Jasa Bangunan

Posting pada 20 Dec 2016 #


Dalam membangun rumah tentu membutuhkan jasa bangunan yang dapat dipercaya. Menggunakan jasa kontraktor bangunan akan membantu anda dalam hal perencanaan, pengerjaan, maupun pengawasan pembangunan.

Dalam hal ini, anda akan dapat menghemat waktu dan biaya terutama dalam tahap perencanaan, terutama bagi anda yang tidak terlalu paham perihal bangunan. Selain itu biasanya biaya jasa bangunan yang dikenakan relatif tidak mahal bila dibandingkan dengan resiko yang dapat anda dapatkan apabila anda mempekerjakan pemborong dengan domisili yang tidak jelas. Bisa jadi bangunan anda belum selesai tapi dana sudah habis, atau tidak ada garansi, dan lain sebagainya.

Dalam memilih kontrakor  jasa bangunan hal-hal yang perlu anda perhatikan adalah, antara lain:

1. Kontraktor dengan legalitas yang jelas. Pilihlah kontraktor yang jelas badan usahanya, memiliki kantor, izin usaha yang masih berlaku, serta memiliki reputasi yang baik. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari, karena kontraktor dengan badan usaha yang jelas cenderung akan selalu menjaga kualitas dan reputasinya.

2. Kontraktor dengan hasil pekerjaan yang baik dan berpengalaman.  Kualitas pekerjaan yang baik dapat dilihat pada hasil kerja kontraktor tersebut pada proyek-proyek sebelumnya. Selain itu anda bisa lihat dari daftar pengalaman kontraktor tersebut apakah sudah banyak mengerjakan proyek-proyek bangunan yang sejenis dengan bangunan yang anda inginkan.

3. Kontraktor yang mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya. Ini juga penting untuk dipertimbangkan, kalau kontraktor mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya, apalagi kalau anda kenal dengan pengguna jasa tersebut, maka anda bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang hasil pekerjaan dan tanggung jawab kontraktor tersebut.

4. Kontraktor dengan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman. Hal ini penting untuk menjamin hasil pekerjaannya berkualitas baik. 

5. Kontraktor dengan harga yang wajar. Jangan memilih kontraktor dengan harga yang sangat mahal, tetapi hindari juga kontraktor yang menawarkan harga borongan yang sangat murah karena bisa jadi mereka salah dalam perhitungan dan nantinya akan mengorbankan kualitas, atau parahnya akan menghentikan pekerjaan jika mengalami kerugian. Pilihlah kontraktor yang memberikan harga borongan yang wajar. Setiap usaha pasti menginginkan keuntungan, 10 sampai 20% merupakan keuntungan yang wajar bagi kontraktor. 

6. Kontraktor yang bertanggung jawab dan memberikan garansi. Apakah kontraktor tersebut berani memberikan garansi hasil pekerjaannya jika suatu saat nanti terjadi kerusakan bagian bangunan contohnya seperti atap bocor? Apakah kontraktor tersebut bertanggung jawab dan cepat tanggap terhadap keluhan pelanggannya? Secara riil hal ini bisa diketahui dari pengguna jasa sebelumnya atau jika kita mengenal baik kontraktor tersebut.










Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami