Anda terkait penyedia jasa kontraktor tersebut tapi Anda harus menanyakan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kualitas yang terbaik, di antaranya yaitu :
  1. Proyek apa saja yang telah dijalankan sebelumnya
    Biasanya tukang bangunan yang mereka miliki sudah berpengalaman maupun ahli di bidangnya. Tapi Anda harus tetap menyesuaikan dengan profil mereka terlebih dahulu dengan cara mengetahui apakah mereka sudah pernah mengerjakan proyek yang mirip dengan konsep rumah impian Anda. Apabila sudah sesuai maka Anda harus memperhatikan kualitasnya juga dengan cara memverifikasi kredibilitas portofolio proyek yang sebelumnya telah ditangani.

  2. Lamanya proses pengerjaan
    Setelah mengetahui rekam jejak penyedia jasa kontraktor tersebut maka tanyakan juga apakah mereka bisa menyelesaikan proyek tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang telah tertulis di kontrak kerja. Jika nantinya molor karena ada beberapa hal maka tanyakan apa saja penyebabnya agar masih bisa ditoleransi. Baik itu masalah di lapangan, kondisi cuaca yang tak menentu, minimnya ketersediaan material, maupun berbagai penyebab lainnya yang masuk akal dan lebih jelas.

  3. Sistem perjanjian
    Terlebih dahulu buat kesepakatan di awal antara Anda bersama penyedia jasa kontraktor rumah tersebut melalui perjanjian yang tertulis atau kontrak kerja. Antara lain yaitu meliputi ruang lingkup pengerjaan, waktu pengerjaan, harga yang ditetapkan, sistem pembayaran, serta konsekuensi apabila melanggar perjanjian. Apabila ada hal yang dirasa membingungkan atau adanya unsur kecurangan yang merugikan maka jangan ragu untuk menanyakannya.

  4. Sistem pembayaran
    Sebenarnya ada dua jenis sistem pembayaran yang kerap kali diterapkan oleh para penyedia jasa kontraktor bangun rumah, di antaranya yaitu secara bertahap alias termin dan juga sistem cost and fee. Kedua hal ini mempunyai perbedaan yang terletak pada siapa yang berperan sebagai pengelola dan juga waktu pembayarannya.

    Untuk sistem pembayaran termin biasanya ada empat tahapan mulai dari DP (30% - 35%) dibayarkan diawal sebelum project berjalan, termin 1 (30%), termin 2 (30%), dan pelunasan (5% atau 10%) dibayarkan setelah project selesai. Sedangkan pada sistem cost and fee Anda hanya perlu membayar anggaran biaya yang telah ditetapkan tiap bulannya saja.

  5. Penanggung jawab proyek
    Biasanya penyedia jasa kontraktor tersebut mempunyai penanggung jawab proyek yang berfungsi untuk melaporkan perkembangan apa saja yang telah mereka kerjakan. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk berkomunikasi secara aktif terhadap penanggung jawab tersebut. Apabila suatu saat nanti terjadi kendala saat proyek sedang berlangsung maka penanggung jawab tersebut akan menyampaikan kondisi lapangan yang terjadi. Sehingga Anda bisa saling berdiskusi bersamanya.

  6. Garansi yang diberikan
    Penyedia jasa kontraktor yang baik dan berkualitas tentunya akan memberikan garansi dalam kontrak kerja mereka. Dengan begitu garansi tersebut bisa Anda gunakan ketika terdapat kerusakan pada bangunan rumah Anda setelah proyek selesai. Tapi pada dasarnya masing-masing penyedia jasa kontraktor mempunyai bentuk garansi yang berbeda dan tergantung dengan jenis kerusakan apa yang akan ditangani nantinya.

Baca Juga: Ingin Hunian Nyaman? Berikut 4 Tips Bangun Rumah Sebelum Menggunakan Jasa Kontraktor Murah

Ini Tugas dan Tanggung Jawab Penyedia Jasa Kontraktor Bangun Rumah Yang Wajib Anda Tahu

Saat Anda mencari penyedia jasa kontraktor bangun rumah yang ada di sekitar Anda, sudah pasti ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Baik itu pengalaman maupun pelayanannya yang mereka berikan.

Tentunya para penyedia jasa kontraktor yang sudah berpengalaman dan profesional akan memberikan tawaran harga yang wajar serta kompetitif. Maka dari itu Anda bisa mempertimbangkannya dengan baik. Tapi Anda juga harus mengetahui tugas dan tanggung jawab apa saja yang mereka kerjakan untuk proyek pembangunan rumah Anda agar mendapatkan hasil yang berkualitas, berikut di antaranya.
  • Membuat konsep perencanaan pembuatan arsitektural maupun gambar kerja serta menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan serapi mungkin untuk menghindari kerugian dari masing-masing pihak.

  • Melakukan kesepakatan negosiasi dengan klien dan menandatangani kontrak kerja yang telah dibuat tadi dan memastikan bahwa perhitungan yang telah dibuat tadi agar bisa menyiapkan diri ketika ada kerugian maupun masalah yang tidak terduga sehingga mereka bisa membackupnya untuk menutup menutupi kerugian proyek.

  • Mengajukan lembar kontrak kerja kepada calon klien atau pemilik proyek yang sesuai dengan lampiran yang telah dibuat secara bersama-sama dan sudah disetujui oleh kedua belah pihak. Baik itu gambaran kerja, arsitektur, dan juga RAB.

  • Biasanya penyedia jasa kontraktor tersebut mempunyai tim kerja yang terdiri dari pengawas, supervisi proyek, mandor, tukang, pembantu tukang, dan lain sebagainya. Hal ini tak lain agar pelaksanaan proyek yang sedang dikerjakan sesuai dengan posisi serta kemampuan mereka masing-masing. Dengan begitu tidak akan terjadi tumpang tindih dalam pekerjaan pembangunan rumah.

  • Mengatur pengadaan dan ikut menyuplai bahan material, peralatan bangunan, perlengkapan, vendor, dan berbagai pihak lain yang menangani urusan proyek pembangunan rumah impian Anda nantinya.

  • Melakukan quality control dan juga supervisi pekerjaan sehingga pekerjaan pembangunan rumah Anda tersebut dapat sesuai hasil dengan yang sudah disepakati bersama-sama pada kontrak kerja yang sudah ada di awal tadi.

  • Membuat laporan kerja mengenai progress yang sudah dikerjakan di minggu ke sekian untuk diberikan kepada klien beserta hal penting lainnya termasuk masalah yang ada di lapangan. Sehingga komunikasi pun tetap terjalin dan tidak akan terjadi salah paham.

  • Mengevaluasi pekerjaan pembangunan rumah secara continue untuk menyelaraskan satu dengan yang lainnya sehingga proyek yang dikerjakan dapat berjalan sesuai rencana yang telah dibuat. Dengan begitu Anda bisa mengatasi jika ada hal-hal yang menghambat proses pembangunan maupun fungsi yang kurang optimal.

  • Menerima segala komplain yang klien berikan terkait hasil laporan pekerjaan yang telah dikerjakan. Sebab, hal ini tak lain sebagai wujud dari tanggung jawab dan profesionalisme dari penyedia jasa kontraktor bangun rumah kepada klien.

Itu lah beberapa hal mengenai tanggung jawab serta tugas dari jasa kontraktor. Tapi yang paling penting yaitu Anda harus menanyakan kepada penyedia jasa tersebut untuk mendapatkan harga jasa kontraktor bangunan rumah yang murah dan tentunya juga berkualitas.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa