Lebih Mahal Mana Tukang Bangunan Harian Atau Jasa Bangun Rumah Murah?

Posting pada 26 Nov 2018 #


Rumah merupakan sebuah kebutuhan primer yang sudah pasti dicari oleh setiap manusia. Selain sebagai tempat untuk berteduh, rumah juga mempunyai peranan yang paling penting untuk sarana berkumpul bersama anggota keluarga dan juga tempat untuk beristirahat sejenak di kala penat saat melakukan berbagai macam aktivitas.

Setiap orang tentunya mempunyai impian untuk mempunyai rumah sendiri yang sesuai dengan keinginannya. Tidak hanya dengan membelinya, melainkan banyak orang yang lebih memilih untuk membangun rumah sendiri karena sesuai dengan apa yang dibutuhkan maupun kualitas bahan bangunannya pun juga lebih baik.

Untuk mendapatkan harga pembangunan rumah yang terjangkau, sebenarnya ada beberapa hal yang sering dilakukan banyak orang, salah satunya yaitu memilih jasa tukang yang tepat. Baik itu tukang bangunan harian maupun jasa bangun rumah yang sudah komplit dengan sewa tenaganya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

  1. Tukang Bangunan Harian
    Jika ditilik berdasarkan riwayat kerjanya, tukang harian biasanya melakukan pekerjaannya dengan cara mengandalkan pengalaman yang sebelumnya. Di mana pekerjaannya hanya sebatas pengetahuan yang dimilikinya saja. Sehingga apabila diajak untuk berkompromi masalah perencanaan pembangunan rumah lebih detail, mereka kurang sanggup untuk mengimbanginya.

    Namun, meskipun begitu bagi Anda yang mempunyai tabungan pembangunan rumah yang tidak terlalu besar dan masih pas-pasan, Anda dapat membangun rumah secara bertahap atau dengan kata lain tidak mengeluarkan dana yang banyak secara langsung, maka tenaga bangunan harian ini merupakan pilihan yang tepat bagi Andas. Sebab, Anda dapat membayar jasanya per harinya.

    Pada umumnya, tukang bangunan harian ini lebih lekat dengan jasa renovasi rumah saja karena harganya yang murah dan dapat dibayarkan per harinya sehingga kurang pas jika jasanya digunakan untuk membangun rumah. Alangkah lebih baiknya jika Anda menggunakan tenaga tukang bangunan borongan karena harga yang ditawarkan pun cukup berbeda jauh karena tidak dibayar secara harian.

  2. Jasa Bangun Rumah Murah
    Sudah bukan informasi yang baru lagi jika kebanyakan orang sering kali menggunakan jasa bangun rumah murah untuk membangun rumah mereka. Sebab, harga yang dijanjikan memang lebih murah jika dibandingkan dengan tenaga tukang bangunan harian. Hal ini tak lain karena jasa tersebut memberikan berbagai macam tawaran yang komplit dan tidak hanya sebatas tukang saja. Seperti halnya pembuatan rancangan desain menyeluruh hingga jaminan mutu dan juga kualitas bangunan.

    Tak ada salahnya kan untuk mendirikan rumah bersama jasa bangun rumah murah karena adanya jaminan pasti seperti halnya pemeliharaan selama 1-3 bulan jika hasilnya ada kerusakan dan bisa diperbaiki lagi tanpa adanya tambahan biaya. Bahkan, anggaran yang dipatok biasanya sudah dirincikan sedari awal berapa besar yang dibutuhkan untuk membangun rumah impian Anda.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Jasa Bangun Rumah Murah

Ada banyak sekali cara untuk memiliki rumah selain membelinya secara cash, kredit, maupun melalui KPR. Salah satu di antaranya yaitu membangun rumah itu sendiri. Namun, apabila Anda telah memutuskan untuk memilih pilihan yang terakhir tersebut maka Anda perlu mengetahui dengan pasti budget yang Anda siapkan dengan cara membuat simulasi maupun perhitungan jauh-jauh hari sebelumnya.

Dengan begitu, Anda pun tidak kesulitan lagi pada saat membuat anggaran biaya dan juga menyiapkan berbagai macam bahan bangunan. Nah, setelah mengetahui perbedaan biaya sewa jasa antara tukang bangunan harian dan juga jasa bangun rumah murah, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mendirikan rumah dengan harga yang murah, di antaranya yaitu :

  1. Buat perencanaan secara matang
    Nah, agar rumah yang Anda bangun sesuai dengan harapan maka buat terlebih dahulu perencanaannya secara matang dengan cara mengkonsultasikan kepada jasa desain maupun jasa bangun rumah murah itu sendiri. Tapi pastikan bahwa jangan sampai Anda memilih harga yang terlalu murah maupun di bawah standar karena hal itu harus diwaspadai karena bisa jadi kualitasnya tidak terlalu bagus.

    Hal yang penting untuk dilakukan adalah jangan sampai Anda langsung menyetujui perencanaan tersebut pada jasa bangun rumah murah tersebut. Melakukan lakukan terlebih dahulu riset kecil-kecilan terhadap hasil kerja sebelumnya dan apakah ada garansi atau tidak. Selain itu lakukan perbandingan terhadap yang lainnya minimal sebanyak 3 penyedia jasa pembangunan rumah tersebut.

  2. Luas bangunan
    Beberapa orang mungkin seringkali kebingungan saat membangun rumah dengan memperhatikan luas bangunannya. Sehingga asal pilih desain yang diinginkan tanpa memikirkan berapa luas bangunan yang dimilikinya. Tentunya hal ini akan membuat proses pembangunan tidak berjalan secara optimal.

    Sebagai contoh, apabila Anda menginginkan tipe rumah yang dibangun adalah 21/60 maka luas tanah yang dibutuhkan pun juga sebesar 60 meter persegi. Hal ini akan berbanding lurus dengan biaya yang akan Anda keluarkan. Di mana luas bangunan yang besar akan membutuhkan dana yang semakin banyak pula.

  3. Biaya bahan material
    Apabila Anda menggunakan jasa tenaga bangunan borongan, maka sangat diwajibkan untuk menghitung lagi biaya pembangunan rumah dari segi material maupun bahan bakunya yang sudah dipatok sebelumnya.

    Tidak hanya struktur pokok untuk pembangunan rumah seperti halnya pasir, kayu, dan juga batu saja. Melainkan juga termasuk dengan pondasi rumah beserta konstruksi baja ringan, genteng, atap, kusen, sampai cat rumah yang digunakan untuk melapisi dinding rumah Anda nantinya. Selain itu, cek juga biaya pemasangan instalasi listrik dan air apabila Anda menggunakan air yang berasal dari PDAM. Sebab, masing-masing penyedia jasa menetapkan harga yang berbeda.

  4. Siapkan dana darurat
    Meskipun harga pembuatan rumah yang Anda sepakati bersama penyedia jasa tersebut bisa terbilang murah, namun jangan sampai Anda menganggap remeh bahwa menyiapkan biaya anggaran darurat merupakan hal yang tidak perlu.

    Padahal, poin yang satu ini sangat penting dan bahkan seringkali disepelekan oleh banyak orang sehingga asal memilih penyedia jasa bangun rumah saja tanpa memperhatikan biaya yang dibutuhkan. Sebenarnya hal ini memang sah-sah saja. Tetapi akan berdampak besar dan tidak terduga terhadap rincian biaya yang dibutuhkan jika Anda tidak cermat terhadap anggaran yang sudah Anda siapkan.

    Apalagi jika ada penambahan khusus di ruangan tertentu maupun Anda ingin membuat sebuah taman maupun kolam renang di area rumah Anda. Pastinya ada biaya lebih yang harus Anda siapkan bukan? Untuk lebih amannya, lebih baik siapkan anggaran dana untuk pembangunan rumah sebesar 10 persen dari total perkiraan biaya yang sudah Anda rancang sebelumnya.

Membangun rumah memang memerlukan dana yang tidak besar, belum lagi ribet menyiapkan segala sesuatunya. Sehingga banyak orang yang memilih untuk membeli rumah jadi. Tapi, meskipun begitu membangun rumah dapat menjadi murah apabila Anda mengatur perencanaan anggaran yang baik dan terstruktur sesuai dengan tips di atas.

Murah dan tidaknya pembangunan rumah tentunya juga bergantung pada berbagai aspek termasuk kebutuhan ruangan apa saja yang Anda bangun. Maka dari itu, Anda memang harus menyiapkan dana yang cukup untuk membangun rumah.

Referensi jasa bangun rumah murah

Jika anda kesulitan mencari tenaga jasa bangun rumah, Mitrarenov dapat menjadi solusi tepat untuk anda. Mitrarenov merupakan perusahaan jasa kontraktor berpengalaman dalam membangun rumah maupun merenovasi rumah serta memiliki tenaga arsitek yang kompeten sehingga dapat menciptakan sebuah rumah yang berkualitas. Mitrarenov juga dapat membantu anda untuk membuatkan RAB atau rancangan anggaran biaya sehingga anda bisa tahu biaya yang akan dianggarkan pada saat pembangunan rumah dilaksanakan

Selain itu, kalau anda sedang berpergian keluar daerah atau sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk melihat perkembangan pembangunan rumah secara langsung, anda masih bisa memantaunya hanya melalui aplikasi Mitrarenov. Dengan Aplikasi ini, anda bisa memantau progress pembangunan rumah anda dimana pun dan kapan pun. Di tambah, Mitrarenov juga menambahkan fitur CCTV sehingga anda bisa memantaunya secara real time

Anda tertarik menggunakan jasa Mitrarenov? Jika iya, anda dapat menghubungi nomor whatsappnya: 0822 9000 9990.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa