Mirip dengan Kayu dan Anti Rayap! Kenali Kelebihan dan Kekurangan Conwood

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 14 Nov 2022


Saat ini banyak inovasi bermunculan material bangunan yang dapat menggantikan kayu yang lebih kuat serta anti rayap. Salah satu inovasi yang bisa Anda pilih yaitu material conwood.

Conwood hadir untuk memberikan material bahan bangunan yang berkualitas tinggi sebagai pengganti kayu. Apa itu conwood? Apa kekurangan dan kelebihannya? Yuk Kenali Conwood lebih lanjut

Conwood Terbuat dari Bahan Apa?

Conwood memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama dengan kayu solid. Meskipun tampilannya mirip, nyatanya kedua material tersebut terbuat dari bahan yang berbeda.

Conwood adalah substansi kayu yang terbuat dari bahan dasar fiber semen dengan campuran selulosa. Semen yang digunakan pun berkualitas tinggi dengan serat daur ulang pilihan. Persentase bahan pembuatan conwood yaitu sebesar 70% fiber semen dan 30% selulosa.

Nah kedua bahan tersebut nantinya akan dicetak dan dikeringkan menggunakan teknologi khusus agar menghasilkan kepadatan material yang sama dengan kayu. Tidak heran jika conwood saat ini mulai banyak digunakan sebagai alternatif pengganti kayu.

Menjadi Alternatif Kayu yang Anti Rayap!

Material kayu memiliki kekurangan ketahanan terhadap serangan rayap. Maka itu Conwood menjadi alternatif kayu terbaik yang anti rayap.

Bagaimana bisa conwood anti rayap? Bahan pembuatan conwood yang membuatnya tidak mudah dihinggapi oleh rayap

Baca Juga: 5 Bahan Alternatif Kayu Yang Anti Rayap

Kelebihan & Kekurangan Conwood

Dinding conwood
Walaupun menjadi material yang bebas rayap, material conwood memiliki beberapa kekurangan dan kelebihannya. Apa saja?

  • Kekurangan Conwood
    • Memiliki Bobot Berat
      Conwood memiliki bobot yang lumayan berat sehingga menyulitkan untuk memindahkan atau memasang conwood. Maka itu, dibutuhkan tim yang profesional dan bantuan alat yang mumpuni

    • Membutuhkan Penopang Yang Kokoh
      conwood memiliki bobot yang cukup berat, maka Anda perlu memerlukan penopang yang kokoh. Penopang tersebut sangat berfungsi bagi Anda terutama ketika akan memindahkan material maupun ketika proses instalasinya.

    • Tidak Tahan Benturan
      Ketika Anda akan memindahkan conwood disarankan untuk berhati-hati, karena material ini memiliki ketahanan yang rendah terhadap benturan. Pastikan saat proses memindahkan material tidak berbenturan dengan material lain jika tidak ingin conwood rusak.

    • Mudah Tergores
      Conwood juga tidak tahan akan goresan, maka itu anda perlu berhati-hati ketika meletakkan material ini sebelum digunakan. Setelah proses instalasi selesai pun pastikan juga tidak ada benda tajam di sekitar material.

    • Beda Jenis Beda Pula Fungsinya
      Material conwood memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika Anda tertarik menggunakan material ini jangan sampai salah pilih jenis conwood. Dibutuhkan ketelitian yang baik sebelum memilih menggunakan material conwood ini jika tidak ingin material yang dipilih berbeda dengan kebutuhan Anda.


    •  
  • Kelebihan Conwood
    • Harga Lebih Terjangkau
      Salah satu kelebihan conwood yang bisa menjadi pilihan material terbaik bagi Anda yaitu harganya. Conwood memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang material kayu pada umumnya.

    • Tahan Akan Perubahan Cuaca
      Cuaca yang ekstrem sekalipun, material conwood tidak akan memuai maupun menyusut akibat perubahan cuaca. Tidak hanya itu, conwood juga memiliki ketahanan yang baik terhadap lingkungan lembab yang membuatnya tidak mudah mengalami pelapukan.

    • Tidak Mudah Terbakar
      Tidak perlu khawatir rumah Anda menggunakan material conwood ketika tersulut api akan memicu terjadi kebakaran. Karena material ini memiliki kelebihan ketahanan yang baik terhadap api sehingga membuatnya tidak mudah terbakar.

    • Ramah Lingkungan
      Kandungan di dalam conwood telah melalui proses pengolahan dengan teknologi yang ramah lingkungan. Bahkan material conwood telah teruji 100% bebas kandungan asbes. Hal tersebut dapat menjaga kesehatan Anda dan keluarga lebih terjamin.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan conwood jika Anda menggunakan material ini sebagai bahan membangun rumah.

Tertarik menggunakan material conwood? Anda bisa memilih jasa renovasi rumah Mitrarenov untuk membantu mewujudkan memiliki hunian rumah dengan material conwood terbaik dari Mitrarenov.

Artikel Serupa

Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah, Batako dan Bata Ringan

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 01 Nov 2016

Mau pakai apa dinding rumah anda? Bata merah, batako atau bata ringan? Mana yang lebih kuat, lebih indah atau lebih murah? Pada artikel ini kami berusaha untuk membandingkan ketiganya untuk anda. ...

Mirip dengan Kayu dan Anti Rayap! Kenali Kelebihan dan Kekurangan Conwood

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 14 Nov 2022

Conwood bisa menjadi alternatif terbaik pengganti kayu solid sebagai bahan pembangunan rumah. Yuk kenali kelebihan dan kekurangannya material ini ...

5 Bahan Alternatif Kayu Yang Anti Rayap

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 09 Feb 2021

Sebelumnya, apakah anda sudah mengenal conwood? Atau HPL? Kedua material ini merupakan material inovatif yang menjadi pengganti kayu, dan pastinya anti rayap ...

Lebih Unggul Mana? Gypsum atau Triplek

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 23 May 2022

Memilih material plafon memerlukan ketelitian supaya mendapatkan yang terbaik. Jadi pastikan tahu kekurangan dan kelebihan gypsum dan triplek berikut ...