Pertimbangkan Faktor ini Sebelum Membangun Rumah dengan Jasa Bangun Rumah Majalengka

Posting pada 06 Jul 2020 # jasa bangun rumah majalengka


Membangun rumah memang menjadi salah satu proyek besar yang harus direncanakan dengan baik. Kesalahan dalam perencanaan atau ketika memilih jasa bangun rumah Majalengka bisa berdampak serius pada pembangunan rumah anda. Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika hendak membangun rumah. Apa saja sih yang harus dipertimbangkan ketika akan membangun rumah?

  • Lahan/Lokasi Pembangunan
    Membangun rumah bukan hanya perkara membuat bangunan pada lahan kosong saja, ada banyak hal yang harus diperhatikan dari lokasi yang anda pilih. Misalnya apakah lokasi rumah ini dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, pasar, rumah sakit, dan sebagainya.

    Bisa juga memilih lokasi dengan pertimbangan anggota keluarga misalnya untuk keluarga dengan lansia atau bayi yang membutuhkan rumah yang asri dan tenang. Selain itu, pertimbangkan juga akses air bersih dan pembuangan limbah rumah tangga.

    Lokasi yang dipilih juga harus legal dan bukan tanah yang sedang sengketa. Anda pasti tidak mau membangun rumah di atas lahan dengan legalitas yang bermasalah karena hanya akan menyusahkan di masa depan.

  • Budget
    Biaya membangun rumah dari nol memang tidak sedikit sehingga perlu direncanakan dengan matang agar biaya pembangunan tidak membengkak. Anda setidaknya harus mempunyai cadangan dana 5-10% dari total semua anggaran sebagai antisipasi untuk hal yang tidak terduga.

    Biasanya hal ini karena harga material bangunan yang tidak pasti. Anda bisa membicarakan masalah budget dengan pihak jasa bangun rumah Majalengka yang sudah dipilih. Sedikit atau banyak anggaran yang dimiliki, biasanya jasa kontraktor bisa memberikan solusi pembangunan rumah yang terbaik.

  • Perencanaan pembangunan
    Meskipun anda bukan seorang yang ahli di bidang pembangunan, namun ketika hendak membangun rumah ada baiknya untuk memperluas wawasan tentang bahan bangunan, gambar bangunan, arsitek, kontraktor, hingga jadwal pelaksanaan proyek. Anda bisa membuat perencanaan pembangunan untuk masa depan misalnya apakah nanti anda ingin menambah fasilitas lain di rumah seperti kolam renang, gym, perpustakaan, atau yang lainnya.

    Anda juga bisa menyertakan faktor nilai investasi rumah dan lokasi ketika membuat perencanaan sehingga nilai rumah akan meningkat ketika hendak dijual di kemudian hari.

  • Desain
    Desain rumah sepenuhnya tergantung dengan keinginan anda. Diskusikan dengan kontraktor atau arsitek untuk rumah impian anda. Jangan hanya memandang bagian luar saja, namun pertimbangkan juga bagian dalam rumah. Usahakan setiap ruangan rumah mempunyai fungsi yang maksimal sesuai dengan kebutuhan anggota keluarga. Anda bisa mencari referensi desain rumah fungsional dan mendiskusikannya dengan kontraktor apakah referensi anda bisa diaplikasikan untuk pembangunan rumah.

  • Perizinan
    Selain legalitas lahan, mendirikan bangunan juga membutuhkan izin yang menjadi faktor paling penting. Cari tahu peraturan pemerintah setempat tentang pendirian bangunan dan bagaimana cara mengurus perizinannya. Pertimbangkan biaya dan waktu pengurusan perizinan agar nantinya tidak mengganggu proses pembangunan rumah.

  • Pilih jasa bangun rumah Majalengka
    Yang tidak kalah penting adalah memilih jasa bangun rumah Majalengka. Jasa kontraktor yang dipilih menjadi eksekutor dari desain yang sudah anda pilih. Sehingga pastikan untuk memilih jasa bangun rumah yang terpercaya dan Amanah. Kontraktor yang terpercaya harus bisa memberikan rincian dana yang jelas dan bisa menyelesaikan konstruksi sesuai waktu yang sudah disepakati. Jangan ragu untuk meminta referensi dari teman atau saudara ketika mencari kontraktor yang sesuai dengan kriteria anda. Pertimbangkan juga portfolio dan riwayat pekerjaan kontraktor sebagai referensi apakah hasil kerjanya berkualitas atau tidak.


Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa