Masih Ragu Bangun Rumah Sendiri? Simak Langkah-Langkahnya Berikut untuk Lebih Memantapkan Hati

Posting pada 14 Jul 2018 # Masih Ragu Bangun Rumah Sendiri? Simak Langkah-Langkahnya Berikut untuk Lebih Memantapkan Hati


Memiliki rumah adalah impian semua keluarga. Beberapa orang memilih membeli rumah yang telah siap huni karena dinilai lebih praktis. Namun, banyak juga yang memutuskan untuk membangun sendiri rumah impiannya karena alasan kepuasan. Dengan membangun rumah sendiri, Anda dapat menentukan desain rumah, jenis kramik, hingga model gagang pintu sesuai dengan selera Anda.Meski demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa akan ada lebih banyak hal yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk membangun rumah dibandingkan dengan membeli jadi. Jika sampai salah perhitungan, bukan tidak mungkin Anda justru bisa dibuat rugi dan menyesal. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Oleh karena itu, coba pelajari langkah-langkah bangun rumah berikut untuk memantapkan keinginan Anda. 

1. 
Membuat Rancangan Rumah Idaman
Sebelum mulai membangun rumah, pastikan Anda sudah memiliki gambaran yang jelas mengenai rancangan rumah yang Anda idamkan. Mulai dari desain, tipe, ukuran, jumlah dan letak ruangan di dalamnya, ukuran pintu dan jendela, juga material yang akan digunakan. Rancangan ini nantinya akan berguna sebagai acuan pembuatan rumah Anda.

2. Menghitung Estimasi AnggaranPerhitungan biaya adalah hal yang paling krusial dalam tahapan membangun rumah. Tanpa adanya rincian dana, Anda bisa saja mengalami kerugian karena mengeluarkan uang tanpa menggunakan perhitungan yang tepat. Buatlah estimasi biaya pembelian material, sewa kontraktor, pengurusan izin, dan hal-hal lain secara detail. 

3. 
Menentukan Lokasi yang Tepat 
Agar dapat tinggal di rumah baru dengan nyaman, Anda juga harus memilih dengan hati-hati lokasinya. Beberapa pertimbangan pemilihan tempat yang ideal untuk membangun rumah diantaranya adalah: 
· Keamanan lingkungan dari bahaya bencana alam dan kriminalitas.
· Kestrategisan lokasi (dekat dengan sekolah anak, tempat bekerja, dan pusat perbelanjaan).
· Jauh dari polusi udara, air, dan suara.

4. 
Mengurus Perizinan IMB 
Setiap bangunan yang berdiri di Indonesia haruslah memiliki izin pendirian. Proses pembuatan izin ini bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan, oleh sebab itu, pastikan Anda tidak menunda-nunda untuk mengurusnya. Segera siapkan persyaratan yang dibutuhkan, termasuk desain rumah, ukuran, dan penjelasan fungsi tiap ruangan yang ada di dalamnya. 

5. 
Memilih Tukang Bangunan yangProfesional
Tukang bangunan tidak bisa dipilih sembarangan karena merekalah yang akan menentukan hasil akhir rumah Anda. Tukang yang kurang profesional akan membuat Anda tidak puas dengan hasil kerjanya. Selain itu, karena kurangnya keterampilan yang dimilikii, bukan tidak mungkin mereka akan membutuhkan waktu yang lama dalam membangun rumah Anda. Tentunya hal ini akan berakibat pada pembengkakan biaya.Cobalah mencari tau kredibilitas mereka dahulu. Anda bisa saja bertanya pada tetangga, saudara, atau teman yang telah memiliki pengalaman membangun rumah. Jangan lupa juga untuk melihat sendiri hasil kerja mereka. Jika tidak ingin kerepotan, Anda bisa menyerahkan urusan pembangunan pada kontraktor yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

6. 
Membangun Rumah Anda 
Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, Anda bisa segera membeli bahan-bahan dan mulai untuk bangun rumah idaman. Jangan lupa untuk selalu mengawasi prosesnya agar pengerjaan rumah Anda sesuai dengan rencana dan dapat selesai tepat pada waktunya. 

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa