Kelebihan dan Kekurangan Rumah Tumbuh Untuk Rumah Jangka Panjang

Posting pada 18 Nov 2020 # Kelebihan dan Kekurangan Rumah Tumbuh Untuk Rumah Jangka Panjang


Rumah tumbuh adalah salah satu cara untuk merencanakan dan membangun rumah dengan cara bertahap. Rumah tumbuh biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Dana yang belum mencukupi adalah alasan yang paling sering digunakan saat seseorang memilih membangun rumah tumbuh.

Istilah rumah tumbuh belakangan diperkenalkan para pengembang hunian dan biasa dicantumkan di brosur promosi rumah yang mereka tawarkan. Membangun rumah tumbuh dapat diartikan sebagai proses pembangunan rumah yang dilakukan secara bertahap. Lahan yang tersedia tidak dibangun seluruhnya, melainkan dibiarkan dan akan dibangun di kemudian hari sesuai kebutuhan pemilik rumah, baik secara berkala atau sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Bila sudah mantap membangun rumah tumbuh, sebaiknya menentukan ke arah mana rumah tumbuh akan dibangun. Apakah ke atas (rumah bertingkat) atau ke samping? Bila lahan untuk mendirikan rumah tidak terlalu luas, pilihan menambah satu atau dua lantai ke atas adalah yang paling mungkin dilakukan. Sedangkan pengembangan rumah ke arah vertikal bisa dilakukan bila lahan yang tersedia cukup luas (misalnya lebih dari 90 meter persegi). Meski demikian, perlu diperhatikan juga agar pengembangan rumah nantinya tidak mengubah kondisi yang sudah ada, misalnya taman, teras, atau ruang terbuka lainnya. Renovasi atau pengembangan rumah juga sebaiknya tidak memaksa pemilik rumah mengubah elemen lain seperti sistem pencahayaan dan ventilasi rumah.

Ada beberapa Kelebihan dan kekurangan dalam pembuatan rumah tumbuh, apa saja kelebihan dan kekurangan, yuk simak artikel dibawah ini:

  1. Kelebihan pembuatan rumah tumbuh :

    • Bisa menikmati kepuasan tersendiri dalam proses membangun maupun pada saat mendiami rumah Anda. Dan Anda sedikit banyak mendapatkan suatu pengetahuan dan keahlian yang mungkin akan berguna di masa datang.

    • Membangun rumah sendiri, kalau perlu Anda terlibat langsung dalam pengawasan pelaksanaan maupun pengawasan keuangan. Berarti Anda mendapatkan bangunan dengan kualitas dan harga dan desain rumah yang paling baik dari yang Anda inginkan

    • Bebas melakukan perubahan-perubahan desain yang mungkin Anda inginkan atau Anda perlukan dalam proses pembangunan.


  2. Kekurangan dalam pembuatan rumah tumbuh: 

    • Anda perlu meluangkan waktu untuk mencari toko material kemudian membandingkan harga-harganya untuk mendapatkan material dengan harga terbaik

    • Anda juga perlu meluangkan waktu setiap hari untuk mengurus dan mengawasi jalannya pembangunan rumah Anda.

    • Karena lahan Anda bukan dalam kompleks perumahan yang dikembangkan oleh developer, maka kemungkinan besar Anda tidak dapat menikmati fasilitas umum yang memadai.

Jadi apakah Anda berminat untuk membangun rumah tumbuh? Jika anda berminat bisa langsung konsultasikan ke Mitrarenov, kami akan membantu anda dalam pembuatan rumah tumbuh.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa