Membangun Hunian dalam Bidang Miring, Kenapa Takut?

Posting pada 01 Nov 2019 # membangun rumah, bangun rumah di lahan miring, rumah di puncak


Desain arsitektur adalah konsep yang berfokus pada komponen atau elemen struktur. Seorang arsitek umumnya yang bertanggung jawab atas desain arsitektur. Mereka bekerja dengan ruang dan elemen untuk menciptakan struktur yang koheren dan fungsional.

Dalam sebuah kasus bidang tanah miring ternyata tidak terlalu banyak disukai orang, Posisi bidang miring tentu tidak menguntungkan di saat banjir dan longsor, serta mengundang bahaya sendiri.

Banyak sekali dampak lain yang menjadikan masyarakat merasa cemas ketika bertemu dengan medan tanah yang miring. Mengapa demikian? Karena dengan kondisi tanah yang tidak rata, Anda akan mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan sebuah konstruksi yang baik serta hunian yang nyaman. Namun untuk sebagian orang lainnya, kondisi ini justru menarik dan menantang? karena hunian yang ada di tanah miring terkesan lebih unik dan dapat menjadi pembeda dengan berbagai jenis-jenis rumah tinggal lainnya.

Baca juga: Tampil Trending Ala Milenial Dengan Kitchen Industrial Masa Kini


Nah untuk artikel dibawah ini anda dapat melihat beberapa tips dibawah ini terkait dengan apa yang harus diperhatikan dalam membangun hunian dalam bidang kemiringan. Dalam membangun hunian bidang atau medan miring banyak sekali yang perlu diperhatikan terutama dalam segi ketinggian kemiringan tanah, posisi jalan, luas lahan, apakah ada bangunan di sekitar lahan yang akan dibangun. Setelah data tentang lahan yang miring telah lengkap, barulah dibuat gambar desain rumah yang memperhatikan tata letaknya, misalnya menghadap ke mana, berapa panjang dan lebarnya, memanjang atau melebar, di mana posisi carport, taman, sumur resapan. Dengan lahan miring, kebanyakan ahli bangunan menyarankan agar rumah dibuat bertingkat.

Disamping itu Perlu diketauhi juga bahwa tentang sebuah pandangan dimana memaksimalkan pandangan sedapat mungkin adalah salah satu keuntungan memiliki situs curam. Anda dapat mendesain bangunan bertingkat yang berarti banyak peluang untuk kamar yang lebih ramping dengan kaca dan pemandangan. Anda juga bisa melihat atap bagian bawah bangunan dari atas, peluang untuk teras dan ruang luar. Selanjutnya Pikirkan tentang akses dan bagaimana orang akan dapat bergerak di sekitar situs curam.

Untuk segi cahaya, Pertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan cahaya. Apakah tempat anda mendapat manfaat dari aspek yang baik? Bagaimana Anda bisa memastikan Anda mendapatkan cahaya ke dalam hunian anda.

Jika ketinggian kemiringannya tak besar, perbedaan tinggi permukaan ruang satu dengan lainnya dapat dihubungkan dengan tangga sedikit agak miring. Dan letak seninya ada pada naik turun atau tinggi rendahnya ruangan yang dibuat. Beda ketinggian itulah yang menyebabkan rumah itu disarankan di bangun bertingkat pada posisi bidang miring. 

Berikut adalah beberapa gambar inspirasi untuk Anda

rumah minimalis di bidang miring


rumah minimalis di bidang miring

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa