Ingin Membuat Kolam Ikan? Pelajari Tips Merawatmya Terlebih Dahulu

Posting pada 22 Dec 2017 # Cara merawat kolam ikan


Sebuah rumah yang memiliki konsep hunian alam biasanya memiliki kolam ikan untuk mendukung hal tersebut. Misalnya hunian yang menggunakan desain khas Jepang pasti memiliki kolam ikan Koi sebagai unsur utama.
Nah, kolam ikan hias wajjib dibersihkan secara rutin agar airnya tidak mudah keruh serta perkembangan ikan bisa maksimal. Sebelum mengetahui cara merawat kolam ikan, ada baiknya jika anda mengetahui faktor penting yang membuat kolam ikan senantiasa memiliki air yang jernih.

Faktor penting memiliki kolam ikan di rumah

Beberapa faktor penting berikut ini wajib anda perhatikan jika ingin memiliki kolam ikan yang baik, sehat dan senantiasa memiliki air yang jernih. 

  1. Memasang filter di kolam renang yang wajib dinyalakan agar kadar oksigen selalu terjaga.
  2. Membuat jadwal pembersihan secara berkala misalnya sebulan sekali. Namun, jika air mendadak terkena kotoran dan tampak keruh, segera lakukan pembersihan agar air tetap jernih.
  3. Pastikan sinar matahari bisa masuk ke dalam kolam agar para ikan bisa mendapatkan nutrisi vitamin D yang membantu tumbuh kembang mereka dengan baik. 
Kini, anda bisa mencoba memelihara beberapa ikan baik satu macam saja atau mencoba memasukkan beberapa jenis ikan misalnya ikan emas, nila atau ikan warna-warni lain. Jangan lupa untuk memberi pakan secara rutin ya! Nah, langkah selanjutnya adalah cara merawat kolam ikan yang baik dan benar wajib anda ketahui.

Cara merawat kolam ikan yang baik

Bagi seorang pemula yang memiliki kolam ikan baru di sekitar rumah, panduan merawat kolam ikan tentu sangat dibutuhkan. Perhatikan beberapa cara merawat kolam ikan yang baik berikut ini.

  1. Memberikan pasokan air yang maksimal agar ikan bisa mendapatkan kualitas air terbaik.
  2. Pertimbangkan jumlah ikan dengan luas kolam anda agar pertumbuhan mereka bisa maksimal. Cara merawat kolam ikan yang terbaik adalah tidak memaksa banyak ikan tumbuh dalam kolam yang kecil serta memberikan porsi tanaman yang secukupnya saja.
  3. Pilih jenis tanaman yang terbaik misalnya menutup sebagian kolam saja agar anda tetap bisa memantau perkembangan ikan dari musuh alami. 
  4. Anda wajib memperhatikan kesehatan ikan selama proses perkembangannya misalnya ada ikan yang sakit atau terinfeksi sebaiknya segera pisahkan dari kawanan mereka. Lakukan pengobatan di tempat lain sebelum akhirnya bisa sembuh dan dimasukkan kembali ke dalam kolam.
  5. Menguji kualitas PH air beberapa waktu secara berkala adalah cara merawat kolam ikan yang baik. Setidaknya anda harus rutin mengecek PH kualitas terbaik 6,5 hingga 7 saat musim kemarau. Jika musim penghujan yang memungkinkan lumut tumbuh di sekitar kolam, anda wajib segera membersihkannya secara rutin. Tetapi, jangan sesekali membersihkan sisi kolam menggunakan sabun yang akan membuat PH air tidak lagi sesuai sehingga ekosistem di dalamnya menjadi mati. Memberikan kesempatan lumut tumbuh pun baik sebab bisa menjadi makanan ikan alami.
  6. hkan pula secara rutin filter, pompa dan selang air.
  7. ika anda memberikan pot tanaman di pinggir kolam renang maka wajib membersihkannya pula secara rutin. Nilai artistik yang anda inginkan bisa saja lenyap jika banyak hama tanaman di sana. 
Mempraktekkan cara merawat kolam ikan di atas bisa membuat kolam ikan di rumah anda senantiasa terjaga baik kualitas air dan kehidupan ekosistem di sana. Kolam ikan yang baik akan memperindah sebuah rumah termasuk pelepas lelah saat anda sedang dilanda kepenatan luar biasa.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami