Kenali Cara Menghindari Ulah Kontraktor Nakal

Posting pada 03 Jul 2020 # jasa kontraktor rumah, jasa kontraktor


Menggunakan jasa kontraktor menjadi pilihan yang paling realistis dan efektif untuk membangun rumah impian. Jasa kontraktor rumah pun terus menjamur dengan permintaan pembangunan rumah yang semakin tinggi. Banyak yang memberikan jasa yang profesional, cekatan, dan rapi. Namun, tidak sedikit juga yang tidak profesional, payah, dan nakal sehingga kontraktor seperti ini perlu diwaspadai.

Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih kontraktor. Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan utama adalah penawaran harga, nama besar kontraktor, serta pengalamannya. Semakin besar nama sebuah jasa kontraktor, maka semakin kecil pula kemungkinan untuk melakukan kecurangan. Namun, harga jasa yang ditawarkan pun sudah pasti tidak murah jika menggunakan jasa kontraktor yang sudah memiliki nama besar.

Seperti apa saja kenakalan kontraktor yang biasa terjadi di lapangan dan cara menghindarinya?
  1. Pilih kontraktor yang memiliki reputasi baik
    Hal yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih kontraktor adalah penawaran harga, nama besar yang terkait dengan kredibilitas pengembang, serta pengalamannya.

    Pilih kontraktor berpengalaman, terutama pekerjaan yang sejenis dengan yang akan dikerjakan. Cek hasilnya dengan melakukan kunjungan ke proyek yang telah dilaksanakan. Pastikan bahwa kontraktor tersebut benar-benar melakukan seluruh pekerjaan tersebut, bukan sekedar sub pekerjaan tertentu.

  2. Jangan mudah tergiur dengan tawaran kontraktor murah
    Sebagai konsumen atau klien dari kontraktor bangunan, sudah seharusnya Anda lebih teliti dengan melihat pengajuan tawaran biaya yang diberikan oleh kontraktor. Terkadang ada beberapa kontraktor yang sengaja tidak mencantumkan semua daftar pekerjaannya kepada konsumen agar biaya tersebut menjadi lebih murah. Ada pula kontraktor yang pada saat proses pembangunan ia mengajukan tambahan pekerjaan yang mengharuskan Anda membayar biaya tambahan. Oleh karena itu sebelum menyetujui tawaran kontraktor pembangunan rumah, sebaiknya pastikan untuk menanyakan semua tawaran pekerjaan yang mereka ajukan dan sesuaikan dengan biayanya.

  3. Turunkan tim pengawas
    Kinerja suatu pengawasan dinilai dari seberapa aktif dan kompaknya setiap personil dalam satu tim saat bekerja. Semua hasil pengawasan dilakukan dengan berdasar pada petunjuk teknis yang ada dan dengan professional.

    Adapun dalam pelaksanaan pekerjaan proyek, kadangkala mengalami hambatan, masalah dan gangguan selama pelaksanaan, namun hal itu dapat dengan mudah diatasi jika semua personil maupun instansi terkait, bekerja dengan maksimal secara koordinasi. Koordinasi adalah penentu suatu kinerja proyek dapat berjalan maksimal dan terkendali secara profesional. Sehingga akan meminimalisi kecurangan dari kontraktor nakal.

  4. Tetapkan spesifikasi material dengan jelas dan detail sejak awal
    Tentukan sejak awal rumah model apa yang hendak dibangun. Model rumah ini akan mempengaruhi penggunaan material dan spesifikasinya. Tapi biasanya orang menghitungnya secara kasar kebutuhan bangunan berdasarkan luas tanah. Misalnya saja harga membangun rumah per meter persegi sekitar Rp 3 juta. tinggal kalikan saja dengan luas tanah, katakanlah 200 meter persegi, maka total dana yang disiapkan Rp 600 juta. Meski begitu usahakan perhitungannya dibuat seakurat mungkin agar bisa diketahui besaran real dari biaya yang dibutuhkan. Perhitungan bisa disusun sendiri dengan mengetahui item-item pekerjaan pembangunan.

  5. Memperhatikan Keselamatan Pekerja Ketika Di lapangan
    Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan faktor yang paling penting dalam pencapaian suatu tujuan proyek. Resiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara umum masih sering terabaikan. Industri jasa konstruksi merupakan salah satu sektor industri yang memiliki resiko kecelakaan kerja. Sering terjadinya kecelakaan kerja pada proyek konstruksi diakibatkan kurang diperhatikannya Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3).

  6. Perhatikan Dalam Konsisten dengan progress pekerjaan
    Proyek Konstruksi merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan sumber daya tertentu, untuk mencapai hasil dalam bentuk bangunan atau infrastruktur.Proyek konstruksi melibatkan kontraktor, pemilik proyek, konsultan perencana dan konsultan pengawas yang saling terkait dalam sebuah perjanjian kerja yang disebut kontrak. Keberhasilan suatu proyek konstruksi ditentukan dari kesesuaian waktu, biaya dan mutu yang ditetapkan dalam dokumen kontrak.Dalam pelaksanaan proyek konstruksi sering terjadi keterlambatan yang disebabkan oleh pihak-pihak yang terlibat.
Nah, Sebelum membangun rumah pastikan untuk selalu waspada dan mengecek beberapa referensi kontraktor agar tidak bertemu dengan kontraktor nakal.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa