Hemat Anggaran Pembangunan Rumah Menggunakan Jasa Bangun Rumah Murah Bogor

Posting pada 26 Nov 2018 #


Meskipun jumlah perumahan yang ada semakin banyak setiap tahunnya, hal ini tak memengaruhi bagi sebagian besar orang untuk membangun rumah impiannya sendiri. Alasan pembangunan rumah pribadinya tersebut tak lain karena mereka dapat membuat desain rumahnya sendiri yang sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhannya.

Tapi, satu hal yang perlu Anda ingat bahwa faktor biaya tak jarang kerap menjadi kendala bagi kebanyakan orang pada saat akan memulai pembangunan rumah. Maka dari itu tak heran jika sebagian besar orang memutuskan untuk menyewa, mengontrak, atau bahkan membeli rumah yang sudah jadi saja jika dibandingkan dengan membangunnya dari nol. Tapi, masih banyak orang yang ingin tetap membangun rumah karena bisa dijadikan investasi jangka panjang juga.

Penyebab Mahalnya Pembangunan Rumah Sebelum Memilih Jasa Bangun Rumah Murah Bogor

Ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab mengapa pembangunan rumah bisa menjadi begitu mahal harganya. Nah, berikut ini merupakan beberapa aspek yang membuat harga pembangunan rumah menjadi mahal, di antaranya yaitu :

  1. Luas tanah
    Satu hal yang pasti dilakukan sebelum membangun rumah adalah menghitung ketersediaan lahan yang dimiliki. Sebab, luas lahan yang akan digunakan untuk membangun rumah akan sangat berpengaruh terhadap luas bangunan yang akan didirikan. Hal inilah yang membuat pembangunan rumah menjadi mahal karena berdampak pada keseluruhan anggaran yang telah dirancang sebelumnya.

    Namun, jika Anda belum memiliki lahan maka segera cari terlebih dahulu sesuai dengan budget yang Anda. Apabila Anda menunda-nunda untuk membeli lahan yang masih kosong, maka harga tanah akan cenderung semakin naik setiap tahunnya. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika Anda membeli lahan sedini mungkin bukan?

  2. Lokasi
    Selain luas tanah, faktor lain yang harus Anda perhatikan tak lain adalah lokasi pembangunan rumah tersebut karena harga tanah pun juga akan mengikutinya. Sebagai contoh, apabila Anda membangun rumah dengan lokasi tanah yang terletak di daerah yang strategis seperti halnya di dekat jalan raya maka harganya pun juga akan jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan lahan yang berada di daerah pedesaan maupun kawasan yang tidak terlalu ramai dikunjungi banyak orang alias masih sepi.

  3. Bahan material
    Apabila Anda hanya mempunyai anggaran yang terbatas, maka gunakan bahan material sesuai kebutuhan saja. Seperti halnya untuk pembangunan pondasi, bahan cor, dan tiang besi yang sudah seharusnya kita utamakan terlebih dahulu pada saat membangun sebuah rumah.

    Selain itu, hindari penggunaan bahan material antik karena pastinya akan memakan biaya pengeluaran yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu, rencana anggaran biaya yang telah dirancang pun tidak akan melebihi ekspektasi.

    Ada baiknya jika Anda juga selalu meng-update harga terbaru dari bahan material yang digunakan untuk proses pembangunan rumah tersebut. Dengan begitu, Anda tidak merasa dibohongi oleh penyedia jasa bangun rumah Bogor yang seringkali ditawarkan.

  4. Jumlah ruangan
    Penggunaan jumlah ruangan ini berbanding lurus dengan bahan material. Di mana semakin banyak jumlah ruangan yang kita buat, maka semakin besar pula bahan pembangunan yang akan digunakan nantinya. Sehingga tak heran jika proses pembangunan rumah pun menjadi lebih mahal. Maka dari itu pastikan jika Anda membuat berapa jumlah ruangan yang akan dibuat dengan cara menyesuaikan kebutuhan.

    Cara yang terbaik yaitu dengan membuat denah kasarnya terlebih dahulu sebelum membangun rumah. Dengan begitu, Anda akan mengetahuinya dengan pasti berapa banyak jumlah ruangan yang akan dibangun di dalam rumah nantinya. Sehingga kebutuhan bahan material beserta yang lainnya pun dapat dihitung sesuai kebutuhan juga.

Tips Menghemat Pengeluaran Sebelum Menggunakan Jasa Bangun Rumah Murah Bogor

Bukan hal yang baru lagi jika membangun rumah memang membutuhkan anggaran biaya yang cukup besar. Tetapi tidak selamanya rumah yang mempunyai kualitas bagus itu mempunyai nilai yang tinggi. Nah, jika Anda ingin membangun rumah yang berkualitas dan biaya yang dibutuhkan tidak cukup mahal, maka simak penjelasan di bawah ini.

  1. Pastikan selektif dalam pemilihan jasa kontraktor
    Keberadaan jasa kontraktor bangunan di Bogor mempunyai peran yang sangat penting dalam tips menghemat pengeluaran pembangunan rumah. Nantinya mereka lah yang akan mengatur dan mengeksekusi seluruh bahan bangunan sampai rumah impian yang kita dambakan pun jadi dan bisa ditempati. Maka dari itu tak heran jika gaji yang dibutuhkan untuk mereka pun juga bisa dibilang cukup tinggi karena jasanya yang sangat berharga dalam membangun sebuah rumah.

    Nah, agar tidak sia-sia dalam menganggarkan biaya dalam pembangunan rumah, maka Anda harus benar-benar selektif ketika memilih penyedia jasa tersebut sebab akan berpengaruh pada biaya jasa kontraktor nantinya. Pastikan bahwa Anda memilih jasa kontraktor maupun tukang bangunan yang mempunyai reputasi yang baik dan berpengalaman di bidangnya.

  2. Pilih baja ringan sebagai material pembangunan atap
    Ada banyak sekali cara untuk mengakali harga bahan bangunan rumah yang kian melonjak. Salah satunya yaitu dengan cara menggunakan beton cor dan juga sedikit kayu untuk konstruksi atap nantinya.

    Namun sebenarnya cara tersebut ternyata hanya akan menambah beban pada bangunan maupun pondasi rumah Anda. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya Anda dapat menggunakan baja yang berbahan ringan.

    Meskipun biayanya memang agak mahal, tetapi bangunan serta pondasi pun tidak akan terbebani karenanya. Bahkan, cara pemasangannya pun juga sangat mudah dan praktis sehingga tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan pun bahan baja ini aman digunakan dan awet dalam jangka yang lama tentunya.

  3. Lakukan tanpa finishing
    Khusus untuk orang-orang yang memang mempunyai dana terbatas, trik yang ketiga ini sudah sepatutnya Anda ikuti. Alasan mengapa biasanya mereka menggunakan langkah ini karena tak lain untuk menekan biaya pengeluaran. Apalagi jika dana yang Anda miliki untuk pembangunan rumah tiba-tiba menipis tanpa sadar dan yang parahnya lagi adalah proses pendirian rumah tersebut bahkan belum selesai. Maka mau tidak mau Anda memang harus menghemat pengeluarannya.

    Caranya yaitu Anda hanya perlu membiarkan dinding rumah yang dibangun nantinya tidak diberikan finishing. Tentunya Anda sudah sering melihat dinding interior atau bahkan eksterior yang seperti ini bukan? Di mana dinding memang sengaja dibuat dalam keadaan dempul dan belum dicat. Orang-orang sering mengira bahwa rumah tersebut belum selesai tapi sebenarnya memang ada yang menggunakan konsep seperti ini untuk memberikan kesan yang industrialis lho!

    Pada dasarnya dinding semen polos yang telah dihaluskan ini bukan dibuat dengan cara yang asal-asalan. Melainkan untuk menghadirkan kesan yang industrial dan banyak sekali yang menggunakan trend ini. Bahkan, tidak hanya menggunakan semen saja tetapi membiarkan finsihing pada dinding menggunakan batu bata pun juga kerap disukai banyak orang karena menimbulkan gaya yang lebih oriental maupun klasik.

Itu lah ulasan mengenai tips menghemat pengeluaran pada saat akan membangun rumah dan juga yang paling penting adalah menghindari berbagai macam hal yang dapat menjadi penyebab besarnya biaya pembangunan rumah.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa