Ingin Hunian Nyaman? Berikut 4 Tips Bangun Rumah Sebelum Menggunakan Jasa Kontraktor Murah

Posting pada 10 Mar 2020 # Jasa kontraktor rumah


Tidak hanya Anda, melainkan setiap orang sudah pasti ingin membangun rumah impian yang nyaman untuk dihuni untuk semua anggota keluarganya bukan? Tolak ukur nyaman dan tidaknya hunian ini tentu akan berbeda dari yang satu dengan yang lainnya.

Misalnya saja dalam suatu keluarga, si ibu lebih menyukai hunian yang berukuran kecil dan sederhana tetapi halamannya luas. Tetapi lain hanya dengan si Bapak yang memilih rumah yang besar dengan banyak tingkat.

Nah, perbedaan seperti itu lah yang membutuhkan diskusi lebih lanjut di antara masing-masing anggota keluarga. Beda halnya jika Anda membangun rumah untuk keperluan pribadi. Maka Anda pastinya lebih bebas memilih segala sesuatunya sesuai dengan keinginan Anda.

Apapun yang Anda butuhkan dalam pembangunan rumah yang nyaman maka selalu ada hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelumnya. Hal ini tak lain untuk mengurangi adanya masalah yang bisa saja terjadi kedepannya. Maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan penyedia jasa kontraktor rumah murah yang terpercaya dan juga sudah berpengalaman di bidangnya.

4 Tips Sederhana Membangun Rumah Sebelum Menggunakan Penyedia Jasa Kontraktor Murah

Berikut ini merupakan ke 4 tips yang simpel untuk membangun rumah sebelum Anda berencana memilih penyedia jasa kontraktor murah di sekitar wilayah Anda saat ini. Dengan perencanaan yang baik sesuai dengan langkah mudah di bawah ini maka Anda akan mendapatkan rumah yang sesuai dengan harapan Anda, berikut di antaranya.
  1. Mencari lokasi yang tepat
    Salah satu hal yang paling penting dalam merencanakan pembangunan rumah adalah dengan cara mencari tahu terlebih dahulu lokasi yang tepat untuk pendiriannya. Sebab, lokasi ini akan sangat mempengaruhi dan menentukan bagaimana aktivitas keseharian Anda nantinya bersama anggota keluarga Anda.

    Sebagai contoh, Anda dapat memilih lokasi pembangunan yang jauh dari pusat kota untuk mendapatkan harga yang agak murah. Tetapi ada konsekuensinya yaitu perjalanan Anda menuju pusat perbelanjaan, kantor, maupun sekolah pun nantinya akan menjadi agak jauh dan mempengaruhi biaya transportasi yang akan Anda keluarkan sehari-harinya.

    Maka dari itu, Anda harus memikirkannya matang-matang apakah lokasi tersebut memang sudah tepat untuk keperluan Anda sehari-hari nantinya. Biasanya beberapa aspek yang sering menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi pembangunan rumah ditilik dari faktor akses jalan, fasilitas hunian, dan juga fasilitas umum yang meliputi sekolah, pusat hiburan, kuliner, pusat perbelanjaan, dan berbagai tempat umum lainnya.

    Apabila Anda sudah mendapatkan lokasi yang tepat untuk pembangunan rumah Anda dan mendiskusikannya kepada penyedia jasa kontraktor maka mereka akan memberikan saran dari segi teknis terkait proses pembangunannya. Dengan begitu Anda pun akan mendapatkan keuntungan berupa anggaran biaya yang lebih hemat dan perencanaan budget yang lebih matang.

  2. Memperhatikan jumlah dana yang dibutuhkan
    Setelah mendapatkan lokasi pembangunan rumah yang Anda inginkan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan maka hitung terlebih dahulu budget yang Anda miliki. Sebenarnya Anda juga bisa menghitung budget yang Anda butuhkan terlebih dahulu sebelum menentukan lokasi pembangunan rumah yang tepat untuk hunian Anda nantinya. Atau bisa juga Anda melakukan survei lokasi terlebih dahulu lalu menghitung anggaran biaya yang dibutuhkan nantinya.

    Pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan biaya bangun rumah Anda dapat menggunakan salah satu dari dua pilihan berikut ini, yaitu menggunakan pinjaman maupun dengan cara pendanaan sendiri. Jika Anda hendak menggunakan pinjaman uang, prosesnya sendiri biasanya jauh lebih mudah terlebih banyak sekali bank yang sudah menyediakan promosi menarik dengan bunga pinjaman yang kecil.

    Tetapi apabila Anda memutuskan untuk menggunakan dana pribadi, maka Anda harus memastikan bahwa tabungan yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya masih mencukupi biaya pembangunan rumah selain untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Pastikan juga untuk menyisihkan uang Anda sebagai biaya tak terduga untuk pembuatan rumah tersebut, setidaknya sisakan 5 % - 10 % dari total dana yang Anda perkirakan.

    Sebab hal ini sangat penting, mengingat di tengah-tengah proses pembangunan rumah tak jarang jika ada-ada saja hal-hal yang membuatnya terhambat atau bahkan ada keinginan untuk menambah satu dua pekerjaan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya seperti halnya membangun taman maupun kolam renang. Selain itu dengan adanya dana cadangan tersebut maka Anda juga dapat mengantisipasi naiknya bahan bangunan.

  3. Melakukan riset terlebih dahulu
    Apabila Anda sudah menyiapkan dana anggaran dan lokasi tanah untuk rumah yang akan Anda bangun, maka kini saatnya Anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

    Anda dapat memulainya dengan cara menyampaikan informasi apa saja yang Anda butuhkan dan inginkan mengenai hunian rumah impian Anda dengan jelas. Baik itu mengenai hunian idaman Anda maupun budget yang Anda miliki. Dengan begitu waktu, tenaga, dan biaya yang Anda keluarkan pun jauh lebih efektif dan tidak terbuang sia-sia.

    Setelah itu ketahui mengenai jenis pekerjaan apa saja yang pernah dilakukan oleh penyedia jasa kontraktor rumah tersebut, baik itu desain interior, arsitektur, bahan bangunan, maupun kemampuan para pekerjanya. Maka Anda pun dapat mempercayakan proses pembangunan rumah impian Anda sepenuhnya kepada penyedia jasa kontraktor rumah murah yang telah Anda pilih tadi.

  4. Mengawasi proses pembangunan hingga selesai
    Ketika semua tips di atas sudah Anda lakukan, maka waktunya Anda memulai proyek pembangunan rumah Anda. Tapi sebelumnya pastikan bahwa Anda juga ikut mengontrol pekerjaan penyedia jasa kontraktor rumah yang telah Anda sewa meskipun mereka sendiri biasanya menyediakan tim pengawas juga tetapi tak ada salahnya jika Anda juga ikut melakukan pengecekan terhadap progres pekerjaan tukang bangunan tersebut.

    Setidaknya amati hasil kerja mereka kurang lebih setiap satu sampai dengan dua minggu sekali untuk memastikan pekerjaan yang dikerjakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu, dengan adanya pengecekan seperti ini komunikasi Anda dengan mereka pun menjadi lebih baik dan menghindari terjadinya kesalahpahaman nantinya.

Saatnya Menggunakan Penyedia Jasa Kontraktor Murah Yang Terpercaya dan Ahli di Bidangnya

Mencari penyedia jasa kontraktor rumah yang murah tentunya akan terasa sangat menyulitkan apabila Anda tidak mempunyai referensi sama sekali. Dengan begitu Anda tidak mengetahui starting point yang tepat untuk memulainya dari mana.

Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika Anda mencari terlebih dahulu penyedia jasa kontraktor murah yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah impian Anda. Salah satunya yaitu dengan menanyakan rekomendasi penyedia jasa kontraktor murah yang pernah digunakan sebelumnya oleh orang lain, terutama dari orang terdekat Anda.

Sebisa mungkin pilih lah penyedia jasa bangun rumah murah yang mempunyai pelayanan yang lengkap baik itu di bidang desain interior, eksterior, pekerjaan sipil, maupun berbagai kebutuhan bangun rumah lainnya. Satu hal yang perlu Anda ingat yaitu jangan hanya termakan harga jasa kontraktor bangun rumah yang sekadar murah saja. Tetapi pastikan mereka menyediakan keperluan bangunan yang bermutu dan menghasilkan kualitas yang terbaik untuk rumah impian Anda nantinya.

Nah, selesai sudah ulasan mengenai beberapa tips untuk membangun rumah agar nyaman dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda tentunya Anda tidak perlu ragu lagi bukan? Tapi yang jelas Anda harus memilih penyedia jasa kontraktor rumah murah yang terpercaya ya!

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa