Banner Waspada Bau Tak Sedap! Kenali Ciri Septic Tank Penuh

Waspada Bau Tak Sedap! Kenali Ciri Septic Tank Penuh

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 14 May 2024


Ada beberapa ciri septic tank penuh sehingga harus segera memanggil tukang sedot WC untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Apalagi beberapa ciri-cirinya bisa memberikan rasa tidak nyaman kepada pemilik hunian.

Berapa lama biasanya septic tank penuh? Biasanya septic tank bisa penuh rata-rata setiap 3,5 tahun tergantung dari aktivitas pembuangan limbah rumah tangga masing-masing. Namun jika ada kebocoran maupun kerusakan, maka septic tank bisa penuh lebih cepat.

Perlu anda ketahui, sedot septic tank dilakukan 1 kali dalam 3 tahun, hal tersebut sudah sesuai kriteria desain SNI 2398:2017. Jika lebih dari itu, ada kemungkinan kerusakan atau kebocoran pada septic tank anda. Lalu, apa saja ciri septic tank yang sudah penuh?

Menimbulkan Bau di Sekitar Septic Tank

Tanda paling mudah diketahui dalam mengetahui ciri ciri sepiteng penuh adalah timbulnya bau yang sangat tidak sedap di sekitar pembuangan limbah. Baunya sendiri biasanya akan sangat menyengat sehingga mengurangi kenyamanan pemilik rumah.

Septic tank yang penuh terjadi karena penumpukan limbah yang tidak terurai dengan baik. Hal ini menyebabkan bakteri pengurai limbah tidak dapat bekerja optimal, sehingga menghasilkan gas dan bau tidak sedap.Biasanya udara yang keluar dari pipa udara septic tank atau closet kamar mandi

Jika septic tank penuh, air akan menggenangi pipa udara, sehingga gas tidak dapat keluar dengan lancar. Akibatnya, gas dan bau busuk akan keluar melalui kloset, wastafel, atau lubang ventilasi.

Closet Mampet

kloset mampet

Toilet mampet menjadi ciri berikutnya yang sering terjadi saat septic tank sudah penuh. Ketika toilet disiram maupun di-flush, air akan menggenang ke permukaan dalam waktu yang cukup lama karena sudah tidak ada lagi ruangan di tangkinya.

Pada umumnya septic tank yang masih normal, airnya akan langsung turun atau surut dengan cepat setelah disiram. Jika turunnya lambat atau bahkan mampet, maka perlu segera memanggil tukang sebelum semakin parah.

Kamar Mandi Bau

kamar mandi bau

ciri ciri sepiteng penuh selanjutnya adalah timbulnya bau di sekitar kamar mandi, tidak hanya di sekitar toilet saja. Tentu saja hal ini akan membuat aktivitas seperti mandi atau buang air menjadi tidak nyaman dan terganggu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi

Seperti penjelasan sebelumnya, timbulnya bau bisa berasal dari kotoran menumpuk maupun gas yang terbuang melalui toilet. Baunya akan sulit dihilangkan selama septic tank tidak segera ditangani oleh orang yang tepat.

Air Meluap dari Septic Tank

Selain menimbulkan mampet di toilet, ciri ciri septic tank penuh selanjutnya adalah meluapnya air. Pada toilet, air tidak akan bisa masuk dan justru menggenang meskipun sudah disiram berkali-kali.

Jika sudah parah, air bisa meluap dari tangki pembuangan itu sendiri dan menggenangi area sekitarnya. Tidak hanya menimbulkan bau yang tidak sedap, hal ini tentu saja akan menimbulkan perasaan jijik dari pemilik rumah.

Keluar Limbah

Saat sudah penuh, limbah toilet mentah atau kotoran bisa saja keluar dari saluran pembuangan. Hal ini karena septic tank sudah bisa lagi mengolah limbahnya dengan baik karena sudah terlalu penuh atau over kapasitas.

Jika sudah melihat tanda terakhir ini, maka menjadi pertanda bahwa septic tank harus segera dikuras. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, maka akan mengganggu kenyamanan, kebersihan, bahkan kesehatan keluarga di rumah.

Ketika sudah timbul berbagai ciri tersebut, maka solusi penanganannya adalah panggil jasa sedot WC dan hindari penggunaan bahan kimia. Bahan kimia bisa menimbulkan kerusakan dan kebocoran sehingga septic tank cepat penuh.

Artikel Serupa

Banner Berita Tagihan Listrik Bengkak? Bisa Jadi Listrik Bocor! Cek Disini

Tagihan Listrik Bengkak? Bisa Jadi Listrik Bocor! Cek Disini

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 19 Mar 2024

Pemborosan tagihan bisa jadi indikasi kebocoran listrik, Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengeceknya? Simak berikut ini ...

Banner Berita Tembok di rumah lembab? ini cara mengatasinya

Tembok di rumah lembab? ini cara mengatasinya

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 22 Feb 2023

Pernahkah Anda mengalami dinding rumah lembab? Mengapa bisa demikian? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ketahui selengkapnya hanya di artikel ini! ...

Banner Berita Lebih Murah Cat Waterproof atau Membran? Mana yang lebih berkualitas?

Lebih Murah Cat Waterproof atau Membran? Mana yang lebih berkualitas?

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 20 Dec 2022

Seringkali banyak yang bingung untuk memilih waterproof coating, mortar atau membran? Mana yang lebih murah?. Yuk simak penjelasan di bawah ini! ...

Banner Berita Listrik di Rumah Sering Jeglek? Cek Berikut Ini

Listrik di Rumah Sering Jeglek? Cek Berikut Ini

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 26 Mar 2024

Listrik jeglek sangat menyebalkan apalagi terjadi pada saat sedang digunakan. Apa penyebab listrik jeglek dan bagaimana cara mengatasinya? Cek berikut ini ...

Konsultasi Gratis