Pahami 7 Prinsip Dasar dalam Pembuatan Desain Arsitektur Bangunan

Posting pada 17 May 2017 # jasa arsitek rumah jakarta


Bagi anda yang ingin mewujudkan rumah idaman di daerah Jakarta dengan konsep yang anda miliki, memang Anda pasti membutuhkan jasa arsitek rumah jakarta untuk menggambar konsep sesuai yang Anda inginkan. Tapi bukan berarti Anda langsung abai, tidak ikut campur dalam proses desainnya. Paling tidak, Anda harus bisa diajak berdiskusi dan menyampaikan segala keinginan dengan bahasa yang mudah dipahami. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membekali diri dengan pengetahuan dasar seputar prinsip desain arsitektur bangunan berikut ini.

  1. Proporsi
    Baik mendesain busana maupun rumah, semua harus mempertimbangkan proporsi agar produk yang dihasilkan memiliki kesesuaian antara dimensi elemen dengan lingkup sekitar. Perhatikan posisi, lokasi, serta dimensi objek yang lain. Proporsi yang baik itu memiliki elastisitas di dalamnya.

  2. Irama
    Irama dalam prinsip dasar desain untuk arsitektur berarti penataan dan harmonis antar elemen. Bisa berupa bentuk, perabot, dekor, hingga pemilihan warna. Bersama dengan jasa arsitek rumah, Anda seharusnya memahami irama seperti apa yang ingin diulang dalam bangunan Anda apakah menggunakan pola statis yang konsisten, atau dinamis dengan pengulangan yang bervariasi.

    Pola dinamis biasanya bisa diterapkan untuk aplikasi fasad rumah yang diwarnai dengan variatif. Selain itu pengulangan variatif juga bisa dilakukan pada tata letak perabot rumah tangga.

  3. Skala
    Pemahaman skala ini tidak hanya penting bagi jasa arsitek rumah, tapi juga bagi Anda selaku pemilik protek. Jangan sampai Anda mendambakan rumah dengan ruangan luas tapi langit-langitnya rendah sehingga membuat pengap. Oleh karena itu prinsip skala harus Anda pahami, sebagai wawasan tentang perbanfgan bangunan terhadap lingkungan di sekitarnya. Jika Anda ingin memiliki ruangan yang luas, imbangilah dengan pengadaan langit-langit yang tinggi agar terlihat seimbang.

  4. Keseimbangan
    Bersambung dengan prinsip sebelumnya, skala juga berkaitan dengan prinsip desain keseimbangan. Seringkali jasa desain rumah memberikan masukan terkait dengan keseimbangan, baik yang simetris maupun asimetris. Jika Anda penganut aliran simetris, maka prinsip ini terbilang mudah karena cukup membuat visualisasi garis tengah sebagai reflektif dua sisi.

    Sementara, jika ingin desain asimetris, lebih rumit karena butuh sense of art agar bisa membuat bangunan yang artistik, estetis, dan terlihat manis. Penataannya disengaja dengan menitikberatkan pada satu sisi.

  5. Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memilih Jasa Arsitek Rumah Di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi


  6. Komposisi
    Komposisi merupakan penataan semua elemen menjadi kesatuan alur yang nyaman. Dalam aplikasinya, komposisi mempengaruhi pembuatan denah ruang dan tata interior ruangan. Setiap jasa arsitek rumah jakarta pasti memahami, bahwa rumah seharusnya memiliki tiga zona fungsional yaitu umum, privasi, dan servis.

    Semua zona punya perannya masing-masing dan harus Anda pahami. Seperti zona privat yang punya fungsi eksklusif bagi penghuni rumah. Sementara zona umum seperti ruang tamu bisa ditunjukkan untuk orang umum. Lain lagi dengan zoan servis sebagai area pemeliharaan laundry, gudang, dan dapur.

  7. Aksen atau pusat perhatian
    Dalam mendesain sebuah rumah, Anda harus punya satu titik yang akan menjadi pusat perhatian ketika memasuki ruangan. Bisa dalam bentuk desain interior atau arsitektur, pengadaan aksen ini bisa membuat penghuni dan pengunjung merasa terkesima. Anda bisa memilih sofa yang mencolok warna atau desainnya sebagai pusat perhatian dalam desain.

  8. Kesatuan desain
    Semua unsur desain dalam rumah harus bisa tertata dalam satu kesatuan. Agar tetap terlihat harmonis, prinsip kesatuan ini harus diaplikasikan dengan tepat. Mencari keserasian baik dalam bentuk, warna, pola, hingga material bisa dilakukan untuk mendapatkan kesatuan. Dalam hal ini, Anda bisa berdiskusi lebih lanjut dengan jasa arsitek rumah untuk mendapatkan kesatuan seperti yang diinginkan.

Dengan memahami 7 prinsip dasar desain di atas, maka bukan hal yang tidak mungkin untuk mewujudkan rumah impian. Asalkan Anda tidak melakukan kesalahan dalam pemilihan jasa arsitek rumah, garansi kualitas terbaik pasti Anda dapatkan,

Apabila anda menyukai artikel ini silahkan like fanspage kami
 Whatsapp
  Pilih Jasa