Banner Listrik di Rumah Sering Jeglek? Cek Berikut Ini

Listrik di Rumah Sering Jeglek? Cek Berikut Ini

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 26 Mar 2024


Listrik jeglek tentu sangat menyebalkan apalagi terjadi pada saat sedang digunakan. Biasanya hal ini terjadi saat menggunakan perangkat berdaya besar seperti menyalakan komputer, menyetrika baju, menggunakan AC dan sebagainya

Jika hal ini sering terjadi Anda harus segera mencari tahu penyebabnya kemudian memperbaiki. Sebab jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik. Berikut beberapa indikasi penyebab serta cara efektif menanganinya.

Penyebab Paling Umum Listrik Jeglek

listrik jeglek

Sebetulnya, saat pertama kali terjadi tegangan turun tiba-tiba atau jeglek di rumah Anda harus mulai waspada dan memeriksa penyebabnya. Bisa jadi karena hal-hal sepele namun tidak disadari. Berikut beberapa indikasi penyebabnya.

Instalasi Kabel Listrik Buruk

Penyebab listrik jeglek yang pertama adalah kondisi kabel yang sudah buruk. Seperti getas, mengelupas, sobek dan sebagainya sehingga komponen didalamnya keluar atau tampak tidak rapi dan berserabut.

Korsleting Aliran Listrik

listrik korsleting

Hubungan arus pendek atau korsleting juga jadi penyebab tegangan turun tiba-tiba. Biasanya ini merupakan fungsi pengamanan sekring, sehingga menghindari terjadinya kebakaran atau risiko keselamatan lain pada instalasi.

Baca Juga: Bahaya! Ini Penyebab Korsleting Listrik Dan Cara menanganinya

Perangkat Elektronik Rusak

Penggunaan perangkat yang sudah rusak juga jadi salah satu penyebab jeglek karena konsumsi dayanya jadi lebih besar. Misalnya AC bocor, pemanas air yang komponennya sudah berkarat, penggunaan setrika dengan kontrol suhu sudah rusak.

Pemakaian Listrik Berlebihan

Kebiasaan ini sering tidak disadari. Pada rumah dengan daya 450 Watt misalnya, tapi semua perangkat elektronik bekerja bersamaan seperti magic com, kulkas, AC, mesin cuci, water heater, setrika sudah pasti listrik akan jeglek.

Adanya Kebocoran Arus Listrik

Adanya kebocoran arus juga jadi salah satu penyebab, hal ini dikarenakan besarnya arus yang mengalir jadi lebih banyak. Seolah hanya menggunakan beberapa perangkat elektronik, tetapi konsumsi dayanya sangat besar sehingga tegangan turun secara tiba-tiba.

Baca Juga: Tagihan Listrik Bengkak? Bisa Jadi Listrik Bocor! Cek Disini

Cara Menangani Listrik Jeglek

cek listrik jeglek

Dari beberapa indikasi penyebab di atas, Anda bisa melakukan antisipasi sendiri. Beberapa cara berikut ini dapat diterapkan supaya tegangan di rumah tetap stabil dan perangkat elektronik tidak mengalami kerusakan

Gunakan Stabilizer

Agar listrik tidak jeglek Anda perlu menggunakan stabilizer. Fungsi stabilizer adalah untuk memastikan daya atau power supply tersimpan dan tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat jika tegangan turun tiba-tiba.

Pakai Listrik Seperlunya

Menerapkan kebiasaan penggunaan perangkat elektronik seperlunya juga efektif menghindari terjadinya jeglek. Biasakan untuk mematikan AC, TV, lampu, kipas angin, mencabut charger saat tidak digunakan atau sebelum keluar rumah.

Perbaiki Instalasi Listrik yang Rusak

Segera perbaiki instalasi yang rusak, ini juga salah satu cara mengatasi listrik jeglek. Misalnya kabel terkelupas, segera ganti baru. Kemudian perangkat elektronik seperti stopkontak juga perlu segera diganti jika muncul kerusakan.

Langkah efektif lainnya adalah mengganti perangkat elektronik dengan yang hemat energi. Contoh mudahnya mengganti bohlam pijar dengan lampu LED. Ini akan sangat membantu mengurangi resiko jeglek.

Pastikan Tidak Ada Arus yang Bocor

Lakukan deteksi secara berkala melalui meteran atau menggunakan multitester untuk memastikan tidak adanya kebocoran. Selain meminimalisir jeglek, pemeriksaan ini juga memaksimalkan efisiensi biaya listrik bulanan Anda.

Ganti MCB

pergantian MCB

Segera ganti MCB jika sudah lama dan mulai usang. Lama atau usia pakai tidak dapat ditentukan secara pasti tetapi bisa dilihat dari pemakaian listrik sehari-hari. Selain itu, penggantian juga harus segera dilakukan jika kebutuhan daya mengalami peningkatan.

Bukan hanya rumah dengan daya rendah yang sering mengalami tegangan turun tiba-tiba. Rumah dengan daya besar jika pemakaiannya berlebihan atau karena faktor perangkat yang tidak prima bisa menyebabkan listrik jeglek.

Artikel Serupa

Banner Berita Posisi AC yang Tepat Biar Makin Awet dan tetap Dingin

Posisi AC yang Tepat Biar Makin Awet dan tetap Dingin

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 14 Aug 2023

Saat Anda baru membeli air cooler, pastikan memahami posisi pasang AC yang benar tersebut agar lebih awet dan nyaman selama digunakan. ...

Banner Berita 5 Hal Penting Penggunaan Stopkontak Yang Harus Anda Ketahui

5 Hal Penting Penggunaan Stopkontak Yang Harus Anda Ketahui

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 31 Oct 2023

Perhatikan 5 Hal penting penggunaan stopkontak yang harus anda ketahui untuk menghindari masalah korsleting listrik ...

Banner Berita Tagihan Listrik Bengkak? Bisa Jadi Listrik Bocor! Cek Disini

Tagihan Listrik Bengkak? Bisa Jadi Listrik Bocor! Cek Disini

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 19 Mar 2024

Pemborosan tagihan bisa jadi indikasi kebocoran listrik, Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengeceknya? Simak berikut ini ...

Banner Berita Tembok di rumah lembab? ini cara mengatasinya

Tembok di rumah lembab? ini cara mengatasinya

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 22 Feb 2023

Pernahkah Anda mengalami dinding rumah lembab? Mengapa bisa demikian? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ketahui selengkapnya hanya di artikel ini! ...

Konsultasi Gratis