Banner Lebih Hemat Listrik! Ini 7 Kelebihan Lampu LED Rumah

Lebih Hemat Listrik! Ini 7 Kelebihan Lampu LED Rumah

Penulis Admin MitraRenov

Diterbitkan 05 Mar 2024


Lampu LED menjadi salah satu lampu yang paling banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Lampu LED memiliki banyak keunggulan dibanding jenis lampu lainnya, salah satunya konsumsi daya yang lebih sedikit.

Dengan kata lain, jika penggunaan sumber dayanya hemat maka anda juga akan menghemat tagihan listrik. Tapi disamping itu masih banyak kelebihan lampu LED yang perlu anda ketahui.

Inovasi semakin berkembang menghadirkan lampu LED dengan beragam kelebihan sebagai berikut:

Awet dan Tahan Lama

Lampu LED

Kelebihan pertama, Lampu LED lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan bohlam. Usia pakainya lebih panjang, bohlam rata-rata hanya bertahan 1000 jam pemakaian. Sementara LED bisa sampai 50.000 jam.

Rahasia umur panjang ini ada pada dioda sebagai penghasil cahaya. Penggunaan dioda tidak menghasilkan panas berlebih sehingga tidak akan mudah rusak atau putus. Berbeda dengan bohlam yang selain menghasilkan cahaya juga menghasilkan panas.

Lebih Hemat Daya

Keunggulan lampu LED satu ini sudah tidak diragukan lagi. Konsumsi sumber daya listriknya sangat kecil sehingga mengurangi beban pemakaian listrik bulanan serta tagihan listrik rumah anda.

Sementara bohlam, sebagian energinya berubah menjadi panas, sehingga mengonsumsi lebih banyak energi. Semakin lama pemakaian semakin banyak energi dibuang, maka semakin besar pengeluaran untuk membayar tagihan listrik.

Lebih Murah

Sekilas pada saat membeli seolah lebih mahal dibanding bohlam pijar biasa. Tapi dengan menggunakan LED Anda tidak akan sering-sering mengganti bahkan dalam jangka waktu setidaknya 5 tahun untuk pemakaian 10 jam per hari.

Berbeda dengan penggunaan bohlam yang tidak sampai satu atau dua tahun umumnya sudah harus diganti baru. Intensitas penggantian ini jika diakumulasikan biayanya jauh lebih besar dibanding harga pembelian LED.

Ramah Lingkungan

Kelebihan lainnya adalah ramah lingkungan karena tidak memproduksi sinar UV. Paparan sinar UV atau Ultraviolet berakibat buruk bagi mata serta kulit jika terjadi dalam jangka panjang. Terlebih jika paparan UV berlangsung setiap hari, maka bisa membahayakan kesehatan Anda dan anggota keluarga.

Selain itu, Lampu LED juga tidak mengandung bahan berbahaya seperti Merkuri yang terdapat pada lampu bohlam. Bahan lampu LED juga dapat didaur ulang sehingga Lampu LED menjadi produk yang ramah lingkungan.

Lebih Aman

Lampu LED juga lebih aman dari korsleting listrik rumah karena konsumsi voltasenya kecil dan tidak menghasilkan panas. Keunggulan ini dapat meminimalkan risiko korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran

Terintegrasi dengan Teknologi Pintar

Lampu LED Smart home

Kelebihan lampu LED berikutnya adalah terintegrasi dengan teknologi pintar yaitu IoT (Internet of Thing) yang biasa ditemukan pada smart home. Dengan hadirnya inovasi ini, kontrol penggunaan sumber daya jadi lebih efektif dan efisien.

Cukup menggunakan aplikasi smart home, anda dapat mematikan lampu secara otomatis, menyesuaikan tingkat kecerahan lampu sehingga mengubah warna lampu sesuai dengan keinginan anda. Inovasi ini memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam mengelola pencahayaan di rumah anda.

Lebih Fleksibel

Pasang Lampu LED

Bentuknya yang kecil menghasilkan fleksibilitas yang tinggi. Lampu LED dapat digunakan untuk semua kebutuhan mulai dari lampu ruangan, lampu meja belajar, lampu kerja standing dan lampu gantung. Jadi anda dapat mudah menerangi area mana pun dengan mudah dan sesuai kebutuhan.

Setelah melihat kelebihan lampu LED, tidak heran kalau Lampu LED memang menjadi primadona bagi masyarakat saat ini. Lampu LED lebih hemat energi, tahan lama bahkan harganya lebih terjangkau.

Artikel Serupa

Bahaya! Ini Penyebab Korsleting Listrik Dan Cara menanganinya

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 27 Oct 2022

Paling umum penyebab korsleting listrik adalah peralatan listrik yang mengalami hubungan pendek. Padahal ada penyebab lainnya yang perlu anda ketahui, seperti... ...

Air Rumah Bau? Bisa Jadi Air Toren Anda Kotor

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 23 Mar 2022

Faktor munculnya lumut juga dipengaruhi oleh adanya sinar matahari, karena lumut berfotosintesis menggunakan bantuan matahari, sehingga jika toren terkena matahari, ia akan lebih mudah untuk berkembang biak. Lumut akan tumbuh dengan baik di dalam media toren. ...

Kenali Bagian Rumah yang Punya Nilai Jual dan strategi menaikannya

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 19 Oct 2018

Sekedar saran, bahwa sangat penting untuk mengetahui bagian rumah mana yang pertama kali dilihat atau dicari oleh calon pembeli potensial ketika mengunjungi rumah incarannya. ...

Cara Mengatasi Masalah Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi

Admin Mitrarenov

Diterbitkan 29 May 2023

Atasi masalah bau tidak sedap di kamar mandi dengan mudah dan efektif. Mulai dari perhatikan bau tak sedapnya hingga memastikan tidak ada pipa yang mampet. ...

Konsultasi Gratis