Ternyata Begini Cara Merencanakan Renovasi Rumah yang Efisien Menggunakan Jasa Renovasi Rumah Majalengka

Posting pada 09 Jan 2020 # Jasa renovasi rumah majalengka


Meskipun skala renovasi rumah tidak sebesar membangun rumah dari nol, namun tetap saja proyek ini menguras tenaga dan pikiran. Renovasi rumah yang dilakukan tanpa perencanaan yang baik akan membuat proyek menjadi lama dan bisa jadi membuat anggaran membengkak. Oleh karena itu, perencanaan renovasi rumah harus dilakukan dengan baik. Renovasi rumah akan lebih mudah bisa menggunakan jasa renovasi rumah Majalengka, namun anda juga bisa membuat sendiri perencanaan perbaikan rumah dengan beberapa Langkah berikut ini.

  1. Kenali bangunan rumah
    Tak kenal maka tak sayang. Anda terlebih dahulu harus mengenali apa saja yang perlu diperbaiki dari bangunan rumah anda. Lihat dengan seksama bagian mana saja yang rusak, tidak berfungsi dengan baik, atau desainnya sudah usang. Dengan mengenali bangunan rumah, anda bisa mencatat bagian mana saja yang perlu direnovasi dan akan diperbaiki menjadi desain seperti apa.

  2. Buat daftar rencana
    Dari observasi bangunan rumah, anda bisa membuat daftar rencana renovasinya. Buat daftar bagian mana saja yang ingin diperbaiki misalnya ada ruangan dengan atap yang bocor, sehingga ruangan tersebut harus direnovasi terlebih dahulu. Renovasi rumah juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit sehingga dengan membuat daftar rencana renovasi, anda bisa memperkirakan berapa anggaran yang diperlukan.

    Dari daftar rencana yang dibuat, selanjutnya anda bisa membuat rencana anggaran. Usahakan proses renovasi tidak melampaui anggaran yang sudah dibuat. Meskipun begitu, anda juga harus mempunyai dana simpanan yang akan digunakan untuk hal-hal tidak terduga selama renovasi.

  3. Buat desain renovasi
    Langkah selanjutnya adalah membuat desain renovasi. Meskipun anda bukan ahli dalam bidang desain, anda bisa membuat sketsa sederhana untuk ditunjukkan pada jasa renovasi rumah majalengka. Bila ingin menghemat anggaran, anda bisa membuat desain yang minimalis dan tidak terlalu rumit. Desain yang rumit tentu saja membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama dan juga anggaran yang lebih banyak.

  4. Buat skala prioritas
    Agar proses renovasi berjalan dengan lancar, anda perlu membuat skala prioritas. Skala prioritas ini menempatkan kebutuhan pada urutan yang utama. Hal ini karena selama proses renovasi anda sangat mudah tergoda untuk menambahkan detail-detail yang bisa membuat anggaran membengkak. Seperti ketika renovasi kamar anak, anda mungkin memiliki keinginan untuk membuat meja belajar, menggunakan wallpaper yang lucu, dan sejenisnya. Skala prioritas ini membantu anda untuk lebih fokus pada apa yang harus direnovasi daripada sekedar menambah estetis rumah.

  5. Recycle
    Renovasi bukan berarti anda harus membeli semua keperluan yang baru. Anda bisa menggunakan material lama yang masih layak untuk digunakan misalnya beberapa yang masih dalam yang masih dalam kondisi bagus, jendela, pintu, kusen, dan sebagainya. Material bekas bisa dibersihkan dan dicat ulang agar tampak bagus dan memberikan tampilan yang berbeda dengan rumah sebelum direnovasi.

  6. Gunakan jasa renovasi rumah majalengka
    Renovasi rumah juga sebaiknya dilakukan dengan menggunakan jasa renovasi rumah atau kontraktor. Anda bisa minta referensi pada teman atau keluarga untuk kontraktor yang berpengalaman dan profesional. Menggunakan jasa kontraktor tentu lebih menguntungkan daripada melakukan renovasi sendiri. Hal ini karena jasa renovasi rumah bisa memberikan perkiraan biaya dan lama pengerjaan proyek.

  7. Merencanakan renovasi rumah memang bukan perkara mudah. Meskipun sudah menggunakan jasa renovasi rumah Majalengka, anda tetap harus membuat perencanaan sendiri. Dengan begitu anda bisa melihat apakah proses renovasi berjalan sesuai dengan rencana dan dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa