Mengawali Pembangunan Rumah di Depok dari Titik Nol

Posting pada 16 Aug 2017 #


Membangun di daerah Depok sebuah hunian adalah perkara susah gampang. Seringkali kita jumpai jasa bangun rumah depok yang menawarkan harga terjangkau dengan konsep yang dimiliki perusahaan, tapi tidak sedikit pula yang menawarkan layanan pembangunan yang dimulai dari nol. Sementara itu, segala hal yang dimulai dari nol selalu punya tantangan tersendiri. Menjalankan bisnis dari nol saja membangun tidak mudah, apalagi jika ingin membangun hunian idaman?

Memulai dari awal seperti titik nol butuh porses panjang, ketelatenan, karena tidak hanya mempersiapkan jasa bangun rumah dan materialnya saja, tapi pencarian lokasi lahan untuk membangun juga termasuk bagian dari proses. Tapi bukan berarti itu menjadi hal yang tidak mungkin, karena Mitrarenov.com telah mengumpulkan 7 tips untuk memulai pembangunan rumah dari titik nol. Oleh karena itu, simaklah baik-baik artikel ini sampai tuntas agar Anda bisa mewujudkan membangun rumah idaman Anda.

  1. Pencarian lahan untuk lokasi pembangunan
    Mencari lahan kosong bukan perkara mudah, apalagi saat ini yang sepertinya terlihat lebih mudah mencari kawasan ruko dibandingkan dengan tanah kosong. Belum jika Anda ingin lokasi yang strategis berdekatan dengan fasilitas umum seperti sekolah, pasar, dan instansi pemerintah. Kalaupun ada, biasanya harga tanah kosong di perkotaan dipatok 2 - 3 kali lipat dibandingkan dengan desa. Oleh karena itu, dalam fase pertama ini Anda harus bisa menentukan tujuan pembangunan. Apakah ditujukan sebagai hunian sehari-hari, tempat istirahat setelah lelah bekerja, atau sebagai investasi mencari kedamaian di hari tua.

    Jika opsi pertama menjadi pilihan, tidak ada salahnya untuk memasang pemberitahuan mencari lahan di kawasan yang Anda tentukan. Meminta bantuan pada jasa bangun rumah depok juga bisa. Namun, jika yang kedua adalah tujuannya, lebih mudah karena di desa masih tersedia lebih banyak tanah kosong. Tinggal dibicarakan dengan pemiliknya saja, apakah memiliki rencana untuk menjualnya atau tidak.

  2. Menyiapkan anggaran dana
    Idealnya, membangun rumah yang dimulai dari titik nol harus diimbangi dengan cadangan dana sebesar 10% dari total biaya yang dianggarkan. Cadangan tersebut akan dijadikan sebagai antisipasi apabila ada pengeluaran yang disebabkan hal tak terduga seperti kenaikan bahan material.

  3. Baca Juga: Bangun Rumah Tanpa Ribet? Gunakan Jasa Bangun Rumah Di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi

  4. Memperluas pengetahuan seputar desain, gaya, material, dan konstruksi bangunan
    Setelah menyelesaikan dua fase sebelumnya, langkah selanjutnya adalah membekali diri dengan wawasan seputar dunia konstruksi dan bangunan. Selain bisa memudahkan Anda dalam menentukan pilihan material dan gaya bangunan yang cocok dengan impian dan dana Anda, pengetahuan tersebut juga bisa dipakai untuk meminimalisir terjadinya pemanfaatan dalam konotasi negatif oleh jasa bangun rumah yang Anda pakai.

  5. Membuat daftar untuk kebutuhan periode berkala
    Daftar kebutuhan berkaitan dengan skala prioritas. Sebagai pemilik proyek, Anda harus tahu apa yang menjadi kebutuhan Anda. Lebih mudah jika diklasifikasikan berdasarkan periodenya, seperti jangka pendek, menengah, serta panjang.

    Misalnya untuk kebutuhan pendek atau yang terdekat, asal ada ruang utama seperti kamar, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu sudah cukup. Selanjutnya untuk jangka menengah ketika Anda sudah berpasangan dan membutuhkan ruang lebih seperti tempat bekerja bisa ditambahkan. Oleh karena itu, ada baiknya jika sejak awal merencanakan bersama jasa bangun rumah depok, Anda sudah punya inisiatif untuk mengkonsep hunian sebagai rumah tumbuh.

  6. Mengumpulkan daftar referensi untuk model hunian impian
    Manusia itu mudah terpesona dengan hal-hal yang menarik perhatian, kosnep yang sama berlaku dalam pemilihan gaya aristektur hunian. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang ingin membangun rumah untuk mencari banyak referensi. Karena hunian impian tidak hanya berwujud konsep idaman sesuai keinginan Anda, tetapi lebih bijak adalah punya tujuan yang jelas dan menjadi jawaban untuk kebutuhan Anda

  7. Mencari jasa bangun rumah depok
    Membangun rumah bukanlah pekerjaan yang bisa dikerjakan sendiri. Sejak fase pertama, Anda membutuhkan bantuan orang lain. Termasuk dengan proses pencarian jasa bangun rumah. Mulai dari arsitek, kontraktor, pemborong, tukang, hingga asisten tukang, semua harus dicari dengan teliti. Sebagai pertimbangan, Anda kini bisa menemukannya pada lokapasar konstruksi dan bangunan yang tersedia di internet.

  8. Mengetahui tata cara untuk mengurus izin mendirikan bangunan (IMB)
    Administrasi IBM harus diselesaikan sejak awal, jangan disepelekan. Kecuali jika Anda ingin terkena masalah saat proses pembangunan berlangsung, atau skenario terburuknya bangunan yang telah berdiri kokoh bisa dipertanyaan legalitasnya dan Anda harus mengalami kerugian yang besar.
Jika 7 proses di atas telah Anda lalui dengan tepat, maka membangun rumah dari nol jelas bukan perkara sulit lagi. Sepakat?

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa