Kenali Split Level untuk kebutuhan ruangan di rumah anda

Posting pada 02 Nov 2020 # Rumah split level


Pernahkah anda mendengar istilah rumah split level? Atau anda pernah mendengar sekilas namun belum tahu penjabarannya? Anda tentu harus memahami betul mengenai rumah type ini.

Split level adalah istilah dalam dunia arsitektur yang digunakan pada bangunan yang di bagian tertentu memiliki ketinggian lantai setengah antara lantai dan langit-langit. Belakangan, istilah ini sering juga digunakan untuk menggambarkan adanya perbedaan ketinggian lantai walau hanya beberapa puluh sentimeter.

Dalam perkembangannya split level tak hanya diaplikasikan pada rumah yang berlahan sempit, namun juga pada rumah yang luas. pengolahan lantai ini memberi kemungkinan variasi desain yang mempercantik tampilan rumah. Lantai yang dibuat naik turun, akan membuatkan rumah terlihat lebih dinamis.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep ini sudah cukup populer digunakan untuk mengakali rumah dengan lahan yang terbatas. namun, sebelum menerapkan konsep split level pada rumah, ada baiknya anda mengetahui kelebihan memiliki rumah berkonsep split level ini. Mari langsung kita simak!

  1. Konsep split level menghadirkan kesan rumah yang lebih dinamis

    split level 2

    Dibandingkan desain rumah biasa yang datar, rumah split level menghadirkan kesan rumah yang dinamis lebih hidup dan dinamis. Perbedaan tingkatan lantai akan semakin memberikan kita variasi dan keleluasaan untuk berkreasi mendesain interior rumah sehingga rumah tidak akan terasa monoton dan membosankan


  2. Interior yang lebih luas

    split level 2

    Langit-langit pada bagian atas rumah tentu tampak menjadi lebih tinggi. Selain itu, satu ruang yang level-nya terbagi tentu akan membuatnya tampak lebih luas. Anda menjadi leluasa untuk menempatkan berbagai perabotan di dalam rumah. Selain itu mobilitas anda juga berjalan dengan lancar tanpa harus khawatir dengan denah rumah yang sempit.

    Interaksi anda dengan keluarga juga akan semakin baik serta menambah keakraban, Karena tidak ada lagi sekat atau pembatas satu ruangan ke ruangan lainnya. Anda hanya dipisahkan pada level yang berbeda namun masih tetap dalam satu ruang yang sama. Hal ini tentu bisa meningkatkan intensitas komunikasi satu sama lain.


  3. Menghindari kesan monoton

    split level 2

    Rumah satu lantai yang sama rata dari beranda hingga bagian belakang, cenderung membosankan. Kesan monoton itu bisa dihindari dengan mengaplikasikan teknik split level. Selain terhalaunya kesan monoton, suasana hunian pun cenderung lebih bervariasi dan menarik. Perbedaan tinggi yang sedikit ekstrim atau desain khas, seperti halnya mezzanine, bahkan bisa menjadi eye catching sekaligus focal point.

    Ada banyak titik dimana anda bisa membuat perbedaan titik lantai, misalnya teras depan dibuat lebih tinggi dari halaman, ruang duduk lebih rendah dari ruang tamu, ruang kerja/belajar dan perpustakaan dirancang berupa mezzanine yang lebih tinggi dari ruang-ruang sekitarnya


  4. Menyiasati hunian sempit

    split level 1

    Salah satu cara jitu mengatasi hunian sempit adalah merenovasinya menjadi dua lantai atau lebih. Selain memakai tangga sebagai penghubung antar lantai, kombinasi tangga, void dan mezzanine akan menciptakan hunian dua lantai yang lebih menarik. Hunian sempit juga bisa disiasati dengan konsep terbuka. Misalnya menyatukan pantry, ruang makan dan ruang duduk dalam satu area terbuka tanpa dinding penyekat. Meski terkesan luas, ruang terbuka yang rata tetap tampak sebagai satu ruang. Dengan membuat split level pada area terbuka yang sama, anda seakan-akan memiliki banyak ruang. Perbedaan ketinggian menjadi batas imajiner yang membedakan fungsi ruang.

Demikian keunggulan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membangun rumah split level. Gimana? sudah ada gambaran untuk membangun rumah impianmu? Yuk bangun rumah split level anda dengan Mitrarenov

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa